Iwanbanaran.com – Pakdeeee……masih diujung jalanan Pantura, sebuah kode misterius Honda dengan komposisi K84F menjadi pokok bahasan yang akan coba kita kupas. Walau mungkin IWB agak telat sebab posisi yang kurang menguntungkan namun tidak ada salahnya pada artikel ini akan IWB kupas. Sebuah kode…sempalan dari K84A yang merupakan motor trail Honda CRF150L dan diduga K84F ini merupakan versi lain dari K84A. Apakah CRF150 versi supermoto? Waaaa ikiiii….

Honda dalam pengkodean produk Sebenarnya cukup gampang untuk ditebak. Sebab tidak seperti pabrikan lain kode di depan biasanya sama alias tidak dibedakan. Mereka hanya mengubah bagian belakang. Tapi tentu saja kode di belakang pun bisa memiliki dua arti yakni Major facelift atau diversifikasi varian. Monggo sampeyan intip kode K45A….

Kode produk Honda CBR150R dual keen eyes pertama yang kemudian dilanjutkan dengan hadirnya kode baru yakni K45G. Kode ini bukanlah diversifikasi varian akan tetapi merupakan major facelift yang disebut sebagai All New CBR150R. Begitu juga dengan kasus Honda CB150R. Motor naked pertama yang kita sebut sebagai Honda teralis mengusung kode project K15A….

Dan pada versi Mayor facelift yang disebut sebagai all new CB150R…. Honda menggunakan kode K15G. Terus bagaimana status K84F? Kita bisa mengambil contoh  Honda Sonic 150R yang memiliki kode K56A. Motor ayago ini memiliki diversifikasi produk  dengan kode K56F lewat Supra GTR 150. Dan Kalau sampeyan buka buku Primbon maka kita akan menemukan K84A adalah kode produksi motor trail Honda CRF150L. Dari sini sangat kecil kemungkinan K84F merupakan versi Facelift dari CRF150L. Sebab kodepun masih masuk kategori F…belum G (wis koyok tebak-tebakan togel wae ki :mrgreen: ). Artinya ??

Rasanya cukup logis jika Honda bakal memperkenalkan sosok baru yang merupakan sempalan dari CRF150L sama seperti halnya Honda Sonic 150R dengan Supra GTR 150. Sosok baru ini kuat kemungkinan merupakan versi Supermoto CRF150L. Tindakan Honda persis seperti yang dilakukan Kawasaki  lewat hadirnya  KLX 150  dengan Dtracker 150. Jika tebakan kita benar….jelas kehadiran dari K84F patut kita tunggu. Bakal hooottt kiii…

Last…. dari prediksi pribadi versi Supermoto ini akan mengambil basis dari Honda CRF150L. Termasuk suspensi Upside Down yang menjadi perangkat wajib bagi Honda K84F. Namun perbedaan utama ada pada mapping engine dimana K84F disetting sebagai motor Jalan Raya yang lebih bagus pada top speed dibandingkan CRF150L. Monggo tampung dan Mari kita pantengin sama-sama. Hottt tenan ki kalau akurat. Yo wis….IWB mau lanjutkan perjalanan dulu cak. Salam dari Panturaaaa….ocreeeee ! (Iwb)

Advertisements