iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. segala cara upaya dilakukan Yamaha untuk mengejar ketertinggalannya dengan para Rival. Berbagai upaya dilakukan khususnya meminimalis ban spinning karena overheat pada pertengahan race. Valentino Rossi sendiri mengatakan ketika ban overheat Yamaha M1 cenderung susah untuk keluar tikungan. ” Waktu kita banyak terbuang saat keluar tikungan karena spinning…” seru Rossi. So…selain terus memperbaiki Sisi elektronik, Yamaha juga mencari cara untuk mengurangi ban agar tidak gampang overheat dengan desain spatbor kolong baru….

Suhu ban yang terlalu panas memang menjadi momok bagi para pembalap dan tim. Karet bundar dipandang sangat krusial menjadi penentu kemenangan sebuah race. Tidak heran ada sebuah slogan yang dirilis oleh salah satu produsen ban menyoroti pentingnya ban dengan kalimat “Power is nothing without control…”. Emang kenapa hal ini menjadi begitu penting ?

Jelas cak sebab pada MotoGP pembalap tidak bisa selalu melakukan attacking jika ban mengalami overheat. Karena jika dipaksa maka karet bakal mudah mengalami fase rapuh dan terkikis.  Tentu saja kondisi tersebut akan membuat traksi ban keaspal akan jauh menurun dan ban cepat habis. Alhasil spinning goyang dombret cak. Oleh karena itu ritme pembalap perlu diturunkan supaya suhu ban kembali normal. Barulah kemudian bisa attacking kembali….

iklan iwb

Pada kondisi normal, spinning ban bisa di minimize dengan elektronik yang mumpuni. Padahal inilah sisi lemah Yamaha yang terus diperbaiki tim Iwata. Jadi ada dua opsi untuk membantu kontrol motor tetap maksimal yakni….elektronik sempurna plus menjaga ban tidak mudah overheat. Untuk yang terakhir salah satu yang dilakukan oleh Yamaha adalah perubahan desain spakbor kolong…

Yup….khusus di Catalunya cak, Yamaha menggunakan desain spakbor kolong baru. Spakbor ini beda dengan sebelumnya yang cenderung full cover. Untuk desain spakbor ini sampeyan akan melihat banyak lubang coakan pada sisi kiri kanan serta Tengah. Total ada sekitar 4 lubang yang diharapkan bisa meningkatkan air flow di sekitar area ban. Dengan makin derasnya angin pada ban, Yamaha berharap ban overheat bisa di minimize. Ujung-ujungnya spinning berkurang sehingga konsistensi lap time bisa dijaga. Ngarepe ngono cak…

Last…. balap MotoGP Memang luar biasa. Sekecil apapun selalu diperhatikan oleh para tim dengan tujuan satu yaitu meningkatkan lap time serta konsistensi performa dari awal hingga akhir. Kita lihat saja Apakah ikhtiar Yamaha ini akan memberikan impact positif pada saat race di Catalunya Spanyol sore nanti. Ojo lali cak…gedang goreng karo teh anget, nikmattttt :mrgreen: . Eh…jago sampeyan sopo cakkk ? (iwb)

iklan iwb
Previous articleMengejutkan, Dimas Ekky ternyata lebih kencang dari rider pemenang CEV Moto2 2017 !
Next articleBos Yamaha indikasikan Dani Pedrosa akan bergabung dengan tim garputala tahun depan !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!