iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…. Sepertinya di masa depan tidak bakal ada pabrikan yang melakukan recall secara diam-diam. Sebab payung hukum mengenai penarikan kembali suatu produk atau biasa disebut sebagai recall sudah tertuang dalam permenhub Nomor 33/2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. Peraturan yang mengharuskan pabrikan ataupun produsen melaporkan proses recall kepada Kementerian Perhubungan sehingga bisa dipublish secara terbuka. Waahhh….ini baru mantapp !!!

Kementerian Perhubungan baru saja merilis regulasi terbaru yang diatur dalam payung hukum Permenhub no 33/2018 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor. Dalam peraturan tersebut diwajibkan bagi produsen atau pabrikan yang melakukan recall harus melaporkan kepada kementerian Perhubungan terlebih dahulu. Kemudian setelah Recall dilakukan hasil harus di laporkan kembali kepada kemenhub untuk mendapatkan konfirmasi hasil dari proses Recall….

Menurut Eddy Gunawan, Direktur Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kementerian…. latar belakang lahirnya regulasi yang mengatur proses Recall adalah minimnya informasi perihal penarikan kembali produk dari pihak pabrikan. Mereka justru baru tahu setelah membaca berita dari media. Oleh karena itu di masa depan hal itu tidak akan terjadi sebab produsen harus memberitahukan kepada Menteri Perhubungan….

iklan iwb

Semua diatur dalam pasal 79 permenhub no 33/2018 yang berbunyi sebagai berikut…

(3) Terhadap Kendaraan Bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) perusahaan pembuat, perakit, pengimpor wajib melaporkan kepada Menteri sebelum dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

(4) Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) wajib bertanggungjawab untuk melakukan perbaikan terhadap Kendaraan Bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal.

(5) Terhadap Kendaraan Bermotor yang telah dilakukan perbaikan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib dilaporkan kembali kepada Menteri

Yup…jadi demikian cak. Semua gamblang tertuang dalam peraturan yang resmi diberlakukan oleh kemenhub. Artinya di masa depan pabrikan tidak bisa diam diam Sebab mereka harus melaporkan secara terbuka sekecil apapun cacat yang terjadi. Dari sisi konsumen jelas peraturan ini sangat bagus sebab kita akan mendapatkan perlindungan lebih dibandingkan sebelumnya…

Last….recall silently pernah dilakukan hampir semua pabrikan. Hal ini karena recall bagi sebagian besar konsumen di tanah air merupakan aib yang harus ditutup-tutupi. Hal ini tidak lepas dari aksi black campaign yang menunggangi proses Recall sebingga memperparah dan membuat seolah-olah penarikan ulang merupakan cacat produk. So…kedepan kita bakal tahu, pabrikan mana saja yang melakukan recall dan sampai sejauh mana progres yang sudah mereka lakukan. Ini baru juozzz cak…iyo ora…(iwb)

iklan iwb
Previous articleJorge Lorenzo yakin bisa tantang Honda – Yamaha di Assen
Next articleSpyshot video terbaru Suzuki Bandit 150, kencang bener ngetesnya !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!