iklan iwb

Iwanbanaran.com – Marhaban ya Ramadhan kangbro bubro, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan…..dan IWB minta maaf jika ada salah kata, kalimat dan apapun selama membuat artikel. Wisss pokoke sekarang bulan suci mari kita sama-sama ngerem perbuatan yang mencetak dosa….dari sini kudu setuju cak. Sekarang soal artikel…..sesuai permintaan sampeyan, setelah mendapatkan sumber sahih, IWB membuat artikel perihal isu suspensi bengkok serta sasis miring Honda PCX 150 yang ramai? diviralkan via sosial media. Kebetulan IWB menghadiri coaching clinick bedah teknologi Honda new PCX 150. Bertemu dengan ahlinya….Honda akhirnya beberkan fakta soal soal isu tersebut. Dan inilah kondisi sebenarnya menurut Honda….

Buanyakkk cak oleh-oleh yang IWB dapatkan dari bedah teknologi Honda new PCX 150. Maxi skuter Honda yang memang menjadi pusat perhatian berkat teknologi yang diusung, kecanggihannya sekaligus kontroversi yang mengiringi disosial media. Lha piye cak…setelah nongol perkara suspensi, lalu ada lagi sebuah bengkel ngukur sasis menggunakan water pass dan ngeklaim frame PCX miring alias cacat. Herannya semua yang disodorkan tidak menimpa IWB yang kebetulan memiliki plus teman-teman kenalan yang juga punya new PCX150. Makanya IWB cuek…tapi piye dengan reader serta teman-teman yang begitu bingung dan bimbang atas viralnya info?

Itulah kenapa IWB langsung tanyakan perihal ini ke PT AHM yang kebetulan menggelar bedah teknologi PCX 150 di AHTC (Astra Honda Training Center) Jakarta. Dihadiri oleh para ahlinya (Divisi Techical PT AHM) seperti pak Endro Sutarto, pak Win (waah nama lengkapnya lupa saya cak) plus perwakilan orang pabrik yang juga ikut membeberkan fakta tentang isu yang sedang viral tersebut, maka inilah jawaban Honda perihal tudingan suspensi dan frame bengkok Honda new PCX 150..

iklan iwb

Suspensi

Honda ternyata sudah mengetahui perihal suspensi. Dari isu tersebut mereka langsung melakukan pengecekan menyeluruh terhadap part suspensi Honda new PCX150. Hasilnya ? ” Tidak ada kesalahan produksi dan komponen berjalan normal. Itu hanya visual dari bentuk spring. Kita sudah cek dan tidak benar suspensi bengkok. Semua kinerja suspensi tetap normal. Inner atau tabung dalam lurus tidak ada kebocoran, jadi hanya peer luar..” seru pak Endro. Menurut pak Endro, hal ini tidak bisa dihindari karena peer luar Honda PCX 150 memang memiliki 3 rate yang justru merupakan pengembangan dari versi PCX 150 yang hanya memiliki 2 rate. Maksude?

Honda PCX 150 terbaru memiliki spring rate tertinggi yakni 3 rate yang diseting untuk menyerap hentakan dalam berbagai kondisi. Mulai dari untuk sendirian, boncengan serta beban lebih dari dua orang (belanjaan) plus jalan rusak. Jadi jangan heran PCX 150 malah makin nyaman digunakan untuk boncengan sebab masuk teritori tersebut akan dihandle dengan 2nd rate dan 3th rate ketika menghajar jalanan buruk. Bahkan 3 rate ini tidak dimiliki PCX 150 versi CBU Thailand sekalipun. Nah…untuk membuatnya memikiki?kemampuan 3 rate, vendor yang dihandle Showa memang kudu membuat peer atau spring dengan 3 karakter ulir berbeda dalam satu selongsong suspensi. Yakni….

Spring dengan profile sangat rapat dibagian paling atas (rongganya), ditengah medium dan paling bawah rada renggang. Dengan 3 rate serta stroke spring yang lebih panjang 20mm??tentu saja akan membuat spring terlihat nggak selalu lurus.?Masalahnya banyak yang nggak paham dengan ini dan mengganggap bengkok, padahal tidak. Peer pasti akan terjadi pergeserekan dan membuat bentuk visual seolah-olah tidak lurus. Tapi itu normal dan bukan cacat. ” Justru PCX ini special, bahkan suspensi model 3 rate ini tidak dimiliki produk lain, pada Vario sekalipun…” tutur mz Win yang menegaskan PCX masuk kategori Premium Honda. Ealahhh ngono to…

IWB pun memberikan saran, mungkin Honda bisa request ke pihak Vendor untuk meracik suspensi 3rate tanpa membuat visual spring seolah-olah melengkung atau mleyot agar tidak dijadikan celah BC atau membuat ragu biker yang ingin membeli PCX. Saran IWB pun dijawab oleh pak Nyoman Kesawa (HC3 AHM). ” Pastinya apapun itu, jika memang diperlukan pabrikan akan melakukan improvisasi. Itu jika dianggap perlu. Dan itu sudah lazim. Namun yang pasti, suspensi PCX tidak ada masalah dan tidak usah kuatir...” tutur pak Nyoman. Oke…perkara suspensi clear, piye dengan sasis ?

Sasis miring

Seperti yang kita tahu, ada sebuah bengkel aksesories melakukan pengukuran sasis PCXnya yang dianggap bengkok. Nah….untuk masalah ini IWB dan teman-teman Blogger langsung dijawab oleh kepala teknisi pabrik PT AHM kang Hendrix yang ternyata juga sudah menonton video. Sambil tersenyum, jawaban kang Hendrix sangat tegas…”?Tidak seperti itu pak cara ngukur frame. Yang pasti cara pengukurannya salah karena untuk mengukur sasis atau frame itu berdasarkan referensi. Kita harus tahu zero-zero-zeronya dimana (nol-nol). Misalnya kalau kita ingin mengukur 5cm….nahh 5cm nya itu dari mana….

” Sebagai informasi frame body memiliki banyak titik. Oleh karena itu mengukur frame harus tahu titik nolnya berada dimana…jadi nggak simpel dengan alat ukur seadanya. Jadi ada titik referensi X-Y-Z….vertikal dan horizontal. Dan titik frame umumnya ada dicenter (menunjuk area bawah yang menggendong mesin)…dan inipun titik maya. Titik maya ini harus diukur menggunakan alat yang bisa mengindetifikasi itu. Apalagi alat ukur waterpass hasil juga bisa meleset akibat kemiringan. Misalnya main stand (standart tengah). Main stand sendiri punya clearance yang tidak diperhitungkan pengukur. Jadi tidak bisa jadi referensi….” seru kang Hendrix…

Untuk mengukur frame harus memiliki alat yang bisa mengukur X-Y-Z. Dalam meracik frame, kita membuat dalam bentuk kecil dulu. Tiap frame ini ada quality check yang akan memastikan tiap sudut presisi. Sebab jika ada clearance atau perbedaan sedikit saja maka pengaruhnya besar. Seperti kerenggangan body ataupun casing. Jikapun robot salah melakukan pengelasan (frame Honda welding menggunakan robot), maka akan langsung kita ketahui dari Quality checking. Dari sini frame akan langsung kita scrap atau hancurkan. Sedang robot ada yang namanya kalibrasi rutin sehingga selalu presisi…

” Frame juga kita cek dimensi-dimensinya biasa kita sebut jig inspection. Dari sana sebelum diturunkan untuk dipasangkan body….kita ukur dan cek lagi. Jadi khusus rangka Honda melakukan beberapa kali pengukuran untuk memastikan semua sesuai dengan master frame. Jadi kalau masalah kepresisian frame, kita jamin pak !!….” seru kang Hendrix. Menurut pria ramah ini, Honda juga menggunakan alat canggih 3D Gom scanning pada frame. Jadi pengukuran ini sudah komputerized yang bisa mendeteksi perbedaan 1mm sekalipun.? “?Bisa mz lihat di Youtube apa itu Gom atau kunjungi websitenya di www.gom.com. Alat ini kita gunakan untuk scanning frame yang langsung terekam secara digital 3D kedalam komputer. Sasis meleset 1milimeter saja terdeteksi dan akan ditunjukkan angka +-1. Itu alat dari Jerman dan tidak semua perusahaan memilikinya. Kami (Honda) menggunakan itu..” tuturnya…

Last…dari segala penuturan diatas, bisa dipastikan tidak ada masalah apapun pada Honda PCX 150. Bedah tuntas yang membuat kita melek bahwa ternyata proses yang dilalui sebuah produk sebelum dirilis kepasar cukup jlimet. Btw…versi lengkap presentasi akan IWB telurkan dalam video biar sampeyan bisa melihat sendiri penuturan Honda terhadap isu PCX150. Enake ngono cak….ketimbang driji IWB kriting. So….isu suspensi bengkok dan sasis miring PCX150 ??Honda sudah beberkan faktanya. Sampeyan sik ngeyel atau percaya, IWB serahkan kesampeyan untuk menentukan pilihan serta menarik kesimpulan. Salam juozzz gandozzzzz ! (iwb)

256 COMMENTS

  1. kalo melihat kolom komentar, maka sudah sangat jelas, pihak yang paling dirugikan atas kasus shock pcx bengkok adalah “fby duh”, maka dari itu, daripada komen gak jelas di sini, yang sudah barang tentu tidak ada solusi, maka disarankan “fby duh” melakukan gugatan hukum dengan bantuan y*ki, agar diperoleh solusi yang memuaskan. terima kasih.

  2. Harusnya yang merasa pcx shock nya bengkok komplain lah jangan dibelain. Gw yakin kalo banyak yang komplain pasti ahm mau recall. Disini dikasih statement shock bengkok itu wajar pada nurut” aja. Jadi konsumen yang pinter. Jangan mau diboongin pabrikan otomotif.

  3. Saya barusan ke ahass untuk cek komplen saya dimana cover tube shock sebelah kiri sudah menipis sebagian akibat gesekan dg outer spring. Kata bengkel memang ditemukan penipisan, tp katanya masih dinyatakan normal. Dr bengkel malah suruh baca ini yg kira2 mendukung AHM. Mohon maaf pak bengkel, saya tahu kalian hanya sekedar menjalankan tugas.
    Kayaknya cover tube shockbreaker itu nantinya bisa jadi consumable bukan lg sparepart. Baru sekitar 1200km saja penipisannya sudah parah apalagi kalau sudah 15000km?

    • outer tube bergesekan dengan spring masih normal mas. motor merk lain belum dipake aja outer tubenya sudah tipis outer 😀

      jgn protes!!!!

  4. Intinya shock dengan visual bengkok itu hanya ada di pcx…dan itu salah satu kelebihan dari shock pcx ini….sudah dijelaskan diatas

    Jadi mulai sekarang para sales kalau lgi ngadepin konsumen jangan cuma bilang pcx ini canggih…speedometer keren…tapi juga bilang salah satu kelebihan yg nggak dimiliki motor lain adalah shock belakangnya yg kelihatan BENGKOKKK. Yakinlah calon konsumen akan manggut2 dan MIKIR KERASSS bahwa jaman sekarang ada juga model shock bengkok

  5. Buat para OWNER pcx lokal, siapkan jawaban juga ya…kalau lagi nongkrong trus ada yg tanya motornya keren, tapi itu kok shocknya kayak bengkok….siap2 kalian jawab…iya itu VISUAL saja…itulah kelebihan dari pcx ini yg tidak dimiliki motor lain.

    Itu yg saya tangkap dri artikel ini. Iya kan mas iwb.

  6. Cak cak sampeyan di kadalin…
    AHM emang jago ngeles mosok ono rate 3, konco2 kuliah akeh neng kono.
    Termasuk alat 3D scan wis uakeh nengdi2.

  7. gapapa penting masih laku dan ms full
    yg penting selama konsumen masih banyak yg DUNGU pasti MS tinggi

  8. 1. Klo mmg peernya letoy kok cuma sebelah.
    2. Ada baiknya d crosscheck k yg punya bengkel modif dan yg merasa ngalamin. Klo mmg kesalahan produk y monggo d cek lg semuanya skalian penggantian partnya.
    3. Saya akuin untuk shock pcx (thai) mmg nyaman buat jalan santai maupun jauh. Cm y mmg agak pendek jd gampang gesek d polisi tidur (ground clearence).
    4. Saya awam jd masalah akurat/presisinya saya ga ngerti. Dan saya ga punya / lom punya pcx lokal jd y cuma ambil netralnya.

  9. Honda pandai berkilah, bahasanya juga yang org awam gak ngerti alias yg cm busa mangguk2. Jelas Honda akan bela mati2an lah orang ni produk jelas2 dibikin untuk gebukin si nmax, masa Honda mw mengiyakan kalo produknya cacat.wkwk
    Sudahlah, jika memang bukan cacat anggap saja itu kekurangan PCX, motor yg katanya premium tp malu2in di lampu merah krn shock mleyot. Terima aja wahai para pembeli PCX generasi pertama, krn gak akan mungkin Honda melakukan Recall untuk sasis.hihi

    • ekekekek

      Ngeles (1) Ngeles (2) Ngeles (3)

      Recall di Global malah diapresiasi …

      pantezz produk AHeMm ditolak global…

      hayaayyaya

  10. Susah kalo mengakuin dengan fakta yang ada…apalagi sekelas AHM

    Saya yakin mereka akan melakukan silent recall berjamaah,karna tidak mengakui produk PCX ini kurang sempurna,terutama shockbeker dan berkaitan dengan sasis tentunya..

    Pembuktian atau alibi dengan presentasi yang mereka jelaskan,tidak menjawab problem fakta yang ada..

    MANA ada produk jadi,per bisa miring…untung ni motor produk lokal,yang konsumen nya kebanyakan buta merk..

    KALO produk CBU,udah pasti recall secara jantan..

  11. Bener kang iwan..kl bisa vendor suruh buat shock yg lebih ok dilihat,tnpa merusak sisi fungsional…
    Ibarat makanan enak di lihat n enak jg di rasa harusnya..

  12. coba hbs d ukur pake waterpas d cros lg pake selang tukang, takutnya lantai ndk rata pas ngukur kang

  13. ekekekek

    wlahhhh

    gak suspensi gak frame sampai Daleman sampai semrawuttt…

    makanan empuk Churuttzzz …

    hayayayayay

  14. Honda pandai berkilah, bahasanya juga yang org awam gak ngerti alias yg cm busa mangguk2. Jelas Honda akan bela mati2an lah orang ni produk jelas2 dibikin untuk gebukin si nmax, masa Honda mw mengiyakan kalo produknya cacat.wkwk
    Sudahlah, jika memang bukan cacat anggap saja itu kekurangan PCX, motor yg katanya premium tp malu2in di lampu merah krn shock mleyot. Terima aja wahai para pembeli PCX generasi pertama, krn gak akan mungkin Honda melakukan Recall untuk sasis.
    Jos gandop kotos kotos nganti mbledos koyo teroris

    • wih Indonesia Malu Ya bro
      Semangat Bro
      Cair kok Thr Taun ini…..

  15. Kalau tidak berani recall suspensi, 3S honda sangat sangaat sangaaaatt dipertanyakan!!!

    • velg vario 125 temen ane oblag bagian tengahnya aja (km masih 5000, pakai rumah-pasar kopro) ditolak klaimnya.. akhirny beli baru karena butuh cepet.. lucunya waktu dipasang velg vario 125 gen awal, langsung presisi mantap.. yang lebih lucu, nih velg yg oblag merk enkei…

  16. TELAT RESPONNYA KANG ANE DAH MINANG MERK SEBELAH!!!!!!!!
    BAGAIMANAPUN KALAU PER NYA MELENGKUNG MESKI ITU SECARA VISUAL, TETAP AJA KALAU DILIHAT NGGAK ENAK KANG!!!
    VENDOR HARUS CARI SOLUSI GIMANA CARANYA AGAR PER NEW PCX SECARA VISUAL GAK MELENGKUNG KANG!!!!!

  17. Ane udah pilih NMAX kang…
    Telat infonya ntah betul tidak ini bengkok cuma visual. Tp serem juga dibuat turing PCX tau2 malah patah kan seram

    Ane udah minang merk sebelah Ymh.
    So far oke bagus.

  18. emang sih bengkok (punya teman sy) … tp ktika sy di boncengin enak-enak aja … yg punya jg ga masalah … kalo patah dan ga berfungsi baru deh tu boleh rame ..

  19. Ekekekekek
    Yng suka nyinyirin PCX, BC sana sini itu cuma orang” yng g mampu beli motor diatas 25 jt + FB sebelah. Tau ndiri kan penjualan PCX lumayan tiap bulan nya.
    Mereka ketar ketir cuyy, kan produk yng diandelin g mau diobrak abrik pasarnya sama PCX.

    Ekekekekke cruuoott , segeralah insyaf wahai tukan BC

    • haha ga mau beli kok di samain dg ga mampu beli.duit2 ente,harusnya ente dong yg jadi bosnya pengen beli apa,pengen produk yg bagaimana.masak pasrah aja sih jadi kacung??

  20. itulah istimiwirnya tehnologi pcx lokal yg ga ada di produk lain,bahkan pcx edisi selanjutnya sekalipun bakalan ga ada lagi tehnologi istimewa ini.jadi beruntunglah kalian yg mendapatkan pcx dg per yg “kelihatan” bengkok..selamat menikmati.sekian

  21. tinggal milih aja repot..

    shock PCX = dirasa enak, diliat ga enak
    shock Nmax = diliat enak, dirasa ga enak

    pilih mana..?

  22. Yaaaah begini aja udah ribut, nooh Skywave aing udah 10 tahun masih bagus laher? shockbreaker dan mesin, padahal mesin mau direstorasi full, eh kata mekanik masih bagus? pa ga perlu, lumayan 125 ngacir 110 km/h…

    • Gak usah dibandingkan lagi memang kualitas matic Suzuki Jauh Lebih Bagus dr Matic AHM.

  23. Yang saya mau tanyakan KENAPA MOTOR BARU.. DAN BARU BERAPA Km… PER SHOCK BISA BENGKOK….??????
    APAKAH MAU ALASAN VISUAL LG… APAKAH MAU ALASAN TETAP BERFUNGSI DENGAN BAIK… COBA BERIKAN JAWABAN BUAT SAYA SEBAGAI KONSUMEN PCX… TRIMS WASSALAM

  24. Dari awal memang sangat minim bila menafsirkan rangka gak sama alias ga center, sebab alat yang buat ngukur juga ckckckckc
    Dibanding sama komputer yang akurasinya lebih dari 95%
    Gak heran juga AHM ogah recall, sebab ini kesalahan vendor, jadi memang harusnya dari vendor yang setuju ngajuin recall
    Tapi untuk brand sekelas showa sampe bisa bikin produk yang cacat secara visual,? Sangat disayangkan
    Jadi inget artikel siapa ya yang ahli suspensi bilang cuman cacat visual selebihnya berjalan dg baik, berarti itu orang memang pandai pada bidangnya
    Opa sudah ada PCX yang diganti suspensinya?? Apa masih mletoy?
    Mungkin mesinnya yang masih mletoy
    Ckckck

  25. Kalau masalah gredek di cvt nya gmana tuh? Sama getaran distang saat stop and go.. soalnya ganggu bgt itu.. jd bikin ga nyaman.

  26. Di kantor saya ada bbrp yg punya pcx 2018 lokal, ada 3 yg saya cek, 2 sdh pasti meleyot, saya foto, yg satu blm kelihatan (baru sedikit sekali meleyotnya) krn pemakaianx cuma dr kos ke ktr dan kampus, jaraknya deket2. Dah gitu aja

  27. “Tiap frame ini ada quality check yang akan memastikan tiap sudut presisi

    Jikapun robot salah melakukan pengelasan (frame Honda welding menggunakan robot), maka akan langsung kita ketahui dari Quality checking. Dari sini frame akan langsung kita scrap atau hancurkan. Sedang robot ada yang namanya kalibrasi rutin sehingga selalu presisi?”

    quality check? sasis megapro miring dari dealer dibiarkan sampai berapa tahun ya? trus waktu ane tnya ma orang pusat, jawabannya miring karena diikat pakai tali saat pengiriman? hello?

    langsung di scrap? setelah berapa tahun?

    trus ngeles pakai alasan karena pakai spring jenis 3rate? sorry ya, per dengan 3-rate sudah lama ada di pasaran, di motor2 merk india juga dah pakai dan ga ada tuh melengkung saat ditekan.. kalau mau ngeles itu yang lebih smart aja knapa ya?

    memang bener kalau mau cek chassis harus taw 0,0,0 nya dimana.. nah AHM bisa keluarin ga datanya yang ada di komputer, sama tang hasil pengukuran riil di motor produksi? diukur bareng2, ajak tuh media..

  28. Intinya ketika beli baru bengkok ngga dan setelah di pake beberapa km ada perubahan ngga ?? Klo saya lihat di beberapa PCX dengan pemakean awal aja per sudah bengkok apalagi di pake 2-3 tahun. Honda mah bilang enak aja ngga papa tp kan konsumen lihat yg punya motor baru shock udah bengkok ngga enak di lihat.
    Saya yakin klo pabrikan yg lain ada kasus seperti ini langsung recall ini mah buset dah.

  29. Nemen tenan yo…
    Peer ngegeser jadi keliatan visual gak center masih aja dibelain sebagai fitur spesial, ngoahahahaaaaa….

    Mbok cari alesan yang secara visual dan verbal pinteran dikit tow AHM, ngoahahahaaa… ???

  30. Cacad produksi itu hal yang biasa dalam pembuatan suatu barang (semua pabrikan sering mengalami hal seperti ini), yang jadi permasalahan mau ditemuin seberapa banyak masalahpun tetep AHM kaga bakalan mau Recall, harap dimaklum AHM cuma ambil untung dikit dari sekian banyak perakitan sepeda motor, kalo sampe recall bisa bangkrut itu perusahaan. tolong dimengerti kenapa sampe detik ini AHM tidak pernah melakukan recall diindonesia.
    ibarat pepatah, yang rusak 5 dari 100.000 unit anggap aja yang nerima 5 orang itu lagi apes.

  31. Memang faktanya miring mau pake alasan apa jg miring,bilang aja gagal bikin shockbreaker

  32. Saya tidak punya PCX lokal ini, tapi kalau seandainya memang seperti itu masalahnya, saya rasa cukup ganti shockbreaker bawaan dengan aftermarket, macam KYB mantap. Boleh kalau mau dibilang promosi, sudah coba buat Supra X dan BeAT soalnya.

  33. kalo rangka honda aku rasakan iya, nurut pengalamanku motor honda yg udah 3-5 taunan lebih pasti di pake udah gak enak, lari sana sini… apa lagi buat nikung dngan kecepatan tinggi bisa bahaya. aku rasa ada yg salah dengan rangkanya. yg aku rasakan di motor supra, blade dan vario. beda ama yamaha vega 2006 ku…masih lempeng dan berani buat nikung kenceng dan miring

  34. ngeles aje, tiap produk ada cacatnya dah bawaan orok, subframe gl ane miring? melegenda lho?

  35. Brarti AHM lebih hebat dari honda thailand dan jepang bisa buat teknologi 3 tingkat pegasnya. Mantap!!! Dan ada teknologi kelenturan seperti manusia lentur di fantastic 4 juga, mantaaapp.. bisa bengkok2 gitu pegasnya, hitech banget.

  36. Thanks kang IWB,

    Kebetulan saya yg tag sampean di konsumsi BBM PCX saya di IG,

    Memang secara visual spring PCX saya terlihat bengkok, tapi silindernya lurus,

    Nah saya sempat khawatir apakah benar bengkok atau tidak begitu melihat di youtube tentang shockbreaker PCX bengkok.

    Tapi masa iya pengukuran titik sasis sampai seteledor itu dan pengukuran pembanding memakai alat seadanya.

    Memang memakai waterpass adalah alat ukur air, dimana permukaan fluida adalah selalu datar karena gravitasi bumi. Ya kita sendiri pengukuran lantai apakah sedetail itu sudah flat 180 derajat, kn tidak. Lalu lantai yg tidak rata dipakai untuk mengukur kepresisian 180 derajat.

  37. Ga harus punya PCX untuk komen kasus PCX. komen kritis itu didasari oleh konsumen yg peduli. Pemikiran bahwa konsumen harus dinomorsatukan itu penting. kalau kasus tidak dibenahi artinya konsumen yang terus dirugikan dan kita seolah membiarkan.. apapun pabrikannya klo ada indikasi membiarkan konsumen dirugikan ya harus disentil.. konsumen adalah raja. titik.

  38. percumah sih kalau komentar di kolomnya kang iwan, ada yang emang beneran subjektif, ada yang emang sengaja menggiring opini. ketawa2 aja klo liat komen2nya, yang sabar ya kang! salam jos gandos!

  39. DULU mio vs beat…awalnya mio jawara,sekarang..? Jawab tuh yg lantang para pembela yamaha..SEKARANG nmax vs pcx…kita lihat saja kedepannya gmn..salam satu aspal…

Comments are closed.