iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….inilah market roda dua. Semua bergerak dinamis dan tidak bisa ditebak. Ketika dimasa lalu menjadi idola, seiring waktu berjalan maka pelan-pelan menjadi lesu. Itulah yang terjadi pada pasar sport 250cc ditanah air. Kondisi yang tidak juga membaik akhirnya membuat Honda menyerah.?Pasar fairing 250cc lesu, Honda terpaksa rem produksi CBR250RR !!

Makin lesunya sport fairing 250cc memang diakui oleh seluruh pabrikan. Sebelumnya IWB sempat ngobrol dengan pejabat tinggi Kawasaki yakni pak Michael C. Tanadhi yang juga mengatakan kondisi serupa. Fakta bahwa sport fairing 250cc lumayan terseok-seok ditahun 2018. Walau mungkin mereka masih cukup tertolong dengan hadirnya new Ninja 250 FI, tapi tetap tidak bisa menghindari kejamnya pasar seperempat liter…

Sama dengan Kawasaki, Honda juga demikian. Tren sport fairing 250cc yang turun cukup signifikan membuat Honda melakukan langkah-langkah strategis. Salah satu yang dilakukan grup Astra adalah memangkas produksi. Yup…mereka mengerem kapasitas produksi sejak awal 2018 hingga 50 % dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Konfirmasi ini dilayangkan?David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM….

iklan iwb

?Kami mengeset (kapasitas produksi) di sekitar 80-an unit per harinya, setting kami segitu, tapi kapasitasnya tersebut separuhnya (dibanding tahun sebelumnya), awal tahun ini (mulainya)..” serunya via Kompas. Langkah tersebut tidak bisa dihindari karena dibandingkan dengan tahun 2017, penurunan penjualan tembus hingga 72,93 persen. Intip saja jumlah distribusi yang hanya terserap 1.121 unit selama Januari – April (4 bulan)…

Padahal tahun lalu CBR250RR masih tembus 4.141 unit. So…keputusan mengerem produksi hingga 50 % menjadi jalan ideal ketika pasar tidak mampu menyerap dengan baik. Kondisi CBR250RR ini juga selaras dengan Yamaha R25. Sport fairing Yamaha ini dalam rentang 4 bulan di 2018 hanya mampu terjual 494 unit. Yang bisa tersenyum hanya Kawasaki cak….

Kendati juga mengeluh dan dibulan April 2018 mereka hanya mampu mendistribusikan 49 unit Ninja 250, akan tetapi wholesales mereka meningkat dibandingkan 2017. Jika Januari-April 2017 Ninja 250 terjual 4.159 unit maka ditahun 2018 dengan rentang waktu yang sama bisa terjual 5,814 unit. Apakah angka ini akan bertahan hingga akhir tahun? kita lihat saja…

Last…lesunya pasar seperempat liter diprediksi karena adanya pergeseran tren dari sport fairing ke maxi skuter. Namun kembali lagi jika melihat penjualan X-Max 250, seharusnya memang tidak banyak berpengaruh mengingat X-Max 250 rata-rata terjual hanya sekitar 900-1200 unit. Ini artinya pasar sport fairing 250 turun tidak sepenuhnya tergerus oleh Maxi skuter mengingat porsi yang ditunjukkan X-Max 250 juga tidak masif. So…mungkin karena ekonomi juga lesu, mungkin lho cak. Nah…kalau menurut sampeyan, piye cak…punya opini lain soal ini ? (iwb)

264 COMMENTS

    • Katanya fby kalo ada logo sayap pasti laku?? Jadi besok lagi kalo ada fby ngomong gitu berarti bodoh itu fby nya

    • …karena yg ini sayapnya masih lokal bung…beda ma sayap mbit …walu cuman regional tapi lumayun…ekkkjkjk

    • Ngalamat si Cibier 250 bakalan di suntik mati kaya si spacy,,,

      Ekekekekekekekek,,,

    • BeCAK TERBANG : Munkin klo CBR250RR ini bukan bercap SAYAP. Nasib nya akan sama dg R25, atau bisa jd lebih parah ..(munkin loh ya)

    • Atau klo CBR250RR ini dri KAUASAKI, Bisa jadi nasibnya lebih baik dr sekarang..
      Brand image kayaknya masih berpengaruh d kls ini, meski ga seberpengaruh sprti di entry level

    • Harga harga motor 250cc skrng terlalu tinggi berbanding trbalik dngn keadaan ekonimi skrg serba sulit keb pokok semua naik ada yg udah 3x naik sprti BBM kenaikn ekonimi hanya di faktor2 trttntu tdk mnyntuh rakyat banyak..intinya 250 cc sdh tdk seterjangkau dulu baik itu 150cc ganti wrna aja harga naik parah borr

    • Tinggal liat sepak terjang tvs 310. Cc lebih gede, harga lebih bersahabat. Cuman kalah logo aja

    • Breaking News
      Kengerian itu telah datang
      Cebong 106rr belum setahun penjualan sudah nyungsepp Ngerii!!
      Cebong 106rr ngak lolos ekspor Ngerii!!
      Cebong 106rr baru 209km udah bocorr Ngerii!!
      Dua bengkel resmi angkat tangan Ngerii!!
      Belum balik modal dihajar old dan new Ninja, Ngerii!!
      Belum balik modal dihajarr X max 250 Ngerii!!
      Tahun ini bakal tambah dihajarr new R25 40Hp Semakin Ngerii!!

      Ninja250 lifetime 5,5 tahun
      R25 lifetime 3,5 tahun
      Cebong106rr lifetime belum setahun penjualan nyungsepp diskon 2jt.
      Dan cuma ekspor 5 unit setahun. Ngah 3X

    • Yup,? pabrikan Honda mulai menurunkan produksi Honda CBR250RR ? dimana kapasitas terpasang sekitar 80 unit/hari? terpaksa hanya separo mulai tahun 2018 ini ?!!! Namun untuk Yamaha R25 nggak seperti itu? ada apa padahal lebih ?bengep? lhooo? ??? Pabrikan Yamaha nggak hanya bergantung dengan market domestik? namun ada juga market ekspor ?!!!

    • Yg pasti masyarakat sedang menunggu ke lahiran FORZA
      MuuuUUUuuuuuehehehe…….

    • Gerombolan dongo PD keluar artikel ginian bentar lagi MotoGP ngumpet lagi disampahan banci ….huekekekek

    • blog ini berusaha mengungkap apa adanya? dengan perbandingan antar pabrikan yang berkedudukan di Indonesia ?!!! Terlepas apakah diproduksi sendiri, diimport atau ekspor sekalipun? semuanya dicoba dihitung? lha wong semua aktivitas ekonomi tersebut tentu akan mempengaruhi financial statement para entitas pabrikan di Indonesia tersebut ?!!!

    • Yang di bahas CBR kok ke ngebit lah ke porzi lah ,,haduh terima nasib n fakta lah,,
      Fbh gak Nerima ,,ngoah ngoah ngoah

  1. ekekekek nunggu buka puasa, nahan komen dulu

    setelah buka puasa, lempar tabung gas 3kg ekekek

    • hahem cuman kuli cabang….ya gak mungkin berani….mbangkang…mandor pusat….ngah ah ah ajhjhhj

    • Walau penjualan market domestik di empat bulan pertama tahun 2018 hanya sekitar 494 unit? namun ekspor nya mencapai 5600 unit? jadi kalau ditotal kurang lebih 5 kali lipat dibandingkan Honda CBR250RR secara total ?!!! Jadi walaupun kecil secara domestik? secara total malah 5 kali lipat? pantes secara produksi anteng-anteng saza? !!! Malah sekarang lagi ngetest dan akan launching Yamaha R25 baru?. so disini kesinambungan penjualan malah terjamin ?!!! Last,? gegap gempita soal market domestik? tanpa melihat keseluruhan? ternyata malah policy produksi berbeda jauh? so comprehensive view ternyata penting juga ? betoeeel ???? ?

    • …sssttttttt pengurangan produksi itu cuma alibi,aslinya emang horaa payu….ngah ah ah ahhhhh

    • Katanya fby kalo ada logo sayap pasti laku? fby atas ane kok bilang gak laku ?? Atas ane belajar bc berarti ya?

    • Musimnya piciex sekarang brosobbb… Crossing profit bisa mensusidi. Tunggu saza gelegar piciex lokal. Sdh mulai berseliweran.

  2. 80sehari berarti 2000 sebulan. Setahun 24000. Yang laki cuman 5000.

    Jadi yang gak laku 19000 yang numpuk digudang..
    Hwaduh.. Hahha

    • Kalo mongtor ngga laku ya di eksport,kalo di eksport ngga laku juga ya suntik mati,,,ekekekekekekek

    • Kalau ekport ya motor premium dong ,,

      Masa Rombeng 25kg di-ekspor Ngah! Ngah! Ngah!

    • Ekekekekekekek,,,sekelas motor mbit di bilang premium sama ngepbeha,,,????????

  3. Kayak e karna harga motor spermpat liter makin hari makin tinggik cak. Dari dulunya 40 jt an. Smpe tembus 70 jt an cak. Emang ekonomi slama skian tahun ini naik, tp kenaikanya gak sbanding lah sama kenaikan harga motor. Jd ya skrng gak seterjangkau dulu. Trus skrng jg banyak motor2 150cc fairing udah keren2 dengan harga 30jt an. Jaman dulu msh banyak orang milih beli kawasaki karna msh 40 jt, istilahe arep ngredit isih wani. Tp karna udah 60 jt an, orang2 ekonomi menengah yg pengen sport fairing larinya ke 150cc.
    Ngono cak. Opiniku ?

    • Setuju pak, dari segi overprice.
      Motor 250cc kalo dibilang ya kagak premium juga. Cuma motor yg paling tinggi dari class entry level.

      Harga yg menyentuh 60-70jt untuk sekelas motor 250cc dirasa mubadhir buang uang segitu. Orang beli itu cuman karena hobi atau pride saja.

      Kalo mikir ke kebutuhan transportasi, uang segitu mending beliin mobil bekas atau mobil LCC udah dapet bisa buat angkut keluarga.

      Dan kalo saja penghobi memang kalangan tajir pasti beli yg motor cc lebih besar dengan look yg jelas2 mendukung pride dan gengsi pemiliknya.

    • Iki aq setuju cak, memang skrg motor 250cc mahal di jatim angkanya 70an jt mau beli mikir. Smisal masih dibawah 50jt kayak dulu mkin masih masuk akal.

    • Akhirnya komen cerdaz terjawab sudah.
      250 twin lesu karena harga tembus 60-70jt.
      Beda cerita klo harga d 50-60. Adapun tampil all out + 3 mode, tetap saja design kurang moge look, akhirnya 2 pilihan suntik mati, or nggu mati ?.
      Dan yg beli mmg kalangan mampu, untuk pride+hobi. Tapi klo mmg tajir beneran orang ambil moge yg cc nya gede skliyan, ngapain ambil 250cc, n komunitas beda juga.
      Masuk masuk ???

    • Emang kemahalan harganya motor 250cc..coba harga maksimal 50jt,mgkin org pd mikir2 beli..sekarang kluarin uang 70jt bt motor 250cc, kbanyakan orang2 indo mikirnya mending avanza,xenia,lcgc bekas.

    • Apalagi rata2 kemampuan org kita kn mnengah kebawah..kluarga muda yg beli kndaraan mikirnya ke fungsionalitas bkn hoby lg. Kalo beli motor larinya pasti ke matic, kalo ada duit lebih ya beli lcgc bekas.

  4. Layu sebelum berkembang…. Apa langsung keok sama new ninja 250?

    Belum lagi kondisi moneter yg lesu… Harga 60-70 an juta…. Jual lagi ga laku… Pinggang encok… Bubar… Bubar

  5. yang pasti ini terdistribusi yaa. bukan terjual. yang tau terjual berapa itu hanya tuhan semata
    jadi dengan angka produksi segitu ane yakin banyak juga yang numpuk di gudang sampe bedebu

  6. Berani jajagin market luar. Pengembangan pasar. Itu juga usaha yg normal. Bahkan rekomendit sekali jamanow saat ini.

    • Kalo loe bilang bosen salah besar pak, banyak rider MOCIL yg pasti pingin naik kelas.
      Cuman karena budget yg mepet akhirnya mereka terpaksa naik cb atau vixion dll.

      Kalo harga motor 250cc itu seharga 50an jt tetep pasti mereka milih 250cc.
      Daripada beli motor 150cc yg harganya naik kagak jelas tapi kualitas gitu2 aja.haha
      Paling update cuman bentuk dikit dan striping warna doank

  7. miris memang pangsa motor fairing 250cc sekarang, dan paling apes CBR ini datang belakangan disaat tren mulai berubah ke matic premium.
    kalau pabrikan lain mungkin ga terlalu rugi juga karena yg satu dengan status CKD nya dan yg satu memiliki pasar internasional yg ibarat kata sisa jualan ekspor buat pasar lokal.

  8. Kondisi sekarang banyak konsumen yg menahan beli kendaraan tidak sepenuhnya benar….
    sepinya penjualan CBR250RR sepanjang tahun 2018 krn FBH mendadak smart, coz harga 70jt dapetnya sport fairing rasa sport naked & Gimmick Riding mode ngak praktis.
    Mereka nunggu update CBR250RR 16rb rpm, Auto mapping, Real Sport Fairing.

  9. Tetap saja the real man, real rider pengen bgt nyobain moge (minimal) 250cc g peduli alasan ini itu

  10. Pangkas harga nya 50% siapa tau bisa rame lg
    Skrg serba mahal lek, listrik, air, bbm, bhn pkok naik nya ga ngomong2 lg

    • Atas ane ga ngerti bisnis. Bahkan bekerja juga ga paham esensinya. Palagi ngomong perusahaan.

  11. Saingannya LGCC kang, pemakai 250cc notabene kelas menengah yang di rentang 30an ke atas

  12. Harga motor 250 cc mendekati 70 jutaan…orang pada mikir mending nambah dikit dapat mobil meskipun seken

  13. Mungkin msh nunggu seperempat liter pabrikan “S” yg sdh teruji akan kualitas produk yg tdk bs dipungkiri serta harga yg kompetitif dr pabrikan lain yg over price dimana renderan gsx r-250 sdh tersebar .
    Yg jd pertanyaan …..kapan diluncurkan?

  14. Overpret cak harganya.. kebanyakan cari untung. Riba tuh. buktinya apache yg 310 cc plus kena pajak barang mewah aja cmn 49jt wkwkwk

  15. Padahal klo LOKAL lesu bisa di EKSPORT loh, kayak R25.. kan LUMAYAN…
    Jd CBR250RR kenapa ga di EKSPORT AJ buat nambah2…

  16. haiyyaaa motor seharga cm 70jt kok dikasih tulisan “dont touch”.

    motornya ninja h2 baru wajib ada full security waaa

  17. 30-40juta mnding bli motor 250cc second.
    50-70juta mnding bli moge second diatas 250cc.

  18. Breaking News
    Kengerian itu telah datang
    Cebong 106rr belum setahun penjualan sudah nyungsepp Ngerii!!
    Cebong 106rr ngak lolos ekspor Ngerii!!
    Cebong 106rr baru 209km udah bocorr Ngerii!!
    Dua bengkel resmi angkat tangan Ngerii!!
    Belum balik modal dihajar old dan new Ninja, Ngerii!!
    Belum balik modal dihajarr X max 250 Ngerii!!
    Tahun ini bakal tambah dihajarr new R25 40Hp Semakin Ngerii!!

    Ninja250 lifetime 5,5 tahun
    R25 lifetime 3,5 tahun
    Cebong106rr lifetime belum setahun penjualan nyungsepp diskon 2jt.
    Dan cuma ekspor 5 unit setahun. Ngah ngah Ngah

  19. Sayang banget, padahal kalo di ekspor (jadi 300-400cc) pasti laku krn orang luar pada tertarik sama si baby RR ini
    Kalo ngandelin pasar lokal doang mah gak nolong sama sekali, liat aja tuh R25/3 sama GSX R150/125 yg nasibnya bagus dipasar ekspor

    • Tenang bro. Initiasi kmren di jepang sdh fix okey. Comfirmed 1000 unit/month

    • kalau untuk R25 proyeksinya bukan untuk pasar lokal saja kang, tapi juga untuk pasar internasional secara produksinya ada di indonesia.
      karena sekarang dengan adanya new ninja di pasar internasional bikin penjualan R3 terganggu.

  20. Over price lek 250 cc tembus 70 jt tvs apache aja bisa 49 kok, spek juga ga main2 contoh suspensi usd, kalo ketemu orang gede dipabrikan sampein lek kalo harga overprice, bloger juga harus lebih kritis lagi soal harga jangan slalu bilang layak dihargai segitu

  21. Fbh bukannya kaga mau beli, tp lg nunggu facelift sama yang lama ancur dlo, maklum barang 250 lebih berkualitas, jadi lebih sulit untuk ancur. dari sekian banyak aja baru ada 1 kasus CBR250rr rusak.

  22. Mungkin orang lebih seneng beli second soalnya cuma buat nyicip doang trus jual lagi ganti yang lain. Kalo beli baru, depresiasi harganya walaupun beberapa bulan tetap aja dahsyat. Ditambah pula kalau second, unit langsung ada dan sudah ready STNK nya tinggal pakai. Coba mas Iwan lihat dari sisi ini. Ada peningkatan dari penjualan second apa nggak

  23. Ninja mklum wholesales nya tinggi di awal thun mklum produk baru…n masuk bln ini bru ketahuan..cuma pengirimnan dikit,krn stok didelaer masih bnyk n krg laku..
    Kl mau real kriman dealer ke konsumen ya tny samsat..

  24. hasil dari over price yach begini… berharap suzuki bisa mengatur strategi marketingnya…

  25. Orang awam akan bilang overprice, konsumen bosen, blablablabla….
    Tapi kalo sampeyan jeli, faktor ekonomi makro, persepsi konsumen, penurunan daya beli dan kekhawatiran ketidakmampuan memenuhi kebutuhan di masa depan menjadi hal yg paling melatarbelakangi lek….

    250cc ini motor hobby, orang beli buat seneng2 dan aktualisasi. Jarang lo orang beli motor 250cc kredit. Sekarang orang mikirnya Dari pada beli motor 250cc, orang memilih saving lek. Karena dari kebijakan2 pemerintah gak ada tanda2 keadaan akan membaik secara signifikan untuk waktu2 kedepan. Forecast saya jika kondisi ini terus berlanjut, bukan tak mungkin mrembet ke kelas 150 fairing lek.

    Dan jangan jadikan Beat sbg pembanding, beat cs itu motor pekerja, orang beli buat kepraktisan dan cari duit. Gak ada ceritanya orang beli Beat Vario buat aktualisasi diri. Salam

  26. Ekonomi lesu.. pnyebabnya adalah seseorang yg klw Mengutip Rocky Gerung..
    Anu adalah jeda antara -plo- dan -ngo-

  27. Buat harga 50 jtan, pasti laku n masih realistis.60-70 jt sudah overprice n mendekati harga mobil second yg lumayan bagus.klo cuma membidik kelas menengah atas ya siap2 jualan sedikit.semoga didengarkan.n suzuki ditunggu gsx 250 yg gk overprice…n klo perlu lucurkan suzuki van van 200.nanti gua beli dah…hehehe…

  28. Pada ngomongin export, mmg yg d export line produksinya sama ya? Brp persen common partnya? Yg pake 250 itu cmn Indonesia dan Jepang atau atau ada negara lain? R25 yg d ekspor banyak itu khan R3?

    • Mau R3 atau R25 hitungannya tetap R25 karena model , bentuk , mesin sama yang membedakan kubikasi. Karena Negara Amerika dan Eropa ngak mengenal kelas 250 cc disana perjenjangannya mulai 125cc naik ke 300cc ke atas. kalau disana perjenjangannya ada 250cc pasti yang diekspor r25.
      Kesimpulan mau r25 dan r3 disesuaikan peraturan perjenjangan atau regulasi di negara tersebut contoh seperti Turki, malaysia, Singapura yang diekspor r25. Untuk Thailand dan Australia perjenjangannya pake R3. N MAX dieropa saja 125cc dan X MAX 300 cc

    • mengubah R25 ke R3 cukup ganti block cylinder dan piston, banyak tuh paketannya. partsnya dibuat di Indonesia trus diekspor lalu diimpor lagi ke Indonesia

    • R25 dan R3 cuma beda di block cylinder dan piston. paketannya banyak tuh ckckckc

    • Cuman itu doank bedanya? Bukanya velg beda, trus ketambahan mata kucing, warna. Trus d samain ama r25? Trus forecastnya gmana? R25 yg berkurang produksinya bisa d alihkan begitu aja jadi r3? Nomor mesin gak d ganti?

    • ya karna gk laku itu boss..produksinya di rem.klo gk laku tp ngeyel tetep produksi mau buat apa tu barang.rumpon kerang di teluk jakarta??

  29. #2019GantiPresiden kang! Agar indonesia kembali sehat.. jangan cuma dikasih pencitraan2 tak ada guna..LOL

    • Presidentnya siapa di ganti? Kalo president kamu ya silakan! Tapi kalo president ku ya sabar, tunggu 2024 ya.

  30. motor 250cc skrg bukan kebanggaan lg,biasa saja….kalah sm mobil2 lcgc,apalagi buat yg sdh berumah tangga;ga efektif hehehe…jalanan makin macet…..hadeuh……

Comments are closed.