iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbroo…. kabar kurang bagus datang dari pabrikan Motor legendaris Harley Davidson. Sebagai pabrikan yang menjadi kebanggaan Amerika Serikat, Harley Davidson terancam tutup di negara Paman Sam. Kondisi tersebut tentu mengejutkan dan membuat kita bertanya….ada apa gerangan?? Hhmm…kayaknya rumit iki cak….

Harley Davidson saat ini pada posisi yang cukup sulit. Hal ini karena adanya perang dagang antara Uni Eropa serta Amerika Serikat yang saling Serang. Seperti dilaporkan oleh CNN, Uni Eropa memberlakukan tarif 25% pajak tambahan untuk impor motor buatan Amerika yang masuk ke Eropa. Tentu saja keputusan Uni Eropa tersebut mengancam eksistensi harley-davidson di pasar Eropa….

Tidak dijelaskan secara gamblang kenapa Eropa memperlakukan tarif yang cukup tinggi untuk motor Amerika yang masuk ke Uni Eropa. Bisa saja hal ini untuk menekan penetrasi motor Paman Sam dan lebih Pro kepada motor buatan Eropa. Namun dari beberapa referensi  tindakan Uni Eropa sebenarnya untuk membalas  kebijakan pemerintahan Trump memajaki aluminium dan baja dari negara-negara anggota Uni Eropa. Welehhhh makinnn ruwettt kiii. Terus apa efeknya bagi Harley Davidson?…

iklan iwb

Jelas akan mempengaruhi angka penjualan Harley di Eropa akibat harga yang kurang kompetitif ketika motor masuk dibenua tersebut. Dengan demikian, Harley-Davidson berencana untuk mengalihkan produksi motornya dari Amerika Serikat kebeberapa negara luar negeri. Saat ini mereka sudah memiliki fasilitas produksi di Australia, Brazil, India serta Thailand. Rencananya harley-davidson akan menutup sebagian besar pabrik di Amerika Serikat dialihkan ke beberapa negara diatas….

Dengan demikian Harley tidak perlu menanggung beban pajak tambahan 25% jika produk diekspor dari luar Amerika. Artinya dengan mengalihkan sebagian besar produksi di luar Amerika Serikat maka Harley Davidson bakal mampu menyelamatkan pabrikan ini dari beban pajak 100 juta dollar per tahun. Angka yang luarrr biasa cak. Namun keputusan Harley Davidson tidaklah mulus sebab pemerintah Amerika kemungkinan besar akan menentang keputusan tersebut. Kenapa?

Sebab Harley-davidson dituding akan menambah angka pengangguran di USA. Sebagai informasi Harley Davidson saat ini mampu memproduksi 40 ribu motor pertahun  yang diekspor ke seluruh negara di dunia. Dan 50% penjualan di antaranya didapatkan di luar Amerika. Tidak heran sepertinya Harley bakal ngotot untuk menyelamatkan uang perusahaan. Lha piye cak….

Kalau tetap kekeuh Di Negeri Paman Sam, Harley kudu membeli bahan baku aluminium dan baja dengan pajak besar dari Uni Eropa. Sementara… saat produk diekspor ke Eropa, mereka kembali diberikan beban 25% pajak ketika produk masuk ke Uni Eropa. Opo ora mumet jalll. Btw….drama ini memang belum usai sebab Harley Davidson sedang mempertimbangkan masak-masak mengingat intervensi pemerintah juga cukup besar supaya Harley Tetap mempertahankan fasilitas produksi nya di Amerika Serikat. Dodolan motor jadi ribet bener ya cak…oalaahhh (iwb)

iklan iwb
Previous articleKenapa banderol TVS Apache 310RR bisa murah? berikut jawaban TVS
Next articleHot isu, Dani Pedrosa sudah kontrak dengan Yamaha !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!