iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbroo…. kabar kurang bagus datang dari pabrikan Motor legendaris Harley Davidson. Sebagai pabrikan yang menjadi kebanggaan Amerika Serikat, Harley Davidson terancam tutup di negara Paman Sam. Kondisi tersebut tentu mengejutkan dan membuat kita bertanya….ada apa gerangan?? Hhmm…kayaknya rumit iki cak….

Harley Davidson saat ini pada posisi yang cukup sulit. Hal ini karena adanya perang dagang antara Uni Eropa serta Amerika Serikat yang saling Serang. Seperti dilaporkan oleh CNN, Uni Eropa memberlakukan tarif 25% pajak tambahan untuk impor motor buatan Amerika yang masuk ke Eropa. Tentu saja keputusan Uni Eropa tersebut mengancam eksistensi harley-davidson di pasar Eropa….

Tidak dijelaskan secara gamblang kenapa Eropa memperlakukan tarif yang cukup tinggi untuk motor Amerika yang masuk ke Uni Eropa. Bisa saja hal ini untuk menekan penetrasi motor Paman Sam dan lebih Pro kepada motor buatan Eropa. Namun dari beberapa referensi  tindakan Uni Eropa sebenarnya untuk membalas  kebijakan pemerintahan Trump memajaki aluminium dan baja dari negara-negara anggota Uni Eropa. Welehhhh makinnn ruwettt kiii. Terus apa efeknya bagi Harley Davidson?…

iklan iwb

Jelas akan mempengaruhi angka penjualan Harley di Eropa akibat harga yang kurang kompetitif ketika motor masuk dibenua tersebut. Dengan demikian, Harley-Davidson berencana untuk mengalihkan produksi motornya dari Amerika Serikat kebeberapa negara luar negeri. Saat ini mereka sudah memiliki fasilitas produksi di Australia, Brazil, India serta Thailand. Rencananya harley-davidson akan menutup sebagian besar pabrik di Amerika Serikat dialihkan ke beberapa negara diatas….

Dengan demikian Harley tidak perlu menanggung beban pajak tambahan 25% jika produk diekspor dari luar Amerika. Artinya dengan mengalihkan sebagian besar produksi di luar Amerika Serikat maka Harley Davidson bakal mampu menyelamatkan pabrikan ini dari beban pajak 100 juta dollar per tahun. Angka yang luarrr biasa cak. Namun keputusan Harley Davidson tidaklah mulus sebab pemerintah Amerika kemungkinan besar akan menentang keputusan tersebut. Kenapa?

Sebab Harley-davidson dituding akan menambah angka pengangguran di USA. Sebagai informasi Harley Davidson saat ini mampu memproduksi 40 ribu motor pertahun  yang diekspor ke seluruh negara di dunia. Dan 50% penjualan di antaranya didapatkan di luar Amerika. Tidak heran sepertinya Harley bakal ngotot untuk menyelamatkan uang perusahaan. Lha piye cak….

Kalau tetap kekeuh Di Negeri Paman Sam, Harley kudu membeli bahan baku aluminium dan baja dengan pajak besar dari Uni Eropa. Sementara… saat produk diekspor ke Eropa, mereka kembali diberikan beban 25% pajak ketika produk masuk ke Uni Eropa. Opo ora mumet jalll. Btw….drama ini memang belum usai sebab Harley Davidson sedang mempertimbangkan masak-masak mengingat intervensi pemerintah juga cukup besar supaya Harley Tetap mempertahankan fasilitas produksi nya di Amerika Serikat. Dodolan motor jadi ribet bener ya cak…oalaahhh (iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

106 COMMENTS

  1. Mumet juga ya… soalnya HD ngga hanya murni perusahaan, tapi juga kebanggaan nasional. Blm lagi serapan tenaga kerjanya. Trump hrs cari win-win solution. Subsidi pajak misalnya. Tapi emangnya kongres mau kasih subsidi kayak gitu? Puyeng deh lu…

  2. Amerika akan hancur bukan oleh musuh nya,melain akan hancur oleh keputusan s Donald ,Harley aja sampai bingung kena kebijakan s Donald

    • Pindah ae maring indonesia.. Kl harga bs lbh murah pasti laris.. Bs menyumbang separuh dr total penjualan harley di dunia..

  3. Motor cc gede, tenaga lemot, pantas NPD dan LAPD ganti Harley mereka dengan buatan Jepang or Eropa untuk mengimbangi kecepatan motor2 jaman skg

  4. menurut saya akan perang global, karena amerika sangat arogan pasti akan angkat senjata sedangkan eropa egois mau menang sendiri tidak mau kalah dan ini akan memicu perang besar besaran dampak akan mengglobal keseluruh dunia
    saya pernah bermimpi langit begitu terang memerah dan banyak pesawat jet terbang

  5. Amerika musingin, pengin gak nambah pengangguran tapi pabrikan di susahin. Mungkin nanti motor bakal dibuat dari Plutonium biar nabrak langsung “duar” gak usah impor2 dari luar negeri

  6. Kebijakan trump sekilas emang nasionalis banget, tapi produsennya jadi ketar ketir karena dipaksa punya pabrik di amerika (dengan ongkos buruh yg udh pasti lebih mahal ketibang di negara2 asia atau amerika latin sekalipun)

  7. Mumet juga ya… soalnya HD ngga hanya murni perusahaan, tapi juga kebanggaan nasional. Blm lagi serapan tenaga kerjanya. Trump hrs cari win-win solution. Subsidi pajak misalnya. Tapi emangnya kongres mau kasih subsidi kayak gitu? Puyeng deh lu…

  8. sukurlah…produk2 mamarika pada terpuruk….. seneng aja liatnya…. mereka arogan…. apalg sm orang2 musl#m…. timteng terutama perang2 terus menerus!!! vietnam dijajah habis2an…akhirnya vietnam merdeka……mereka gigih mperjuangkan kemerdekaan….!!! harley.. gm bangkrut… ford jg hengkang dr indonesia…..!!! alhamdulillah……!!!

  9. Amerika akan hancur bukan oleh musuh nya,melain akan hancur oleh keputusan s Donald ,Harley aja sampai bingung kena kebijakan s Donald

    • Yang beli dikit, toyota crown terbaru di Jepang dijual hanya 600juta sampai Jakarta dijual 2milyar .habis astra toyota nggak jual lagi crown

  10. koreksi pul, dari data statista.com, hd memproduksi antara 400 ribu hingga 500 ribu unit sepeda motor pertahun, bukan 40 ribu unit.

    • iya siapa tahu ada kebijakan buat yg bangun pabrik diindo kan, trus msh kan g ad bea masuk dan shiping jg.Ngarep seh bro.

    • Mas erti… Kalo cuma bikin terus di ekspor tidak dipasarkan d indonesia kayanya gak deh… Kaya misal R3.. Dia 300cc dan diekspor.. CMIIW

  11. Kl dilihat jumlah aj hanya seujung jari penjualan harley di amrik jika dibandingkan penjualan motor honda di indonesia. Cb indonesia tidak diberlakukan ppnbm maka penjualan harley di indonesia bisa lbih dari 10 rb unit/th. Artinya 25% penjualan harley hny utk pasar indonesia

  12. trump melihat komputernya merk dell. dia bilang: ini buatan amerika seratus persen, jadi kabelnya tidak perlu beli dari mexico karena gua pajakin tinggi, jadi harganya murah: lho ini koran ada bahasa inggrisnya, berarti dell ada gua disitu: enak amat gua dipalakkin: bapak lu aja palakkin !

  13. Ni kebijakan maksa harley buat bikin motor mass production murah macam motor komuter harian bukan yg ekslusif lgi. Mampus koee, dijadiin tumbal sama trumpet ekekekekkekeke

  14. Ngapain bingung mikirin..kita kan bukan pengguna harley jd gak ush diambil pusing..yg penting kita cukup tau aj mengenai informasi ini.gak ush bingung mikirin.

  15. pindah keluar amrik jg blm tentu bs mujur, toh populernya bkn karna spek enggine tp nama besar yg dipuja2 katanya khas motor barat, pindah ke asia kynya kalah ama motor japun, ngalamat jd pnunggu gudang

  16. Amerika musingin, pengin gak nambah pengangguran tapi pabrikan di susahin. Mungkin nanti motor bakal dibuat dari Plutonium biar nabrak langsung “duar” gak usah impor2 dari luar negeri

  17. Kebijakan trump sekilas emang nasionalis banget, tapi produsennya jadi ketar ketir karena dipaksa punya pabrik di amerika (dengan ongkos buruh yg udh pasti lebih mahal ketibang di negara2 asia atau amerika latin sekalipun)

  18. Motor cc gede, tenaga lemot, pantas NPD dan LAPD ganti Harley mereka dengan buatan Jepang or Eropa untuk mengimbangi kecepatan motor2 jaman skg

  19. sukurlah…produk2 mamarika pada terpuruk….. seneng aja liatnya…. mereka arogan…. apalg sm orang2 musl#m…. timteng terutama perang2 terus menerus!!! vietnam dijajah habis2an…akhirnya vietnam merdeka……mereka gigih mperjuangkan kemerdekaan….!!! harley.. gm bangkrut… ford jg hengkang dr indonesia…..!!! alhamdulillah……!!!

  20. Ni kebijakan maksa harley buat bikin motor mass production murah macam motor komuter harian bukan yg ekslusif lgi. Mampus koee, dijadiin tumbal sama trumpet ekekekekkekeke

  21. pindah keluar amrik jg blm tentu bs mujur, toh populernya bkn karna spek enggine tp nama besar yg dipuja2 katanya khas motor barat, pindah ke asia kynya kalah ama motor japun, ngalamat jd pnunggu gudang

  22. Ngapain bingung mikirin..kita kan bukan pengguna harley jd gak ush diambil pusing..yg penting kita cukup tau aj mengenai informasi ini.gak ush bingung mikirin.

    • Pindah ae maring indonesia.. Kl harga bs lbh murah pasti laris.. Bs menyumbang separuh dr total penjualan harley di dunia..

  23. Kl dilihat jumlah aj hanya seujung jari penjualan harley di amrik jika dibandingkan penjualan motor honda di indonesia. Cb indonesia tidak diberlakukan ppnbm maka penjualan harley di indonesia bisa lbih dari 10 rb unit/th. Artinya 25% penjualan harley hny utk pasar indonesia

  24. trump melihat komputernya merk dell. dia bilang: ini buatan amerika seratus persen, jadi kabelnya tidak perlu beli dari mexico karena gua pajakin tinggi, jadi harganya murah: lho ini koran ada bahasa inggrisnya, berarti dell ada gua disitu: enak amat gua dipalakkin: bapak lu aja palakkin !

    • Yang beli dikit, toyota crown terbaru di Jepang dijual hanya 600juta sampai Jakarta dijual 2milyar .habis astra toyota nggak jual lagi crown

  25. menurut saya akan perang global, karena amerika sangat arogan pasti akan angkat senjata sedangkan eropa egois mau menang sendiri tidak mau kalah dan ini akan memicu perang besar besaran dampak akan mengglobal keseluruh dunia
    saya pernah bermimpi langit begitu terang memerah dan banyak pesawat jet terbang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here