Iwanbanaran.com – Kangbroooo….PT KMI sudah sukses merilis generasi New Ninja 250 FI. Mengusung mesin dan sasis baru, motor ini jauh lebih superior dibandingkan generasi sebelumnya. Bobot dipangkas, lalu power dinaikkan. Nggak herannya PWR-nya naik cak. Kuwi Ninja 250 FI. Pertanyaannya piye dengan versi nakednya atau Z250? Apakah geng ijo tidak ada keinginan untuk merombak degan mengusung basis dari new Ninja 250 Fi ? inilah jawaban Kawasaki….

Seperti yang kita tahu, PT KMI menjadi satu-satunya pabrikan yang diberikan kesempatan memasarkan new Ninja 250 FI di kawasan Asia. Power tinggi dan rombakan sasis jelas akan menjadi poin menggiurkan jika mereka mereka versi lain. Yup…versi naked yang sudah dirilis bersamaan dengan Ninja 250 FI generasi dua. Namun setelah itu belum ada lagi penampakan Z250 anyar. Artinya apa ?

Kawasaki Z250 Fi yang beredar dipasaran sekarang masih menggunakan mesin lawas. Tentu saja kita penasaran, bagaimana dengan kelanjutan cerita ini? apakah bakal ada generasi kedua dengan mesin dan sasis baru? Nah…ketimbang banyak berspekulasi, IWB tempel ketat pak Michael C Tanadhi (Deputy Head Sales Dept. Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia). Bertemu dengan pria ramah ini, IWB langsung melontarkan sebuah pertanyaan….

Pak, kapan generasi terbaru versi naked Kawasaki Ninja 250 lahir? Z250 pak….” uber IWB. Pak Mic hanya tersenyum sambil berujar. “ Belummmm….belum…” serunya tersenyum. Senyum terus mengembang dan doi kembali mengatakan. “ Belum ada..” tambahnya terus menggeleng. Wehhh…jian misterius ki. Kawasaki memang masih fokus pada Ninja 250 ketimbang versi nakednya cak. Alasannya simpel…

Pasar versi naked jauh lebih sedikit dibanding fairing. Dengan tren pasar seperempat liter yang mengalami penurunan cukup jauh logis jika pabrikan terkesan menahan dan enggan menggarap serius. Hal ini juga terjadi pada Honda. Masih ingat perkara isu versi naked CBR250RR yang diduga menggunakan nama CB250RR ? Hingga detik ini tidak ada kemajuan berarti..

Yup…Honda terkesan maju mundur. Bahkan dari isu terbaru, project ini punya potensi dibekukan sementara hingga waktu tak terbatas. Pengalaman Yamaha pada MT25 juga memperkuat survei pasar bahwa pasar naked 250cc dipandang kurang menggiurkan dibandingkan fairing. Njlebut cak soale…

Last….dengan penuturan Kawasaki ditambah minimnya bocoran perkara project new Z250 FI, IWB menduga generasi terbaru Z250 ini memang bakal lama. Setidaknya perlu menunggu dari 1 hingga 2 tahun setelah new Ninja 250 FI mengaspal. Dengan kata lain jangan ngarep terlalu besar dalam waktu dekat. Tahun ini kecil banget cak potensinya. New Z250 ? kita buka lagi lembaran sang naked tahun depan, siapa tahu baru ada progress. Ngono yo cak…wis clearrr yooo. Subuhan sik pakdeeeee…..(iwb)

Advertisements