iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Eitttttt jangan puyeng cak ngintip judul diatas. Tapi monggo baca pelan-pelan artikel ini sebab teknologi benar-benar ada dan malah dipatenkan. Yakni sebuah teknologi yang sedang dikembangkan pabrikan Hamamatsu untuk meningkatkan keselamatan pengendara roda dua. Yup….Suzuki kembangkan lampu pintar khusus masuk terowongan. Lampu yang akan secara auto ketika sampeyan terdeteksi masuk kedalam terowongan. Sikkk-sikkk….piye iki, durung paham pakde. Oke..lanjutkan baca artikelnya, cekidot cakkkk….

Jadi gini cak, sebuah info terbaru sedang menyoroti Suzuki yang diam-diam mengajukan┬ápermohonan paten untuk sistem yang akan meningkatkan visibilitas sepeda motor saat masuk terowongan. Awalnya IWB juga nggak paham…iki opooo jane kiii? jebule setelah IWB coba teliti, ealaahhhh ternyata ada hubungannya dengan lampu. Detil bener yak sampai mikir kesana…

Jadi latar belakang Suzuki mengajukan paten ini adalah ukuran lampu yang terlalu kecil dan susah terlihat pada stoplamp motor bagi pengendara roda 4. Padahal diluar negeri, rata-rata kendaraan melaju kencang sehingga tingkat kecelakaan didalam terowongan cukup tinggi. Oleh karena itu diperlukan cara supaya motor tetap terlihat saat masuk terowongan yang cenderung gelap. Salah satunya adalah memperluas jangkauan cahaya yang tidak hanya disekitar stoplamp. Nah..disinilah Suzuki bekerja….

iklan iwb

Mereka meracik lampu khusus yang akan hidup secara auto menembakkan cahaya vertikal ke langit-langit terowongan, menciptakan sesuatu seperti suar atau sinar sehingga pengendara lain tahu kehadiran motor disekitarnya. Sistem penerangan terowongan akan dipasang dibody belakang dengan ukuran mini. Suzuki mengatakan cahaya lampu harus cukup untuk mengeluarkan kerucut cahaya yang rapat (sekitar 18-19 derajat atau lebih), seperti lampu sorot kecil….

Sistem ini sedang dipertimbangkan dengan dua opsi. Menggunakan saklar untuk mengaktifkan lampu terowongan secara manual, tapi bisa juga beroperasi secara otomatis, tanpa bikers harus menyalakannya ketika memasuki terowongan. Sistem akan menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi ketika motor telah memasuki terowongan dan kemudian memeriksa apakah ada kendaraan yang mengikuti….

Hebatnya cak….lampu kemudian akan menyala secara otomatis jika sensor mendapati motor berada di terowongan dengan kendaraan lain di belakangnya. Jadi sensor tidak akan menyala jika sampeyan melaju sendiri didalam terowongan. Lampu juga akan mati setelah sepeda motor keluar dari terowongan. Hhmm…mantep juga kieeee yakkk. Pinter bener euyyy….

Last…sistem keselamatan memang menjadi fokus utama produsen diluar negeri. Dan IWB sejauh ini belum tahu apakah lampu pintar khusus terowongan ini juga akan diberlakukan di tanah air. Yah…namanya wae masih dikembangkan cak. Bisa saja jika memang dipandang perlu, lampu pintar ini diadopsi pada produk Suzuki diseluruh dunia. Salut euy buat konsepnya. Sayang IWB belum tahu target rampungnya sistem lampu ini. So…kita tunggu saja perkembangan selanjutnya….(iwb)

iklan iwb
Previous articleMenang dua kali berturut-turut, Jorge Lorenzo siap tantang Marquez !!!!
Next articleReview Harian Honda New CB150 Verza, mengingatkan pada Megapro Primus !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!