” Honda CB150R adik IWB yang sudah tembus 59 ribu kilometer performa tetap juozz !”

Iwanbanaran.com – Kangbro….soal mesin, Honda CB150R tidak pernah ada keluhan berarti. Walaupun wis tuwo, performa tetap juozz gandozzz. Hal ini berdasarkan survei pribadi termasuk adik IWB yang juga nunggang CB150R warna merah dikampung. Tapi dari sekian kelebihan, satu hal yang rada menjengkelkan adalah penyakit suara “klothok-klothok” dari hasil rantai keteng kendor. Tapi jangan kuatir, ternyata ada solusi murah yang akan membuat penyakit ini musnah. Hayooo…penasaran to. Monggo simak artikel IWB dibawah ini….

Klothok-klotok sebenarnya sebutan untuk suara kasar yang dihasilkan oleh ketukan dua logam yang saling beradu akibat rantai keteng kendor. Rantai yang seharusnya ditekan oleh Tensioner jadi bergerak bebas sebab fungsi dari lifter Tensioner sendiri tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Jadi jangan heran sampeyan akan menemui suara kasar yang biasa disebut sebagai “klotok-klotok”…..

Secara kinerja sebenarnya kondisi tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap performa. Namun suara kasar membuat kita risih. Dan penyakit pada generasi CB150R ini memang mayoritas hanya sisi tersebut cak. Lha piye cak, dengar Rantai keteng kendor rasane menyebalkan tenan lantaran motor jadi terkesan rusak. Padahal cuma masalah sepele. Terus kenapa timbul suara kasar klothok-klothok ?……

Pangkal masalah dari rantai timing kendor adalah tidak maksimalnya lifter Tensioner menekan rantai keteng. Seharusnya Tensioner akan menegangkan rantai keteng sehingga tidak terjadi ketukan dua logam yang bisa menimbulkan bunyi “klotok klotok”. Pegasnya cak…tendangan pegasnya melemah sehingga rantai keteng akan kembali bergerak bebas. Akibat usia, pegas mulai loyo dan saatnya sampeyan harus ganti dengan yang baru….

Harga lifter Tensioner mungkin tidak terlalu mahal yakni berkisar 350 ribuan. Mengusung kode part 14520KWG601…lifter assy Tensioner ini bisa untuk segala motor seperti CBR 150 Supra GTR ataupun Sonic 150. Tapi di kota kecil, kita seringkali harus inden untuk membeli part tersebut. Maklum namanya wae bukan termasuk fast moving part. Pemesanan bisa bervariasi sekitar 1-2 minggu tergantung lokasi. Belum lagi banderol 350 ribu untuk anak kost juga lumayan membuat kantong bolong. Terus piye solusi murahnya ?

Jebule murah meriah cak. Kalau nggak mau sabar, Monggo ganti menggunakan lifter Tensioner milik Honda Karisma. Dilalah adik IWB yang saat ini nunggang Honda CB150R mengaku sangat puas dengan hasilnya. ” PNP mz. Hingga sekarang nggak pernah kumat lagi…” serunya. Nahhh mantap tenan to. Lifter Tensioner Honda Karisma ini jauh lebih murah dibandingkan dengan CB150R bawaan. Lha piye…harga HGP hanya 45-50 ribuan. Tuhhh ngirit banyakkkk tooo….

Last….kelebihan mesin Honda adalah banyak common part yang akan membuat sampeyan mudah memecahkan masalah. Sebab antara part satu dengan lainnya kadang cocok. Dan dari hasil sepertinya lifter Tensioner Honda Karisma memiliki pegas yang cukup mumpuni. 45 ewu dibandingkan 350 ewu, lumayan nampol tooo. Btw…yang unik setelah diganti lifter tensioner Karisma, Honda CB150R adik IWB tetap trengginas padahal jarak tempuh motor sudah tembus 59 ribuan kilometer. ” Penyakit sih cuma itu mz, selebihnya mesin CB150 emang awet mantap tenan..” tutupnya tersenyum puas. Btw, baru 2 tahun sudah 59 ribu? ediannnn ki motor turing mulu kayaknya euy…(iwb)

” Motor adik setelah 59 ribu penyakit hanya klothok-klothok selebihnya juoz..”

Advertisements