iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Auranya…..laki banget. Kendati zaman dan tren sudah berubah, sisa-sisa keperkasaan masih terpancar kuat. Asli…IWB tertegun saat melihat sosok motor 2 tak terkuat di masanya yakni Suzuki RGR 150 yang dimiliki oleh saudara di Tegal. Perjalanan dalam rangka mudik ke kampung halaman ini menyeret IWB pada satu kenangan masa muda…jaman enom dulu. Lengkingan Super Scavenging System yang akan membuat sampeyan bergidik….

Jangan samakan Suzuki RGR150 dengan engine 2 Tak sekarang. Jangan pula sandingkan dengan Kawasaki Ninja 150 2Tak yang sudah dibekali SKIPS. Sebab feel yang diberikan oleh motor sport Suzuki ini jauh dari itu. Ledakan tenaga 25HP dengan bobot body hanya 100kg membuat tiap lengkingan RPM begitu nggegirisi. IWB masih ingat betul…pertama kali jajal RGR150 sekitar tahun 1995 sensasinya bikin keder tenan….

Sekitar tahun 1996 teman IWB bernama Udin memboyong dari dealer Suzuki gress masih bau pabrik. Motor dengan warna dan model yang sama plek dengan RGR terlampir IWB tes kecepatan puncak. Sampeyan tebak apa yang terjadi…..kelopak mata seperti terbalik. Masuk teritori 160km/jam mata nggak bisa melek sebab angin mencabik air mata keluar dari kelopak. Ngeriii tenan. Lho koq iso?

iklan iwb

Kan emang pekok. Jaman 1990an mana ada kesadaran pakai helm. Jadi ngetes top speed selalu bertelanjang kepala. Jaman itu emang cukup sulit Cari helm full face bagus. Rata-rata model helm asal nempel seperti helm proyek. Helm yang akan terbang jika digunakan di atas 90 km/jam. Coba sampeyan bayangin kangbro. Makanya top speed selalu bertelanjang kepala. Kalau IWB ingat rasanya ngilu bener. Sebab sekalinya Kehilangan kecepatan selesai sudah. Ora bakal ono ceritane Iwanbanaran pakde. Dilalah kepekokan tersebut sudah menjadi tren di era 1990an. Untunglah kebengalan masa muda mulai hilang seiring umur bertambah….

Tercatat 3 kali IWB harus mengulang karena kebingungan memproteksi kelopak mata dari serangan derasnya Angin. Dan pada final test….dagu IWB pepetin ditanki, muka terlindungi windshield dan…..berhasilll. Top speed yang IWB torehkan tembus 178….alias 180 km/jam kurang dikittttt. Edannya untuk mencapai kecepatan tersebut terbilang sangat singkat sebab akselerasinya bikin bergidik. Gigi 2 dan 3 nya wae ban bisa ngangkat cak…

Yup, the power of 2stroke old era yang fokus pada performa murni tanpa diembel-embeli pengaturan emisi gas buang. Itulah istimewanya jaman dulu. Sampeyan akan disodorin sebuah motor yang beringas, liar tetapi juga boros. Jangan kaget jika RGR hanya mampu menempuh 15 KM untuk 1 liter bensin. Jiannn tenan bikin tongpes cak. Tapi semua tertutupi saat melaju dijalanan karena dijamin kaum hawa bakal nempel kayak perangko dengan sekali kerling. Kena pelet knalpot RGR pakde :mrgreen: ….

” Ini aku buat harian mz. Nggak banyak rewel sih….paling area silinder head yang rada ringkih. Selebihnya oke. Part juga gampang…banyak bisa order online…” seru Mifta sepupu IWB membuyarkan Lamunan masa lalu. Eaalaahh…jadi emang masih ada sparepartnya yak. Pantes masih mantap mesinnya. Terbukti sekali slah…motor langsung hidup dengan letupan bindeng khas RGR. Yup…sebuah motor legend yang akan mengisi sejarah roda dua tanah air dimasa lalu. Apakah sampeyan salah satu bikers yang juga punya kenangan dengan Suzuki RGR150SSS ? Monggo curahkan dikolom komentar…salam ngebulllllll never die !! :mrgreen: ….(iwb)

 

 

 

iklan iwb
Previous articleHot isu, Dani Pedrosa sudah kontrak dengan Yamaha !
Next articleBreaking news : Yamaha rilis warna Baru X-Max 250, berikut sosoknya !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!