iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….pasca kemenangan dan dominasi dua pabrikan KTM dan Kawasaki diajang WSSP 300 di Aragon yang dipandang tidak fair membuat Yamaha melakukan protes keras. Protes ini langsung disikapi serius oleh komisi penyelenggara dengan meneluarkan beberapa aturan yakni kebiri RPM untuk KTM, Honda dan Kawasaki. Dan setelah regulasi direvisi,?Galang Hendra tampil cemerlang sabet posisi 5 !

Perjuangan pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama pantas diapresiasi. Start dari grid ke-14, rider asal Yogyakarta usia 19 tahun ini sukses finish ke-5 dalam seri ke-3 balap World SuperSport 300 (WSSP300) di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (13 Mei). Sebetulnya hasil sesi Superpole 2 (SP2), Galang Hendra berada di urutan ke-10, namun terkena penalti bersama banyak pembalap yang menurunkan kecepatan pada racing line saat kualifikasi hingga harus turun di grid ke-14….

Kondisi demikian justru menjadi motivasi Galang Hendra untuk mengukir prestasi lebih baik dari seri sebelumnya (Assen Belanda). Terbukti sejak lampu start menyala, Galang Hendra langsung melaju dan menembus deretan 10 besar. Bahkan pada lap ke-7, sudah masuk di urutan ke-7. Pada lima lap terakhir, Galang Hendra sempat berada di posisi ke-4 setelah melalui Borja Sanchez (Spanyol) dan Luca Grunwald (Jerman)….

iklan iwb

Balapan semakin ketat di lap-lap terakhir. Terdapat 7 racer yang tampil ngotot. Dalam hal ini, hanya Galang Hendra dan Kevin Sabatucci yang menunggangi Yamaha YZF-R3. Pada akhirnya, Galang Hendra dapat finish ke-5 dalam 11 lap trek Imola yang memiliki panjang 4,9 km. Bukti rider merah putih memang juozzz soal skill balap. Kondisi ini berbeda didua race sebelumnya yang tampak kesusahan. Dan setelah Yamaha melakukan protes…formulasi barupun digarap….

Peraturan baru digodok agar Yamaha R3 tidak dirugikan akibat kubikasinya paling kecil. Peraturan ini memberikan pembatasan RPM pada motor 400cc dan menaikkan limiter motor kubikasi 320cc. Adapun isi dari regulasi bari WSSP 300 terbaru adalah…

  • Kawasaki Ninja 300 limiter maksimal dipatok 13.000RPM (bobot minimal 140kg)
  • Kawasaki Ninja 400 (EX400G/H/J) limiter diturunkan dari 12,000RPM menjadi 10.800 RPM (bobot minimal 150kg)
  • Yamaha YZF-R3 limiter dinaikkan dari 12.850 RPM menjadi 13.100 RPM (bobot minimal 140kg)
  • KTM RC390 limiter diturunkan menjadi hanya 10.450RPM dari sebelumnya 11.000 RPM (karena mesin 1 silinder bobot minimal 136kg)
  • Honda CBR500R sedikit dinaikkan menjadi 11.200RPM dari awalnya 9.500RPM (bobot minimal 143kg)

Yup…itulah jawaban bagi sampeyan yang penasaran kenapa motor 320cc diadu dengan motor 500cc. Jawabannya adalah kemampuan asli big cc sebenarnya sudah dikebiri untuk memberikan kesempatan pada cc dibawahnya. Dan kini setelah pemangkasan limiter plus pengaturan bobot sudah dianggap fair. Nggak heran R3 sekarang bisa mengejar para rival. Terbukti dengan berimbangnya kekuatan kini Galang berhasil finish kelima yang artinya skill bocah ini memang juozz gandozzz…(YIMM PR edited iwb)

63 COMMENTS

    • “Pray for #Indonesia,” kicau Lorenzo sambil mengunggah gambar di akun Twitter, @lorenzo99.

    • Balap ga jelas..

      Mending AP250.

      IKI BALAP GA JELAS BLAS..

      NAIK MOTOR GEDE 500CC TAPI TENAGA DIKEBIRI.. MENDING 300CC…

      JELAS LEBIH LINCAH.. 300CC.. LEBIH ENTENG.. KETIMBANG YG 500CC.

    • Mau den dimas, mau mas galang
      Mesti didukung mas bro kang bro bang bro

      Kan kalo bagus indonesia jg yg bangga

  1. ayo galang. .kumandang kan indonesia raya di kancah dunia.hmm . .apresiasi jg buat yamaha. pandai mncari, meningkatkan kemampuan rider indonesia yg berbakat.
    mannttaapp. .

  2. harusnya tau diri, cuma 325cc vs 400cc vs 390cc, yang 325cc itu upgrade,bukan protes sana sini kayak balap karung aja,gak bisa melawan kok protes

    sekarang sudah oprek regulasi masih pecundang juga???

    • Bro ini emang balap 300cc namanya aja wssp 300 seharusnya justru yang lain harusnya pakai kubilang 300cc juga bukannya 500 cc, kecuali kalo ini wssp500 baru kamu komen kaya diatas..

    • Kalo r3 diupgrade jadi 400cc atau 500cc jadinya bukan wssp300 tapi wssp400 atau wssp 500 karna pesertanya tdk ada yg 300cc…

    • Mending cbr500 suruh ikut wssp 600 suruh lawan r6. Kan cuma beda 100cc. Dari pada ikut wssp 300 lawan r3 ccnya beda brpa jauh itu…

    • Pecundangan mana sm masbri yg bsanya cuman nyinyir dblog webeh
      Heeeeeeeeee

    • Paijo 14 May, 2018 at 17:19
      Mending cbr500 suruh ikut wssp 600 suruh lawan r6. Kan cuma beda 100cc. Dari pada ikut wssp 300 lawan r3 ccnya beda brpa jauh itu?

      ——————-

      Udah ngopi mas ??

      Ini komen ap coba,,,
      Wkwkw ??

  3. CBR 5000 dikekang 8500 rpm

    balapan kok 8500rpm kayak supra 125 aja

    yang komen di atas ngetawain CBR500 baca regulasi dulu…

    karena CBR500 di kebiri makanya yang balapan WSS300 ogah pake CBR500,cuma dipakai 2 pembalap

    Intinya ini yang bikin regulasi pusing, bikin WSS300 tapi ga ada motor yang murni 300cc, R3 325cc, Ninja 400cc, KTM RC 390cc, Honda CBR 500 cc , tak heran balapan ini kalah pamor sama Red Bull Rookies Cup dengan jenjang langsung ke moto 3

    • Dibanding yg bikin regulasi kayanya lebih pusing masbro mikirin kalimat buat komen nyinyir

      Galang bawa indonesia masbro begitu jg dimas ekky
      Apapun tunggangannya
      Heeeeeeee

  4. Balapan gado-gado.. regulasipun mencari titi balance antara yang terkecil dan terbesar..
    Di jamin panitianya mumet bikin regulasi wkwk..

  5. Bro ini kan memang balap 300cc namanya aja wssp 300, r3 itu sebenarnya udah yg paling benar, justru yg lain yg gak bener balap 300cc kok malah pake 400 cc 500cc. Seharusnya bukan r3 yg harus diupgrade tapi yg lain yg harusnya menyesuaikan dengan menurunkan 300cc.

  6. r3 naik dari 12.850 ke 13.100= naik 250 rpm (diketik tebal)
    cbr500r dari 9.500 ke 11.200= naik 1.700 rpm (diketik biasa)
    tapi iwb bilang ?Honda CBR500R sedikit dinaikkan menjadi 11.200RPM dari awalnya 9.500RPM?
    hmmm sudah kuduga

    • Diketik tebal karena yg protes kemarin kan yamaha. Hanya ingin memperjelas bahwa protes sudah direspon. Yg ditebalin ngak hanya R3 kan….RC dan Ninja juga krn yang terlibat dalam kompetisi kuat mereka bertiga. Baper bener kang…cewek aja ngak segitu bapernya??

    • Wakakaka…

      Font aja diributin..

      Cak IWB…terima kasih sudah menghibur perjalan pulang kantor saya malam ini.. ????

    • naik 250 ngga ditulis sedikit, yang naik 1700 ditulis sedikit dinaikkan, logikanya????

  7. Masih nomor 5
    Maka masih WAJIB hukumnya bagi yamha untuk OPREK REGULASI lagi sampai jadi podium 1?????

    • Dan buat masbro
      Cuman masih sebatas bisanya nyinyir komen
      Heeeeeeeee

      Wajib hukumnya dukung atau diem, atau coba nyobain jd sembalap
      Heeeeeeee

    • Kmrn di arrc yg juara indonesia knapa lu ga jd benteng fby yg nyinyir ya bro spamhunter

    • Eh
      Berarti lagi g baca komen

      Sorry nih
      Ingetin lg kalo ada kejuaraan arrc
      Pokoknya spamhunter | fbi selalu apresiasi buat sembalap indonesia (coba cari ada g spam nyinyir biat dimas ekky “seingat spam tdk ada”)
      Heeeeeee
      ____
      Nah sekarang masbro parjo jwb
      Masbro bisanya apa selain nyinyir ?kalo g bs lebih baik mending diem masbro
      Heeeeeeee

    • Waduh ga paham nih, cb baca pelan2 apa ada saya bilang mas bro spam nyinyir arrc?? Yg saya bilang knapa mas bro ga jadi benteng fby? Maksudnya pas berita arrc kan bnyk tuh fby nyinyir, lha knpa mas bro ga mengcounter fby dgn rasa nasionalis nya mas bro yg tinggi, coba tanya kenapa? Apakah gara2 1 rasa sama2 pemuja yamaha atau ada alasan lain? Mohon bantuan nya mas bro spam..
      Mksh

    • Ekekekw

      Udaah bro, otak kagak sampe, lagian ini kan anggota baru BC yamaho, makanya pikiran sempit, yang penting digaji sama yamaho,,
      Ekeke

      Betuuul ?? ??

    • SPAMHUNTER | FBI 15 May, 2018 at 05:30
      Eh
      “Berarti lagi g baca komen”
      masbro yg mesti baca yg bener kayanya masbro
      Heeeeeeee
      Ah masbro mah ambekan

      Betul masbro
      Spam memang penikmat ymh u sekarang
      Heeeeeeeeeeee

      Catet nih sm masbro
      Spam g digaji ymh masbro spam hanya ingin mengimbangi bc an dr seles2 kaya masbro “itu jg kalo masbro seles”
      Heeeeeeeeeeeee
      Jangan pundungan masbro

    • Atau gini aja masbro
      Masbro kan kayanya “kalo iya bukan seles hon” masbro bela tuh kalo lg ada sembalap ina dr hon tp kaya spam masbro bukan malah jelek2in

      Oh iya pertanyaan spam blum dijawab masbro
      Masbro bs apa selain nyinyit sm ngambekan (tambahan)
      Heeeeeeee?

    • Hahahahahaha saya bukan sales apalagi penyembah merk dan tidak ambekan yaa..
      Apa ada saya menyinyir galang? Ga ada kan, jgn suka lari dari konteks yg di tanya, saya nanya knpa waktu galang di nyinyir oleh fbh mas bro spam selalu mengcounter balik dgn dalih nasionalis (dgn hrpn bahwa kl pebalap dari yamaha yg hanya bisa mengharumkan nama negara) tp pas kebalikan nya fby menyinyir pebalap ahm yg juara arrc mas bro spam ga ada membela dgn dalih nasionalis, jd kesimpulan nya baik fbh fby ataupun mas bro spam ga bakal ada jiwa nasionalis di dunia balap selama bukan merk nya yg menang.. Betuullll….
      Oya satu lagi yg di tanya ya apa bisa nya saya, saya jwb yaa bkn maksud sombong, sekarang saya sudah menciptakan lapangan kerja mas bro spam dari karyawan dan industri rmh tangga dan uang nya halal lho mas bro spam..

  8. Pabrik “Y” emang suka protess..

    Bentar lg moto gp yg diprotess sm pabrik “Y” karna kalah Teruss.

    • Sm kaya simasbro suka protes kalo bukan “H” yg balap
      Heeeeeeeee

      Indonesia loh ini

  9. perlu di inget wahai para fb fban. regulasi wssp300 di bentuk untuk menyetarakan kemampuan mesin motornya. ya kale kalo bikin regulasi asal ya cc paling gede ya yg dominan yg cc kecil ya bangkrut
    inikan judul balapan wssp300 semisal aja tiap pabrikan ngeluarin mesin dgn cc300 semua pasti ttep ada tp batesan kitiran rpmnya. ya intinya biar adil

Comments are closed.