iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbroooo….hasil Le Mans mungkin memang menggembirakan buat Yamaha. Tapi disisi lain, Valentino Rossi juga masih berharap adanya gebrakan dari tim Iwata agar mereka mampu meningkatkan kemampuan motor. Sebab hasil Le Mans dimusim 2018 menjadi refleksi kesulitan pabrikan garputala menahan dominasi Honda. Rossi sendiri mengakui bahwa finish ketiga adalah hasil maksimal untuk Yamaha…tidak lebih. Berikut penuturan Rossi yang IWB terjemahkan dari GPone…

Rossi : Aku senang dengan hasil ini (podium 3), karena setelah kualifikasi aku agak pesimis. Kami bekerja keras dimalam hari, membuat dua atau tiga pilihan tepat dalam sesi pemanasan, dan aku merasa cukup baik. Namun, ketika harus mulai start row tiga, itu yang berat karena apa pun bisa terjadi. Tetapi aku berhasil menjaga kecepatan sampai akhir. Satu hal yang membuatku gembira adalah finish hanya 5 detik di belakang Marquez….

Q (pertanyaan) : Bisakah kamu finish lebih baik dari posisi 3 ?

iklan iwb

Rossi : ?Tidak, ini adalah potensi maksimal kami. Tahun lalu disirkuit ini kami mendominasi. Jika aku tidak dlosor saat last lap, akan ada tiga Yamaha di podium. Tapi musim ini finish diposisi ke-3 adalah maksimal dan aku tidak bisa melakukan apa-apa lagi…”

Q : Apakah menurutmu masalah ini akan terus berlanjut di 2018 ?

Rossi : ” Sulit untuk mengatakannya sekarang. Sebab sebenarnya kami tidak memiliki masalah khusus. Hanya lawan kita lebih cepat, itu saja…”

Q : Apakah podium ini juga merupakan sinyal untuk Iwata?

Rossi : ” Jelas ini membuat tim senang dan aku juga senang. Aku harapkan kemenangan ini juga akan menjadi penyemangat buat tim untuk meningkatkan kemampuan motor “

Q : Kenapa semua yang kamu minta belum juga datang ?

Rossi : ” Aku banyak berbicara dengan mereka (Yamaha Jepang). Mereka mendengarkanku dan mencatat semua yang aku katakan kemudian mereka melakukan apa yang ingin mereka lakukan. Aku suka bekerja dengan para insinyur Yamaha, tetapi saat ini kami perlu mengganti “persneling” dengan cepat dan biasanya mereka tidak terlalu reaktif “

Q : Selanjutnya adalah Mugello, gimana prediksimu ?

Rossi : ” Sebelum tes minggu lalu, aku merasa agak optimis. Tapi sekarang aku agak pesimis. Namun, ini adalah Grand Prix yang fantastis dan perlu mengatur untuk mengubah tekanan menjadi energi positif. ?

Q : Marquez makin menjauh dari klasemen. Menurutmu gimana soal ini ?

Rossi : ” Marc sudah mendapatkan keuntungan dengan posisinya sekarang. Tetapi hal terburuk bagi para rivalnya bukanlah kesenjangan dalam hal poin, tetapi fakta bahwa dia merupakan pebalap tercepat di segala lintasan “

Yup…itulah sesi interview Gpone dengan Rossi. Sebuah jawaban yang jujur dari seorang Valentino Rossi. Raja Mugello yang merasa pesimis dengan kemampuannya tentu tidak bagus. Satu-satunya jalan Yamaha memang harus ngepush untuk segera mengejar para rival agar self confidence pembalapnya segera recovery. Semangat Valeeeee…..(iwb)

77 COMMENTS

    • Rossidah: finish ketiga adalah hasil maksimal untuk nya. Rossidah: Markonah adalah pembalap tercepat di segala lintasan. Berarti: sing penting ora dlosor bae, Markonah bisa terus podium 1?

    • yang perlu dicatat maverick juara le mans 2017 dg waktu 43 menit 29 detik..

      marquez juara lemans 2018 41 menit 49 detik dan rossi finish 5 detik dibelakang marquez..

      artinya marquez lebih cepat 1 menit 40 detik dari maverick.. honda berkembang sangat jauh. dan rossi finish 5 detik dibelakang marquez berarti yamaha juga sangat berkembang, tapi masih kalah dari honda..

      terakhir tahu lalu bukan yamaha yg superior, tp kompetitor yg blm maksimal.
      itu saja

    • @nunu: nice comment masbro, tp kita gbs liat total time kyk gt, coba liat thn lalu bisa selisih 1 menit 40 detik krn sering fight, makanya data per lap nya pada molor2 krn kehilangan waktu dibanding pace per lap sendirian tanpa fight. Ditotal 20an lap lebih ya bisa jauhhh selisihnya. Tp memang yamaha sebenere sdh berkembang, tp kompetitor jauh lbh berkemmbang lg..

    • mbg : justru total time itu lbh merujuk ke perkembangan secara keseluruhan, baik kecepatan maupun pace.. artinya motor tidak hanya semakin cepat, tapi juga pacenya konsisten. makanya rossi bilang sdh bagus bisa finish 5 detik dibelakang marquez, artinya ada perkembangan meskipun masih kalah..

    • Secara visualisasi saja Rosikin podium sebenernya hibah mirip gaya lengkung

    • Secara visualisasi saja Rosikin podium sebenernya hibah mirip gaya lengkung

      ______________________________

      Wkwkwkwkwk…. Hassyeemmmmmmm

  1. Semenjak ditinggal Lorenzo ni Yamaha melempem/karena rival semakin kuat meninggalkan mereka

    Entah Motor/Rider masalahnya

    • Yamaha tidak bisa mengembangkan motor
      Apalagi menciptakan teknologi lengkung

    • Rossi bicara apa adanya..sulit utk menahan laju marquez mnjadi juara dunia..kunci kehebatan markes dimana dia bs nge push melebihi kemampuan motor itu sendiri..disamping kecerdasan yg dimiliki. Mentalitas adalah utama krn bicara performa motor antara satu dan yg laen 11-12

    • @surty : bos kalo pake istilah ngepush melebihi kemampuan motormah gak mungkin lah. Yg ada dlosor atau mesin meledak, atau campur dodorong! Wkwkwk yg ada marc bisa memaksimalkan potensi motor

    • Mas jokokarta@ iya betul itu bos, lihat saja M1 kalo sampe di push sama mv atau vr pasti ban belakangnya kelihatan sliding2 mau jatuh gitu, makanya mv dan vr sekarang gak mau nge push M1 kayak dulu karena kalo di push pasti jatuh itu. Aprilia juga kalo dipush sama aleix paling kalo gak jatuh ya mesinnya mledug.

  2. sepertinya ECU MM gak bgitu cocok dgn filosofi yamaha yg mengedepankan sasis sbg basis pengembangan.. lebih cocok sm tim yg mendahulukan mesin sbg basis

    • Msiji harus ganti mesin
      Pke mesin pingson+vva+5cc
      Mungkin bisa jurdun lg
      MuuuUUUuuuuuehehehe……

  3. FBR gk mau ngakuin klo MM93 pembalap tercepat disegala sirkuit…padhal junjunganya (mbah rossi) aja ngakuin MM sbg pemblap tetcepat saat ini…

    • Alien skill…

      Kalo Stoner masih ikut MotoGP, mungkin bisa lebih seru dari pagelaran MotoGP skrg.

    • Tetapi aku berhasil menjaga kecepatan sampai akhir… Plus anugrah yg terkabul dr doa Fby2 krn yg depan pada ndlozorrr tentunya ??

    • STONER kencang,,,motor marc juga kan warisan stoner.
      sayang aja pensi.kek rossi donk,g pensi”.

  4. Masalahnya sih settingan doang om. Pabrikan bisa aja punya filosofi apapun yg penting setting elektronik pas.

    V-engine Honda jg pas belum nemu settingan yg pas sama aja uring-uringan. Bahkan dulu jadi yg paling berisik sebelum mereka hire teknisi ECU MM

    • Maksute iku finish ideale Yamaha ndok no.4 ta no.6 ngunu, bro…. Dadie pas oleh podium 3 yo perlu ngadakno syukuran gede2an nanggap jaran kepang sedino bleng.

      Kaborrr… Wkwkwk…

  5. Podium ke 3 adalah keberuntungan bagi kami..karena zarco & dovi dlosor..
    Klu mereka tidak dlosor pasti saya tidak akan dapat podium..
    @tutur : rossi ????

  6. Kgk buat artikel moto3 lek..yg ada pembalap crash yg bisa jamping ky supermoto? Ngekek gua lihatnya..??

  7. Tapi jawaban nya lumayan bijak lek,mendinginkan suasana apalagi di bulan ramadhan?,tapi melihat usia rossi yang sdh tua dengan hasil dan kecepatannya dia masih bagus lek.sejarah mencatat diusianya sekarang ini banyak pembalap yang sdh gantung wearpack?

  8. mohon perhatian para fbr smart …
    makin rajinlah berdoa selalu agar di setiap balapan banyak pembalap di depan jagoan anda terjatuh. karena cuma tinggal itu kemampuan jagoan anda. di jerez lumayan bisa fisih ke 5 yang seharusnya ke 10. di prancis bisa p3 yang seharusnya ke 5.
    coz doa anda sedang dikabulkan.
    walau gelar jurdun 10 tinggall mimpi tapi paling enggak bisa meraih satu gelar baru yang belum pernah di dapat pembalap manapun , yaitu “gelar juara hasil hibah”

  9. semoga nyu pck lan nyu pario laris amin.doaken saya mau sebar brosur dipasar pondok labu

    • Jaman nou jaman nya beat dan scoopy mas. Yg lain nya juga laku tapi ngga seperti beat scoopy. Ciaooo

  10. ketika motor hasil pengembangan kakek legend gagal, maka perlu dicarikan kambing hitam untuk menutupi aibnya, yaitu ECU. semakin lama kakek legend bercokol di yamaha maka bakal puasa gelar..

    • belajar dulu sejarah Yamaha Factory Racing sebelum ngomong, ok tong????

      ngomong kok asal nyeplos, ngomong tuh sesuai fakta aja

    • Profit@ yang namanya pabrikan bagus itu yang bisa beradaptasi dengan semua aturan bro, bukan hanya aturan yang dibuat sendiri, dan diakui maupun tidak diakui YFR sekarang untuk itu memang tertinggal dari HRC dan ducati corse.

    • Ibarat kata insinyur yamaha dikasih tantangan baru bingung, tapi insinyur honda dikasih tantangan baru di sikat habis. Terbukti semenjak diberlakukan peraturan baru ecu MM. Ditahun 2016 & 2017 kalo m1 lebih bagus dari rcv harusnya marc bisa disikat dengan mudah kayak tahun 2015 sampe marc posisi akhir klasemen cuma bercokol di posisi 3.

  11. Rossi : ? Marc sudah mendapatkan keuntungan dengan posisinya sekarang. Tetapi hal terburuk bagi para rivalnya bukanlah kesenjangan dalam hal poin, tetapi fakta bahwa dia merupakan pebalap tercepat di segala lintasan ?

    Pak rossi aja ngakuin kalo marc pebalap tercepat disegala lintasan. Kenapa gk gelem salaman dan maaf2an lagi? Emane reekkk

  12. Sama dengan Rossi yg awal musim ini struggle, Marques juga begitu di tahun 2016 dan 2017. Tapi apa yg dilakukan 2 pembalap tersebut beda banget, Rossi terlalu banyak mengumbar di media bahwa motornya buruk dan timnya belum bisa mengatasi persoalan tersebut, seolah2 kesalahan ada di timnya dan Rossi ada diluar dari semuanya. Beda dengan marques yg ga terlalu mengumbar di media, dia sangat percaya pada teamnya, yg dilakukan Marques berjuang keras untuk mendapatkan poin dan percaya bahwa teamnya mampu bekerja keras untuk memperbaiki motornya. Dan hasilnya bisa diliat di akhir musim 2016 dan 2017

  13. Kata teman saya fbr diehard: kalah menang tetap dukung rossy….sambil berlinang airmata tentunya…

  14. mantap. .itulah rider sjati. apa yg diomongin apa adanya. .bukan ada apany. hmm. .sadiszz. ..gooo. !! vr46

Comments are closed.