iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbrooo…sepertinya mulai sekarang mending sampeyan yang belum bayar pajak STNK segera tunaikan kewajiban ketimbang terkena tilang. Sebab jika sebelumnya masih berupa perdebatan, maka lewat korlantas dipastikan petugas berhak melakukan penilangan. Lhoooo koq isooo ? Berikut dasar hukum yang akan digunakan petugas berdasarkan web resmi Korlantas….

IWB tahu, perkara pajak STNK mati banyak biker ataupun pengguna jalan masih percaya bahwa petugas nggak punya hak untuk melakukan tilang. Alasannya yang berhak melakukan penindakan adalah kantor pajak bukan polisi. Perdebatan ini sudah cukup lama terjadi bahkan hingga sekarang. Tapi Korlantas vai microsite mereka memastikan bahwa petugas berhak melakukan penindakan karena ada tiga pilar hukum yang digunakan. Yang pertama….

UU No 22 Tahun 2009, Pasal 288 ayat (1), “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)”. Yang kedua adalah…

Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR. Pasal 37 ayat (2) yang berbunyi, “STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian Ranmor”, Dan pada ayat (3) dijelaskan, “STNK berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, perpanjangan atau pendaftaran mutasi dari luar wilayah regident dan harus dimintakan pengesahan setiap tahun”. Artinya kalau belum bayar pajak berarti STNK belum disahkan atau ditetapkan oleh Polri….

Selain itu pada Undang-undang Lalu lintas no.22 Tahun 2009 disebutkan, yang menyangkut kelengkapan kendaraan, termasuk surat-surat SIM dan STNK yang masih hidup, atau berlaku, lampu motor, lampu sein, dan seterusnya, berhak ditindak oleh polisi dengan cara menilang. Nahhh…jadi yang digunakan petugas atau ditindak adalah status pengesahan yang tidak bisa dilakukan ketika pajak sampeyan terlambat bayar…kira-kira ngono cak. Kuwi menurut Korlantas lhooo bukan IWB….

Last…..syarat pengesahan STNK salah satunya harus membayar pajak. Kalau tidak membayar pajak, berarti belum ada pengesahan. Kalau dilihat STNK-nya belum ada pengesahan, maka petugas berhak menilang. Kuwi cak poinnya. So….monggo bagi yang belum bayar pajak STNK segera tunaikan kewajiban. Bagi yang paham hukum diskusikan tentang undang-undang diatas. Pajak STNK Mati ? jebule menurut korlantas ngono cak, IWB juga baru tahu neh. Piye menurut sampeyan ? (iwb)

iklan iwb
Previous articleMario SA dan 5 pembalap merah putih bertolak ke Sepang pekan ini !!
Next articleMasih terjadi inden 1-2 bulan, AHM akan tambah produksi PCX 150 !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

88 COMMENTS

    • info
      untuk pengguna leksri di harap hati hati
      polisi sdng mengejar pelaku penyebar oli di jalan pantura

    • Weh nyar ni ot4k fbh atas..

      Dari tak nyambung sampai menghina aparat negara..
      Mas ivvb mohon komen Alex di karungin aja..tu alay ot*knya didudukin..

      Tar keciduk mewek mintap maaf tu Fbh..komen ot*k ya boknya di pakek..

  1. Mungkin perlu dijelaskan lagi kang yg dimaksud kantor pajak disini itu kantor pajak apa,sebab saya bekerja di kantor pelayanan pajak yg dibawah kementerian keuangan akan tetapi tidak mengurusi pkb (pajak kendaraan bermotor)tersebut karena merupakan pajak daerah.ngono kang…

    • bro sembalaP,
      cieee ketauan belum pernah bayar pajak,,
      kan bayar pajak di bank bukan di kantor pajak,
      urusan di kantor pajak cuma laporannya saja,,

      kalo masalah pengelolaan uangnya bukan kewenangan kantor pajak, tapi instansi/dinas terkait yang mengelola dana tersebut,

    • Nah ini betul…pajak kewenangannya kementrian keuangan.koq ya dr dulu yg ngurus pulisi. Beda sendiri…jatah polisi.

  2. Terus pajak kendaraan gawe opo kang…

    Mosok…
    STNK mati sedino didendo.
    DALAN akeh jeglongan di jarno…
    Opo yo pokro…

    • kekurangan pemerintah yg masih jd pr. selama utang masih menumpuk, penerimaan lebih kecil dari anggaran, bahkan buat bayar bunga hutang, pemerintah masih harus mengambil jatah yang bukan peruntukannya. apalagi kalau tdk ada yg bayar pajak,

    • Lha kui masbro..kan telat bayar pajek sdh ada sanksine berupa denda..kaloaso ditilang yo bener sampean..double sialnya hehehe ?

    • kalau taat aturan gk bakalan ditilang dobel kok, santai saja. sama kaya koruptor, pasti takut sama kpk atau UU anti korupsi. kalau gk jadi koruptor pasti tenang2 saja,

  3. Buat para fbh silahkan motornya di cat ulang , karena kalau cat pudar dan shock bengkok harus ditilang

  4. Harusnya tanpa perlu tilang menilang, yg punya kendaraan harus byar pajak.. lak yo isin lek neng kene koar2 motor jos, motor ekslusif, motor premium, kipas2 dolar, jalan2 ke eropa mosok ga kuat bayar pajek…

  5. Lha..pdhl nggo stnk seng mbayar pajek telat wes ono sanksine berupa denda…berarti njur warga negara keno sanksi double to cak ?? sayange skolah jurusane tata boga dudu hukum..dadi kurang paham ?

  6. UU cuma bicara soal STNK, tapi gak bicara soal pajak.

    Yg berbunyi harus disahkan malah peraturan Kapolri thn 2012.
    Apa Peraturan Kapolri ini di atas UU?

    Entahlah..sama juga yg di atas, gak kuliah di hukum sih. Hehehe

    • Aturan ganjil genap emang disebut di UU? Ga bos adanya di pergub. Perkapolri itu masuk peraturan perundang-undangan juga.

    • Selama peraturan dibawahnya (inferior) tidak bertentangan dengan UU (superior) maka peraturan tersebut berlaku. Kecuali kalau bertentangan maka yg dipakai yg superior. Seinget saya gt pas ada pelajaran hukum ?

  7. Pengen tau duid hasil bayar pajak motor, BBN segala macem.
    kira2 larinya kemana sih, jalan masih lobang2, gelombang, tambelan semua.
    begal masih berkeliaran.

    kadang ngerasa ora sudi bayar pajak mahal2.

  8. Simple az sebetul nya..: hapus syarat ada ktp aseli klo mau bayar pjk tahunan. Males klo beli 2nd, kudu bbn&mutasi dg calo2 nya, tanpa ktp pun bisa nembak ktp dg beaya yg lumayan..ini proyek mereka2 jg koq, kerjasama biro jasa&aparat..
    Klo alasan legal, hanya maling bodoh yg mau byar pajak hasil maling nya…wewww

  9. Mestinya yg melawan arus, yg belum waktunya naik motor karena batasan usia, yg suka terobos lampu merah sanksinya lebih berat supaya jalan raya tidak lagi spt sekarang.

  10. Sebenarnya ga perlu dibahas materi begini… sudah sewajarnya kita sebagai pengendara ada kesadaran membayar pajak… pajak stnk setahun sekali doang kok belibet amat dibayar pdhl ga seberapa dibandingkan uang yg dikeluarin setahun buat beli rokok buat beli kuota internet.. pajak plat jga 5 tahun sekali ga tiap buat dibayar, begitu kena tilang ngamuk kesana kemari share kesana kemari seolah olah di dzolimi.. GOBL*K memang..

    • Buat saya artikel ini informatif, bagi saya yg blm tau, walaupun tidak pernah telat bayar pajak dan blm ada masalah terkait isu ini tapi oke lah buat pengetahuan ke depannya

  11. Pengen tau duid hasil bayar pajak motor, BBN segala macem.
    kira2 larinya kemana sih, jalan masih lobang2, gelombang, tambelan semua.
    begal masih berkeliaran.

    kadang ngerasa ora sudi bayar pajak mahal2.

  12. Simple az sebetul nya..: hapus syarat ada ktp aseli klo mau bayar pjk tahunan. Males klo beli 2nd, kudu bbn&mutasi dg calo2 nya, tanpa ktp pun bisa nembak ktp dg beaya yg lumayan..ini proyek mereka2 jg koq, kerjasama biro jasa&aparat..
    Klo alasan legal, hanya maling bodoh yg mau byar pajak hasil maling nya…wewww

  13. Kalau dilihat aturan gitu gitu jujur mencekik rakyat kecil, mencekik karyawan gaji pas pasan, dimana dia bingung beli susu anaknya malah dipusingin bayar pajak kudu tepat waktu, mau ngantar anak sekolah, mau antar ibu kerumah sakit jd was wss ditilang gara gara stnk telat bayar, ke gini malah menjadikan polisi momok yang menakutkan. Rakyat kecil orang biasa yang pas pasan yang kena imbasnya. Krn kita telat bayar pajak bukan krn ga mampu, tp ada kbutuhan hidup lain yg terdesak, alasan ke gitu yang nyangkut hidup mati orang diterjang gitu ajah sama aturan njlimet gitu. Ealah ealah ngonooo banget aturane karo wong cilik

    • Bagus…. Blom lagi, biaya rumah sakit mahal… Tapi untung sekolah negeri masih gratis sampai sma, cuma masuk universitas nya yg mihil amit.. Gara2 pajak mati malah sampai kebutuhan urip… Piye kuwi jal… Mending ora usah pikir… Pikir karo moco $$$$ e pakde banaran wae….

  14. di media sebelah artikelnya skrg kalo pajak mati atau telat gak ditilang tp lgsg disuru bayar ditempat kalo pas gak bawa duit dikasi kompensasi 3 hari #detikdotcom

  15. di media sebelah artikelnya skrg kalo pajak mati atau telat gak ditilang tp lgsg disuru bayar ditempat kalo pas gak bawa duit dikasi kompensasi 3 hari #detikdotcom

  16. Cak $$$$, Tulung sampein, aku ndue motor DKI, gak iso pajak, harus pakai KTP, coba pajak gak pakai KTP, kayak di Jatim (via Bank Jatim), hanya 5 tahunan pakai KTP,

  17. Sepertinya Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR. Pasal 37 ayat (2) harus dijelaskan lebih lanjut agar tidak salah persepsi, pengesahan tahunan digunakan untuk mutasi atau perpanjangan dapat diartikan bahwa klo mau perpanjangan STNK yang masa berlakunya 5 tahun atau mutasi harus lunas pajak dulu baru bisa di proses, penilangan pelanggaran dapat dilakukan polri jika tidak dilengkapi STNK yang jadi motor tanpa surat/ilegal/bodong, sedangkan urusan pajak udah ada sanksi administrasinya sendiri, pengesahan hanya agar tertib administrasi pajak dan ini merupakan syarat untuk perpanjangan, sedangkan STNK sendiri y emang berlaku sampai 5 tahun setelah ditetapkan, klo tilang polisi kurang pas karena dilengkapi STNK yang masih berlaku, tp harus diarahkan bayar pajak

  18. Tolong komen yg memberi pembelajaran..
    Kita semua tahu bagi yg paham atas pembelajaran hukum…
    Bahwa pajak itu sudah ada pada ranah tersendiri, pahami…bahwa pajak bila lalai itu hukumnya sdh ada denda…itu hukumannya…bukannya alasan aparat penegak utk menjadikan kesalahan…jangan $$$$$$ baca lagi serta pahami tulisan pada undang undang yg terkait…
    Pajak denda itu sudah suatu hukuman bagi pemilik…terserah kapan…selagi ia punya duit untuk bayar…lain lagi apabila pelanggaran hukum itu sudah beda ranah….
    Cobalah baca dan pahami…..bukan digobloki terus rakyat ini ….percuma kalian sekolah klu masih dibodohi….kembali lagi kita ke jaman pembodohan

  19. Sebenarnya ga perlu dibahas materi begini… sudah sewajarnya kita sebagai pengendara ada kesadaran membayar pajak… pajak stnk setahun sekali doang kok belibet amat dibayar pdhl ga seberapa dibandingkan uang yg dikeluarin setahun buat beli rokok buat beli kuota internet.. pajak plat jga 5 tahun sekali ga tiap buat dibayar, begitu kena tilang ngamuk kesana kemari share kesana kemari seolah olah di dzolimi.. GOBL*K memang..

    • Buat saya artikel ini informatif, bagi saya yg blm tau, walaupun tidak pernah telat bayar pajak dan blm ada masalah terkait isu ini tapi oke lah buat pengetahuan ke depannya

  20. Kalau dilihat aturan gitu gitu jujur mencekik rakyat kecil, mencekik karyawan gaji pas pasan, dimana dia bingung beli susu anaknya malah dipusingin bayar pajak kudu tepat waktu, mau ngantar anak sekolah, mau antar ibu kerumah sakit jd was wss ditilang gara gara stnk telat bayar, ke gini malah menjadikan polisi momok yang menakutkan. Rakyat kecil orang biasa yang pas pasan yang kena imbasnya. Krn kita telat bayar pajak bukan krn ga mampu, tp ada kbutuhan hidup lain yg terdesak, alasan ke gitu yang nyangkut hidup mati orang diterjang gitu ajah sama aturan njlimet gitu. Ealah ealah ngonooo banget aturane karo wong cilik

    • Bagus…. Blom lagi, biaya rumah sakit mahal… Tapi untung sekolah negeri masih gratis sampai sma, cuma masuk universitas nya yg mihil amit.. Gara2 pajak mati malah sampai kebutuhan urip… Piye kuwi jal… Mending ora usah pikir… Pikir karo moco $$$$ e pakde banaran wae….

  21. Cak $$$$, Tulung sampein, aku ndue motor DKI, gak iso pajak, harus pakai KTP, coba pajak gak pakai KTP, kayak di Jatim (via Bank Jatim), hanya 5 tahunan pakai KTP,

  22. Tolong komen yg memberi pembelajaran..
    Kita semua tahu bagi yg paham atas pembelajaran hukum…
    Bahwa pajak itu sudah ada pada ranah tersendiri, pahami…bahwa pajak bila lalai itu hukumnya sdh ada denda…itu hukumannya…bukannya alasan aparat penegak utk menjadikan kesalahan…jangan $$$$$$ baca lagi serta pahami tulisan pada undang undang yg terkait…
    Pajak denda itu sudah suatu hukuman bagi pemilik…terserah kapan…selagi ia punya duit untuk bayar…lain lagi apabila pelanggaran hukum itu sudah beda ranah….
    Cobalah baca dan pahami…..bukan digobloki terus rakyat ini ….percuma kalian sekolah klu masih dibodohi….kembali lagi kita ke jaman pembodohan

  23. Sepertinya Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR. Pasal 37 ayat (2) harus dijelaskan lebih lanjut agar tidak salah persepsi, pengesahan tahunan digunakan untuk mutasi atau perpanjangan dapat diartikan bahwa klo mau perpanjangan STNK yang masa berlakunya 5 tahun atau mutasi harus lunas pajak dulu baru bisa di proses, penilangan pelanggaran dapat dilakukan polri jika tidak dilengkapi STNK yang jadi motor tanpa surat/ilegal/bodong, sedangkan urusan pajak udah ada sanksi administrasinya sendiri, pengesahan hanya agar tertib administrasi pajak dan ini merupakan syarat untuk perpanjangan, sedangkan STNK sendiri y emang berlaku sampai 5 tahun setelah ditetapkan, klo tilang polisi kurang pas karena dilengkapi STNK yang masih berlaku, tp harus diarahkan bayar pajak

  24. Mungkin perlu dijelaskan lagi kang yg dimaksud kantor pajak disini itu kantor pajak apa,sebab saya bekerja di kantor pelayanan pajak yg dibawah kementerian keuangan akan tetapi tidak mengurusi pkb (pajak kendaraan bermotor)tersebut karena merupakan pajak daerah.ngono kang…

    • Nah ini betul…pajak kewenangannya kementrian keuangan.koq ya dr dulu yg ngurus pulisi. Beda sendiri…jatah polisi.

    • bro sembalaP,
      cieee ketauan belum pernah bayar pajak,,
      kan bayar pajak di bank bukan di kantor pajak,
      urusan di kantor pajak cuma laporannya saja,,

      kalo masalah pengelolaan uangnya bukan kewenangan kantor pajak, tapi instansi/dinas terkait yang mengelola dana tersebut,

  25. Terus pajak kendaraan gawe opo kang…

    Mosok…
    STNK mati sedino didendo.
    DALAN akeh jeglongan di jarno…
    Opo yo pokro…

    • kekurangan pemerintah yg masih jd pr. selama utang masih menumpuk, penerimaan lebih kecil dari anggaran, bahkan buat bayar bunga hutang, pemerintah masih harus mengambil jatah yang bukan peruntukannya. apalagi kalau tdk ada yg bayar pajak,

  26. Buat para fbh silahkan motornya di cat ulang , karena kalau cat pudar dan shock bengkok harus ditilang

  27. UU cuma bicara soal STNK, tapi gak bicara soal pajak.

    Yg berbunyi harus disahkan malah peraturan Kapolri thn 2012.
    Apa Peraturan Kapolri ini di atas UU?

    Entahlah..sama juga yg di atas, gak kuliah di hukum sih. Hehehe

    • Aturan ganjil genap emang disebut di UU? Ga bos adanya di pergub. Perkapolri itu masuk peraturan perundang-undangan juga.

  28. Harusnya tanpa perlu tilang menilang, yg punya kendaraan harus byar pajak.. lak yo isin lek neng kene koar2 motor jos, motor ekslusif, motor premium, kipas2 dolar, jalan2 ke eropa mosok ga kuat bayar pajek…

  29. Mestinya yg melawan arus, yg belum waktunya naik motor karena batasan usia, yg suka terobos lampu merah sanksinya lebih berat supaya jalan raya tidak lagi spt sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here