iklan iwb

Iwanbanaran.com – Marhaban ya Ramadhan kangbro bubro, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan…..dan IWB minta maaf jika ada salah kata, kalimat dan apapun selama membuat artikel. Wisss pokoke sekarang bulan suci mari kita sama-sama ngerem perbuatan yang mencetak dosa….dari sini kudu setuju cak. Sekarang soal artikel…..sesuai permintaan sampeyan, setelah mendapatkan sumber sahih, IWB membuat artikel perihal isu suspensi bengkok serta sasis miring Honda PCX 150 yang ramai  diviralkan via sosial media. Kebetulan IWB menghadiri coaching clinick bedah teknologi Honda new PCX 150. Bertemu dengan ahlinya….Honda akhirnya beberkan fakta soal soal isu tersebut. Dan inilah kondisi sebenarnya menurut Honda….

Buanyakkk cak oleh-oleh yang IWB dapatkan dari bedah teknologi Honda new PCX 150. Maxi skuter Honda yang memang menjadi pusat perhatian berkat teknologi yang diusung, kecanggihannya sekaligus kontroversi yang mengiringi disosial media. Lha piye cak…setelah nongol perkara suspensi, lalu ada lagi sebuah bengkel ngukur sasis menggunakan water pass dan ngeklaim frame PCX miring alias cacat. Herannya semua yang disodorkan tidak menimpa IWB yang kebetulan memiliki plus teman-teman kenalan yang juga punya new PCX150. Makanya IWB cuek…tapi piye dengan reader serta teman-teman yang begitu bingung dan bimbang atas viralnya info?

Itulah kenapa IWB langsung tanyakan perihal ini ke PT AHM yang kebetulan menggelar bedah teknologi PCX 150 di AHTC (Astra Honda Training Center) Jakarta. Dihadiri oleh para ahlinya (Divisi Techical PT AHM) seperti pak Endro Sutarto, pak Win (waah nama lengkapnya lupa saya cak) plus perwakilan orang pabrik yang juga ikut membeberkan fakta tentang isu yang sedang viral tersebut, maka inilah jawaban Honda perihal tudingan suspensi dan frame bengkok Honda new PCX 150..

iklan iwb
iklan iwb

Suspensi

Honda ternyata sudah mengetahui perihal suspensi. Dari isu tersebut mereka langsung melakukan pengecekan menyeluruh terhadap part suspensi Honda new PCX150. Hasilnya ? ” Tidak ada kesalahan produksi dan komponen berjalan normal. Itu hanya visual dari bentuk spring. Kita sudah cek dan tidak benar suspensi bengkok. Semua kinerja suspensi tetap normal. Inner atau tabung dalam lurus tidak ada kebocoran, jadi hanya peer luar..” seru pak Endro. Menurut pak Endro, hal ini tidak bisa dihindari karena peer luar Honda PCX 150 memang memiliki 3 rate yang justru merupakan pengembangan dari versi PCX 150 yang hanya memiliki 2 rate. Maksude?

Honda PCX 150 terbaru memiliki spring rate tertinggi yakni 3 rate yang diseting untuk menyerap hentakan dalam berbagai kondisi. Mulai dari untuk sendirian, boncengan serta beban lebih dari dua orang (belanjaan) plus jalan rusak. Jadi jangan heran PCX 150 malah makin nyaman digunakan untuk boncengan sebab masuk teritori tersebut akan dihandle dengan 2nd rate dan 3th rate ketika menghajar jalanan buruk. Bahkan 3 rate ini tidak dimiliki PCX 150 versi CBU Thailand sekalipun. Nah…untuk membuatnya memikiki kemampuan 3 rate, vendor yang dihandle Showa memang kudu membuat peer atau spring dengan 3 karakter ulir berbeda dalam satu selongsong suspensi. Yakni….

Spring dengan profile sangat rapat dibagian paling atas (rongganya), ditengah medium dan paling bawah rada renggang. Dengan 3 rate serta stroke spring yang lebih panjang 20mm  tentu saja akan membuat spring terlihat nggak selalu lurus. Masalahnya banyak yang nggak paham dengan ini dan mengganggap bengkok, padahal tidak. Peer pasti akan terjadi pergeserekan dan membuat bentuk visual seolah-olah tidak lurus. Tapi itu normal dan bukan cacat. ” Justru PCX ini special, bahkan suspensi model 3 rate ini tidak dimiliki produk lain, pada Vario sekalipun…” tutur mz Win yang menegaskan PCX masuk kategori Premium Honda. Ealahhh ngono to…

IWB pun memberikan saran, mungkin Honda bisa request ke pihak Vendor untuk meracik suspensi 3rate tanpa membuat visual spring seolah-olah melengkung atau mleyot agar tidak dijadikan celah BC atau membuat ragu biker yang ingin membeli PCX. Saran IWB pun dijawab oleh pak Nyoman Kesawa (HC3 AHM). ” Pastinya apapun itu, jika memang diperlukan pabrikan akan melakukan improvisasi. Itu jika dianggap perlu. Dan itu sudah lazim. Namun yang pasti, suspensi PCX tidak ada masalah dan tidak usah kuatir...” tutur pak Nyoman. Oke…perkara suspensi clear, piye dengan sasis ?

Sasis miring

Seperti yang kita tahu, ada sebuah bengkel aksesories melakukan pengukuran sasis PCXnya yang dianggap bengkok. Nah….untuk masalah ini IWB dan teman-teman Blogger langsung dijawab oleh kepala teknisi pabrik PT AHM kang Hendrix yang ternyata juga sudah menonton video. Sambil tersenyum, jawaban kang Hendrix sangat tegas…” Tidak seperti itu pak cara ngukur frame. Yang pasti cara pengukurannya salah karena untuk mengukur sasis atau frame itu berdasarkan referensi. Kita harus tahu zero-zero-zeronya dimana (nol-nol). Misalnya kalau kita ingin mengukur 5cm….nahh 5cm nya itu dari mana….

” Sebagai informasi frame body memiliki banyak titik. Oleh karena itu mengukur frame harus tahu titik nolnya berada dimana…jadi nggak simpel dengan alat ukur seadanya. Jadi ada titik referensi X-Y-Z….vertikal dan horizontal. Dan titik frame umumnya ada dicenter (menunjuk area bawah yang menggendong mesin)…dan inipun titik maya. Titik maya ini harus diukur menggunakan alat yang bisa mengindetifikasi itu. Apalagi alat ukur waterpass hasil juga bisa meleset akibat kemiringan. Misalnya main stand (standart tengah). Main stand sendiri punya clearance yang tidak diperhitungkan pengukur. Jadi tidak bisa jadi referensi….” seru kang Hendrix…

Untuk mengukur frame harus memiliki alat yang bisa mengukur X-Y-Z. Dalam meracik frame, kita membuat dalam bentuk kecil dulu. Tiap frame ini ada quality check yang akan memastikan tiap sudut presisi. Sebab jika ada clearance atau perbedaan sedikit saja maka pengaruhnya besar. Seperti kerenggangan body ataupun casing. Jikapun robot salah melakukan pengelasan (frame Honda welding menggunakan robot), maka akan langsung kita ketahui dari Quality checking. Dari sini frame akan langsung kita scrap atau hancurkan. Sedang robot ada yang namanya kalibrasi rutin sehingga selalu presisi…

” Frame juga kita cek dimensi-dimensinya biasa kita sebut jig inspection. Dari sana sebelum diturunkan untuk dipasangkan body….kita ukur dan cek lagi. Jadi khusus rangka Honda melakukan beberapa kali pengukuran untuk memastikan semua sesuai dengan master frame. Jadi kalau masalah kepresisian frame, kita jamin pak !!….” seru kang Hendrix. Menurut pria ramah ini, Honda juga menggunakan alat canggih 3D Gom scanning pada frame. Jadi pengukuran ini sudah komputerized yang bisa mendeteksi perbedaan 1mm sekalipun.  ” Bisa mz lihat di Youtube apa itu Gom atau kunjungi websitenya di www.gom.com. Alat ini kita gunakan untuk scanning frame yang langsung terekam secara digital 3D kedalam komputer. Sasis meleset 1milimeter saja terdeteksi dan akan ditunjukkan angka +-1. Itu alat dari Jerman dan tidak semua perusahaan memilikinya. Kami (Honda) menggunakan itu..” tuturnya…

Last…dari segala penuturan diatas, bisa dipastikan tidak ada masalah apapun pada Honda PCX 150. Bedah tuntas yang membuat kita melek bahwa ternyata proses yang dilalui sebuah produk sebelum dirilis kepasar cukup jlimet. Btw…versi lengkap presentasi akan IWB telurkan dalam video biar sampeyan bisa melihat sendiri penuturan Honda terhadap isu PCX150. Enake ngono cak….ketimbang driji IWB kriting. So….isu suspensi bengkok dan sasis miring PCX150 ? Honda sudah beberkan faktanya. Sampeyan sik ngeyel atau percaya, IWB serahkan kesampeyan untuk menentukan pilihan serta menarik kesimpulan. Salam juozzz gandozzzzz ! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

256 COMMENTS

    • Emang keren sih pcx min cuma di ban dah itu aja… (bisa la ganti dewek).. Tapi alangkah oknya honda bikin ban blng 140″ biar sesuai dgn body yg lebarnya pcx..

      Cocot sales alay Kayak Makmugitang tlng di bungkus ckckckc
      Bikin malu aja..Kekurangan dan kelebihan dari kopetitor pasti ada jgn munafik.. Nmax nampol soal kecepatan/ lari.. Pcx nampol soal fitur…

    • Yg galak koar2 itu orang yg punya PCX lho.
      Tapi galaknya minta ampun
      Yg punya malah fine2 aja lho
      Aneh kan?
      Pertanyaannya, siapa mereka yg ga punya PCX tapi merasa dirugikan dgn adanya PCX ini?

    • Yg galak koar2 itu orang yg ga punya PCX lho.
      Tapi galaknya minta ampun.
      Yg punya malah fine2 aja lho
      Aneh kan?
      Pertanyaannya, siapa mereka yg ga punya PCX tapi merasa dirugikan dgn adanya PCX ini?

    • Halah bloger kibul, lihat langsung lu datengin anak komunitas pcx lokal baru lu ngeh dari sisi konsumen, bukan karena kena bayaran terus membela pabrikan

    • Berkilah menggunakan alat canggih yang tidak semua pabrikan punya, masalahnya pabrik nganu produksi motor kejar tayang-robot bisa rusak-bahan baku dibawah kompetitor-QC pasti kurang detail dan terburu-buru pasti ada bagian yang miss

    • @Koba
      Ente punya PCX ga bro?
      Yg galak itu biasanya yg ga punya
      Dibayar sama pabrikan sebelah buat BC kan?
      Hahahaa…
      Udah ketahuan kok
      Istighfar, bulan puasa lho
      Jgn menghalalkan segala cara utk jualan

    • intinya tetep mleyot…
      wis ngono ae… plg2 silent recall.. klo ga yo ada istilah update?????
      tinggal mengakui kok susah bgt… produk sesudah ketahuan mleyot plg2 sudah ganti yg baru.. sebebarnya ini masalah vendor2 yg ga siap!!!!

    • Sebenernya untuk sasis saya yakin pasti presisi sesuai masternya.
      tp untuk per.. Memang miring secara visual walopun secara fungsi tidak berpebgaruh.
      Aneh saja soalnya yg lain kn gak miring mirng, makanya jadi heboh
      tapi masa iya motor keren shock nya std? wkwkwk
      ga enak di lihat bro
      Ohlins lahh, murah kok cuma 4jt an

    • Yang gk punya PCX taunya apa……????
      Sy yg punya redpainem aj diem2 bae saking aziknya nikmatin rasa mogenya
      MuuUUUuuuehehehehe…….

    • oh berarti yg aplot video g bener gt?
      pdhl kan hanya membandingan 2 sisi yg harusnya sejajar, tapi d video tidak sejajar. ko bisa yaa? pdhl motor kondisi diam.

    • Klo sanggahan nya AaHaeM karena shock di stel ke tingkt keras terus per nya miring/melengkung,,,,,,,analisa ngawur

      Apa ente pernah lihat shock belakang motor memendek karena beban terus per nya bisa melengkung ?

      Gak kan,,,,,

      Apalagi cuma setelan shock, yg travel nya gak seberapa itu,,,,,,,kok bisa bengkok ?????

      Ujung Ulir per pada shock itu dibuat sedemikian rupa (datar) agar saat per meregang,,,,,ulir per tetap pada posisi nya alias TIDAK BENGKOK

      Alangkah baiknya di cek foto yg memperlihatkan shock PCX yg bengkok,,,,benar atau tidak nya itu

    • Yg sudah beli nikmati saja,untuk penggantian part tidak ada,,,sekian & terima kasih,,,ekekekekekekek

    • yang suka bc fix gede Bacot doang.. aslinya punya motor bebek matik low entry doang.. ga mampu beli motor diatas 25 juta..

    • Masalahnya meskipun shock udah di ganti shock aftermarket juga jadi bengkok. Kalopun wajar kenapa cuma sebagian unit aja yg kena? daripada bikin bedah teknologi di depan media and denied everything, mending recall unit aja.

    • Yang tegak lurus,itu sudah biasa.. Yang miring dan melengkung itu bisa memberikan sensasi kenikmatan tersendiri..

    • Shock mletot di bilang normal karena suspensi yg di rasakan empuk,jadi kesimpulannya hanya merasakan bukan melihat secara visual,,,istilah kata meskipun barang jelek tapi masih berfungsi ya fine fine aja,,,

    • Klo sanggahan nya AaHaeM karena shock di stel ke tingkt keras terus per nya miring/melengkung,,,,,,,analisa ngawur

      Apa ente pernah lihat shock belakang motor memendek karena beban terus per nya bisa melengkung ?

      Gak kan,,,,,

      Apalagi cuma setelan shock, yg travel nya gak seberapa itu,,,,,,,kok bisa bengkok ?????

      Ujung Ulir per pada shock itu dibuat sedemikian rupa (datar) agar saat per meregang,,,,,ulir per tetap pada posisi nya alias TIDAK BENGKOK

    • Ayo…. Bece yg kuat & sporadis, bro.

      Semangatttt…. Pertahankn satu2ny tulang punggung yg trsisa!!! ??

    • Mohon pencerahannya Mas Iwan, saya potential buyer motor PCX ini:

      1. Jika iya shock bengkok itu tekhnologi AHM, mengapa kasus tersebut tidak terjadi pada semua PCX? Pbahkan pada artikel Mas Iwan Menyebutkan jika “REDPAINEM (PCX) MAS IWAN AMAN AMAN SAJA SHOCK TIDAK BENGKOK” Tapi kenapa sekarang shock bengkok adalah tekhnologi dari AHM? berati PCX sampean tidak dibekali dengan tekhnologi tersebut?

      2. Apakah kasus ini terjadi pada ALL NEW PCX 150 Thailand?

      MOHON PENCERAHANNYA MAS, KARENA SAYA MEMBELI MEMAKAI UANG HASIL JERIH PAYAH DAN TIDAK INGIN DIRUGIKAN.

      TERIMA KASIH.

    • Tidak ada kesalahan produksi dan komponen berjalan normal. Itu hanya visual dari bentuk spring. Kita sudah cek dan tidak benar suspensi bengkok. Semua kinerja suspensi tetap normal. Inner atau tabung dalam lurus tidak ada kebocoran, jadi hanya peer luar..” seru pak Endro.

      ———
      ekekekekek

      Jawaban ambigu ….peer luarnya kenapa pak ??

      hayayayayayya

    • Al Gembel 17 May, 2018 at 11:54
      Ayo…. Bece yg kuat & sporadis, bro.
      Semangatttt…. Pertahankn satu2ny tulang punggung yg trsisa!!!

      —–

      ekekekeke

      ngapain di BeCe bro …lha wong Fakta …

      malu maluin aja pakai nickname 4L 93mbel …

    • By fb onoh…kalo mau ngeles pake ilmu teknologi donk,, disitu sudah kelihatan, pabrikan jawabnya pake ilmu yang tentunya bisa di buktikan, sedangkan fb onoh jawabnya pake bcot doank, yang ujung2nya kalo dibuktikan terjadilah debat kusir yang tidak ada hentinya dan tidak ada nilainya.

      Orang yg awam saja sudah paham pastinya cuma dari fungsi shock itu benar2 normal atau tidak sudah bisa memberi jawaban. Kalo shock mleyot itu pastinya sudah tidak bisa ngeshock motornya, karena kalo bengkok posisi piston rod pasti akan bertabrakan dengan seal shock yang jarak rengganya dibawah 1 ml disitu pergerakannya pasti terhambat/seret.

    • Bikin laporan pandangan mata dari komunitas langsung, Mas. Kl dari pabrikan yaaa semuanya sdh perfect…. mau gimana jg dia gak mau barang dia dibilang cacat. Udah dicek warna merah punya sampen bagian dpan dan blakangnya. Pasti belang jg.

    • Pastinya apapun itu, jika memang diperlukan pabrikan akan melakukan improvisasi. Itu jika dianggap perlu. Dan itu sudah lazim. Namun yang pasti, suspensi PCX tidak ada masalah dan tidak usah kuatir. ..” tutur pak Nyoman.

      -+——
      ekekekek

      sudah jelas ada masalah…bulet aja…

      improvisasi apa diganti …macam tralisss Protoll ditambal sulamm

      hayayayayyaya

  1. normal jadi nya pcx lokal ,,di bulan suci ramadhan mari kita stop keburukan bc dll dan kita tingkatkan amal baik kita

    • Kang harus di bahas juga kenapa yamaha r25 pakai asimetris swingarm, dudukan shock dengan dudukan swingarmnya tidak center di pertengahan swing arm. Coba kalo tidak percaya search di web site resmi yimm semua produk r25 pakai itu.

  2. Ngene kan enak
    Clear
    Selamat menjalankannya puasa buat yg menjalankannya
    Mohon maaf kalau selama ini sadar banyak membuat komen yg menyudutkan salah satu pihak

  3. loh. kalo shock mletot normal kok ada yg lain yg gak mletot? normal juga? jadi mau begana begini dan begito semuanya normal toh?

    • Coba di baca lagi pelan² mas,.. Itu hanya visual karena desain peer..
      Ya jelas yang lainnya ga ada visual kesan bengkok kan udh di bilang desain peer sprti itu hanya ada di pcx lokal….
      Selamat menjalankan ibadah puasa mas bro…

    • Normal kok, rangka patah, mesin klotok, tangki bocor, sok bengkok semua normal. Asal masih bisa gelinding smua normal & tdk ada masalah.

      Habis ini langsung dibeli biar Ms naik jadi 90%, karena hukumnya ga boleh cuma komen doang, harus beli

    • Paling yg koment shock meletot, miring, bla.. Bla.. Motor asli nya paling sekelas bebek (supra,jupiter) , matic (mio, vario)
      Gede bacot doang, beli motr di atas 25jt juga gak mampu. Fu*k

    • Tapi klo velg geol, shock ambrol, mesin ngebul terun mesin lu diem aja, bacot doang lu. Baca dulu artikelnya pake otak, jgn pake dengkul

  4. @iwanbanaran yang PCX ada kabel ungunya itu apa kang, setahu saya PCX sekrang paki kabel hitam semua

  5. Mengenai cvt yg byk dkeluhkan piye cak?
    Punya saya waktu dpake boncengan, mesti tetasa grek grek grek terus saat dpake djln rata pun. Piye ngonoku?

  6. AHM paling kaya duit kyk gak ada no serinya…
    Jd amplop THRnya tebel =)) Hűªªwªwkªwkªkªwkªª ě•ê•

  7. Alhamdulillah masalahe wes clear. Berrti memang g ada apa2 ya Oke semua. Btw PCZ ku juga enak 2 aja dibawa walaupun plat nomor belum turun. Makasih kang Iwan pencerahannya

  8. Penjelasannya ok lah untuk teoritisnya, semua pabrik akan bicara begitu kalo ditanya apalagi ditanya oleh pihak infomedia dkk. Tapi harusnya pihak AHM mengakui yang namanya ada kelolosan QC, ngga mungkin juga per schock dan sasis dengan cara pengukuran yang sama ada yang bengkok ada yang lurus lalu dibilang sama semua bagusnya ?… kalo dipabrik, orang QC sama orang produksi emang sering bentrok karena beda targetnya. Produksi dikejar target menuhi quota, QC mengejar target zero defect, kalo QC banyak menolak hasil produksi, orang produksi ngga terima karena dianggap mengurangi pencapaian target mereka. Ini Klasik. Omongan ngeles2 kaya diatas, yang malah menjelaskan proses pembuatannya bukan proses penanganan komplainnya, itu juga klasik. Biasanya untuk mengalihkan masalah aja kalo ditanya pihak manajemen.

    • Nnt d anggap bc lo…
      Btw ane selalu merhatiin shock pcx kalo ketemu d jalan.

      Yg ane dpt dari pengamatan ane, kalo pcx nya baru keluar dealer (belum keliatan bengkoknya).

      Kalo pcx yg udah beberapa bulan dan yg naik ukuran beruang (terlihat sekali bengkoknya).

      Bulan puasa gak boleh bohong. Ntar ilang pahalanya..

  9. Dah iwb jabarkan.
    Shock mletat mletot itu fitur unggulan.pcx cbu sekalipun tidak bisa bikin shock mletot.

    Tanya cak…
    Apakah ahm dah patenkan fitur shock yg mletot itu.
    Takutnya pabrikan lain juga bikin shock mletot.sehingga ikut2 bikin motor gak tahu kualitasnya.

  10. Mending jadi kang Alki, fbh tulen seangkatan Alfi Dharmo (sesama pemilik revo ?), tampang kalem ngegemesin.. setiap acara AHM selalu diundang.. makin subur dah perutnya… ?

  11. Ah seperti biasa..pabrikan ini selalu mencari alasan..ga mau dibilang jelek, ga mau merugi krn hrs recall, dan intinya selalu ga mau terima kritikan
    Semua selalu ada alasan…sasis potong aja dibilang menghajar lubang terlalu keras,ckckckckc
    Tetep aja sekalipun cm secara visual sbnrnya kualitas kaya gitu ga layak dilempar ke konsumen

  12. MASYA ALLOOOOOOOOH …. nge BC frame miring gara2 ngukurnya pake water pass??????? kenapa nggak pake penggaris anak SD yang ada gambar hello kitty nya aja sekalian ? Haduh leeeeek ,kuwi bengkel pinggir jalan kebangeten tenan. kok ngukur frame hasil desain komputer nganggo water pass

  13. Bro Iwan,gimana kalau celana panjang kita kiri dan kanan tidak sama panjangnya? Secara fungsi tidak ada pengaruhnya,tapi secara visual jelek wkwkwk

  14. Pemikiran sederhana versi orang awam, jika itu hanya visual karena perbedaan tingkat kekerasan akibat beban, jalan rusak, dll harusnya bengkok itu hanya terlihat ketika motor dalam keadaan berboncengan misalnya, lahh ini motor turun baik-baik saja setelah dipake beberapa puluh km kemudian tampak bengkok walaupun dalam posisi standby

  15. per kalo terdiri dari rate berbeda memang akan menimbulkan efek visual. coba googling aja gambar tipuan atau ilusi mata. macem2 efek yang dihasilkan dari bentuk2 geometri yang sebetulnya bukan seperti yang terlihat. Ayo sekolah

  16. jadi pengen ketawa sambil guling2. gara2 efek ilusi mata jadi bahan utama BC. hadeeeeh … ayo sekolah

  17. memang sulit menerima kenyataan bila kita pernah salah menghitung. water pass pun bisa lebih hebat dari komputer. wkwkwkwkwkwk

    • Ya iya lah mau pake alat apa lagi coba kalo bukan itu. secara pabrikan ama bengkel peralatan beda jauh. Orang taunya shock bengkok berarti dibawah rata rata kualitasnya ( padahal produk baru ) udah gitu aja. gag usah pembelaan terus. menurut opini saya : pihak ahm membeberkan fakta supaya konsumen nggak ragu lagi untuk beli. Kalau semua itu normal kenapa tidak terjadi pada honda beat yg notabene lebih banyak populasinya

      Maaf bung no bc sy jg punya honda

  18. hahaha intine wong ora ndue duit terus ora mampu tuku pcx dadi nggawe akeh alasan ….
    hahaha kasiannn ….

  19. Ekekekek

    Ane selaku perwakilan dr segelintir ngepbeha mohon maaf lahir batin untuk pengunjung warung ini

    Untuk bulan ini stop BC

    #LanjutBulanDepan

    ???

  20. biasalah itu kaum FBY yg katanya smart…ngitung ngitng presisi frame cuma modal kayu doing tapi gayanya dah ky PROPESSORR ..maklumin aja namannya juga FBY

  21. Ekekekek

    Matur nuwun lek Iwan atas responnya tentang perihal suspensi yg gk center telah tersampaikan ke pihak ngahaem

    semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dr tahun2 sebelumnya dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda

    #SalamJosGandos

  22. hmm… ada yang normal ada yang keliatan bengkok shock nya, tapi menurut penjelasan ahm soal visual saja. Jadi kalo yang kebetulan dapat shock bengkok ya dinikmati aja 😀

    • pasrah aja mau dibenerin juga impossible. nikmatin aja ya kalo dapet yang “terlihat” bengkok 🙂

      smart

  23. Lebih bagusnya mengenai peer bermasalah coba tanya semua pembeli pcx 30 ribu di tanya satu persatu baru itu real karena konsumen itu yang merasakan apakah ada kekurangan atau tidak . gitu kira kira

  24. yah namanya orang jualan yah pasti dibilang baik -baik dan bagus bagus saja jadi ingat kasus akra. Namun secara visual ya aneh saja lihat shock bengkok sedang kompetitornya bisa lurus dah gitu saja

  25. mantap penjelasannya. Yang masih ragu dengan kualitas PCX AHM.. udah pada yakin belom? hehehe..
    come and visit please:
    bramotor.wordpress.com/2018/05/17/motor-2-tak-idola-generasi-90-an/

  26. setuju ..

    kalo ngukur frame itu itungannya njlimet

    makanya saya gak pernah modif motor dengan bikin/modif frame sendiri,meski banyak bengkel bisa bikin sasis modif ala moge dsb,asal jalan sih bisa tapi kenyamanan,handling dsb itu semua ada rumusnya,belajar rumus dari mana? dari sekolah,bukan dari youtube/medsos

    • Bengkel cukup lulus smk sudah bisa kerja dan dapet gelar bengkel. Gak ada kan syarat mau jadi bengkel diharuskan kuliah dulu, beda ya kalo mau jadi insinyur minimal diharuskan sarjana dulu. Kalo mau jadi bengkel gak ada syarat minimalnya, lulusan sd saja bisa.

  27. Justru PCX ini special, bahkan suspensi model 3 rate ini tidak dimiliki produk lain, pada Vario sekalipun…” tapi kok beberapa blogger yang review test ride bilang shocknya keras jadi spesialnya dimana. Apakah secara visual terlihat bengkok itu menjadikan spesial

  28. Barusan berangkat pagi ketemu pcx plat bulan april dan saya perhatiin memang secara visual shocknya terlihat bengkok padahal tanpa boncengan dan jalan aspalnya mulus

  29. Rangka rompal and retak di CB 150R tolong di bahas juga lek sampaikan! Itu pake rangka apa kok bisa rompal?

    • Gw user ncb 150 bos, ga ada tuh gejala rangka timpal. Sodara gw juga user ocb 150, motor udah lama udah sering dipake jauh udah sering “jilat” kondisi aspal kaya gimana pun ga ada rangka rompal, mungkin otak sampeyan mas yg udah rompal bin oblak

  30. Tapi lek, bagi sebagian makluk fb kelihatannya artikel ini gak nyampe di otak lek. Bagi mereka terlalu “apa itu?”. buktinya udah dijelasin gamblang apa itu 2 rate, apa itu 3 rate, apa itu 3D Gom, bahkan apa itu komputer aja masih belum mudeng. kelihatan dari komennya. kalo water pass mungkin mereka agak tahu yaitu buat ngitung dimensi frame lek.

    • Sudahlan brooo…. Terlanjur rame jeleknya dari awal. Mulai dari knalpot akrapovic. Lanjut ke sasis. dll….dkk….dsb…. Emang enak gitu dikibulin balik-bolak ama ngahaem

  31. karena pemberitaan per pcx bengkok, hampir anak saya mau ganti per pcx, padahal pernya lurus center dengan tabung, Saya bilang kamu harus pintar, sebagai konsumen kalau ada cacat produksi pabrik tinggal komplain saja ke DAM.jangan main ganti2 sendiri. informasi dari kedua anak saya. Alhamdulillah PCX nya irit, mantap dan keren katanya.

  32. Terus solusi untuk PCX yang secara visual shocknya miring apa kang?
    Apakah AHM akan melakukan pergantian atau dibiarkan saja?

  33. Penerawangan ane. Dudukan shok kanan kiri emang sengaja tidak dibuat sejajar. Entah itu pake rumus apa honda. Mungkin krna efek penambahan cakram belakang.

  34. Jual kenyamanan koq cvt nya gredeg”…nti dibilang normal juga krn cvt kotor hrs dibersihkan!masa iya bersihin cvt 4 hari sekali???hayooo ahaem mau ngmng ap lg hayoo???

  35. Ya begitulah efbeyek, udh dijelasin sedetail itu masih ga paham juga. Ga ngerti lagi sama efbeyek. Ga punya bahan BCan lagi mereka

  36. ahm ngmg canggih2 bgitu tapi kalo yg dirasa, dilihat dan dipakai para pengguna ga enak, ya percuma…

    ane ga usa diragukan lagi dah uda pernah punya motor honda brp biji.. supra x 99, supra x 2008 (ada 2), karisma 2005, vario 125 2013, ama ini pcx…

    yg paling keren bentuknya jelas pcx ini.. tp yg paling banyak pertanyaan mgkn pcx ini…
    kenapa ini “visual” per-nya bengkok dan ampe ngegerus tabung di dalemnya?
    apakah cacat design dan dibiarin aja?
    jok keras, shock belakang keras.. untung shock depan lembut banget…
    kenapa ini jok dibuat licin antara busa dan kulitnya? ga enak tiap ngerem harus benerin posisi pantat
    kenapa ini pernis/coating cat bodinya tipis banget.. tiap bodinya dilap pake tisu/tangan/lap turtle/kanebo lgsg keliatan baret alus… ane punya yg hitam.
    udah gitu parahnya catnya ga rata.. cat yg di bodi di bawah lampu tipis banget.. ampe berasa kasar banget… hahahhaha
    kaca/mika speedometer yang super gampang lecet…
    tone klakson yg aneh (selera)..
    dan skrg knalpotnya udah mulai nembak2 dikit.. entahlah kenapa bgitu

    untungnya ga ngalamin yg namanya mesin berisik, aki tekor, gredek2 parah, spakbor blkg miring yg ternyata rangkanya miring beneran kata ahass (ada di grup fb), tutup bensin susah dibuka, velg blkg koclak, dll…

    mungkin ini pcx jadi produk ahm terakhir yang ane beli…
    lgsg ke produk honda cbu aja atau merek sebelah..

    • justru dari pemilik yg bisa ceritain kelemahan produk bgini guna banget, orang yg mau beli jadi udah siap dengan kemungkinan terburuk & ga overekspektasi yg bkin kcewa, justru lebih mantep mau bli atau ga belinya.

  37. Intinya ahm ngakuin per nya bengkok. Anehnya di thread pcx kaskus ada yang nyobain pasang shock pcx di nmax malah nggak bengkok. Emang baik ahm ngasih part modif nmax.

  38. Udahlah..yg suka beli..yg gak suka beli yg lain..gitu aja repot.toh yg kliatan lurus blunus juga terasa keras kan?..

  39. Ngukur center rangka kok pake waterpass, lu kira lagi masang hebel??? Kocak tuh bengkel modif
    Udah kejawab tuh shock PCX bengkok karena faktor apa, udah pada puas belum nih fby???

  40. Sing seneng tukuo sing ora sene ora usah tuku ra due duit sing jelas, ora usah banyak cingcona
    Arep tuku ora iso alesane sing mletot sing miring, behahahahaha…….

  41. Punya saya bukan cuma per shock bengkok tapi Stang Oglek, sapkboar miring sama ban, gredek, geter, baru dateng malah mesin klotok klotok.. eh sekarang suka nembak nembak knalpotnya..

  42. motor sok ga jelas, di bela bela in lagi mestinya recall ganti berikan layanan yg prima ke customer gitu paham

  43. Saya setuju lek sama Engineer AHM. kebetulan saya juga Mahasiswa teknik Mesin yaa calon Engineer jg. Efek visual Bengkok memang krna 3Rate di Per nya. klo di perhatikan maka akan mulai terlihat bengkok pada Rate yg bawah/ yg paling renggang. tapi ini memang cara yang paling ampuh untuk membuat Rasa Stiff untuk Solo rider supaya handling dapet dan jg kenyamanan saat Berboncengan. itulab kenapa di pakai 3 Rate. jd yg membuat empuk itu ketika beban yang solo rider hanya sampe medium rate/tengah supaya berkendara stiff dan ketika berboncengan maka beratnya sampai ke rate ke 3 yg bawah/pling renggang untuk kenyamanan. Mungkin ini memang udah racikan yg tepat untuk PCX dalam segala situasi..

    Contoh lainnya coba aja cari per yg memiliki 3 rate ( yg sekecil jari entah dri per Pulpen atau apapun) elu tekan dri atas sampai bawah tp jgn sampai bengkok nah disitu akan terlihat yg memiliki visual bengkok adalah rate ke 3 yg longgar , krna saat di beri tekanan maka saat terjadi Kerapatan, otomatis yg pling longgar akan sedikit menjauh dri titik centernya tp masih pada Fungsi yg wajar ( Desain aHm masih dlm batas aman, Klo rate ke 3 yg sedikit lebih panjang maka bkan visual yg bengkok melainkan benar” bengkok , tp Klo rate ke 1 dan 2 yg lebih panjang dri rate 3 maka efeknya tidak di dapatkan Keempukan saat berboncengan melainkan Shock akan ttp Stiff seperti solo riding )..

    walau Kalian Awam setidaknya dri apa yang ada d sekitar kita kalian perhatikan lah. masa ga paham sama Shock/per yg sering kalian liat. kbanyakan BC tnpa Data sih. wkwkwkwkk

    • Mereka menilai pake ilmu “cocot” bro….ga tau betapa susahnya masuk dan kerja di AHM apalagi jika ilmu hanya ekonomi tapi bahas mekanikal…???

    • Kalau sampai plastik yang di dalem per itu baret karena kegerus per apa itu masuk efek visual suhu

    • NIH baru komen yang pake ilmu..
      Mantap bro.
      lumayan buat ngegampar tukang BC militan yg terorganisir pesanan yahomo

    • Baru mahasiswa teknik mesin ya? Saya sudah pernah merasakan lulus teknik mesin dan saat ini motor saya termasuk yg mengalaminya. Mungkin suatu saat jika kamu sudah lulus dan punya motor yg mengalami kasus seperti yg dibicarakan, mungkin akan berkata lain.

    • malas meladeni komentar tnpa identitas. bsanya pake nama” ga jelas. krna netizen di kasih tau yg bener jg bakalan bc. kadang ga ngerti sama mereka apa sih susahnya baca artikel dan komentar yg membangun. klo kritik langsung email aja beres. ga usah maki” dan BC BC an. heran netizen jaman now. tak ber otak

    • Mahasiswa guoblok,,,,ngakunya anak mesin,,,,mesin apa ? Mesin gilingan kacang ?

      Sales cawat saza ngaku-ngaku mahasiswa mesin

      Belum lulus saza sdh sok tempe ente

    • Kalau sampai plastik yang di dalem per itu baret karena kegerus per apa itu masuk efek visual suhu 😀

  44. Saya kurang setuju dengan mas Iwan dan Pabrikan Honda untuk masalah yang satu ini, saya pernah melihat langsung per pcx ketika dibonceng 3 orang, memang melengkung mas, tidak perlu ditutupi, adalah kesalahan perusahaan ketika ada cacat produksi ditutup-tutupi, lebih bagus diakui dan recall ganti per..

  45. Apakah akan dilakukan REVISI??
    Kapan?? Smoga ada PEMBERITAHUAN/informasi revisinya,
    Biar yg mau beli tau PCX nya sudah direvisi atau blm…

  46. Wah g jadi deh yang mau beli pcx ,ya akhrinya beli nmax aja yang kualitas eropa, dan mesinnya canggih, jadi makin yakin dengan kualitas yamaha

  47. lah teman saya pemilik dealer diundang astra dewi sartika bahas beginian, ada kesalahan sasis yang diimpor dari china.

  48. Sebab jika ada clearance atau perbedaan sedikit saja maka pengaruhnya besar. Seperti kerenggangan body ataupun casing.
    emng renggang bodi uda bawaan pabrik

  49. ojo ngeyel, wis dikandani..yen tetep ngeyel opomeneh BC sampluk sandal swallow..hehehe..
    come and visit please:
    bramotor.wordpress.com/2018/05/17/jadwal-motogp-le-mans-prancis-2018/

  50. Bule Bule eropa udah naik mesin sohc 4 klep di Forza 125cc dan Forza 300cc disini fbh nya masih bergelut dengan picek mesin lemot sohc 2 klep

  51. Bagaimana dengan pcx 2018 thailand, ada masalah seperti yang dikeluhkan konsumen di Indonesia ga? Kalo ga ada berarti masalahnya di qc, tp kalo ada juga berarti masalahnya di desain suspensinya.

  52. Jadi intinya mereka memberikan jawaban seperti ini seolah olah tuh konsumen keledai. Cuma iya juga sih wong dikasih barang busuk manggut manggut doank. ???

  53. saya pengguna pcx 2018 nggak masalah dengan suspensi. tapi motor saya bermasalah di bagian roda depan / suspensi depan. jika berjalan di range 35km – 50km. motor bagian depan serasa bergetar. makin halus jalanan makin terasa bergetarnya. ada solusi ?

  54. Ya iyalah yg punya nmax kawe gak koar koar motornya cacat. Malu dah terlanjur beli N muja muja gak taunya produk zonk. Apalagi yg nyicil 3 tahun ???

    • haiyyaaa lu ouwlang bisanya cm nyinyir mulu waaa
      pcx / nmax semua pst ada plus minusnya waaa

      klo pgn punya motor sempurna lu ouwlang beli NINJA H2 kyk owe punya waaa

      SuamploXxx velg emas 24k H2

  55. Ditanya shock bengkok, jawabnya karena 3 spring rate. Emang yang bisa bikin 3 spring rate AHM doang? Apa mereka bengkok juga?
    Ditanya sasis gak simetris, jawab ngeles pakai teknologi canggih presisi 1 milimeter. Haha. Industri elektronik jauh lebih presisi bahkan sampai nanometer, Pak. Secara implisit, itu malah merendahkan bengkel jalanan. Jangan salah, bengkel jalanan lebih BERPENGALAMAN dengan masalah ANEKA jenis motor daripada AHM.

    Sebenernya simpel, RECALL semua yang bengkok, klotok, bocor dan patah.
    Mana katanya Aftersales terbaik? Bullshit. Ngeles doang bisanya.

  56. Yg protes ngukur pake dalil waterpass, pabrikan ngukur pake dalil robotik dan segala macam sesnsornya…lah yg satu pake alat murah yg satu pake alat mahal bgt…wes monggo percaya dalil yg mana…dah gitu aja

  57. Dari video Genetic Motor, alasan standar ganda atau lantai yg g datar udah terbantah, Kang. Di videonya, Genetic Motor pakai 2 waterpas. Kalau lantainya yg g datar, seharusnya kedua waterpasnya memperlihatkan posisi yg sama. Nah.. ini kan tidak. Waterpas yg satu, datar.. yg satunya miring. Ini kan jelas ada yg tidak simetris.

  58. Bikin laporan pandangan mata dari komunitas langsung, Mas. Kl dari pabrikan yaaa semuanya sdh perfect…. mau gimana jg dia gak mau barang dia dibilang cacat. Udah dicek warna merah punya sampen bagian dpan dan blakangnya. Pasti belang jg.

  59. Yo wiiss… ngga usah debat kusir lagi semua udah clear dari ahaem 😀
    Percuma juga koar2, ini motor udah dibuat sesempurna mungkin 😀

  60. Jangankan cuma shock bengkok… Rangka patah aja yg udah ada korbannya tetep kok g mau mengakui, jadi jangan berharap yg macem2 klo udah punya nikmatin aja, berdoa sbelum bepergian semoga shocknya gak patah dijalan

  61. mewakili suara hati fby, dengan ini kami mohon kepada ahm/honda, jangan lah merenggut satu satunya harga diri fby yang tersisa yaitu shock pcx bengkok,

    adapun kebanggaan fby telah amsyong:
    motogp tewas
    arrc modar
    irs koid
    ms secuil yang makin tipis dan merana
    raja sport tinggal ampas
    design yahaha amit amit jijik cuih

    akhirnya kami fby mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada ahm/ngondah, karena telah memberikan atau menyisakan satu satunya kebanggaan terakhir kami yaitu shock pcx bengkok. salam.

  62. klo di kendaraan roda 4 byk yg minta ganti unit ko klo ada cacat
    tp knp roda dua yg ga smhal roda 4 konsumen kalah molo ya
    karna komplain Roda 4 lebih parah sampe bawa loyer dll
    pasti ttetp hrs ada solusi atau ga after improvement cuma ga bakal dishare ke konsumen lah masbro hehehe sy jg org otomotif dah biasa bgtu
    ga mungkin AHM ga investigasi
    nah sambil nunggu yg improvement pernyataan diatas untuk meresap komplain yg ada dulu
    pabrikan justru gentle itu Honda PM recall mengakuikarna ada system bnormal pad booster rem dan cylinder wheel aj mengakui tapi enaknya kan konsumen tenang setelah direcall
    misal sudah jelas bengkok trus dibilng normal trus klo tambah bengkok apa solusinya .

  63. kalo melihat kolom komentar, maka sudah sangat jelas, pihak yang paling dirugikan atas kasus shock pcx bengkok adalah “fby duh”, maka dari itu, daripada komen gak jelas di sini, yang sudah barang tentu tidak ada solusi, maka disarankan “fby duh” melakukan gugatan hukum dengan bantuan y*ki, agar diperoleh solusi yang memuaskan. terima kasih.

  64. Harusnya yang merasa pcx shock nya bengkok komplain lah jangan dibelain. Gw yakin kalo banyak yang komplain pasti ahm mau recall. Disini dikasih statement shock bengkok itu wajar pada nurut” aja. Jadi konsumen yang pinter. Jangan mau diboongin pabrikan otomotif.

  65. Saya barusan ke ahass untuk cek komplen saya dimana cover tube shock sebelah kiri sudah menipis sebagian akibat gesekan dg outer spring. Kata bengkel memang ditemukan penipisan, tp katanya masih dinyatakan normal. Dr bengkel malah suruh baca ini yg kira2 mendukung AHM. Mohon maaf pak bengkel, saya tahu kalian hanya sekedar menjalankan tugas.
    Kayaknya cover tube shockbreaker itu nantinya bisa jadi consumable bukan lg sparepart. Baru sekitar 1200km saja penipisannya sudah parah apalagi kalau sudah 15000km?

  66. Intinya shock dengan visual bengkok itu hanya ada di pcx…dan itu salah satu kelebihan dari shock pcx ini….sudah dijelaskan diatas

    Jadi mulai sekarang para sales kalau lgi ngadepin konsumen jangan cuma bilang pcx ini canggih…speedometer keren…tapi juga bilang salah satu kelebihan yg nggak dimiliki motor lain adalah shock belakangnya yg kelihatan BENGKOKKK. Yakinlah calon konsumen akan manggut2 dan MIKIR KERASSS bahwa jaman sekarang ada juga model shock bengkok

  67. Buat para OWNER pcx lokal, siapkan jawaban juga ya…kalau lagi nongkrong trus ada yg tanya motornya keren, tapi itu kok shocknya kayak bengkok….siap2 kalian jawab…iya itu VISUAL saja…itulah kelebihan dari pcx ini yg tidak dimiliki motor lain.

    Itu yg saya tangkap dri artikel ini. Iya kan mas iwb.

  68. Cak cak sampeyan di kadalin…
    AHM emang jago ngeles mosok ono rate 3, konco2 kuliah akeh neng kono.
    Termasuk alat 3D scan wis uakeh nengdi2.

  69. gapapa penting masih laku dan ms full
    yg penting selama konsumen masih banyak yg DUNGU pasti MS tinggi

  70. 1. Klo mmg peernya letoy kok cuma sebelah.
    2. Ada baiknya d crosscheck k yg punya bengkel modif dan yg merasa ngalamin. Klo mmg kesalahan produk y monggo d cek lg semuanya skalian penggantian partnya.
    3. Saya akuin untuk shock pcx (thai) mmg nyaman buat jalan santai maupun jauh. Cm y mmg agak pendek jd gampang gesek d polisi tidur (ground clearence).
    4. Saya awam jd masalah akurat/presisinya saya ga ngerti. Dan saya ga punya / lom punya pcx lokal jd y cuma ambil netralnya.

  71. Honda pandai berkilah, bahasanya juga yang org awam gak ngerti alias yg cm busa mangguk2. Jelas Honda akan bela mati2an lah orang ni produk jelas2 dibikin untuk gebukin si nmax, masa Honda mw mengiyakan kalo produknya cacat.wkwk
    Sudahlah, jika memang bukan cacat anggap saja itu kekurangan PCX, motor yg katanya premium tp malu2in di lampu merah krn shock mleyot. Terima aja wahai para pembeli PCX generasi pertama, krn gak akan mungkin Honda melakukan Recall untuk sasis.hihi

  72. Susah kalo mengakuin dengan fakta yang ada…apalagi sekelas AHM

    Saya yakin mereka akan melakukan silent recall berjamaah,karna tidak mengakui produk PCX ini kurang sempurna,terutama shockbeker dan berkaitan dengan sasis tentunya..

    Pembuktian atau alibi dengan presentasi yang mereka jelaskan,tidak menjawab problem fakta yang ada..

    MANA ada produk jadi,per bisa miring…untung ni motor produk lokal,yang konsumen nya kebanyakan buta merk..

    KALO produk CBU,udah pasti recall secara jantan..

  73. Bener kang iwan..kl bisa vendor suruh buat shock yg lebih ok dilihat,tnpa merusak sisi fungsional…
    Ibarat makanan enak di lihat n enak jg di rasa harusnya..

  74. coba hbs d ukur pake waterpas d cros lg pake selang tukang, takutnya lantai ndk rata pas ngukur kang

  75. ekekekek

    wlahhhh

    gak suspensi gak frame sampai Daleman sampai semrawuttt…

    makanan empuk Churuttzzz …

    hayayayayay

  76. Honda pandai berkilah, bahasanya juga yang org awam gak ngerti alias yg cm busa mangguk2. Jelas Honda akan bela mati2an lah orang ni produk jelas2 dibikin untuk gebukin si nmax, masa Honda mw mengiyakan kalo produknya cacat.wkwk
    Sudahlah, jika memang bukan cacat anggap saja itu kekurangan PCX, motor yg katanya premium tp malu2in di lampu merah krn shock mleyot. Terima aja wahai para pembeli PCX generasi pertama, krn gak akan mungkin Honda melakukan Recall untuk sasis.
    Jos gandop kotos kotos nganti mbledos koyo teroris

    • velg vario 125 temen ane oblag bagian tengahnya aja (km masih 5000, pakai rumah-pasar kopro) ditolak klaimnya.. akhirny beli baru karena butuh cepet.. lucunya waktu dipasang velg vario 125 gen awal, langsung presisi mantap.. yang lebih lucu, nih velg yg oblag merk enkei…

  77. TELAT RESPONNYA KANG ANE DAH MINANG MERK SEBELAH!!!!!!!!
    BAGAIMANAPUN KALAU PER NYA MELENGKUNG MESKI ITU SECARA VISUAL, TETAP AJA KALAU DILIHAT NGGAK ENAK KANG!!!
    VENDOR HARUS CARI SOLUSI GIMANA CARANYA AGAR PER NEW PCX SECARA VISUAL GAK MELENGKUNG KANG!!!!!

  78. Ane udah pilih NMAX kang…
    Telat infonya ntah betul tidak ini bengkok cuma visual. Tp serem juga dibuat turing PCX tau2 malah patah kan seram

    Ane udah minang merk sebelah Ymh.
    So far oke bagus.

  79. emang sih bengkok (punya teman sy) … tp ktika sy di boncengin enak-enak aja … yg punya jg ga masalah … kalo patah dan ga berfungsi baru deh tu boleh rame ..

  80. Ekekekekek
    Yng suka nyinyirin PCX, BC sana sini itu cuma orang” yng g mampu beli motor diatas 25 jt + FB sebelah. Tau ndiri kan penjualan PCX lumayan tiap bulan nya.
    Mereka ketar ketir cuyy, kan produk yng diandelin g mau diobrak abrik pasarnya sama PCX.

    Ekekekekke cruuoott , segeralah insyaf wahai tukan BC

    • haha ga mau beli kok di samain dg ga mampu beli.duit2 ente,harusnya ente dong yg jadi bosnya pengen beli apa,pengen produk yg bagaimana.masak pasrah aja sih jadi kacung??

  81. itulah istimiwirnya tehnologi pcx lokal yg ga ada di produk lain,bahkan pcx edisi selanjutnya sekalipun bakalan ga ada lagi tehnologi istimewa ini.jadi beruntunglah kalian yg mendapatkan pcx dg per yg “kelihatan” bengkok..selamat menikmati.sekian

  82. tinggal milih aja repot..

    shock PCX = dirasa enak, diliat ga enak
    shock Nmax = diliat enak, dirasa ga enak

    pilih mana..?

  83. Yaaaah begini aja udah ribut, nooh Skywave aing udah 10 tahun masih bagus laher² shockbreaker dan mesin, padahal mesin mau direstorasi full, eh kata mekanik masih bagus² pa ga perlu, lumayan 125 ngacir 110 km/h…

  84. Yang saya mau tanyakan KENAPA MOTOR BARU.. DAN BARU BERAPA Km… PER SHOCK BISA BENGKOK….??????
    APAKAH MAU ALASAN VISUAL LG… APAKAH MAU ALASAN TETAP BERFUNGSI DENGAN BAIK… COBA BERIKAN JAWABAN BUAT SAYA SEBAGAI KONSUMEN PCX… TRIMS WASSALAM

  85. Dari awal memang sangat minim bila menafsirkan rangka gak sama alias ga center, sebab alat yang buat ngukur juga ckckckckc
    Dibanding sama komputer yang akurasinya lebih dari 95%
    Gak heran juga AHM ogah recall, sebab ini kesalahan vendor, jadi memang harusnya dari vendor yang setuju ngajuin recall
    Tapi untuk brand sekelas showa sampe bisa bikin produk yang cacat secara visual,? Sangat disayangkan
    Jadi inget artikel siapa ya yang ahli suspensi bilang cuman cacat visual selebihnya berjalan dg baik, berarti itu orang memang pandai pada bidangnya
    Opa sudah ada PCX yang diganti suspensinya?? Apa masih mletoy?
    Mungkin mesinnya yang masih mletoy
    Ckckck

  86. Kalau masalah gredek di cvt nya gmana tuh? Sama getaran distang saat stop and go.. soalnya ganggu bgt itu.. jd bikin ga nyaman.

  87. Di kantor saya ada bbrp yg punya pcx 2018 lokal, ada 3 yg saya cek, 2 sdh pasti meleyot, saya foto, yg satu blm kelihatan (baru sedikit sekali meleyotnya) krn pemakaianx cuma dr kos ke ktr dan kampus, jaraknya deket2. Dah gitu aja

  88. “Tiap frame ini ada quality check yang akan memastikan tiap sudut presisi

    Jikapun robot salah melakukan pengelasan (frame Honda welding menggunakan robot), maka akan langsung kita ketahui dari Quality checking. Dari sini frame akan langsung kita scrap atau hancurkan. Sedang robot ada yang namanya kalibrasi rutin sehingga selalu presisi…”

    quality check? sasis megapro miring dari dealer dibiarkan sampai berapa tahun ya? trus waktu ane tnya ma orang pusat, jawabannya miring karena diikat pakai tali saat pengiriman? hello?

    langsung di scrap? setelah berapa tahun?

    trus ngeles pakai alasan karena pakai spring jenis 3rate? sorry ya, per dengan 3-rate sudah lama ada di pasaran, di motor2 merk india juga dah pakai dan ga ada tuh melengkung saat ditekan.. kalau mau ngeles itu yang lebih smart aja knapa ya?

    memang bener kalau mau cek chassis harus taw 0,0,0 nya dimana.. nah AHM bisa keluarin ga datanya yang ada di komputer, sama tang hasil pengukuran riil di motor produksi? diukur bareng2, ajak tuh media..

  89. Intinya ketika beli baru bengkok ngga dan setelah di pake beberapa km ada perubahan ngga ?? Klo saya lihat di beberapa PCX dengan pemakean awal aja per sudah bengkok apalagi di pake 2-3 tahun. Honda mah bilang enak aja ngga papa tp kan konsumen lihat yg punya motor baru shock udah bengkok ngga enak di lihat.
    Saya yakin klo pabrikan yg lain ada kasus seperti ini langsung recall ini mah buset dah.

  90. Nemen tenan yo…
    Peer ngegeser jadi keliatan visual gak center masih aja dibelain sebagai fitur spesial, ngoahahahaaaaa….

    Mbok cari alesan yang secara visual dan verbal pinteran dikit tow AHM, ngoahahahaaa… ???

  91. Cacad produksi itu hal yang biasa dalam pembuatan suatu barang (semua pabrikan sering mengalami hal seperti ini), yang jadi permasalahan mau ditemuin seberapa banyak masalahpun tetep AHM kaga bakalan mau Recall, harap dimaklum AHM cuma ambil untung dikit dari sekian banyak perakitan sepeda motor, kalo sampe recall bisa bangkrut itu perusahaan. tolong dimengerti kenapa sampe detik ini AHM tidak pernah melakukan recall diindonesia.
    ibarat pepatah, yang rusak 5 dari 100.000 unit anggap aja yang nerima 5 orang itu lagi apes.

  92. Saya tidak punya PCX lokal ini, tapi kalau seandainya memang seperti itu masalahnya, saya rasa cukup ganti shockbreaker bawaan dengan aftermarket, macam KYB mantap. Boleh kalau mau dibilang promosi, sudah coba buat Supra X dan BeAT soalnya.

  93. kalo rangka honda aku rasakan iya, nurut pengalamanku motor honda yg udah 3-5 taunan lebih pasti di pake udah gak enak, lari sana sini… apa lagi buat nikung dngan kecepatan tinggi bisa bahaya. aku rasa ada yg salah dengan rangkanya. yg aku rasakan di motor supra, blade dan vario. beda ama yamaha vega 2006 ku…masih lempeng dan berani buat nikung kenceng dan miring

  94. Brarti AHM lebih hebat dari honda thailand dan jepang bisa buat teknologi 3 tingkat pegasnya. Mantap!!! Dan ada teknologi kelenturan seperti manusia lentur di fantastic 4 juga, mantaaapp.. bisa bengkok2 gitu pegasnya, hitech banget.

  95. Thanks kang IWB,

    Kebetulan saya yg tag sampean di konsumsi BBM PCX saya di IG,

    Memang secara visual spring PCX saya terlihat bengkok, tapi silindernya lurus,

    Nah saya sempat khawatir apakah benar bengkok atau tidak begitu melihat di youtube tentang shockbreaker PCX bengkok.

    Tapi masa iya pengukuran titik sasis sampai seteledor itu dan pengukuran pembanding memakai alat seadanya.

    Memang memakai waterpass adalah alat ukur air, dimana permukaan fluida adalah selalu datar karena gravitasi bumi. Ya kita sendiri pengukuran lantai apakah sedetail itu sudah flat 180 derajat, kn tidak. Lalu lantai yg tidak rata dipakai untuk mengukur kepresisian 180 derajat.

  96. Ga harus punya PCX untuk komen kasus PCX. komen kritis itu didasari oleh konsumen yg peduli. Pemikiran bahwa konsumen harus dinomorsatukan itu penting. kalau kasus tidak dibenahi artinya konsumen yang terus dirugikan dan kita seolah membiarkan.. apapun pabrikannya klo ada indikasi membiarkan konsumen dirugikan ya harus disentil.. konsumen adalah raja. titik.

  97. percumah sih kalau komentar di kolomnya kang iwan, ada yang emang beneran subjektif, ada yang emang sengaja menggiring opini. ketawa2 aja klo liat komen2nya, yang sabar ya kang! salam jos gandos!

  98. DULU mio vs beat…awalnya mio jawara,sekarang..? Jawab tuh yg lantang para pembela yamaha..SEKARANG nmax vs pcx…kita lihat saja kedepannya gmn..salam satu aspal…

  99. Oh ….visual…
    Ternyata mataku salah lihat.
    Ya Tuhan yg maha Kuasa,tunjukilah kami jalan yg lurus dari informasi pembangunan opini publik yg menyesatkan dan pembunuhan karakter merk karena orang sotoy…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here