iklan iwb

Iwanbanaran.com – Marhaban ya Ramadhan kangbro bubro, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan…..dan IWB minta maaf jika ada salah kata, kalimat dan apapun selama membuat artikel. Wisss pokoke sekarang bulan suci mari kita sama-sama ngerem perbuatan yang mencetak dosa….dari sini kudu setuju cak. Sekarang soal artikel…..sesuai permintaan sampeyan, setelah mendapatkan sumber sahih, IWB membuat artikel perihal isu suspensi bengkok serta sasis miring Honda PCX 150 yang ramai? diviralkan via sosial media. Kebetulan IWB menghadiri coaching clinick bedah teknologi Honda new PCX 150. Bertemu dengan ahlinya….Honda akhirnya beberkan fakta soal soal isu tersebut. Dan inilah kondisi sebenarnya menurut Honda….

Buanyakkk cak oleh-oleh yang IWB dapatkan dari bedah teknologi Honda new PCX 150. Maxi skuter Honda yang memang menjadi pusat perhatian berkat teknologi yang diusung, kecanggihannya sekaligus kontroversi yang mengiringi disosial media. Lha piye cak…setelah nongol perkara suspensi, lalu ada lagi sebuah bengkel ngukur sasis menggunakan water pass dan ngeklaim frame PCX miring alias cacat. Herannya semua yang disodorkan tidak menimpa IWB yang kebetulan memiliki plus teman-teman kenalan yang juga punya new PCX150. Makanya IWB cuek…tapi piye dengan reader serta teman-teman yang begitu bingung dan bimbang atas viralnya info?

Itulah kenapa IWB langsung tanyakan perihal ini ke PT AHM yang kebetulan menggelar bedah teknologi PCX 150 di AHTC (Astra Honda Training Center) Jakarta. Dihadiri oleh para ahlinya (Divisi Techical PT AHM) seperti pak Endro Sutarto, pak Win (waah nama lengkapnya lupa saya cak) plus perwakilan orang pabrik yang juga ikut membeberkan fakta tentang isu yang sedang viral tersebut, maka inilah jawaban Honda perihal tudingan suspensi dan frame bengkok Honda new PCX 150..

iklan iwb

Suspensi

Honda ternyata sudah mengetahui perihal suspensi. Dari isu tersebut mereka langsung melakukan pengecekan menyeluruh terhadap part suspensi Honda new PCX150. Hasilnya ? ” Tidak ada kesalahan produksi dan komponen berjalan normal. Itu hanya visual dari bentuk spring. Kita sudah cek dan tidak benar suspensi bengkok. Semua kinerja suspensi tetap normal. Inner atau tabung dalam lurus tidak ada kebocoran, jadi hanya peer luar..” seru pak Endro. Menurut pak Endro, hal ini tidak bisa dihindari karena peer luar Honda PCX 150 memang memiliki 3 rate yang justru merupakan pengembangan dari versi PCX 150 yang hanya memiliki 2 rate. Maksude?

Honda PCX 150 terbaru memiliki spring rate tertinggi yakni 3 rate yang diseting untuk menyerap hentakan dalam berbagai kondisi. Mulai dari untuk sendirian, boncengan serta beban lebih dari dua orang (belanjaan) plus jalan rusak. Jadi jangan heran PCX 150 malah makin nyaman digunakan untuk boncengan sebab masuk teritori tersebut akan dihandle dengan 2nd rate dan 3th rate ketika menghajar jalanan buruk. Bahkan 3 rate ini tidak dimiliki PCX 150 versi CBU Thailand sekalipun. Nah…untuk membuatnya memikiki?kemampuan 3 rate, vendor yang dihandle Showa memang kudu membuat peer atau spring dengan 3 karakter ulir berbeda dalam satu selongsong suspensi. Yakni….

Spring dengan profile sangat rapat dibagian paling atas (rongganya), ditengah medium dan paling bawah rada renggang. Dengan 3 rate serta stroke spring yang lebih panjang 20mm??tentu saja akan membuat spring terlihat nggak selalu lurus.?Masalahnya banyak yang nggak paham dengan ini dan mengganggap bengkok, padahal tidak. Peer pasti akan terjadi pergeserekan dan membuat bentuk visual seolah-olah tidak lurus. Tapi itu normal dan bukan cacat. ” Justru PCX ini special, bahkan suspensi model 3 rate ini tidak dimiliki produk lain, pada Vario sekalipun…” tutur mz Win yang menegaskan PCX masuk kategori Premium Honda. Ealahhh ngono to…

IWB pun memberikan saran, mungkin Honda bisa request ke pihak Vendor untuk meracik suspensi 3rate tanpa membuat visual spring seolah-olah melengkung atau mleyot agar tidak dijadikan celah BC atau membuat ragu biker yang ingin membeli PCX. Saran IWB pun dijawab oleh pak Nyoman Kesawa (HC3 AHM). ” Pastinya apapun itu, jika memang diperlukan pabrikan akan melakukan improvisasi. Itu jika dianggap perlu. Dan itu sudah lazim. Namun yang pasti, suspensi PCX tidak ada masalah dan tidak usah kuatir...” tutur pak Nyoman. Oke…perkara suspensi clear, piye dengan sasis ?

Sasis miring

Seperti yang kita tahu, ada sebuah bengkel aksesories melakukan pengukuran sasis PCXnya yang dianggap bengkok. Nah….untuk masalah ini IWB dan teman-teman Blogger langsung dijawab oleh kepala teknisi pabrik PT AHM kang Hendrix yang ternyata juga sudah menonton video. Sambil tersenyum, jawaban kang Hendrix sangat tegas…”?Tidak seperti itu pak cara ngukur frame. Yang pasti cara pengukurannya salah karena untuk mengukur sasis atau frame itu berdasarkan referensi. Kita harus tahu zero-zero-zeronya dimana (nol-nol). Misalnya kalau kita ingin mengukur 5cm….nahh 5cm nya itu dari mana….

” Sebagai informasi frame body memiliki banyak titik. Oleh karena itu mengukur frame harus tahu titik nolnya berada dimana…jadi nggak simpel dengan alat ukur seadanya. Jadi ada titik referensi X-Y-Z….vertikal dan horizontal. Dan titik frame umumnya ada dicenter (menunjuk area bawah yang menggendong mesin)…dan inipun titik maya. Titik maya ini harus diukur menggunakan alat yang bisa mengindetifikasi itu. Apalagi alat ukur waterpass hasil juga bisa meleset akibat kemiringan. Misalnya main stand (standart tengah). Main stand sendiri punya clearance yang tidak diperhitungkan pengukur. Jadi tidak bisa jadi referensi….” seru kang Hendrix…

Untuk mengukur frame harus memiliki alat yang bisa mengukur X-Y-Z. Dalam meracik frame, kita membuat dalam bentuk kecil dulu. Tiap frame ini ada quality check yang akan memastikan tiap sudut presisi. Sebab jika ada clearance atau perbedaan sedikit saja maka pengaruhnya besar. Seperti kerenggangan body ataupun casing. Jikapun robot salah melakukan pengelasan (frame Honda welding menggunakan robot), maka akan langsung kita ketahui dari Quality checking. Dari sini frame akan langsung kita scrap atau hancurkan. Sedang robot ada yang namanya kalibrasi rutin sehingga selalu presisi…

” Frame juga kita cek dimensi-dimensinya biasa kita sebut jig inspection. Dari sana sebelum diturunkan untuk dipasangkan body….kita ukur dan cek lagi. Jadi khusus rangka Honda melakukan beberapa kali pengukuran untuk memastikan semua sesuai dengan master frame. Jadi kalau masalah kepresisian frame, kita jamin pak !!….” seru kang Hendrix. Menurut pria ramah ini, Honda juga menggunakan alat canggih 3D Gom scanning pada frame. Jadi pengukuran ini sudah komputerized yang bisa mendeteksi perbedaan 1mm sekalipun.? “?Bisa mz lihat di Youtube apa itu Gom atau kunjungi websitenya di www.gom.com. Alat ini kita gunakan untuk scanning frame yang langsung terekam secara digital 3D kedalam komputer. Sasis meleset 1milimeter saja terdeteksi dan akan ditunjukkan angka +-1. Itu alat dari Jerman dan tidak semua perusahaan memilikinya. Kami (Honda) menggunakan itu..” tuturnya…

Last…dari segala penuturan diatas, bisa dipastikan tidak ada masalah apapun pada Honda PCX 150. Bedah tuntas yang membuat kita melek bahwa ternyata proses yang dilalui sebuah produk sebelum dirilis kepasar cukup jlimet. Btw…versi lengkap presentasi akan IWB telurkan dalam video biar sampeyan bisa melihat sendiri penuturan Honda terhadap isu PCX150. Enake ngono cak….ketimbang driji IWB kriting. So….isu suspensi bengkok dan sasis miring PCX150 ??Honda sudah beberkan faktanya. Sampeyan sik ngeyel atau percaya, IWB serahkan kesampeyan untuk menentukan pilihan serta menarik kesimpulan. Salam juozzz gandozzzzz ! (iwb)

256 COMMENTS

  1. Barusan berangkat pagi ketemu pcx plat bulan april dan saya perhatiin memang secara visual shocknya terlihat bengkok padahal tanpa boncengan dan jalan aspalnya mulus

  2. Rangka rompal and retak di CB 150R tolong di bahas juga lek sampaikan! Itu pake rangka apa kok bisa rompal?

    • Gw user ncb 150 bos, ga ada tuh gejala rangka timpal. Sodara gw juga user ocb 150, motor udah lama udah sering dipake jauh udah sering “jilat” kondisi aspal kaya gimana pun ga ada rangka rompal, mungkin otak sampeyan mas yg udah rompal bin oblak

  3. Tapi lek, bagi sebagian makluk fb kelihatannya artikel ini gak nyampe di otak lek. Bagi mereka terlalu “apa itu?”. buktinya udah dijelasin gamblang apa itu 2 rate, apa itu 3 rate, apa itu 3D Gom, bahkan apa itu komputer aja masih belum mudeng. kelihatan dari komennya. kalo water pass mungkin mereka agak tahu yaitu buat ngitung dimensi frame lek.

    • Sudahlan brooo…. Terlanjur rame jeleknya dari awal. Mulai dari knalpot akrapovic. Lanjut ke sasis. dll….dkk….dsb…. Emang enak gitu dikibulin balik-bolak ama ngahaem

  4. karena pemberitaan per pcx bengkok, hampir anak saya mau ganti per pcx, padahal pernya lurus center dengan tabung, Saya bilang kamu harus pintar, sebagai konsumen kalau ada cacat produksi pabrik tinggal komplain saja ke DAM.jangan main ganti2 sendiri. informasi dari kedua anak saya. Alhamdulillah PCX nya irit, mantap dan keren katanya.

  5. haiyyaaa pokoknya harus miring shocknya n rangkanya harus asimetris… titik !!!!

    fby culun waaaa

  6. Terus solusi untuk PCX yang secara visual shocknya miring apa kang?
    Apakah AHM akan melakukan pergantian atau dibiarkan saja?

  7. Penerawangan ane. Dudukan shok kanan kiri emang sengaja tidak dibuat sejajar. Entah itu pake rumus apa honda. Mungkin krna efek penambahan cakram belakang.

  8. wowww, seni visualisasi abstrak yang telah disematkan. ini adalah yang baru di motor honda…

  9. Jual kenyamanan koq cvt nya gredeg”…nti dibilang normal juga krn cvt kotor hrs dibersihkan!masa iya bersihin cvt 4 hari sekali???hayooo ahaem mau ngmng ap lg hayoo???

  10. Ya begitulah efbeyek, udh dijelasin sedetail itu masih ga paham juga. Ga ngerti lagi sama efbeyek. Ga punya bahan BCan lagi mereka

  11. ahm ngmg canggih2 bgitu tapi kalo yg dirasa, dilihat dan dipakai para pengguna ga enak, ya percuma…

    ane ga usa diragukan lagi dah uda pernah punya motor honda brp biji.. supra x 99, supra x 2008 (ada 2), karisma 2005, vario 125 2013, ama ini pcx…

    yg paling keren bentuknya jelas pcx ini.. tp yg paling banyak pertanyaan mgkn pcx ini…
    kenapa ini “visual” per-nya bengkok dan ampe ngegerus tabung di dalemnya?
    apakah cacat design dan dibiarin aja?
    jok keras, shock belakang keras.. untung shock depan lembut banget…
    kenapa ini jok dibuat licin antara busa dan kulitnya? ga enak tiap ngerem harus benerin posisi pantat
    kenapa ini pernis/coating cat bodinya tipis banget.. tiap bodinya dilap pake tisu/tangan/lap turtle/kanebo lgsg keliatan baret alus… ane punya yg hitam.
    udah gitu parahnya catnya ga rata.. cat yg di bodi di bawah lampu tipis banget.. ampe berasa kasar banget… hahahhaha
    kaca/mika speedometer yang super gampang lecet…
    tone klakson yg aneh (selera)..
    dan skrg knalpotnya udah mulai nembak2 dikit.. entahlah kenapa bgitu

    untungnya ga ngalamin yg namanya mesin berisik, aki tekor, gredek2 parah, spakbor blkg miring yg ternyata rangkanya miring beneran kata ahass (ada di grup fb), tutup bensin susah dibuka, velg blkg koclak, dll…

    mungkin ini pcx jadi produk ahm terakhir yang ane beli…
    lgsg ke produk honda cbu aja atau merek sebelah..

    • justru dari pemilik yg bisa ceritain kelemahan produk bgini guna banget, orang yg mau beli jadi udah siap dengan kemungkinan terburuk & ga overekspektasi yg bkin kcewa, justru lebih mantep mau bli atau ga belinya.

  12. Intinya ahm ngakuin per nya bengkok. Anehnya di thread pcx kaskus ada yang nyobain pasang shock pcx di nmax malah nggak bengkok. Emang baik ahm ngasih part modif nmax.

  13. Udahlah..yg suka beli..yg gak suka beli yg lain..gitu aja repot.toh yg kliatan lurus blunus juga terasa keras kan?..

  14. Ngukur center rangka kok pake waterpass, lu kira lagi masang hebel??? Kocak tuh bengkel modif
    Udah kejawab tuh shock PCX bengkok karena faktor apa, udah pada puas belum nih fby???

  15. Sing seneng tukuo sing ora sene ora usah tuku ra due duit sing jelas, ora usah banyak cingcona
    Arep tuku ora iso alesane sing mletot sing miring, behahahahaha…….

  16. Punya saya bukan cuma per shock bengkok tapi Stang Oglek, sapkboar miring sama ban, gredek, geter, baru dateng malah mesin klotok klotok.. eh sekarang suka nembak nembak knalpotnya..

  17. motor sok ga jelas, di bela bela in lagi mestinya recall ganti berikan layanan yg prima ke customer gitu paham

  18. Saya setuju lek sama Engineer AHM. kebetulan saya juga Mahasiswa teknik Mesin yaa calon Engineer jg. Efek visual Bengkok memang krna 3Rate di Per nya. klo di perhatikan maka akan mulai terlihat bengkok pada Rate yg bawah/ yg paling renggang. tapi ini memang cara yang paling ampuh untuk membuat Rasa Stiff untuk Solo rider supaya handling dapet dan jg kenyamanan saat Berboncengan. itulab kenapa di pakai 3 Rate. jd yg membuat empuk itu ketika beban yang solo rider hanya sampe medium rate/tengah supaya berkendara stiff dan ketika berboncengan maka beratnya sampai ke rate ke 3 yg bawah/pling renggang untuk kenyamanan. Mungkin ini memang udah racikan yg tepat untuk PCX dalam segala situasi..

    Contoh lainnya coba aja cari per yg memiliki 3 rate ( yg sekecil jari entah dri per Pulpen atau apapun) elu tekan dri atas sampai bawah tp jgn sampai bengkok nah disitu akan terlihat yg memiliki visual bengkok adalah rate ke 3 yg longgar , krna saat di beri tekanan maka saat terjadi Kerapatan, otomatis yg pling longgar akan sedikit menjauh dri titik centernya tp masih pada Fungsi yg wajar ( Desain aHm masih dlm batas aman, Klo rate ke 3 yg sedikit lebih panjang maka bkan visual yg bengkok melainkan benar” bengkok , tp Klo rate ke 1 dan 2 yg lebih panjang dri rate 3 maka efeknya tidak di dapatkan Keempukan saat berboncengan melainkan Shock akan ttp Stiff seperti solo riding )..

    walau Kalian Awam setidaknya dri apa yang ada d sekitar kita kalian perhatikan lah. masa ga paham sama Shock/per yg sering kalian liat. kbanyakan BC tnpa Data sih. wkwkwkwkk

    • Mereka menilai pake ilmu “cocot” bro….ga tau betapa susahnya masuk dan kerja di AHM apalagi jika ilmu hanya ekonomi tapi bahas mekanikal…???

    • Kalau sampai plastik yang di dalem per itu baret karena kegerus per apa itu masuk efek visual suhu

    • NIH baru komen yang pake ilmu..
      Mantap bro.
      lumayan buat ngegampar tukang BC militan yg terorganisir pesanan yahomo

    • Baru mahasiswa teknik mesin ya? Saya sudah pernah merasakan lulus teknik mesin dan saat ini motor saya termasuk yg mengalaminya. Mungkin suatu saat jika kamu sudah lulus dan punya motor yg mengalami kasus seperti yg dibicarakan, mungkin akan berkata lain.

    • malas meladeni komentar tnpa identitas. bsanya pake nama” ga jelas. krna netizen di kasih tau yg bener jg bakalan bc. kadang ga ngerti sama mereka apa sih susahnya baca artikel dan komentar yg membangun. klo kritik langsung email aja beres. ga usah maki” dan BC BC an. heran netizen jaman now. tak ber otak

    • Mahasiswa guoblok,,,,ngakunya anak mesin,,,,mesin apa ? Mesin gilingan kacang ?

      Sales cawat saza ngaku-ngaku mahasiswa mesin

      Belum lulus saza sdh sok tempe ente

    • Kalau sampai plastik yang di dalem per itu baret karena kegerus per apa itu masuk efek visual suhu 😀

  19. Saya kurang setuju dengan mas Iwan dan Pabrikan Honda untuk masalah yang satu ini, saya pernah melihat langsung per pcx ketika dibonceng 3 orang, memang melengkung mas, tidak perlu ditutupi, adalah kesalahan perusahaan ketika ada cacat produksi ditutup-tutupi, lebih bagus diakui dan recall ganti per..

  20. Apakah akan dilakukan REVISI??
    Kapan?? Smoga ada PEMBERITAHUAN/informasi revisinya,
    Biar yg mau beli tau PCX nya sudah direvisi atau blm…

  21. Wah g jadi deh yang mau beli pcx ,ya akhrinya beli nmax aja yang kualitas eropa, dan mesinnya canggih, jadi makin yakin dengan kualitas yamaha

  22. lah teman saya pemilik dealer diundang astra dewi sartika bahas beginian, ada kesalahan sasis yang diimpor dari china.

    • wkwkwkwwk, fakta nih? efbha cuma terima fakta dari omongan AHM aja, kalo dari sumber lain dibilang HOAX. kritis banget efbha

  23. Sebab jika ada clearance atau perbedaan sedikit saja maka pengaruhnya besar. Seperti kerenggangan body ataupun casing.
    emng renggang bodi uda bawaan pabrik

  24. ojo ngeyel, wis dikandani..yen tetep ngeyel opomeneh BC sampluk sandal swallow..hehehe..
    come and visit please:
    bramotor.wordpress.com/2018/05/17/jadwal-motogp-le-mans-prancis-2018/

  25. Bule Bule eropa udah naik mesin sohc 4 klep di Forza 125cc dan Forza 300cc disini fbh nya masih bergelut dengan picek mesin lemot sohc 2 klep

  26. Bagaimana dengan pcx 2018 thailand, ada masalah seperti yang dikeluhkan konsumen di Indonesia ga? Kalo ga ada berarti masalahnya di qc, tp kalo ada juga berarti masalahnya di desain suspensinya.

  27. Pcx bisa jadi pesaing terberat buat nmax kedepannya.
    Ini terlihat dari istimiwiirnya teknologi di pcx..

    Yawes, ditunggu wae pada kuartal berikutnya?

  28. Jadi intinya mereka memberikan jawaban seperti ini seolah olah tuh konsumen keledai. Cuma iya juga sih wong dikasih barang busuk manggut manggut doank. ???

  29. saya pengguna pcx 2018 nggak masalah dengan suspensi. tapi motor saya bermasalah di bagian roda depan / suspensi depan. jika berjalan di range 35km – 50km. motor bagian depan serasa bergetar. makin halus jalanan makin terasa bergetarnya. ada solusi ?

  30. Ya iyalah yg punya nmax kawe gak koar koar motornya cacat. Malu dah terlanjur beli N muja muja gak taunya produk zonk. Apalagi yg nyicil 3 tahun ???

    • haiyyaaa lu ouwlang bisanya cm nyinyir mulu waaa
      pcx / nmax semua pst ada plus minusnya waaa

      klo pgn punya motor sempurna lu ouwlang beli NINJA H2 kyk owe punya waaa

      SuamploXxx velg emas 24k H2

    • Sales kaos kaki gak upgrade otak …. Pake mbit aja kerjanya nyiyir….full pekok….

  31. Baut windshield-nya dikomplain juga cak. Banyak gak bisa buka windshield gara2 baut-nya ikut muter.

  32. Ditanya shock bengkok, jawabnya karena 3 spring rate. Emang yang bisa bikin 3 spring rate AHM doang? Apa mereka bengkok juga?
    Ditanya sasis gak simetris, jawab ngeles pakai teknologi canggih presisi 1 milimeter. Haha. Industri elektronik jauh lebih presisi bahkan sampai nanometer, Pak. Secara implisit, itu malah merendahkan bengkel jalanan. Jangan salah, bengkel jalanan lebih BERPENGALAMAN dengan masalah ANEKA jenis motor daripada AHM.

    Sebenernya simpel, RECALL semua yang bengkok, klotok, bocor dan patah.
    Mana katanya Aftersales terbaik? Bullshit. Ngeles doang bisanya.

  33. Yg protes ngukur pake dalil waterpass, pabrikan ngukur pake dalil robotik dan segala macam sesnsornya…lah yg satu pake alat murah yg satu pake alat mahal bgt…wes monggo percaya dalil yg mana…dah gitu aja

  34. Dari video Genetic Motor, alasan standar ganda atau lantai yg g datar udah terbantah, Kang. Di videonya, Genetic Motor pakai 2 waterpas. Kalau lantainya yg g datar, seharusnya kedua waterpasnya memperlihatkan posisi yg sama. Nah.. ini kan tidak. Waterpas yg satu, datar.. yg satunya miring. Ini kan jelas ada yg tidak simetris.

    • Kalo mau lebih yakin lagi bawa PCX cbu punya owner lain yg normal ke bengkel yg sama, ke spot yg sama, lalu Cek lagi bareng2 bergantian. Hasil test waterpassnya sm tdk antara pcx lokal & cbu

  35. Bikin laporan pandangan mata dari komunitas langsung, Mas. Kl dari pabrikan yaaa semuanya sdh perfect?. mau gimana jg dia gak mau barang dia dibilang cacat. Udah dicek warna merah punya sampen bagian dpan dan blakangnya. Pasti belang jg.

  36. Yo wiiss… ngga usah debat kusir lagi semua udah clear dari ahaem 😀
    Percuma juga koar2, ini motor udah dibuat sesempurna mungkin 😀

  37. ok, secara frame sudah presisi,, tapi antara rangka dengan swing arm gimana? presisi gak?

  38. Jangankan cuma shock bengkok… Rangka patah aja yg udah ada korbannya tetep kok g mau mengakui, jadi jangan berharap yg macem2 klo udah punya nikmatin aja, berdoa sbelum bepergian semoga shocknya gak patah dijalan

  39. mewakili suara hati fby, dengan ini kami mohon kepada ahm/honda, jangan lah merenggut satu satunya harga diri fby yang tersisa yaitu shock pcx bengkok,

    adapun kebanggaan fby telah amsyong:
    motogp tewas
    arrc modar
    irs koid
    ms secuil yang makin tipis dan merana
    raja sport tinggal ampas
    design yahaha amit amit jijik cuih

    akhirnya kami fby mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada ahm/ngondah, karena telah memberikan atau menyisakan satu satunya kebanggaan terakhir kami yaitu shock pcx bengkok. salam.

  40. klo di kendaraan roda 4 byk yg minta ganti unit ko klo ada cacat
    tp knp roda dua yg ga smhal roda 4 konsumen kalah molo ya
    karna komplain Roda 4 lebih parah sampe bawa loyer dll
    pasti ttetp hrs ada solusi atau ga after improvement cuma ga bakal dishare ke konsumen lah masbro hehehe sy jg org otomotif dah biasa bgtu
    ga mungkin AHM ga investigasi
    nah sambil nunggu yg improvement pernyataan diatas untuk meresap komplain yg ada dulu
    pabrikan justru gentle itu Honda PM recall mengakuikarna ada system bnormal pad booster rem dan cylinder wheel aj mengakui tapi enaknya kan konsumen tenang setelah direcall
    misal sudah jelas bengkok trus dibilng normal trus klo tambah bengkok apa solusinya .

Comments are closed.