iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee…Kawasaki adalah tim papan atas di WSBK. Dominasi Ninja ZX10RR sulit dibendung hingga berbagai upaya ditelurkan untuk menahan dominasinya. Seperti pemangkasan RPM serta beberapa aturan yang ternyata masih juga belum bisa sepenuhnya menyingkirkan kekuatan Ninja ZX10R. Nggak heran cak, dengan segala kedigdayaannya tersebut, banyak pertanyaan mampir kenewsroom IWB….Kenapa Kawasaki tidak kembali ke Motogp ? sebuah pertanyaan yang sebenarnya sudah dijawab oleh Kawasaki pada artikel masa lalu. Emange nyapo ?

Kawasaki sebenarnya sudah pernah bergabung di Motogp pada tahun 2003 hingga 2008. Saat itu kiprah geng ijo tidaklah mulus karena krisis keuangan membuat mereka terseok-seok. Hingga puncaknya ditahun 2008 mereka resmi mundur dari Motogp. Eksistensi mereka masih tersisa di Motogp bersama tim Hayate lewat Marco Melandri. Menjadi private team, merekapun usai ditahun itu….

Waktu terus berjalan dan akhirnya Kawasaki mulai melirik ke balap World Superbike ditahun 2013. Alasanya adalah, balap WSBK menggunakan motor produksi masal yang juga dijual dipasaran…bukan prototype seperti Motogp. Motor yang dijual dipasar ini praktis biaya jauh lebih murah karena tidak ada pengembangan khusus, bisa mendongkrak image produk sehingga membantu penjualan dan yang pasti tidak dibutuhkan sumber daya sebesar Motogp. Dan memang itulah alasan Kawasaki kenapa hingga sekarang tidak tertarik di Motogp….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Investasi yang diperlukan tidak akan memungkinkan kami [untuk bersaing] di Motogp. Pada akhirnya, kamu harus menjual sepeda motor, sementara merek lain menjual beberapa juta unit lebih banyak dibandingkan kita. Bagi mereka, MotoGP adalah investasi yang setara dengan satu persen dari penjualan mereka. Kami akan bergabung jika beberapa aturan dirubah….

” Kawasaki Ichiro Yoda & Rea…”

” Contohnya kita tidak bisa berkompetisi dengan motor turunan produksi masal. Ada juga beberapa teknologi yang diaplikasi pabrikan seperti seamless shift gearboxes, sebuah teknologi yang tidak akan pernah digunakan untuk motor jalanan karena komponen tersebut sangat mahal. Jadi tidak sepadan…

” Tentu saja jika Dorna sudi merubah filosofi dan membuat aturan yang lebih terbuka memperbolehkan seluruh pabrikan bereksperimen secara bebas, mungkin kita bisa kembali ke Motogp. Tapi untuk saat ini, kami akan tetap fokus di Superbike…” seru bos Kawasaki Ichiro Yoda….

Last…. Kawasaki memang beda dibandingkan dengan pabrikan Jepang lain.  Jika Suzuki, Honda ataupun Yamaha mengandalkan profit dari penjualan motor kecil seperti bebek atau matic, Kawasaki tidak. Pabrikan geng ijo Ini tetap fokus pada orientasi produk premium. Sebuah segmen sempit yang tentu saja memiliki profit tidak sebesar ketika bermain skutik, bebek, sport motor kecil yang produksi masalnya mampu terjual hingga ratusan unit perbulan. Nah….dari sini wis clear to cak, jadi jangan nanya lagi pakdeeee. Urusane duittt pakdeee  :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!