iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbrooo…. tidak banyak yang tahu pada saat sesi kualifikasi MotoGP Catalunya Spanyol ada sedikit kejadian yang lumayan menarik. Sebuah momen dimana tim Yamaha sepertinya cukup kesal dengan Marc Marquez sehingga harus sampai memberikan pesan kepada Valentino Rossi yang sedang melakukan hot lap. Pesan dashboard ini blinking beberapa kali memberikan notifikasi kepada the doctor….

Persaingan pada saat kualifikasi memang cukup kental. Masing-masing pembalap berusaha keras untuk menggunakan sepersekian puluh detik kecepatan supaya bisa mendapatkan posisi start terbaik. Tentu saja kompetisi juga terjadi antara Honda dan Yamaha. Momen ini terpantau ketika? Marc Marquez? berusaha mengoptimalkan seluruh kemampuan serta strategi. Sebenarnya Marquez sudah melakukan hot lap dan leading. Namun pentingnya terus improve lap time memaksa para pembalap berusaha keras memperbaiki pada setiap detik yang tersisa…

Pada sesi kualifikasi biasanya pembalap lain akan berusaha mengikuti pembalap di depannya. Disebut sebagai Tow the rider… pembalap berharap mendapatkan slipstream guna mendongkrak speed motor. Strategi sebenarnya sudah dilakukan oleh Marc pada pembukaan sesi kualifikasi dengan menguntit Johann zarco. Tindakan dilalah berhasil sebab Marquez langsung berada di Puncak lap time sebelum Jorge Lorenzo berhasil mematahkannya. Selesai ? ora cak….

iklan iwb

Usaha Mac Marquez tidak hanya lewat Johann zarco. Bahkan Marquez juga berusaha menguntit Valentino Rossi yang sepertinya tidak menyadari pembalap Honda sedang berusaha mempergunakan strategi tow the rider dengan slip stream. Hampir setengah putaran sebelum tim Yamaha dipadock akhirnya cukup gerah. Mereka merasa perlu ikut campur untuk memberikan message pada Valentino Rossi…

Pesan tersebut nongol didashboard memperingatkan Rossi bahwa doi diikuti oleh Marc Marquez. Pesan yang dilempar singkat dan padat yakni ” Being followed by Marc Marquez…”. Terbaca Vale…doi langsung merespon menoleh kebelakang dan mengendurkan kecepatan minggir walaupun saat itu the doctor sedang melakukan hot lap. Menyuruh Marc Marquez mendahuluinya…. Rossi akhirnya mengulangi kembali melakukan time attacking setelah Marquez berlalu dari tikungan….

Last…. Seluruh pembalap pasti akan berusaha untuk mengikuti pembalap di depannya guna mendapatkan keuntungan dari slipstream front Rider. Akan tetapi jika IWB perhatikan yang paling rajin dan mencolok memang Marc Marquez. Strategi ini halal dilakukan di musim 2018. Akan tetapi IWB mendengar tahun depan pihak komisi Grand Prix mempertimbangkan untuk mengatur masalah “kuntit menguntit” pada sesi kualifikasi tahun depan….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!