iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…. Valentino Rossi sejak dahulu terkenal sebagai pembalap yang memiliki braking mumpuni. Tidak heran pembalap Yamaha ini dijuluki sebagai Master brakers. Late brake ketika masuk tikungan tentu membutuhkan motor stabil serta skill jempolan. Namun sepertinya julukan tersebut sudah tidak berlaku pada Valentino Rossi karena tercatat pada balap MotoGP Mugello Italia Marc Marquez berhasil mengalahkan Valentino Rossi…..

Data telemetry dirilis oleh Brembo yang mencatat braking point pembalap dari top speed sekitar 355 km/jam ke 90 km/jam. Sebagai informasi kecepatan tersebut bisa ditempuh pada jarak sekitar 1,2 km lintasan lurus Mugello. Pembalap rata-rata membutuhkan waktu sekitar 5,2 detik dengan jarak dari titik pengereman mencapai 288 meter….

Pada saat tindakan tersebut dilakukan suhu yang mendera disk carbon motor MotoGP mencapai 700°C. Sangar cakkk. Kalkulasi dihitung menggunakan data telemetry dari engineering Brembo termasuk analisa matematika dengan banyak parameter seperti braking Point, maximum deceleration, maximum lever pressure dll. Hasilnya??

iklan iwb

Ternyata Marc Marquez menjadi pembalap MotoGP yang memiliki kemampuan braking paling dekat dengan tikungan. Sementara di posisi kedua ternyata bukan Valentino Rossi. Akan tetapi pembalap Suzuki Andrea Iannone berhasil menjadi rider yang sukses nempel kemampuan master braker Marc. Sedang Valentino Rossi tetap masuk podium dengan posisi tiga sebagai pembalap yang memiliki kemampuan late brake dibandingkan rider lain…

Last…. kemampuan late brake ini berguna ketika pembalap duel antara rider satu dengan lainnya. Semakin dekat ke tikungan semakin sulit untuk di over take…kira-kira demikian. Tidak heran Marc Marquez memang termasuk pembalap yang selalu mampu melakukan tugasnya dengan baik ketika melibas tikungan. Berikut data 4 pembalap late brake terbaik disebut “Master breaker” yang dirilis oleh Brembo…..(iwb)

Master braker

1) Marc Marquez (93) Honda Repsol Honda Team

2) Andrea Iannone (29) Suzuki Team Suzuki Ecstar

3) Valentino Rossi (46) Yamaha Movistar Yamaha MotoGP

4) Danilo Petrucci (9) Ducati Alma Pramac Racing

 

iklan iwb
Previous articleKenapa Kawasaki tidak kembali ke Motogp ? berikut alasannya
Next articleBerikut Klasemen sementara rider pasca MotoGP Mugello Italia !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!