iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee……Suzuki secara brilian sudah merilis NEX II. Entry level yang kini memiliki desain lumayan rupawan ini memberikan kita harapan baru akan datangnya produk Suzuki cakep lain. Salah satu yang masih menjadi hot isu dan banyak yang menunggu adalah maxi skuter Suzuki. Kapan dan apakah skutik model ini akan bener-benar dirilis oleh PT SIS? Nah…ketimbang banyak berspekulasi IWB langsung tanyakan perihal ini ke bos Suzuki Mr. Seiji Itayama. Apa kata beliau ?

Seperti artikel lawas IWB,?Project Maxi skuter Suzuki memang tidak bisa dibilang dalam waktu dekat. Hal ini karena proses yang dilalui tidak mudah mengingat Suzuki Indonesia harus lewat SMC (Suzuki Motorcorps) Jepang langsung. Tapi progressnya tetap berjalan. Setidaknya itulah yang IWB denger. Dan dari selentingan terakhir, bisa dipastikan mesin tetap berjalan dengan kubikasi diatas kompetitornya yakni 175-180cc….

Suzuki sepertinya ingin menawarkan value lebih kepada konsumen tanah air. Dengan kubikasi lebih besar pastinya sensasi yang ditawarkan juga berbeda. Maklum cak?selama ini Suzuki identik dengan power. Engine yang disandang rata-rata kencang. IWB bisa bayangin dengan mesin 175-180cc, pasti maxi skuter mereka bakal sangat nyaman untuk cruiser jarak jauh. Kubikasi besar, otomatis RPM juga lebih rendah dan tidak perlu teriak untuk mendapatkan speed yang diinginkan. Kuwi yang penting cak. Tapi pertanyaannya, kapan maxi skuter Suzuki ini akan datang ?

iklan iwb

Ketimbang banyak berspekulasi, IWB coba tanyakan hal ini pada bos Suzuki Seiji Itayama. Presdir PT SIS ini memang tidak banyak memberikan jawaban. Hanya senyuman misterius. Tapi IWB nggak patah semangat dan terus memancing. ” Kapan Itayama san, apakah tahun ini? seharusnya bisa dipercepat mumpung pasar sedang panas terhadap maxi skuter..” celoteh IWB. Sepertinya doi makin gusar dan sambil tertawa doi menjawab…

” Seiji Itayama tengah….”

” Saya juga pengen cepat, kita maunya juga cepat pak Iwan...” serunya tertawa. Sebuah jawaban singkat dan padat namun memberikan gambaran betapa PT SIS sebenarnya juga sudah ngebet memasarkan Maxi skuter. Namun masalahnya…..produk baru berada ditangan SMC (Suzuki Motocorps Jepang). Proses panjang yang tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses yang harus dilalui. Mulai dari durability engine hingga detil RND baik desain ataupun fitur…

Last…analisa IWB, maxi skutik Suzuki Fix 99 % memang sedang diracik. Hanya saja momentum peluncurannya disinyalir tidak tahun ini, nggak masuk cak kalau 2018. IWB menduga….kans terbesar dan cukup logis adalah tahun depan. So…sabar subur pakde. Btw harapan sampeyan seperti apa sih maxi skuter Suzuki idaman dimasa depan ? monggo berikan opininya…..(iwb)

104 COMMENTS

  1. salahsatu pabrikan jepang yang masih waras ngerakit motornya dengan bahan yg masi bagus dan tebel.. gak kaya 2 pabrikan itu.. udah pada gak waras nembelin bahannya..

    • saya ada kenal mekanik dan joki liaran, waktu itu saya ke bengkelnya untuk korek ninja 2tak, pas ngobrol2 ngalur ngidul ada statemennya yang dikatakannya kalo material suzuki paling kuat.

    • @bajaklaut.. ente bisa baca gak… gw bandingin sama pabrikan jepang yg 2 itu.. masi waras suzuki klo bikin motor materialnya. Dasar otak sales

    • Biarin launching lama yg penting Suzuki mengutamakan kwalitas bukan asal brojol nanti ada part bermasalah konsumen malah plonga plongo,,,ekekekekekekekek

    • Ngomongin kualitas padahal nyatanya di lapangan banyak motor2 suzuki yg sering bermasalah. Gak ada bedanya sama motor jepang lainnya

    • Suzuki klo riset motor baru selalu luuaaaamaaa,,,,, brojol nya telat

      Tp memang ane akui kualitas produknya ajib,,,,sekelas bebek Suzuki Smash lama pun, usia 10-13 tahun mesin halus, gak ada gejala klothok-klothok

      Moga big matic nya gak kyk pabrik sebelah,,,kejar tayang,,,,hasilnya shock bengkok atawa mlethot boss, kasiman konsumen

    • Fby denger inden PCX pd mimisan
      Fby denger Burgman mau nongol pd berak2
      Fby denger nmax dp100rb pd muntah darah
      Fby denger ms PCX ngalahin nmax PD bunuh diri masal

    • Mesin maxi skutik Suzuki bengkak 180 CC,,,
      Kalo Yamaha udah 4 klep,,,

      Muuuuuehehehehehehe,,,

    • Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver"

      Nmax cuma mirip dengan Honda forza 300 eropa overall designnya euyyy
      Mesin juga sama-sama 4 valves or klep sob

  2. Kelamaan.

    Impor dulu dengan margin tipis.

    Laku dilokalin.

    Gak laku obral.

    After sales? Tunjuk dealer dan montir spesialis aja utk menekan biaya.. Sparepart Suzuki mah dah biasa inden. Dah tradisi.

    • Klo spare part pabrik sebelah memang banyak di toko eceran boss,,,,tp banyak yg aspal (asli tp palsu)

      Klo toko eceran ogah jual part asli Suzuki soal nya margin untung nya tipis boss,,,,mending nambah stok part pabrik sebelah,,,spare part aspal dijual seharga asli,,,yoo double untung nya

  3. Tirulah strateginya mitsubishi dg Xpander nya tuk menghajar sebelah.
    Bahasa awamnya jangan tanggung2.

    • Karena PCX sudah keluar, maka mungkin memang menunggu all new NMx keluar. Jadi bisa tahu “luaran dan daleman” NMx (dan PCX). Supaya lebih mantap stateginya, soal design, harga dll.

  4. mending banyakin diler n bengkel dulu sebelum jualan, contoh si Wuling, buka diler 3S dimana2 baru launching produk

    • ini dilema sebenarnya. investasi dealer dan bengkel sebelum jualan itu ibaratnya nyetok tapi nggak ada konsumsi. apa yang akan dia perbaiki kalau yang dijual sedikit?
      Suzuki ini hanya butuh berkorban satu kali aja sebenarnya. berkorban dalam artian: kasih produk yang memang lebih murah dari saingan, tapi desain dan kualitas material 1 level di atas (sepertinya ini memang suzuki selalu lebih unggul). bertanya desain, jangan bertanya ke blogger atau siapa lah. bertanya ke orang awam, ambil 5-8 individu dengan rentang usia yang signifikan. kasitau juga tentang rencana harga yang akan mereka tawarkan. pasti akan banyak yang beli. contoh itu mitsubishi xpander. orang bilang, spare part mitsubishi lebih mahal dan lain-lain. ya karena produknya jarang, jadinya vendor-vendor males juga produksi massal produk KW nya, mulai dari KW super sampe KW-5 seperti halnya produk-produk toyota yang kadung banyak laku kayak kacang goreng. tapi untuk xpander, yakinlah kalau 4-5 tahun ke depan, banyak tuh spare part nya yang murah, karena populasinya udah banyak.
      begitu pula soal suzuki lebih dulu buka dealer/bengkel atau jual produk yang laku sekali.

  5. ditunggu INOVASI TIADA HENTInya Suzuki…. Biar makin asyik persaingan roda dua di tanah air.
    monggo mampir:
    bramotor.wordpress.com

  6. Hopeless…
    Udah tinggal beli Nmax / PCX aja. Suzuki mah suka bolot, gak bakal sesuai keinginan pasar Indonesia

  7. haiyyaaa dealer z gk punya kok jualan motor…
    emang mo dititipin di indomart … ?

    ingat hrg karbu skywave 700k waaa
    buakaaar skalian

    • meski mahal, skywave bandingin ma nouvo atau vario tahun yg sama.. jauh masi nyaman skywave semuanya meski kegolong motor 2008/2009.. ngaku pake moge, duit 700k masi d masalahin..

    • wajar mahal krna shocknya jga gk mletot…. skywave ane 2008 masih kuat diajak 100km/ j. malah gk berasa linglung.

    • haiyyaaa nyaman gundulmu waaa
      jalan diatas 50-60km/h ada suara dreet dreeet kaki n tangan ikut krasa kek kesetrum waaaa

      ingat smart buyer : value for money tong

    • Cuma pengen numpang ketawa wkwkwkwkkk…… prett. Wis ngunu thok.

      Fyi motor ane ada H (masih ada) dan Y (masih ada) tapi Suzuki paling byk pernah pakai FR80 (masih ada), Shogun mamik 2X, Shogun 125, Satria RU, Satria FU Thai, Spin 2X, Skydrive, Skywave (masih ada), Nex (masih ada), Address (masih ada) dan sekarang lagi nabung pengen motor sport/big maticnya masih wait n see serta pingin ngingu RK Cool siji wae.

      Ora peduli parts mahal/susah/bengkel bangkrut/tutup pokoke seneng tak tuku, gak seneng gak tak tuku. Gitu aja kok repot

  8. salahsatu pabrikan jepang yang masih waras ngerakit motornya dengan bahan yg masi bagus dan tebel.. gak kaya 2 pabrikan itu.. udah pada gak waras nembelin bahannya..

    • saya ada kenal mekanik dan joki liaran, waktu itu saya ke bengkelnya untuk korek ninja 2tak, pas ngobrol2 ngalur ngidul ada statemennya yang dikatakannya kalo material suzuki paling kuat.

    • @bajaklaut.. ente bisa baca gak… gw bandingin sama pabrikan jepang yg 2 itu.. masi waras suzuki klo bikin motor materialnya. Dasar otak sales

  9. Dengan material yangterkenal mumpuni mirip kawasaki, PR suzuki hanya 1 yaitu masalah desain. Mungkin RD Suzuki bisa ” bajak” RD Honda yang selama ini sukses dlm desainnya/ mengimplementasikan keinginan pasar.

  10. Suzuki jangan tanggung2 kalau mau keluarin maxi skuter.. mesin,desain,harga kompetitif.

  11. Paling mendasar adalah desain, kalau bisa menyerupai brugman 400 tapi dengan tampilan lebih sporti.. selanjutnya fitur yg minimal setara kompetitor, dan puncaknya pada label harga yg kompetitif.. semoga big scooter suzuki sukes dipasaran

  12. itu pointnya lek, pasar masih anget kebul kebul maxi scooter, sekalian suzi nyemplung goreng sekalian maxi scooternya… ( edisi harapan nunggu maxi suzi,mlongo nungguin kok tahun depan…depannya lagi)

  13. Tetep wae si beruk jazjezjoz…sembunyi di ketex sijuki!!
    Belinya mionk ma leksialan..
    Dp O% wkwkwkwk ??????

  14. Mungkin burgman misal 180harga 30jt dan 35jt ABS.
    Bakal jadi motor suzuki pertama saya ?

  15. Suzuki bandit 400 jg g dijual dimari,Bandit yg 250cc 4 silinder jg tidak. maxi scooter mgkn tahun dpn. pabrikan H Y udah py image dgn scooter gambot. bahkan Y udah 250cc. saat suzuki ikut..keburu trend scooter 250cc. yahhhh susah ne suzuki bersaing lagi ya. tvs aj ud ngluarin 310cc keren tuh. tryt andelin dr jepang dan india suzuki ya. pantes modelnya selera indihe.

  16. Makin ketinggalan aja nih Suzuki. RnD nya lama, dan selalu ketinggalan dari 2 tetangganya untuk mengejar produksi lini andalan sebagai saingan para tetangganya tersebut. Orang-orang sudah percaya sama kualitas material tenaga Suzuki, eehhh..malah pake alasan “kita juga pengennya cepat”.
    Bilang tuh sama orang tertingginya; entah itu komisaris utama atau pemiliknya, katakan kalau pasar Indonesia udah nggak kemakan merek lagi sekarang. Kasih yang bagus dengan harga pantas, itu yang akan dikejar orang. Kasih tau juga tentang suksesnya hand phone Xiaomi di sini. Pas awal nggak dilirik sama sekali, tapi sekarang, kualitas di atas harga. Nah, kalau Suzuki bisa kasih begitu, 6 tahun ke depan bisa jadi market leader lah untuk produk-produk flagship-nya. Kasih 1 varian aja di tiap kelasnya sebagai produk flagship. Joss pastinya.

  17. Lek, mgkn ga suzi produksi matic yg fiturnya mirip force 155, tp dimensi beti vario 150. Fitur dpt, dimensi nya pas jd bisa leluasa dipakai ceweq…

  18. Lek, mgkn ga suzi produksi matic yg fiturnya mirip force 155, tp dimensi beti sama vario 150. Fitur dpt, dimensi yg pas jd bisa leluasa dipakai ceweq…

  19. Suzuki maxi scooter mirip yg difoto,hanya jangan sampai menggunakan ban ukuran kecil seperti diindia semoga menggunakan ring 14_14/13_13,lihat kompatriotnya,nmax dan pcx yg adu fitur dan teknologi.lampu belakang jg perlu revisi LG.semoga Suzuki mengerti selera orang Indonesia.amin….

  20. Mr. Seiji Itayama keliatannya petinggi pabrikan motor yg paling wellcome & friendly yg ada di Indonesia ya… dibanding pabrikan Jepang lain sekarang di Indonesia

  21. Engine yang disandang rata-rata kencang. IWB bisa bayangin dengan mesin 175-180cc, pasti maxi skuter mereka bakal sangat nyaman untuk cruiser jarak jauh.

    seharusnya cruising deh, bukan cruiser

    • Karena PCX sudah keluar, maka mungkin memang menunggu all new NMx keluar. Jadi bisa tahu “luaran dan daleman” NMx (dan PCX). Supaya lebih mantap stateginya, soal design, harga dll.

  22. mending banyakin diler n bengkel dulu sebelum jualan, contoh si Wuling, buka diler 3S dimana2 baru launching produk

    • ini dilema sebenarnya. investasi dealer dan bengkel sebelum jualan itu ibaratnya nyetok tapi nggak ada konsumsi. apa yang akan dia perbaiki kalau yang dijual sedikit?
      Suzuki ini hanya butuh berkorban satu kali aja sebenarnya. berkorban dalam artian: kasih produk yang memang lebih murah dari saingan, tapi desain dan kualitas material 1 level di atas (sepertinya ini memang suzuki selalu lebih unggul). bertanya desain, jangan bertanya ke blogger atau siapa lah. bertanya ke orang awam, ambil 5-8 individu dengan rentang usia yang signifikan. kasitau juga tentang rencana harga yang akan mereka tawarkan. pasti akan banyak yang beli. contoh itu mitsubishi xpander. orang bilang, spare part mitsubishi lebih mahal dan lain-lain. ya karena produknya jarang, jadinya vendor-vendor males juga produksi massal produk KW nya, mulai dari KW super sampe KW-5 seperti halnya produk-produk toyota yang kadung banyak laku kayak kacang goreng. tapi untuk xpander, yakinlah kalau 4-5 tahun ke depan, banyak tuh spare part nya yang murah, karena populasinya udah banyak.
      begitu pula soal suzuki lebih dulu buka dealer/bengkel atau jual produk yang laku sekali.

  23. Tirulah strateginya mitsubishi dg Xpander nya tuk menghajar sebelah.
    Bahasa awamnya jangan tanggung2.

    • Nmax cuma mirip dengan Honda forza 300 eropa overall designnya euyyy
      Mesin juga sama-sama 4 valves or klep sob

    • Fby denger inden PCX pd mimisan
      Fby denger Burgman mau nongol pd berak2
      Fby denger nmax dp100rb pd muntah darah
      Fby denger ms PCX ngalahin nmax PD bunuh diri masal

  24. Kelamaan.

    Impor dulu dengan margin tipis.

    Laku dilokalin.

    Gak laku obral.

    After sales? Tunjuk dealer dan montir spesialis aja utk menekan biaya.. Sparepart Suzuki mah dah biasa inden. Dah tradisi.

    • Klo spare part pabrik sebelah memang banyak di toko eceran boss,,,,tp banyak yg aspal (asli tp palsu)

      Klo toko eceran ogah jual part asli Suzuki soal nya margin untung nya tipis boss,,,,mending nambah stok part pabrik sebelah,,,spare part aspal dijual seharga asli,,,yoo double untung nya

    • Suzuki klo riset motor baru selalu luuaaaamaaa,,,,, brojol nya telat

      Tp memang ane akui kualitas produknya ajib,,,,sekelas bebek Suzuki Smash lama pun, usia 10-13 tahun mesin halus, gak ada gejala klothok-klothok

      Moga big matic nya gak kyk pabrik sebelah,,,kejar tayang,,,,hasilnya shock bengkok atawa mlethot boss, kasiman konsumen

    • Ngomongin kualitas padahal nyatanya di lapangan banyak motor2 suzuki yg sering bermasalah. Gak ada bedanya sama motor jepang lainnya

    • Biarin launching lama yg penting Suzuki mengutamakan kwalitas bukan asal brojol nanti ada part bermasalah konsumen malah plonga plongo,,,ekekekekekekekek

  25. itu pointnya lek, pasar masih anget kebul kebul maxi scooter, sekalian suzi nyemplung goreng sekalian maxi scooternya… ( edisi harapan nunggu maxi suzi,mlongo nungguin kok tahun depan…depannya lagi)

  26. Paling mendasar adalah desain, kalau bisa menyerupai brugman 400 tapi dengan tampilan lebih sporti.. selanjutnya fitur yg minimal setara kompetitor, dan puncaknya pada label harga yg kompetitif.. semoga big scooter suzuki sukes dipasaran

  27. haiyyaaa dealer z gk punya kok jualan motor…
    emang mo dititipin di indomart … ?

    ingat hrg karbu skywave 700k waaa
    buakaaar skalian

    • Cuma pengen numpang ketawa wkwkwkwkkk…… prett. Wis ngunu thok.

      Fyi motor ane ada H (masih ada) dan Y (masih ada) tapi Suzuki paling byk pernah pakai FR80 (masih ada), Shogun mamik 2X, Shogun 125, Satria RU, Satria FU Thai, Spin 2X, Skydrive, Skywave (masih ada), Nex (masih ada), Address (masih ada) dan sekarang lagi nabung pengen motor sport/big maticnya masih wait n see serta pingin ngingu RK Cool siji wae.

      Ora peduli parts mahal/susah/bengkel bangkrut/tutup pokoke seneng tak tuku, gak seneng gak tak tuku. Gitu aja kok repot

    • wajar mahal krna shocknya jga gk mletot…. skywave ane 2008 masih kuat diajak 100km/ j. malah gk berasa linglung.

    • haiyyaaa nyaman gundulmu waaa
      jalan diatas 50-60km/h ada suara dreet dreeet kaki n tangan ikut krasa kek kesetrum waaaa

      ingat smart buyer : value for money tong

    • meski mahal, skywave bandingin ma nouvo atau vario tahun yg sama.. jauh masi nyaman skywave semuanya meski kegolong motor 2008/2009.. ngaku pake moge, duit 700k masi d masalahin..

  28. Hopeless…
    Udah tinggal beli Nmax / PCX aja. Suzuki mah suka bolot, gak bakal sesuai keinginan pasar Indonesia

Comments are closed.