Iwanbanaran.com – Ganjel cak…asli IWB merasa prihatian dengan kejadian yang menimpa salah satu biker asal Situbondo Banyuwangi. Bikers ini terkesan dikeroyok dan dipojokkan oleh sopir bus. Masalahnya satu, bikers yang membawa anak dan istri merasa nyaris celaka karena bis memaksa masuk saat nyalip dari arah berlawanan memakan jalurnya sehingga doi terpaksa turun dari jalan. Karena kesal doi putar balik dan melempar batu (klaim ukurannya kecil). Siapa yang sebenarnya salah ?

Sebuah rekaman video dishare oleh cak Andre yang mengabadikan kejadian perdebatan sengit antara bikers dan Bus diSitubondo….

Saat IWB perhatikan baru ngeh kronologis berdasarkan apa yang IWB tangkap dari video.  Sang bikers merasa terancam keselamatannya sebab bis tidak perduli dan tetap memaksa masuk berusaha menyalip dari arah berlawanan sehingga memaksa bikers harus turun ke jalan. Di sinilah yang menjadi pangkal permasalahan. Dianggap sudah keterlaluan biker tersebut mengambil batu  dan  putar balik mengejar bis….

iklan iwb

IWB nggak tahu mana yang benar sebab klaim Biker ukuran batu kecil dengan tujuan untuk sekedar memperingatkan. Sementara menurut sang sopir bis, ukurannya besar. Tapi tindakan bikers tersebut IMHO tetap salah karena apapun alasannya tidak diperkenankan melakukan tindakan main hakim sendiri. IWB setuju dengan petugas mediator yang hadir di lokasi dan secara tegas memperingatkan tindakan preman yang dilakukan biker. Tapiiiii…

Akan tetapi di luar itu, jujur cak….IWB ganjel bukan main. Sudah seharusnya sopir bus juga diperingatkan sebab dari pengalaman pribadi mayoritas memang ora aturan. Bukannya mau membela dan melakukan justifikasi….tapi IWB sendiri sering mengalami khususnya ketika melintasi jalur Pantura. Mayoritas para sopir bus lintas propinsi ini memang ugal-ugalan. Aksi pepet dari arah berlawanan tanpa perduli dengan pengguna jalan lain juga IWB alami ketika menggunakan mobil sekalipun….

Sampeyan banyangin wae cak…IWB nunggang SUV yang ukurannya termasuk gede, bis-bis ini nyalip dan tanpa ragu memakan jalur IWB hanya bermodalkan lampu Dim. Ora minggir?? Jelas disasak tenan. Pernah IWB bales ngedim tapi tidak ada indikasi mereka kendorkan kecepatan alias justru mereka kembali ngedim dan seperti ngajakin adu banteng. Ketimbang dadi engkeng karena bawa anak istri, terpaksa yang waras ngalah IWB banting stir kepinggir jalan. Bener-bener kurang asyem tenan. Emosi ? jelas, sirah cekot-cekot. Kuwi musuh mobil lho cak…piye dengan motor? So…IWB sedikit tidaknya mengerti dan paham apa yang dirasakan biker terlampir…

Ini adalah fakta dan sudah rahasia umum. Oleh karena itu Alangkah baiknya semua intropeksi dan tidak ada merasa paling benar. Apalagi dalam video terlontar ungkapan yang malah memojokkan biker dengan mengatakan ” Jangan bahwa anak istri keluar kalau nggak mau celaka….” oalaahhhh ngelus dada cak. Seharusnya dapat menjadi penengah malah sebaliknya. Ciloko njaran tenan kalau mindset ini masuk dibenak setiap sopir bis yang ada di jalanan. Ngeri…iso makin arogan pakde….


Tanda-tanda ini sudah terlihat dari kata-kata yang dilontarkan sopir bus dalam video yang mengatakan…” Jika saya tidak menghormati pengguna jalan lain, semua orang sudah saya tabrakin….” serunya (klik video terlampir diatas). Rusak totonan tenan kalo gitu. Sebagai pengguna jalan yang sering melintasi jalur Pantura menggunakan kendaraan pribadi, IWB mengharapkan adanya ketegasan untuk menindak para sopir bus yang ugal-ugalan bukan jsutru malah dibela. Sebab tidak ada asap tanpa api. Dan yang paling penting jangan menyalahkan “Apes” jika ada korban jiwa dijalanan sebab semua berpangkal dari manusianya sendiri yang tidak perduli dengan nyawa orang lain…

Last….dalam kasus diatas, Polsek Asembagus sudah mendamaikan keduanya. Langkah yang sangat tepat cak. Tapi suka atau tidak…kejadian di Situbondo menjadi gambaran betapa semrawutnya kondisi jalanan tanah air. Siapa yang besar, sepertinya mereka yang menang. Buat sampeyan semua para bikers, IWB himbau agar hati-hati dijalanan khususnya ketemu bis. Lebih baik mengalah ketimbang celaka. Dan satu hal penting cak…jangan main hakim sendiri dengan melempar batu sebab ancamannya serius kalau ada yang celaka. Sampeyan iso di Bui lho. So…keep safety riding dan selalu hormati pengguna jalan lain. Nah..kalau menurut sampeyan, kira-kira siapa yang patut disalahkan dalam hal ini ? monggo berikan komentarnya..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

122 COMMENTS

    • Ngah! Ngah! Ngah! Jelas salah efbeYe lik ,
      Jas jos jas jos doang nggk beli Ngah! Ngah! Ngah!

    • Ancen ngno kang supir daerah etan (probolinggo ngetan), nek kadung ngeblong jian ampun. Akeh sing senasib karo rider iku bablas nang luar jalur. Aku numpak bis jurusan etan yo ngno iku gak gelem ngalah. Penumpange adem panas hahaha

    • Hari gini masih banyak aja kacung2 benda mati bertebaran,, mbok yo bela agam4 mu sek lagi di iles2 wong barat menuju peradaban bebas iki lek2, kiamat wes dimulai..

    • Pabrikan yg buosok lik yahama itu kan motor sampah , harus dibuang Ngah! Ngah! Ngah!

  1. Makanya pakai pcx , sebab pcx ada mode tempurnya , jika si bus agak ngawur tinggal kita pencet tombol mode tempur jadi semua senjata dan misil akan keluar , jangan lupa lampu hazard juga di nyalain , supaya kendaraan di belakang kita agak menjauh,

  2. Bis itu kebanyakan ngawur wan. Jalan ngebut muatan melebihi tempat duduk, dan suka ngambil jalur berlawanan. Alesan buat kecepatan sama agar sampai tepat waktu

    Padahal kalo mau nyampe tepat waktu ya jangan ngetem di terminal sampe 15 menitan. Padahal status bis patas. Apa lagi yg non patas

    Harusnya di atur lah. Kalo mau cepat ya di larang ngetem lama lama. Bayangin aja tiap kota ngetem 15 menitan. Ada 8 kota uda telat 1 jam. Akhirnya ya gini. Merugikan rider lain

    • Bis itu kebanyakan ngawur wan. Jalan ngebut muatan melebihi tempat duduk, dan suka ngambil jalur berlawanan. Alesan buat kecepatan sama agar sampai tepat waktu

      Padahal kalo mau nyampe tepat waktu ya jangan ngetem di terminal sampe 15 menitan. Padahal status bis patas. Apa lagi yg non patas

      Harusnya di atur lah. Kalo mau cepat ya di larang ngetem lama lama. Bayangin aja tiap kota ngetem 15 menitan. Ada 8 kota uda telat 1 jam. Akhirnya ya gini. Merugikan rider lain

    • balapan motogp di assen kemarin seru banget. KAWASAKI juara 1. sampe cekot2 pala liat balapannya. semoga lu paham wkwkwkwkwk

  3. si sopir bis bilang “Jangan bahwa anak istri keluar kalau nggak mau celaka….”, emangnya dia sendiri ngga pernah nunggang motor sambil bonceng anak-istri? ati-ati pir, omonganmu bisa balik ke dirimu sendiri

  4. Pajak tahunan motor berapa?
    Pajak tahunan bis berapa?
    Mikir dong
    Gedean bis kali bayarnya, jadi terserah dia lah ???

  5. Sopir bus ga pernah dengerin ceramah TGB itu mah. Sukanya sama FPI, Habeep ReeDzeeq dan lainnya yg getol ngoto tereak2 kasar,

  6. Biker bloon tinggal minggir ja repot bgt hidup lo.. kesenggol jg kgk pke protes lempar batu.. makanya sekali” naik bis jarak jauh biar paham otak lo yg bloon.

    • kalo GOBLOK itu jangan diperlihatkan ke khalayaj umum biar bapak emakmu gai isin duwe anak koyok RAIMU

    • Tidak ada alasan membenarkan sesuatu yg salah. Dua duanya salah. Saling menghormati lah di jalan, jangan mengambil hak orang lain. Coba hitung sudah berapa bus yg dibakar massa gara2 nyeruduk orang. Jangan sampe kejadian tsb terulang.

    • Kesenggol jg kagak?
      Matamu!
      Kalo kesenggol, gak bakal orangnya lempar batu tod, yang ada supirnya kabur ?

    • Makanya bong, jangan ngebis mulu. Naik kereta, naik pesawat. Bis itu pilihan terkahir aza

  7. Ah kadang supir bus kl celaka kabur d tangkap polisi katanya miskin kl suruh ganti blg miskin. Org miskin ky gt tembak bunuh keroyok rame2 sama biker. dl ku perna berhenti d lampu merah make er 6 posisi masi merah uda d klakson suruh jalan sama bis d kira sendiri pas uda hijau ngata2in giliran d cegat d keroyok sama anggota club ampun2an.

  8. Pernah di jalanan lintas Ngawi Sragen, di belokan tiba tiba muncul bis dari arah berlawanan, akhirnya Minggir ke jalan Setapak.. untung gak sungai.

  9. Makanya pakai pcx soalnya pc itu dilengkapi rudal jelajah, di tambah laser weapon , terus misil jericho buatan tony stark, dan juga senjata senjata canggih lainnya , tapi semua senjata tidak di takuti sama supir bus karena supir bus hanya takut sama pcx karena pcx di kira odong odong, karena banyak lampunya

  10. Kalo and sering juga begitu, palingan minggir bersyukur , Dan sabar. Biar Tuhan yang membalas… Gimana kalah ukuran, Dan kalah jumlah muatan… Yang sering jd alasan jg

  11. si sopir bis bilang “Jangan bahwa anak istri keluar kalau nggak mau celaka….”, emangnya dia sendiri ngga pernah nunggang motor sambil bonceng anak-istri? ati-ati pir, omonganmu bisa balik ke dirimu sendiri

  12. Apalagi dalam video terlontar ungkapan yang malah memojokkan biker dengan mengatakan ” Jangan bahwa anak istri keluar kalau nggak mau celaka….”

    Penengah yg keamjing-amjingan

    • setuju nih…. IQnya pada 40, makanya mindset supir bus juga “sangat pinter”…. mikirin nafkah sendiri, orang laen ciloko bodo amat…

  13. Polisinya gila. Masa bilang klo mau aman di rumah aja. ada orang yg ugal-ugalan di jalan itu sudah biasa di jalan klo mati ya Apes katanya. Bener-bener gila klo aparat sampe berkata seperti itu.

  14. Wajar lah kalau supir bis gitu, kalau pinter ga jadi supir bis. Gua yg bawa mobil gede aj dianggap.

    • setuju nih…. IQnya pada 40, makanya mindset supir bus juga “sangat pinter”…. mikirin nafkah sendiri, orang laen ciloko bodo amat…

  15. Polisinya gila. Masa bilang klo mau aman di rumah aja. ada orang yg ugal-ugalan di jalan itu sudah biasa di jalan klo mati ya Apes katanya. Bener-bener gila klo aparat sampe berkata seperti itu.

  16. Polisinya gila. Masa bilang klo mau aman di rumah aja. ada orang yg ugal-ugalan di jalan itu sudah biasa di jalan klo mati ya Apes katanya. Bener-bener gila klo aparat sampe berkata seperti itu. klo gitu hapus aja rambu-rambu dan tata tertib berkendara di jalan. biar tabrak-tabrakan sekalian yg mati yaaa Apessss. termasuk polisi yg ngomong bgtu klo di lindes bus ugal-ugalan di jalan ya Apeeeesss. klo mau Aman gak usah keluar rumah gak usah jadi polisi.

  17. yg saya malas ketika supir bus bilang “saya bawa penumpang loh”
    terus kalo tabrakan “supir juga manusia punya keluarga yg dinafkahi”

    halah jurus alibi sesama umat.

  18. Sebenarnya ada pesan tersembunyi dibalik itu semua cak. Kalau mau keluar dg keluarga naiklah bis agar setoran sopir juga lancar. ???

  19. sama2 salah cak,ngapain jga yg bawa motor mbalang bis pake batu,sama aja bahayain orang satu bis,mending di setop di depannya,g usah pake lempar2 batu..
    ane aja sekarang parno klo masuk tol,lg banyak kasus atlit lempar2..

  20. wis gak usah dowo-dowo, podo lanange.. supir bis kongkon mudhun.. biker yo mudhun.. jejeg2-an, lukup2-an.. wis mari.. buyar moleh dewe2

  21. sama2 salah cak,ngapain jga yg bawa motor mbalang bis pake batu,sama aja bahayain orang satu bis,mending di setop di depannya,g usah pake lempar2 batu..
    ane aja sekarang parno klo masuk tol,lg banyak kasus atlit lempar2..

  22. wis gak usah dowo-dowo, podo lanange.. supir bis kongkon mudhun.. biker yo mudhun.. jejeg2-an, lukup2-an.. wis mari.. buyar moleh dewe2

  23. harusnya semua mobil / motor di Indonesia diwajibkan pasang dashcam biar tahu kejadian sebenarnya seperti apa.

  24. Itu yg slah org yg bwa mtorr… Itu bis dilempar batu cak.. Apa ga bahaya klau misal kaca pecah trus si supir hilang kendali ap ga fatal cak???

  25. Itu yg slah org yg bwa mtorr… Itu bis dilempar batu cak.. Apa ga bahaya klau misal kaca pecah trus si supir hilang kendali ap ga fatal cak???

  26. Aku yo pernah cak ndek asembagus. Tp aku bawa roda 4. Waktu nyalip, papasan sama motor, motornya wis tak kasih jalan. Eh malah nengah” spionku ditendang. Sampe kaca samping(bagian driver) pecah. Soale spion iku masuk kedalam mobil.
    Kadang bikers” iku ngawur cak.
    Tapi kalo yg masalah diatas sih bus e seng edian

  27. Polisinya gila. Masa bilang klo mau aman di rumah aja. ada orang yg ugal-ugalan di jalan itu sudah biasa di jalan klo mati ya Apes katanya. Bener-bener gila klo aparat sampe berkata seperti itu. klo gitu hapus aja rambu-rambu dan tata tertib berkendara di jalan. biar tabrak-tabrakan sekalian yg mati yaaa Apessss. termasuk polisi yg ngomong bgtu klo di lindes bus ugal-ugalan di jalan ya Apeeeesss. klo mau Aman gak usah keluar rumah gak usah jadi polisi.

  28. Makanya pakai pcx , sebab pcx ada mode tempurnya , jika si bus agak ngawur tinggal kita pencet tombol mode tempur jadi semua senjata dan misil akan keluar , jangan lupa lampu hazard juga di nyalain , supaya kendaraan di belakang kita agak menjauh,

    • balapan motogp di assen kemarin seru banget. KAWASAKI juara 1. sampe cekot2 pala liat balapannya. semoga lu paham wkwkwkwkwk

  29. Bis itu kebanyakan ngawur wan. Jalan ngebut muatan melebihi tempat duduk, dan suka ngambil jalur berlawanan. Alesan buat kecepatan sama agar sampai tepat waktu

    Padahal kalo mau nyampe tepat waktu ya jangan ngetem di terminal sampe 15 menitan. Padahal status bis patas. Apa lagi yg non patas

    Harusnya di atur lah. Kalo mau cepat ya di larang ngetem lama lama. Bayangin aja tiap kota ngetem 15 menitan. Ada 8 kota uda telat 1 jam. Akhirnya ya gini. Merugikan rider lain

    • Bis itu kebanyakan ngawur wan. Jalan ngebut muatan melebihi tempat duduk, dan suka ngambil jalur berlawanan. Alesan buat kecepatan sama agar sampai tepat waktu

      Padahal kalo mau nyampe tepat waktu ya jangan ngetem di terminal sampe 15 menitan. Padahal status bis patas. Apa lagi yg non patas

      Harusnya di atur lah. Kalo mau cepat ya di larang ngetem lama lama. Bayangin aja tiap kota ngetem 15 menitan. Ada 8 kota uda telat 1 jam. Akhirnya ya gini. Merugikan rider lain

  30. Sopir bus ga pernah dengerin ceramah TGB itu mah. Sukanya sama FPI, Habeep ReeDzeeq dan lainnya yg getol ngoto tereak2 kasar,

  31. Biker bloon tinggal minggir ja repot bgt hidup lo.. kesenggol jg kgk pke protes lempar batu.. makanya sekali” naik bis jarak jauh biar paham otak lo yg bloon.

  32. Ah kadang supir bus kl celaka kabur d tangkap polisi katanya miskin kl suruh ganti blg miskin. Org miskin ky gt tembak bunuh keroyok rame2 sama biker. dl ku perna berhenti d lampu merah make er 6 posisi masi merah uda d klakson suruh jalan sama bis d kira sendiri pas uda hijau ngata2in giliran d cegat d keroyok sama anggota club ampun2an.

  33. Aku yo pernah cak ndek asembagus. Tp aku bawa roda 4. Waktu nyalip, papasan sama motor, motornya wis tak kasih jalan. Eh malah nengah” spionku ditendang. Sampe kaca samping(bagian driver) pecah. Soale spion iku masuk kedalam mobil.
    Kadang bikers” iku ngawur cak.
    Tapi kalo yg masalah diatas sih bus e seng edian

  34. Makanya pakai pcx soalnya pc itu dilengkapi rudal jelajah, di tambah laser weapon , terus misil jericho buatan tony stark, dan juga senjata senjata canggih lainnya , tapi semua senjata tidak di takuti sama supir bus karena supir bus hanya takut sama pcx karena pcx di kira odong odong, karena banyak lampunya

  35. Kalo and sering juga begitu, palingan minggir bersyukur , Dan sabar. Biar Tuhan yang membalas… Gimana kalah ukuran, Dan kalah jumlah muatan… Yang sering jd alasan jg

  36. Pernah di jalanan lintas Ngawi Sragen, di belokan tiba tiba muncul bis dari arah berlawanan, akhirnya Minggir ke jalan Setapak.. untung gak sungai.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama