iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbrooooo….akhirnya makin terbuka sudah perihal status dari TVS Apache 310RR. Kendati belum diumumkan resmi, namun berkat jalan pintas aka Short cut, IWB mendapatkan bocoran berguna akan status sang sport fairing TVS. Salah satunya adalah kepastian bahwa TVS Motorcycle Indonesia (TMCI) akan membuka inden sempalan dari sport BMW G310R tersebut. Wihhhh juozzz gandozzz. Btw…emang kapan ???

Seperti yang kita tahu, TVS menggebrak pasar dengan merilis new Apache 310RR dibulan Desember 2017. Motorsport fairing pertama TVS ini adalah hasil kolaborasi dengan BMW Motorrad. Motor yang dikembangkan bersama dengan BMW Jerman dan menggunakan banyak komponen yang bisa dibilang identik dengan BMW G310R ini ternyata memiliki desain cukup keren…

Dikembangkan selama 2 Tahun lebih bersama BMW Jerman. Berawal dari konsep bernama Akula yang juga dipamerkan oleh TVS motor Indonesia beberapa tahun lalu. TVS Apache RR 310 menggunakan basis mesin dari BMW G310R. Tidak heran banyak komponen dari BMW G310R nongkrong pada Apache RR 310. Konon kedua produk memang dirakit di pabrik yang sama yakni TVS motor company di Hosur India….

iklan iwb
iklan iwb

Kalau sampeyan perhatikan beberapa komponen yang terlihat cukup mencolok identik adalah pada bagian knalpot. Persamaan lain ada pada komponen suspensi Upside Down yang disandang termasuk pelk atau cast wheel. Bahkan konon kabarnya swing arm suspensi monoshock juga menggunakan komponen yang sama dengan BMW G310R yang disuplai oleh Kayaba. Jadi benar-benar identik kangbro. Mesin pun juga memiliki kubikasi sama yakni 312 cc…

Mesin DOHC 312cc nya mampu memuntahkan tenaga hingga 33,5 [email protected] dan torsi 27,[email protected] Yahhh…. memang tidak terlalu istimewa karena masih satu silinder. Namun dari beberapa review mesin yang disandang cukup responsif dan tidak mengecewakan. Sementara itu untuk frame menganut teralis….

Detail lain juga cukup menarik, TVS Apache RR 310 menggunakan speedometer full digital dengan bentuk vertikal. Mungkin agak aneh tapi kalau dilihat secara seksama kesannya jadi keren. Uniknya tendangan RPM-nya cak. Bukan dari kiri ke kanan seperti umumnya motor di pasaran. Akan tetapi TVS Apache RR 310 ini memiliki sinyal bar RPM dari bawah ke ata. Di India, Apache 310RR dijual diangka 2.05 lakh atau berkisar 43 jutaan. Piye dengan Indonesia ?

Nahhh…seperti yang sudah pernah IWB share kemarin, TMCI dipastikan sudah membawa Apache 310R dan beberapa produk lain dari India ke Indonesia. Namun saat ini mereka memang akan menjual dalam bentuk CBU. Terus kapan mulai dijual dan berapa harganya? Ketimbang banyak berspekulasi IWB langsung kontak kesalah satu kenalan IWB ditubuh TVS Indonesia. Jawabannya adalah…

” Insyaallah dikenalkan sekalian open inden CBU di Jakarta fair. Untuk harga belum bisa info (masih digodok)…” seru cak Rio Aditya Putra, Deputy Manager Corporate Communication TVS Motor Indonesia. Nahhh…wisss gamblang kie pakdeee. Fix open inden pas Pekan Raya Jakarta. Jadi kalau sampeyan mungkin penasaran dengan sosok TVS Apache 310RR bisa langsung ke PRJ dan inden…

Tapi ingat cak, nongolnya sport fairing ini tidak akan hadir diminggu awal PRJ. Jadi IWB sarankan pas minggu kedua wae. Piro harganya ? biarlah waktu yang akan menjawab sebab pajaknya ki lho yang bikin IWB rasa mules. Lawong masuk moge rekkkkkk. Semoga TMCI bisa meracik banderol dengan cantik, iyo ora. Apache 310RR? asli penasaran bentuk aslinya. Tunggu report IWB…okrekkk (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

61 COMMENTS

    • Katanya dulu BAJAJ pulsar juga mesinnya indentika sama KTM,terus MINERVA punya mesin buatan SACHS,nah katanya lagi TVS punya mesin identik sama BMW. tapi kenapa kualitas ketiga produk itu secara keseluruhan ga ada yg bagus juga,material kurang bagus,rakitan kurang rapih,cuma bajaj yg punya finishing cat yg lumayan bagus. mungkin nama eropa cuma gimmick supaya produknya terdengar bagus aja. maaf ini bukan bc cuma fakta aja,soalnya temen saya dulu pernah punya dealer pulsar dan pernah ngebandingin langsung pulsar 220 vs ktm duke 220,sejujurnya dari tampilan sampai performa jauh beda.

    • @Kyoshiro Mibu
      kalau menurut ane malah kualitas finishing dan bahannya masih bagusan tvs daripada bajaj.. kebetulan dulu ane pernah iseng bongkar mesin apache 160 sama pulsar 180..

      kalau minerva mah apanya yg sachs? tulisannya doank.. aslinya mah Bennche klo taw mah… LoL….

  1. 310 cc tp kalo di liat review dr beberapa media india perasaan motor seperti dikebiri ya lek? Untuk power ukuran 310 cc kurang joss menurut ogut

  2. haiyyaaa klo hrg dibawah ninfi apalagi cbr250rr mgkn ni plowduk indihe laku waaa.
    tp klo hrg sampe 50jt keatas suruh buang kelaut z waaa
    cece gede kok msh jomblo emang traktor sawah ?

  3. Secara spec:
    TVS Apache RR 310 DOHC RRA / BMW G310R
    bore 80mm x stroke 62,1mm=1,288
    Dominar 400 SOHC 4Valve/ KTM Duke 390/KTM RC390 versi race
    bore 89mm x stroke 60mm=1,483
    Ninja 300cc, bore 62mm x stroke 49mm= 1,265
    Artinya secara spec ketiganya sepadan, performa tergantung pakem tuning pabrikan masing2x.

  4. Asli Design keren mantab…
    Klo saja ini Merek Jepun atau Eropa dan harga kompetitif dengan kantong masyarakat disini yakin Motor ini bisa saja Termoncer.
    Design luar biasa keren…ora ngapusi…
    Klo montor yang punya merek, lalu minimal 2 silinder wah joss tenan.

  5. Coba Design GSX-R250 kayak begini mah ga pake ba bi bu montor langsung bisa moncer…design keren abis.
    Cuma ya Indihe, One Cilinder and Power biasa-biasa bangets.

  6. Lek, yen hadiah pulsa komen terbaik diganti motor iki piye, ben lehku ngomen iso makin bermutu. Plis leeeek

  7. Di rangkanya tertulis RACESPEC

    Beneran tuh spec utk race???

    CC 310, single silinder, tenaga cuma 34 HP

  8. Buritan mirip cbr 250RR.
    Keren sich…tp yg bikin geli ma ni motor tuh tulisan APACHE…ky rokok adja…?????

  9. tulisan apache nya tinggal kasih stiker sewarna, sebelah RR nya dikasih stiker timbul BMW. cocok sudah. 😀

  10. Kayaknya si RR ini bikinan rumah desain fininfarina, ada cap itali di winshield nya. Desainnya mengalir banget kayak MVA, secakepnya cbr RR masih ada cela tampang depan yang aneh, apalagi new ninFI uh… Jauh..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here