iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbrooo….sepertinya ajang balap World superbike tahun depan bakal berbeda sebab bakal ada aturan yang makin ketat pada kompetisi ini. Aturan tersebut membidik masalah ECU dimana seluruh tim harus menggunakan ECU yang sama. Konsep tersebut mirip dengan yang terjadi pada balap MotoGP sekarang…

Dominasi salah satu pabrikan Yang cukup sulit untuk dipatahkan sepertinya membuat regulator commision mulai berpikir melakukan langkah penting.?Langkah tersebut adalah pengaturan single ECU untuk World Superbike ataupun Supersport. Kesepakatan untuk WSBK sendiri sudah diresmikan tanggal 15 Juni 2018 dan mulai berlaku untuk tahun depan…

Sementara world Supersport baru akhir bulan ini aturan akan diresmikan. Jadi jika sebelumnya pabrikan bebas menggunakan ECU sendiri maka tahun depan tidak. Seluruh tim harus menggunakan ECU yang disuplai oleh panitia. ECU ini mengusung label MKE7 dan disuplai oleh vendor Italia Mectronik. Asyiknya… komisi regulasi mempersilahkan tim untuk mencicipi ECU Mectronik mulai race Portimao….

iklan iwb

Karena masih masuk kategori testing tidak ada kewajiban untuk menggunakan. Kecuali tahun depan Maka tidak ada alasan dan semua pabrikan harus melengserkan ECU racikan pabrikan guna digantikan dengan ECU Mectronik. Selain pengaturan masalah ECU… juga dikeluarkan regulasi ketika terjadi stall engine saat start….

Sama dengan yang pernah dialami oleh Marc Marquez, maka jika mesin mengalami stall setelah sighting lap pembalap tidak diperkenankan melakukan apapun dengan kata lain berusaha menyalakan mesin. So… pembalap harus mengangkat tangan supaya dibantu oleh steward minggir dari track. ECU terbaru juga mengatur limiter RPM atas yang nantinya seluruh tim disamaratakan. Hmmm…koq makin terpasung ya cak. Efek Kawasaki terlalu digdaya? Bisa jadi cak….(iwb)

34 COMMENTS

  1. Koq lama lama mirip motoGP yo Cak….? Bedane mung Motor Prototype sama Motor Pomas.

  2. Dominasi tidak bisa d patahkan karena pabrikan gak ada yang turun selain kawasaki dan ducati! Dagelan! Masa tim satelit di paksa vs tim pabrikan dengan single ECU! bukanya mewajibkan pabrikan ikut wsbk malah mengebiri riset teknologi untuk motor masal. Wsbk adalah riset berjalan buat produk masal kedepanya. Atau update program ecu dan kalibrasi sensor.

  3. Dominasi tidak bisa d patahkan karena pabrikan gak ada yang turun selain kawasaki dan ducati! Dagelan! Masa tim satelit di paksa vs tim pabrikan dengan single ECU! bukanya mewajibkan pabrikan ikut wsbk malah mengebiri riset teknologi untuk motor masal. Wsbk adalah riset berjalan buat produk masal kedepanya. Atau update program ecu dan kalibrasi sensor.

  4. Koq lama lama mirip motoGP yo Cak….? Bedane mung Motor Prototype sama Motor Pomas.

Comments are closed.