Iwanbanaran.com – Kangbro…..IWB sampe dlongop saat mendapatkan sebuah surat pelarangan mesin 2 Tak lalu lalang diperkotaan via FB. Surat yang sudah viral di Facebook dan dishare cak Syah Putra ke IWB ini memuat poin-poin penting yang cukup meresahkan. Disana tertuang poin dimana motor 2 Tak dilarang melaju diperkotaan dan hanya diperbolehkan dipedesaan. Waaahh meresahkan iki cak. Pertanyaannya apakah surat ini valid??

Surat yang beredar via sosial media ini memang cukup misterius sebab nomor depan terkesan belum lengkap dalam penerbitan surat. Namun konon surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini memang masuk rekomendasi serius yang isunya akan diketuk palu jika sudah disetujui pihak terkait. Isi surat sendiri juga cukup meresahkan khususnya untuk para 2Stroke Lover. Disana memuat beberapa poin yang bertujuan melarang mesin 2 Tak melintas dikota. Ada dua poin yakni 3 dan 4 yang secara khusus menyoroti mesin 2Tak. Berikut sekilas isinya…

3. Dengan dibuat surat-surat sebelumnya, dan ditindaklanjuti oleh produsen kendaraan bermotor berupa PENGHENTIAN PRODUKSI KENDARAAN 2 (DUA) LANGKAH BEBERAPA TAHUN KEBELAKANG maka dengan terbitnya surat ini menegaskan bahwa ini bukan WACANA semata.

iklan iwb

Diharapkan kedepan untuk kendaraan 2 (dua) langkah, agar penggunaannya di kota secara BERTAHAP agar dibatasi dan dilarang penggunaannya serta diarahkan ke wilayah PEDESAAN berkaitan dengan polusi udara yang ditimbulkan kendaraan 2 (dua) langkah tersebut.

4. Laksanakan sosialisasi, pemberitahuan, dan teguran terhadap pelarangan kendaraan 2 (dua) langkah di wilayah kota serta memberikan tindakan penilangan terhadap pelanggaran aturan tersebut. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan.

Nahhh….dari sini IWB cuma bisa mlongo. Apapun itu status surat memang masih belum valid. Saat IWB coba cari beberapa referensi ujung-ujungnya sama dengan IWB, masih sebatas pertanyaan belum jelas. Apalagi yang membingungkan surat ini ditanda tangani sektretariat tahun 2012. Namun Inspektorat tahun 2018. Hhhmm….membingungkan. Btw, sebagai bikers, jelas IWB sedih jika aturan ini bener-bener diimplemantasikan mengingat sejarah mesin 2 Tak terbuka akan mati jika itu terjadi….

Sampeyan bayangin wae, mesin Ninja 150 SKIPS hanya bisa digunakan didesa. NSR 150SP hanya bisa digunakan dipersawahan….lak yo moncrottt tenan kalau bener. Surat yang sudah ditanda tangani pejababat inspektorat dan sekretariat ini infonya akan ditembuskan kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia….

Last….jika kita sudah membicarakan masalah lingkungan, tentu saja kita harus dukung sepenuhnya. Hanya saja galaknya aturan pada mesin 2 Tak serasa tidak adil ketika kita melihat pekatnya asap dari angkutan umum yang seakan melenggang tanpa tindakan serius. Dari masa kemasa cak…nggak hanya sekarang. Untungnya surat edaran masih perlu dikonfirmasi mengingat tidak ada tanda tangan menteri didalamnya. Kita berharap surat ini tidak benar cak…..semoga saja tidak. Toh populasi mesin 2Tak dijalanan tinggal hanya segelintir dan biarlah menjadi saksi dari sisa kejayaan masa lalu tanpa perlu menekan lebih dalam. Kalau menurut sampeyan piye cak, apakah setuju dengan pelarangan diatas?…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

301 COMMENTS

  1. Motor 2 tak itu adalah produk gagal. Motor bising,bau,polusi,dekil, bikin sepet dimata… Makanya honda ninggalin teknologi busuk itu.. dan menyiptakan 4tak.. Honda emang Leading teknologi lik… Jujur eneg aku kalau liat rx king,force one,ninja 2tak.. rata2 ridernya alay suka bleyer2 gas sak enak udel e…wkwkwkw

  2. gg setuju ,,kasian yng di desa.
    sekalian dilarang mungkin ya,trus roda 4 yng asap kelewat batas juga sekalian ditiadakan.
    bebas polusi harus menyeluruh,jngan setengah”.

  3. diakui atau tidak, pabrik2 jg punya andil yg sangat besar thd pencemaran lingkungan, baik udara, tanah, dan air.
    kl brani tutup semua pabrik penghasil limbaj, jangan tebang pilih cm motor 2 tak aja.

  4. Memang harus dilarang 2 tak karena ngebul. Jadi untuk yg ngebul2 harus dilarang masuk kota

    • Kalo pigson,Mio j,Vega ZR ,bison suka liat dijalan ngebul itu kwalitas yg bosok apa fbynya yg GA pernah ganti oli

    • Somplak aduh fekok..

      4 tak ngebul berarti kurang perawatan…bukan salah motornya tapi salah yg tau hanya makek
      Maen ke jakarta aja lahh..
      Bukan Yamaha aja ngebul beat, vario juga bnyak yg keluar asap putih..
      Ini salah yg makek motor tau nya hidup jalan, bukan di cek olinya..

    • Angger wis ora olih neng kota, ya montor’e tek kirim aring ndesa. Kayane apik tur patut nek Bapakku nganggo montor 2 tak. Paling2 disampluk gejig nang tanggane. hehehe

    • Setuju kang lah.. Harus d hapuskan saja.. Rx king selalu membuat polusi.. Ekekekek…
      Beda dengan nsr dan ninja super kips…. Larinya juga pancen poullll..

      Hahahah keluarlah..
      Salam kips lover..

    • Ninja super kips sama rx king apa bedanya???? Setau saya sama sama 2 tak lah, trus bedanya dimana???

    • Comment:tetew e bedanya kalo ninja suaranya lebih senyap dan knalpotnya asapnya hampir gak nampak,dan yg pasti udah lulus euro 2

    • Persis kaya bojoku nek ngomong, ‘montor brisik, buang tempat sampah bae’, hehehe. Tapi wong kesenengan, ya kepriwe maning. hehehe

    • Batas’e adalah ‘surat tilang’ hehehhe. Sepanjang urung ditilang berarti esih diangkat nang desa, haha.

    • Batas’e adalah ‘surat tilang’ hehehhe. Sepanjang urung ditilang berarti esih dianggap nang desa, haha.

  5. Maaf mas,mobil tronton n sejenisny yg mesin diesel itu asapnya lbh hitam n pekat n pasti lbh bnyk. Tlg para pmangku kbijakan hrs adil, mhn difikirkan lagi ttg aturan ini, blm lagi prusahaan2 polusiny jg bnyk, motor n mobil bnsin yg berasap jg bnyk bredar dijalan

    • Emang asep motor 2tak gk seberapa bero…..
      Tapi bising suaranya itu sangat mengganggu sekitarnya
      Hehehe….

    • Tronton sama truk masih ada gunanya bagi semua orang. Angkut sembako sama bahan bangunan. Lha motor 2 tak cunan angkut sebiji rider alay egois. Gada faedahnya wkwk……

    • Ya emg truk besar masuk kota yah? Bukannya kendaraan besar gt hanya di pinggir kota? Dilarang masuk kota.

    • @panjul..kalo bis ada uji emisi berkala dr dinas terkait mas, jd setiap tahun wajib ikut uji berkala tsb.

    • setuju ane… jangan lupa mobil bermesin diesel polusinya parah. terutama bis. coba di fikirkan juga, coz penyumbang polusi yg luar binasa..

    • Modaro kon cokkk gk onok tronton kon gk iso mangan gk iso tuku hp mbot.. Asep disel iku lebih ramah lingkungan timbang bensin soalnya kebanyakan co2 dan kadar co sama nox nya rendah dibanding sisa pembakaran bensin… Sinau sing nggenah cok

  6. Alhamdulillah motor 2tak dah di jual dri dulu. Bukan krna ada larangan tp krna ga enak ma tetangga…..

  7. Lek aq setuju ,2tak dilarang neng Kuto,coba lek iwb pas berhenti di lampu merah,pas kita pake motor ,didepan kita berhenti motor 2tak,apalagi motornya gak dirawat,sumpeh,asepnya bikin pusing.

  8. metro mini ngebul dulu aja sih diurusin kenapa bisa lolos uji kir terus padahal ngebul asap hitam pekat….berasa maen dead race

  9. udah bikin polusi,boross…
    apalagi penyemplak ninin 2 tak gayanya kalo dijalan yg…(isi sendiri)…
    motor2 seken 4 tak sekarang juga pada murah,setiap orang didesa pun pada pnya motor minimal embit…
    jd ngapain harus pake motor 2 tak??..
    udah g ekonomis,merusak lingkungan,..kecuali buat penghobi dan pemuda terjebak masa lalu..

  10. Menurut saia aturan itu kurang bijak, coba kendalikan kendaraan bus diesel yg berumur / truk tronton yg asapnya terkenal hitam pekat. Kalo motor ninja macam skips kan polusi asapnya sdikit, Vespa jg demikian atau tergantung perawatan motor 2 stroke nya.. Vespa ane polusi asapnya dikit kok ga banyak macam f1zr.

    • jangan harap lah polisi bakal nilang milih2 pasti pukul rata
      knalpot yang jelas2 ada aturannya aja di suatu daerah ada yang langsung main potong tanpa pengujian

    • Comment:saya rasa polusi mesin 2 tak dengan kubikasi dibawah 200 cc gak seberapa di banding mesin diesel bus2 kota maupun truk yg 9000 cc nyemburin asap hitam penuh sulfur.

    • Emg siap dengan harga pangan papan naik? Truk truk besar gt fungsinya untuk angkat kebutuhan manusia. Bukan untuk ngalay. Kalo udah siap dengan harga yg melambung tinggi ya bisa aja truk minimal euro 3. Tapi faktanya di negeri ini sembako naik dikit banyak yg kebakaran jenggot.

    • Bukan hanya krn perawatan mas, tp krn olsam nya pake low smoke.. cuman ya gitu olsam biasa nawarin hrga yg jauh lbh murah jadinya ya pada jajan olsam murmer bin ngebul deh.. hehehe

      Btw gimana dgn nasib 4 tak yg ngebul jg ya? Rawan tilang jg nih

  11. Setuju kang lah.. Harus d hapuskan saja.. Rx king selalu membuat polusi.. Ekekekek…
    Beda dengan nsr dan ninja super kips…. Larinya juga pancen poullll..

    Hahahah keluarlah..
    Salam kips lover..

  12. Motor 2 tak itu adalah produk gagal. Motor bising,bau,polusi,dekil, bikin sepet dimata… Makanya honda ninggalin teknologi busuk itu.. dan menyiptakan 4tak.. Honda emang Leading teknologi lik… Jujur eneg aku kalau liat rx king,force one,ninja 2tak.. rata2 ridernya alay suka bleyer2 gas sak enak udel e…wkwkwkw

  13. Setuju kang, sudah saatnya ditenggelamkan,, tau sendiri kan anak2 king kalo udah turing masuk kota gayanya gimana?? Songong
    Udah berisik, polusi, sok merasa sebagai raja jalanan, bikin muak

  14. Kalau mesin 2 tak dilarang semestinya mesin diesel jadul yg banyak dipakai angkutan UmUm (Bis) dan kendaraan pribadi diesel tahun 2000 kebawah juga dilarang! kr mereka juga punya andil dlm pencemaran lingkungan.

  15. SETUJUUUUU
    Apalagi maaap,pengguna rx king,banyak banget yang pada sombong suaranya nyaring banget bikin kuping sakiit,gak pake helm,beraksi kek pembalap dunia akherat,ngebul pulak.
    Apalagi kalo musim pemilu,itu motor bikin budeg dan eneg….
    Saia setujuuuuuu….

  16. teknologi jaman old, wis gak wayahe maneh….
    yang seneng dan punya yo wis lah ikhlaskan aja masuk musium ae cak. ganti nmax opo pcx 🙂

  17. ngerinya nanti di masa depan, kalau kendaraan listrik sudah layak untuk diproduksi massal, kendaraan 4 tak juga ikut dilarang. walaupun masih lama banget. gimana nanti nasib para petrolhead di masa depan???

  18. Baguslah, org udah mikirin efisiensi energi, pengurangan Polusi dan Kesehatan, kita malah musingin benda yg bener2 merusak cuma gara2 hobi..
    Lek iwan blm prnh sih 180++ detik nunggu lampu merah di belakang motor 2 tak.. rasanya sesak caak, ujung knalpot aja udah full oli kebayang klo paru2 lek kek gmn?..

    • Kalo alasan asap motor 2 tak bikin paru paru rusak,harusnya merokok juga dilarang,,,ekekekekekekekek

  19. Setuju lah kalo di larang. Belom rasain gimana kejebak macet total di terowongan ada 3 motor 2 tak + smash ngebul.. mau napas dari mana?? Sampe semua rider teriakin tuh motor suruh matiin dulu.

  20. Gak berani nilang bus yg asapnya pekat karena kl swasta ada setorannya..kl yg punya pemerintah artinya hrs memperbaiki seluruh armada pemerintah yg artinya pengeluaran ekstra…liat aja uji emisi seringnya ditujukan ke kendaraan pribadi yg bagus2 tp angkutan umum apalagi bis yg pekat asapnya sgt minim ada berita di tv sedang diuji emisi
    Ya yg paling gampang itu nerapkan aturan ke rakyat krn ga butuh pengeluaran ekstra

  21. Comment:jika itu benar,mungkin untuk beberapa tahun kedepan.
    tetapi menurut saya amat sangat tidak adil jika dlihat dari kapasitas mesin 2 tak yg 150cc,dan berapa banyak sih motor 2 tak yang ada di jalan raya perkotaan dibandingkan dengan polusi kendaraan roda 4 yang lain.contoh truck,bus dll seakan terabaikan.

  22. makin banyak motor 2t yg ngk bayar pajak, lha dipakai antar komplek n kampung, lagian barang collector items ngk boleh jln jauh ? selama oli samping ngk dilarang tetap dipelihara – sejarah 2t nsr tzm fxr, rgr satria rxz n king

    • ratusan juta siap melayang bayangkan pajak ninja saja 400-500ribu kali kan ribuan ninja 2 tak lovers,dan king dan lainnya ngapain pajakin motor kalo gak bisa di bawa kekota,dan untung nya ane ada 4 tak dan ninja rr lumayan gak bayar pajak 500ribu setahun hhh,

  23. Sangat setuju….. Jaman sekarang mesin 2 tak cuma jadi sampah jalanan , mengganggu pengendara lain. Motor 2 tak yang masih like new mending disimpan kolektor aja, selain itu dimusnahkan dari kota biar bebas polusi

  24. Sangatt sangatt setuju dan sekali likk iwann…
    Jgn di perkotaan aja di Desa juga syukur syukur la sekrg wae okeh motor 4 tak ngopo mumet mumet 2 tak. sejarah biarlhh di kenang ddi sejarah ilmu ..era sudah berubah …lgian selain bising juga pilusi yg pake alay alay sepettt ning mataa..setuju laa di larang sisan gawe.

  25. Setuju sih. Apalagi komunitas King yang tabiatnya parah. Gebar geber seenak dengkul, yang dibelakangnya diasepin kaya dia sendiri yang punya jalan nggak mikir pengguna jalan yang lain.

  26. Seharusnya jgn menekankan tipe mesinnya, ada jg yg 2tak tp bersih dan tdk mengeluarkan asap. toh ada jg mesin disel yg ngebul asapnya bs bkin polusi yg parah dan juga mesin 4tak yg lg tdk baik kondisinya sehingga mengeluarkan asap putih yg pekat jg itu bkin polusi udara.

  27. 2 memang ga menyenangkan untuk era saat ini disaat motor 4 tak sudah ramah lingkungan motor 2 tak bener-bener nyenget gas buangnya, pengendara yang ada di belakangnya sangat menderita jika ada motor 2 tak di kemacetan, belum lagi suaranya yang super bising, jadi selain motor 2 tak Knalpot Brong yang suaranya ga kira-kira juga di tindak, supaya hidup ini nyaman enak buat semua orang.
    Dua tak dan knalpot brong HARUS di hentikan… bumi ini sudah terlalu polusi dan bising

  28. Untung omahku nek ndeso cak, dadi oleh nganggo mtor 2 tak yo hehehe
    Sopo reti enek wong kota ngedol nsr 150 sp murah goro2 aturan iki ???

  29. haiyyaaa gk setuju waaaa
    harusnya 2T justru jgn ada dipedesaan secara udara di desa msh alami jgn sampe teracuni asap 2T waaa
    mending genosida z tu mesin 2tak waaa

  30. Miturut kop surat resmi iku bisa jadi Ndak resmi lek Iwan kalo kementrian seharusnya logo full Garuda emas , menurut qlo hoax niku,

  31. Jangan lupa juga pemilik 4tak yg ngasih oli ke knalpot nya itu lebih polutan dan bikin pusing.
    Atau 2 tak pakai oli samping smokeless…

  32. gg setuju ,,kasian yng di desa.
    sekalian dilarang mungkin ya,trus roda 4 yng asap kelewat batas juga sekalian ditiadakan.
    bebas polusi harus menyeluruh,jngan setengah”.

  33. Maaf yo mas aku tinggal d sisilia italy d sini 2 tak masi bebas ko tidak di larang bahkan ada yamaha 70 masi d pakai d sini. Kalo karena alasan polusi d sini sudah euro 4 bahkan buat mobil diesel thn ini sudah ke euro 7. Jadi kebenaran perlu di ragukan

  34. Moncrot tenan kalauu dterapkan.. nasib motor 2 tak.. ada benarnya juga asap knalpotnya bikin nyesekk..

    Tapi berlaku dong buat roda4 dan sejenisnya yang dijalanan mengeluarkan asap tebal dn hitamm. .jika dibelakangnya bikin emosi untuk overtake..

  35. Sampeyan mbandingin ga apple to apple cak. Bus kota itu angkutan umum untuk ngangkut orang banyak produktif ke tempat kerja. Sedangkan motor 2 tak cuma ngangkut seekor alay tukang blayer sruntulan boros bensin dan membahayakan pengguna jalan lain.

    Sudahlah cak, MOVE ON bro. Era 2 tak sudah berlalu. Tempat terbaik mengagumi kehebatan motor 2 tak adalah di museum. Kalau ngotot pakai cara berpikir sampeyan cak, mungkin kita masih pakai mesin uap.

    Setiap zaman ada perkembangan kemajuan. Tak bisa dibendung hal macam itu. Jangan berpikir kolot. Segalanya ada perubahan.

    Sudah betul itu kebijakan pemerintah melarang motor 2 tak. Kami pengguna jalan berakal sehat mendukung penuh kebijakan pemerintah.

    • Dan ,harusnya kamu tahu motor 4 semua belum tentu euro2 lulus,dan ninja 2tak terbukti sudah lulus euro 2,

  36. Mesin diesel kayaknya ada yg 4 tak dan 2 tak juga. Tapi pernah dengar/ baca mesin diesel 4 tak lebih ramah karen asap kenalpot yg dihasilkan adalah jelaga yg kadar pulutannya rendah dibanding asap 2 tak bensin maupun solar.

  37. Secara nalar cak. Emisi gas buang yang di timbulkan oleh angkutan umum.bis. truk lebih parah polusi yang di timbulkan seperti banyak jelaganya. Klo sampe nglarang motor 2 tak yang tidak seberapa polusinya ini namanya sudah diskriminatif

  38. aku lbh setuju kl semua pabrik jg ditutup, jd adil, biar polusi di indonesia bs ditekan seminimal mungkin.
    dan kl butuh apa2 tinggal impor dr china.

  39. slm ini kan fby byk ngekepin motor lama mcm rxkin
    kalo udah kyk gini kepaksa ganti motor baru
    Ms bisa naik

  40. diakui atau tidak, pabrik2 jg punya andil yg sangat besar thd pencemaran lingkungan, baik udara, tanah, dan air.
    kl brani tutup semua pabrik penghasil limbaj, jangan tebang pilih cm motor 2 tak aja.

  41. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan. Tapi dipindakan ke desa? Ini org goblok apa tolol. Emengnya desa bukan bagian dari indonesia? Dasar sinting

  42. Yang tanda tangan surat kelihatan bodohnya gak ketulungan. Tidak tahu logika dan azas hukum. Aturan itu tidak bisa berlaku surut ke belakang. Pembeli motor 2 tak adalah legal pada zamannya. Jadi tetap legal sampe sekarang.
    Ilustrasi ini adalah orang sudah punya sertifikat hak milik tiba2 diputuskan sertifikatnya tidak berlaku lagi. Jadinya gak ada kepastian hukum.

  43. Kalau mesin 2 tak dilarang semestinya mesin diesel jadul yg banyak dipakai angkutan UmUm (Bis) dan kendaraan pribadi diesel tahun 2000 kebawah juga dilarang! kr mereka juga punya andil dlm pencemaran lingkungan.

  44. teknologi jaman old, wis gak wayahe maneh….
    yang seneng dan punya yo wis lah ikhlaskan aja masuk musium ae cak. ganti nmax opo pcx 🙂

  45. truk ngebul, penjual sate pingir jalan pas lagi macet ngebulin pengguna jalan.

    ah aturan harus 40-50 kpj & jaga jarak antar kendaraan di perkotaan aje ujung-ujungnya…zzzzz, . para contraflow & tengilers jalanan & penggunaan helm secara benar ….nihil.

  46. Seharusnya yang dilarang itu kendaraan yang tidak diurus sama pemiliknya. Harusnya ada uji KIR untuk R2.
    Ngebul gara-gara jarang ganti oli, kondisi ban yang tidak layak jalan, ketebalan kampas rem, lampu belakang yang menyilaukan dan tidak berfungsi.
    Motor kusam harap dimusnahkan, merusak pemandangan aja dijalan.

  47. Emang harus secepatnya di basmi motor 2tak.. Asepnya itu lho, sm suaranya bikin sepet..
    Semoga bisa secepatnya di sahkan Undang- undangnya…

  48. Harusnya dr dulu dilarang..bikin brisik, asapnya jg….
    Semoga secepatnya di sahkan undang undangnya..

  49. Nah bang Iwan, liat sendiri kan dr semua komen yg setuju dan tidak setuju brp byk?
    Saya rasa kl di polling di lapangan hasilnya jg sama.
    Tapi bang Iwan jgn di compare dengan bus/kendaraan besar, nanti malah ga ada progressnya.
    Yg penting ada progress dulu, step by step, setelah aturan pelarangan 2 tak, semoga bus/kendaraan besar menyusul.
    Agar tidak menyakiti hati biker 2 tak, ada baiknya pelarangan ini di terapkan pas indonesia menerapkan euro 4. Jadi ada masa peralihannya dan juga agar pemerintah ter-motivasi agar euro 4 tidak tertunda2 juga.
    Salam biker

  50. Setuju karo tulisane cak iwan, notabene saya biker 2 T tak pernak ganti mesin dari tahun 90. Selalu setia 2 t. Biarlah kami yg segelintir ini jadi saksi bahwa kami pernah ada …… Urusan polusi, 2 t, gak akan ada 0,1 persen….. Masih banyak yg lain

  51. Yang jadi pertanyaan kenapa harus menjelaskan dilarang di kota tp digunakan di desa. Kalau masalah melestarikan alam. Ya sudah di stop tidak ada kendaraan 2tak yang lewat. Jangan bawa bawa desa atau kotanya kalau masalah melestarikan lingkungan. Orang kendaraan angkutan umum juga masih ada yg ditemukan mengeluarkan asap.

    Seakan akan desa jd tempat kendaraan 2tak. Sangat disayangkan bila surat itu ada benarnya.

    Saya pribadi tidak membela motor 2taknya pemerintahnya maupun mana desa dan kota. Tp alamnya.

  52. mantap nih,,
    motor ngebul polusi, berisik, knalpot racing.
    memang WAJIB di Tilang, dan di larang masuk perkotaan..

  53. Udah waktunya di musnahkan… Karena 2 tak sangat ganggu buat lingkungan dan yg dibelakangnya motor 2 talk… Musnahkan narkoba !!
    Nb :
    Kecuali nanti ada 2 tak injeksi yg lebih ramah lingkungan.

  54. Pdhal lg wae mau smashku meh tak ijolke fiz r, untung wae wonge ngmg “tak tampung sik mas”

  55. kalau bener… memang ide kementrian Lingkungan Hidup sangat “brilian”. biar orang desa saja yang terkena pencemaran…. janagn orang kota… kasihan… bener tho para orang ndeso?

  56. safety first.ada yg lebih penting,
    plat nomor yg se gede papan tulis itu klo mw d musnahkan.atau ganti m yg lbih minimalis.2 tak paling 5 thn kedepan jg udh punh.g perlu berkiblat ke eropah.orang jalan aja masih banyak yg jauh dr kata layak pakai.klo masalah jalan raya kiblat nya kemana.?????mikir

  57. Kita orang nggak masalah lek, secara naeknya mobil jadi sejuk sejuk zaza
    Gak kayak fbyeekkk hujan panas naeknya rompall recall, ekekeke

  58. Sebetulnya, motor 2T tidak terlalu bermasalah di jalanan, yang jadi masalah itu, kalau ada motor dengan knalpot non standar, yang moncongnya mengarah ke atas. Walah, itu kalau pas macet dan kita di belakangnya, serasa ditampolin muka atau leher kita

  59. Knp meresahkan..? Memang sdh bukan jamannya lg motor 2 tak dan indonesia hrus ikut jg dngn atauran2 sprti ini jng primitif trus dengan harapan kdepannya bkn hnya motor 2tak yng d tindak tp jg bus2 dan truk2 rongsok ngebul jg d tindak tegas.

  60. motor dua tak memang harusnya dah buat hobi aja. jangan dipake harian. negara tetangga sudah pake hybrid dan listrik, disini masih aja pake motor coming. persis kayak premium ; di bumi ini cuman tinggal 2 negara yg jual bensin Ron 88 yakni Indonesia dan satu negara di afrika. apa nggak kebangetan kita??

  61. Benar lek di buang aja motor 2tak.SUARA +ASAP nya itu ngganggu banget.Kalau kita pas tepat di belakang motor 2tak wis kayak nyamuk kena FOGGING..piye gak MRONGOOOZ TENAN lek kenek fogging motor 2tak.YAMAHA MOTORNYA YAMALUBE OLINYA.YAMAHA TOUCHING YOUR HEART.

  62. boleh dilarang, asalkan aturannya jelas, misalkan aturan mengacu euro 3. nah, masalahnya, jika hanya 2 tak yang dilarang itu namanya diskriminasi yang bertentangan dengan hak. misal peraturan euro 3, ya semua kendaraan, entah 2 tak, 4 tak, 6 tak, bertak2 yang tidak lolos (berarti motor jadul) juga harus ikut dilarang. termasuk itu angkutan umum, angkot, dll. krn polusi dari angkot ini lumayan juga, jika uji emisi, kadar co dari angkot bensin karburator yang sudah gk bener bakal mengerikan. co jauh lebih berbahaya daripada asap.
    intinya adalah keadilan. kenapa yang ini dilarang, itu dibiarkan? saya rasa jika peraturannya adil dan konsisten tanpa pandang bulu, semua masyarakat bisa menerima.

    harusnya lebih efektif jika motor dan mobil yang dianggap sudah tidak sesuai aturan ambang batas polusi tidak diperkenankan memperpanjang pajak tahunan (bukan hanya 2 tak), dalam arti motor jadi ilegal di jalan, tapi masih legal dimiliki (ada BPKB). jika mau turun ke jalan (misal acara khusus seperti turing atau jambore) harus ada perijinan. tapi sekali lagi blunder, pemerintah masih butuh pajak dari jutaan motor/mobil lawas itu.

  63. Gak setuju sy lik iwan, karena toh masih buuaaannyaaaak buanget mobil/truk/bis diesel yg asapnya item2 bikin muka ikutan item jg. Klo mau dilarang 2 tak, sekalian yg diesel2 asap item itu dilarang jg biar adil

  64. Gk setuju 2 tak dilarang di perkotaan, truk dan bis diesel asepnya item pekat hrsnya skalian dilarang, sama motor 4 tak jadul brarti hrs dilarang krna mreka juga gas buang gk sebagus motor skarang, jadi harus adil jgn cuma 2 tak yg dilarang.lagian kalo brisik 4 juga bisa ganti knalpot racing jauh lebih brisik dari 2 tak, 4 tak bisa berasap juga kok (kalo ga dirawat). Kalo mau naik ontel aja sehat, ekonomis, gak polusi juga, g bayar pajek tinggal goes

  65. Ora setuju, aq ngopeni KIPS 1ng omah, mh tak wariske anak ku ssuk mben.
    Salam tren teng teng teng teng…

  66. tidak setuju. 2 tak itu mesin bagus. seberisik berisiknya knalpot 2 tak masih risih denger knalpot 4 tak 1 silinder blar blar.

  67. Ah bacod su,
    Ngebal ngebul, asep 2 tak ga sepedih asep 4 tak,

    Brisik juga brisikan sendalpot motor 4tak 1 silinder jir,

  68. Enaknya naik 2T itu, bisa langsung minggirin emak2 matic tanpa klakson. Ngalayin anak alay, loe jual gue beli istilahnya. Banyak motor 4T yang beredar, yakin ga lebih menyumbang polusi dengan knalpot yang nampol2 muka?
    2T, deal with it.

  69. Goblok.. Motor 2 tak motor mahal.. Jgn samain sama 4 tak yg gampang rusak wlw dilarang tetep gua simpen buat koleksi elu yg bully kaga mampu dah beli ini motor dasar munafik gua pemake 4 tak juga cuma gak bisa seganas 2 tak klo di geber.. Wkwkwk..

  70. Goblok.. Motor 2 tak motor mahal.. Jgn samain sama 4 tak yg gampang rusak wlw dilarang tetep gua simpen buat koleksi elu yg bully kaga mampu dah beli ini motor dasar munafik gua pemake 4 tak juga cuma gak bisa seganas 2 tak klo di geber.. Wkwkwk..

  71. Comment: wong kok mikir no cangkeme dewe nek 2 tk di larang latrus 4tak sg knalpot broooot knalpote mbelok opo ape di jejel no cangkemu nek 2 tak dilarang tp truk angkat isek jalan sg duwe motor 4 tak kon mlaku pisan podo ae numpak angkot kabeh …….ADIL……

  72. Setuju kang, sudah saatnya ditenggelamkan,, tau sendiri kan anak2 king kalo udah turing masuk kota gayanya gimana?? Songong
    Udah berisik, polusi, sok merasa sebagai raja jalanan, bikin muak

  73. SETUJUUUUU
    Apalagi maaap,pengguna rx king,banyak banget yang pada sombong suaranya nyaring banget bikin kuping sakiit,gak pake helm,beraksi kek pembalap dunia akherat,ngebul pulak.
    Apalagi kalo musim pemilu,itu motor bikin budeg dan eneg….
    Saia setujuuuuuu….

  74. Sampeyan mbandingin ga apple to apple cak. Bus kota itu angkutan umum untuk ngangkut orang banyak produktif ke tempat kerja. Sedangkan motor 2 tak cuma ngangkut seekor alay tukang blayer sruntulan boros bensin dan membahayakan pengguna jalan lain.

    Sudahlah cak, MOVE ON bro. Era 2 tak sudah berlalu. Tempat terbaik mengagumi kehebatan motor 2 tak adalah di museum. Kalau ngotot pakai cara berpikir sampeyan cak, mungkin kita masih pakai mesin uap.

    Setiap zaman ada perkembangan kemajuan. Tak bisa dibendung hal macam itu. Jangan berpikir kolot. Segalanya ada perubahan.

    Sudah betul itu kebijakan pemerintah melarang motor 2 tak. Kami pengguna jalan berakal sehat mendukung penuh kebijakan pemerintah.

    • Dan ,harusnya kamu tahu motor 4 semua belum tentu euro2 lulus,dan ninja 2tak terbukti sudah lulus euro 2,

  75. Moncrot tenan kalauu dterapkan.. nasib motor 2 tak.. ada benarnya juga asap knalpotnya bikin nyesekk..

    Tapi berlaku dong buat roda4 dan sejenisnya yang dijalanan mengeluarkan asap tebal dn hitamm. .jika dibelakangnya bikin emosi untuk overtake..

  76. Mesin diesel kayaknya ada yg 4 tak dan 2 tak juga. Tapi pernah dengar/ baca mesin diesel 4 tak lebih ramah karen asap kenalpot yg dihasilkan adalah jelaga yg kadar pulutannya rendah dibanding asap 2 tak bensin maupun solar.

  77. Secara nalar cak. Emisi gas buang yang di timbulkan oleh angkutan umum.bis. truk lebih parah polusi yang di timbulkan seperti banyak jelaganya. Klo sampe nglarang motor 2 tak yang tidak seberapa polusinya ini namanya sudah diskriminatif

  78. Maaf yo mas aku tinggal d sisilia italy d sini 2 tak masi bebas ko tidak di larang bahkan ada yamaha 70 masi d pakai d sini. Kalo karena alasan polusi d sini sudah euro 4 bahkan buat mobil diesel thn ini sudah ke euro 7. Jadi kebenaran perlu di ragukan

  79. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan. Tapi dipindakan ke desa? Ini org goblok apa tolol. Emengnya desa bukan bagian dari indonesia? Dasar sinting

  80. aku lbh setuju kl semua pabrik jg ditutup, jd adil, biar polusi di indonesia bs ditekan seminimal mungkin.
    dan kl butuh apa2 tinggal impor dr china.

  81. Ora setuju, aq ngopeni KIPS 1ng omah, mh tak wariske anak ku ssuk mben.
    Salam tren teng teng teng teng…

  82. Comment: wong kok mikir no cangkeme dewe nek 2 tk di larang latrus 4tak sg knalpot broooot knalpote mbelok opo ape di jejel no cangkemu nek 2 tak dilarang tp truk angkat isek jalan sg duwe motor 4 tak kon mlaku pisan podo ae numpak angkot kabeh …….ADIL……

  83. Ah bacod su,
    Ngebal ngebul, asep 2 tak ga sepedih asep 4 tak,

    Brisik juga brisikan sendalpot motor 4tak 1 silinder jir,

  84. Enaknya naik 2T itu, bisa langsung minggirin emak2 matic tanpa klakson. Ngalayin anak alay, loe jual gue beli istilahnya. Banyak motor 4T yang beredar, yakin ga lebih menyumbang polusi dengan knalpot yang nampol2 muka?
    2T, deal with it.

  85. tidak setuju. 2 tak itu mesin bagus. seberisik berisiknya knalpot 2 tak masih risih denger knalpot 4 tak 1 silinder blar blar.

  86. Setuju sih. Apalagi komunitas King yang tabiatnya parah. Gebar geber seenak dengkul, yang dibelakangnya diasepin kaya dia sendiri yang punya jalan nggak mikir pengguna jalan yang lain.

  87. 2 memang ga menyenangkan untuk era saat ini disaat motor 4 tak sudah ramah lingkungan motor 2 tak bener-bener nyenget gas buangnya, pengendara yang ada di belakangnya sangat menderita jika ada motor 2 tak di kemacetan, belum lagi suaranya yang super bising, jadi selain motor 2 tak Knalpot Brong yang suaranya ga kira-kira juga di tindak, supaya hidup ini nyaman enak buat semua orang.
    Dua tak dan knalpot brong HARUS di hentikan… bumi ini sudah terlalu polusi dan bising

  88. haiyyaaa gk setuju waaaa
    harusnya 2T justru jgn ada dipedesaan secara udara di desa msh alami jgn sampe teracuni asap 2T waaa
    mending genosida z tu mesin 2tak waaa

  89. Miturut kop surat resmi iku bisa jadi Ndak resmi lek Iwan kalo kementrian seharusnya logo full Garuda emas , menurut qlo hoax niku,

  90. Seharusnya jgn menekankan tipe mesinnya, ada jg yg 2tak tp bersih dan tdk mengeluarkan asap. toh ada jg mesin disel yg ngebul asapnya bs bkin polusi yg parah dan juga mesin 4tak yg lg tdk baik kondisinya sehingga mengeluarkan asap putih yg pekat jg itu bkin polusi udara.

  91. Sebetulnya, motor 2T tidak terlalu bermasalah di jalanan, yang jadi masalah itu, kalau ada motor dengan knalpot non standar, yang moncongnya mengarah ke atas. Walah, itu kalau pas macet dan kita di belakangnya, serasa ditampolin muka atau leher kita

  92. Benar lek di buang aja motor 2tak.SUARA +ASAP nya itu ngganggu banget.Kalau kita pas tepat di belakang motor 2tak wis kayak nyamuk kena FOGGING..piye gak MRONGOOOZ TENAN lek kenek fogging motor 2tak.YAMAHA MOTORNYA YAMALUBE OLINYA.YAMAHA TOUCHING YOUR HEART.

  93. motor dua tak memang harusnya dah buat hobi aja. jangan dipake harian. negara tetangga sudah pake hybrid dan listrik, disini masih aja pake motor coming. persis kayak premium ; di bumi ini cuman tinggal 2 negara yg jual bensin Ron 88 yakni Indonesia dan satu negara di afrika. apa nggak kebangetan kita??

  94. boleh dilarang, asalkan aturannya jelas, misalkan aturan mengacu euro 3. nah, masalahnya, jika hanya 2 tak yang dilarang itu namanya diskriminasi yang bertentangan dengan hak. misal peraturan euro 3, ya semua kendaraan, entah 2 tak, 4 tak, 6 tak, bertak2 yang tidak lolos (berarti motor jadul) juga harus ikut dilarang. termasuk itu angkutan umum, angkot, dll. krn polusi dari angkot ini lumayan juga, jika uji emisi, kadar co dari angkot bensin karburator yang sudah gk bener bakal mengerikan. co jauh lebih berbahaya daripada asap.
    intinya adalah keadilan. kenapa yang ini dilarang, itu dibiarkan? saya rasa jika peraturannya adil dan konsisten tanpa pandang bulu, semua masyarakat bisa menerima.

    harusnya lebih efektif jika motor dan mobil yang dianggap sudah tidak sesuai aturan ambang batas polusi tidak diperkenankan memperpanjang pajak tahunan (bukan hanya 2 tak), dalam arti motor jadi ilegal di jalan, tapi masih legal dimiliki (ada BPKB). jika mau turun ke jalan (misal acara khusus seperti turing atau jambore) harus ada perijinan. tapi sekali lagi blunder, pemerintah masih butuh pajak dari jutaan motor/mobil lawas itu.

  95. Gak setuju sy lik iwan, karena toh masih buuaaannyaaaak buanget mobil/truk/bis diesel yg asapnya item2 bikin muka ikutan item jg. Klo mau dilarang 2 tak, sekalian yg diesel2 asap item itu dilarang jg biar adil

  96. Gk setuju 2 tak dilarang di perkotaan, truk dan bis diesel asepnya item pekat hrsnya skalian dilarang, sama motor 4 tak jadul brarti hrs dilarang krna mreka juga gas buang gk sebagus motor skarang, jadi harus adil jgn cuma 2 tak yg dilarang.lagian kalo brisik 4 juga bisa ganti knalpot racing jauh lebih brisik dari 2 tak, 4 tak bisa berasap juga kok (kalo ga dirawat). Kalo mau naik ontel aja sehat, ekonomis, gak polusi juga, g bayar pajek tinggal goes

  97. Knp meresahkan..? Memang sdh bukan jamannya lg motor 2 tak dan indonesia hrus ikut jg dngn atauran2 sprti ini jng primitif trus dengan harapan kdepannya bkn hnya motor 2tak yng d tindak tp jg bus2 dan truk2 rongsok ngebul jg d tindak tegas.

  98. Yang tanda tangan surat kelihatan bodohnya gak ketulungan. Tidak tahu logika dan azas hukum. Aturan itu tidak bisa berlaku surut ke belakang. Pembeli motor 2 tak adalah legal pada zamannya. Jadi tetap legal sampe sekarang.
    Ilustrasi ini adalah orang sudah punya sertifikat hak milik tiba2 diputuskan sertifikatnya tidak berlaku lagi. Jadinya gak ada kepastian hukum.

  99. truk ngebul, penjual sate pingir jalan pas lagi macet ngebulin pengguna jalan.

    ah aturan harus 40-50 kpj & jaga jarak antar kendaraan di perkotaan aje ujung-ujungnya…zzzzz, . para contraflow & tengilers jalanan & penggunaan helm secara benar ….nihil.

  100. Emang harus secepatnya di basmi motor 2tak.. Asepnya itu lho, sm suaranya bikin sepet..
    Semoga bisa secepatnya di sahkan Undang- undangnya…

  101. Jangan lupa juga pemilik 4tak yg ngasih oli ke knalpot nya itu lebih polutan dan bikin pusing.
    Atau 2 tak pakai oli samping smokeless…

  102. Seharusnya yang dilarang itu kendaraan yang tidak diurus sama pemiliknya. Harusnya ada uji KIR untuk R2.
    Ngebul gara-gara jarang ganti oli, kondisi ban yang tidak layak jalan, ketebalan kampas rem, lampu belakang yang menyilaukan dan tidak berfungsi.
    Motor kusam harap dimusnahkan, merusak pemandangan aja dijalan.

  103. kalau bener… memang ide kementrian Lingkungan Hidup sangat “brilian”. biar orang desa saja yang terkena pencemaran…. janagn orang kota… kasihan… bener tho para orang ndeso?

  104. Yang jadi pertanyaan kenapa harus menjelaskan dilarang di kota tp digunakan di desa. Kalau masalah melestarikan alam. Ya sudah di stop tidak ada kendaraan 2tak yang lewat. Jangan bawa bawa desa atau kotanya kalau masalah melestarikan lingkungan. Orang kendaraan angkutan umum juga masih ada yg ditemukan mengeluarkan asap.

    Seakan akan desa jd tempat kendaraan 2tak. Sangat disayangkan bila surat itu ada benarnya.

    Saya pribadi tidak membela motor 2taknya pemerintahnya maupun mana desa dan kota. Tp alamnya.

  105. Setuju karo tulisane cak iwan, notabene saya biker 2 T tak pernak ganti mesin dari tahun 90. Selalu setia 2 t. Biarlah kami yg segelintir ini jadi saksi bahwa kami pernah ada …… Urusan polusi, 2 t, gak akan ada 0,1 persen….. Masih banyak yg lain

  106. Nah bang Iwan, liat sendiri kan dr semua komen yg setuju dan tidak setuju brp byk?
    Saya rasa kl di polling di lapangan hasilnya jg sama.
    Tapi bang Iwan jgn di compare dengan bus/kendaraan besar, nanti malah ga ada progressnya.
    Yg penting ada progress dulu, step by step, setelah aturan pelarangan 2 tak, semoga bus/kendaraan besar menyusul.
    Agar tidak menyakiti hati biker 2 tak, ada baiknya pelarangan ini di terapkan pas indonesia menerapkan euro 4. Jadi ada masa peralihannya dan juga agar pemerintah ter-motivasi agar euro 4 tidak tertunda2 juga.
    Salam biker

  107. Udah waktunya di musnahkan… Karena 2 tak sangat ganggu buat lingkungan dan yg dibelakangnya motor 2 talk… Musnahkan narkoba !!
    Nb :
    Kecuali nanti ada 2 tak injeksi yg lebih ramah lingkungan.

  108. mantap nih,,
    motor ngebul polusi, berisik, knalpot racing.
    memang WAJIB di Tilang, dan di larang masuk perkotaan..

  109. Setuju kang lah.. Harus d hapuskan saja.. Rx king selalu membuat polusi.. Ekekekek…
    Beda dengan nsr dan ninja super kips…. Larinya juga pancen poullll..

    Hahahah keluarlah..
    Salam kips lover..

  110. Menurut saia aturan itu kurang bijak, coba kendalikan kendaraan bus diesel yg berumur / truk tronton yg asapnya terkenal hitam pekat. Kalo motor ninja macam skips kan polusi asapnya sdikit, Vespa jg demikian atau tergantung perawatan motor 2 stroke nya.. Vespa ane polusi asapnya dikit kok ga banyak macam f1zr.

    • Bukan hanya krn perawatan mas, tp krn olsam nya pake low smoke.. cuman ya gitu olsam biasa nawarin hrga yg jauh lbh murah jadinya ya pada jajan olsam murmer bin ngebul deh.. hehehe

      Btw gimana dgn nasib 4 tak yg ngebul jg ya? Rawan tilang jg nih

    • Comment:saya rasa polusi mesin 2 tak dengan kubikasi dibawah 200 cc gak seberapa di banding mesin diesel bus2 kota maupun truk yg 9000 cc nyemburin asap hitam penuh sulfur.

    • Emg siap dengan harga pangan papan naik? Truk truk besar gt fungsinya untuk angkat kebutuhan manusia. Bukan untuk ngalay. Kalo udah siap dengan harga yg melambung tinggi ya bisa aja truk minimal euro 3. Tapi faktanya di negeri ini sembako naik dikit banyak yg kebakaran jenggot.

    • jangan harap lah polisi bakal nilang milih2 pasti pukul rata
      knalpot yang jelas2 ada aturannya aja di suatu daerah ada yang langsung main potong tanpa pengujian

  111. Kita orang nggak masalah lek, secara naeknya mobil jadi sejuk sejuk zaza
    Gak kayak fbyeekkk hujan panas naeknya rompall recall, ekekeke

  112. safety first.ada yg lebih penting,
    plat nomor yg se gede papan tulis itu klo mw d musnahkan.atau ganti m yg lbih minimalis.2 tak paling 5 thn kedepan jg udh punh.g perlu berkiblat ke eropah.orang jalan aja masih banyak yg jauh dr kata layak pakai.klo masalah jalan raya kiblat nya kemana.?????mikir

  113. Sangatt sangatt setuju dan sekali likk iwann…
    Jgn di perkotaan aja di Desa juga syukur syukur la sekrg wae okeh motor 4 tak ngopo mumet mumet 2 tak. sejarah biarlhh di kenang ddi sejarah ilmu ..era sudah berubah …lgian selain bising juga pilusi yg pake alay alay sepettt ning mataa..setuju laa di larang sisan gawe.

  114. Baguslah, org udah mikirin efisiensi energi, pengurangan Polusi dan Kesehatan, kita malah musingin benda yg bener2 merusak cuma gara2 hobi..
    Lek iwan blm prnh sih 180++ detik nunggu lampu merah di belakang motor 2 tak.. rasanya sesak caak, ujung knalpot aja udah full oli kebayang klo paru2 lek kek gmn?..

  115. Setuju lah kalo di larang. Belom rasain gimana kejebak macet total di terowongan ada 3 motor 2 tak + smash ngebul.. mau napas dari mana?? Sampe semua rider teriakin tuh motor suruh matiin dulu.

  116. ngerinya nanti di masa depan, kalau kendaraan listrik sudah layak untuk diproduksi massal, kendaraan 4 tak juga ikut dilarang. walaupun masih lama banget. gimana nanti nasib para petrolhead di masa depan???

  117. Gak berani nilang bus yg asapnya pekat karena kl swasta ada setorannya..kl yg punya pemerintah artinya hrs memperbaiki seluruh armada pemerintah yg artinya pengeluaran ekstra…liat aja uji emisi seringnya ditujukan ke kendaraan pribadi yg bagus2 tp angkutan umum apalagi bis yg pekat asapnya sgt minim ada berita di tv sedang diuji emisi
    Ya yg paling gampang itu nerapkan aturan ke rakyat krn ga butuh pengeluaran ekstra

  118. makin banyak motor 2t yg ngk bayar pajak, lha dipakai antar komplek n kampung, lagian barang collector items ngk boleh jln jauh 😂 selama oli samping ngk dilarang tetap dipelihara – sejarah 2t nsr tzm fxr, rgr satria rxz n king

    • ratusan juta siap melayang bayangkan pajak ninja saja 400-500ribu kali kan ribuan ninja 2 tak lovers,dan king dan lainnya ngapain pajakin motor kalo gak bisa di bawa kekota,dan untung nya ane ada 4 tak dan ninja rr lumayan gak bayar pajak 500ribu setahun hhh,

  119. Sangat setuju….. Jaman sekarang mesin 2 tak cuma jadi sampah jalanan , mengganggu pengendara lain. Motor 2 tak yang masih like new mending disimpan kolektor aja, selain itu dimusnahkan dari kota biar bebas polusi

    • Comment:tetew e bedanya kalo ninja suaranya lebih senyap dan knalpotnya asapnya hampir gak nampak,dan yg pasti udah lulus euro 2

    • Somplak aduh fekok..

      4 tak ngebul berarti kurang perawatan…bukan salah motornya tapi salah yg tau hanya makek
      Maen ke jakarta aja lahh..
      Bukan Yamaha aja ngebul beat, vario juga bnyak yg keluar asap putih..
      Ini salah yg makek motor tau nya hidup jalan, bukan di cek olinya..

    • Angger wis ora olih neng kota, ya montor’e tek kirim aring ndesa. Kayane apik tur patut nek Bapakku nganggo montor 2 tak. Paling2 disampluk gejig nang tanggane. hehehe

    • Kalo pigson,Mio j,Vega ZR ,bison suka liat dijalan ngebul itu kwalitas yg bosok apa fbynya yg GA pernah ganti oli

  120. Lek aq setuju ,2tak dilarang neng Kuto,coba lek iwb pas berhenti di lampu merah,pas kita pake motor ,didepan kita berhenti motor 2tak,apalagi motornya gak dirawat,sumpeh,asepnya bikin pusing.

    • Persis kaya bojoku nek ngomong, ‘montor brisik, buang tempat sampah bae’, hehehe. Tapi wong kesenengan, ya kepriwe maning. hehehe

  121. Maaf mas,mobil tronton n sejenisny yg mesin diesel itu asapnya lbh hitam n pekat n pasti lbh bnyk. Tlg para pmangku kbijakan hrs adil, mhn difikirkan lagi ttg aturan ini, blm lagi prusahaan2 polusiny jg bnyk, motor n mobil bnsin yg berasap jg bnyk bredar dijalan

    • setuju ane… jangan lupa mobil bermesin diesel polusinya parah. terutama bis. coba di fikirkan juga, coz penyumbang polusi yg luar binasa..

    • Modaro kon cokkk gk onok tronton kon gk iso mangan gk iso tuku hp mbot.. Asep disel iku lebih ramah lingkungan timbang bensin soalnya kebanyakan co2 dan kadar co sama nox nya rendah dibanding sisa pembakaran bensin… Sinau sing nggenah cok

    • Emang asep motor 2tak gk seberapa bero…..
      Tapi bising suaranya itu sangat mengganggu sekitarnya
      Hehehe….

    • Tronton sama truk masih ada gunanya bagi semua orang. Angkut sembako sama bahan bangunan. Lha motor 2 tak cunan angkut sebiji rider alay egois. Gada faedahnya wkwk……

  122. udah bikin polusi,boross…
    apalagi penyemplak ninin 2 tak gayanya kalo dijalan yg…(isi sendiri)…
    motor2 seken 4 tak sekarang juga pada murah,setiap orang didesa pun pada pnya motor minimal embit…
    jd ngapain harus pake motor 2 tak??..
    udah g ekonomis,merusak lingkungan,..kecuali buat penghobi dan pemuda terjebak masa lalu..

  123. Alhamdulillah motor 2tak dah di jual dri dulu. Bukan krna ada larangan tp krna ga enak ma tetangga…..

  124. metro mini ngebul dulu aja sih diurusin kenapa bisa lolos uji kir terus padahal ngebul asap hitam pekat….berasa maen dead race

  125. Comment:jika itu benar,mungkin untuk beberapa tahun kedepan.
    tetapi menurut saya amat sangat tidak adil jika dlihat dari kapasitas mesin 2 tak yg 150cc,dan berapa banyak sih motor 2 tak yang ada di jalan raya perkotaan dibandingkan dengan polusi kendaraan roda 4 yang lain.contoh truck,bus dll seakan terabaikan.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama