iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..IWB sampe dlongop saat mendapatkan sebuah surat pelarangan mesin 2 Tak lalu lalang diperkotaan via FB. Surat yang sudah viral di Facebook dan dishare cak Syah Putra ke IWB ini memuat poin-poin penting yang cukup meresahkan. Disana tertuang poin dimana motor 2 Tak dilarang melaju diperkotaan dan hanya diperbolehkan dipedesaan. Waaahh meresahkan iki cak. Pertanyaannya apakah surat ini valid??

Surat yang beredar via sosial media ini memang cukup misterius sebab nomor depan terkesan belum lengkap dalam penerbitan surat. Namun konon surat yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini memang masuk rekomendasi serius yang isunya akan diketuk palu jika sudah disetujui pihak terkait. Isi surat sendiri juga cukup meresahkan khususnya untuk para 2Stroke Lover. Disana memuat beberapa poin yang bertujuan melarang mesin 2 Tak melintas dikota. Ada dua poin yakni 3 dan 4 yang secara khusus menyoroti mesin 2Tak. Berikut sekilas isinya…

3. Dengan dibuat surat-surat sebelumnya, dan ditindaklanjuti oleh produsen kendaraan bermotor berupa PENGHENTIAN PRODUKSI KENDARAAN 2 (DUA) LANGKAH BEBERAPA TAHUN KEBELAKANG maka dengan terbitnya surat ini menegaskan bahwa ini bukan WACANA semata.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Diharapkan kedepan untuk kendaraan 2 (dua) langkah, agar penggunaannya di kota secara BERTAHAP agar dibatasi dan dilarang penggunaannya serta diarahkan ke wilayah PEDESAAN berkaitan dengan polusi udara yang ditimbulkan kendaraan 2 (dua) langkah tersebut.

4. Laksanakan sosialisasi, pemberitahuan, dan teguran terhadap pelarangan kendaraan 2 (dua) langkah di wilayah kota serta memberikan tindakan penilangan terhadap pelanggaran aturan tersebut. Guna tercapainya Indonesia bersih dari polusi dan pencemaran lingkungan.

Nahhh….dari sini IWB cuma bisa mlongo. Apapun itu status surat memang masih belum valid. Saat IWB coba cari beberapa referensi ujung-ujungnya sama dengan IWB, masih sebatas pertanyaan belum jelas. Apalagi yang membingungkan surat ini ditanda tangani sektretariat tahun 2012. Namun Inspektorat tahun 2018. Hhhmm….membingungkan. Btw, sebagai bikers, jelas IWB sedih jika aturan ini bener-bener diimplemantasikan mengingat sejarah mesin 2 Tak terbuka akan mati jika itu terjadi….

Sampeyan bayangin wae, mesin Ninja 150 SKIPS hanya bisa digunakan didesa. NSR 150SP hanya bisa digunakan dipersawahan….lak yo moncrottt tenan kalau bener. Surat yang sudah ditanda tangani pejababat inspektorat dan sekretariat ini infonya akan ditembuskan kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Perhubungan serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia….

Last….jika kita sudah membicarakan masalah lingkungan, tentu saja kita harus dukung sepenuhnya. Hanya saja galaknya aturan pada mesin 2 Tak serasa tidak adil ketika kita melihat pekatnya asap dari angkutan umum yang seakan melenggang tanpa tindakan serius. Dari masa kemasa cak…nggak hanya sekarang. Untungnya surat edaran masih perlu dikonfirmasi mengingat tidak ada tanda tangan menteri didalamnya. Kita berharap surat ini tidak benar cak…..semoga saja tidak. Toh populasi mesin 2Tak dijalanan tinggal hanya segelintir dan biarlah menjadi saksi dari sisa kejayaan masa lalu tanpa perlu menekan lebih dalam. Kalau menurut sampeyan piye cak, apakah setuju dengan pelarangan diatas?…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!