Iwanbanaran.com – Kangbrooo… luar biasa geliat pabrikan lokal Viar yang hari ini resmi memperkenalkan motor listrik. Yang menarik cak… ini bukan motor listrik biasa melainkan motor trail yang diberi label dengan E-Cross ! Wihhhh….unik dan kudu digali ki cak….seperti apa ? Yukkk kita intip sama-sama….

Hari ini berlokasi di Gunung Pancar Bogor pabrikan motor asal Semarang yakni Viar secara resmi memperkenalkan motor listrik yang diberi label E-Cross. E-Sendiri merupakan singkatan dari elektrik dan cross adalah nama kebesaran produk trail dari Viar yang cukup terkenal. Hanya saja IWB tidak menyangka Mereka ternyata tertarik untuk membuat trail listrik….

Yupppp…..setelah Viar sukses merilis motor listrik Viar Q….hari ini Viar membuat kejutan dengan memperkenalkan satu motor trail yang mengusung nama Viar E-Cross. Tentu saja Ini sebuah gebrakan luar biasa mengingat belum ada satupun pabrikan berani memperkenalkan motor listrik di segmen trail. Dalam proses revealed… Viar memastikan merilis trail listriknya dalam 2 varian yakni Viar E-Cross Lite serta E-Cross Advance. Terus apa bedanya ??…

Sama-sama menggunakan baterai lithium sebagai pembangkit tenaga, untuk E-Cross Lite dibekali dengan daya lebih kecil yakni berkapasitas 48 volt 25 ampere (48V/25AH). Sementara untuk E-Cross Advance Viar membekali baterai dengan power lebih besar yakni berkapasitas 60 volt 32 ampere. Selain kapasitas baterai untuk versi Advance juga memiliki fitur fast charging sehingga dengan daya lebih besar trail E-Cross Advance hanya membutuhkan waktu 3 jam sekali charge. Hal ini beda dengan versi Lite yang memerlukan waktu 6 jam. Emang bisa melaju berapa jauh?

Dari klaim yang diberikan oleh pihak Viar, motor trail mereka sanggup menempuh perjalanan hingga 100 km per jam sekali charging. Lumayan cak. Yang menarik penerus daya dari motor model axial flux menggunakan multi stage coaxial transmission sistem yakni 2 Model penerus daya yakni sabuk (belt) dan rantai. Sabuk ini untuk mengakomodir putaran tinggi motor listrik yang Diteruskan oleh rantai untuk menggerakkan roda belakang…..

Dengan metode penggerak dua tahan ini akan memberikan keuntungan motor dapat bekerja pada putaran RPM tinggi namun konsumsi energi lebih efisien serta responsif pada segala kondisi putaran motor. Sementara itu selain mesin, Viar juga fokus pada sasis atau frame. Maklum kangbro, motor trail harus memiliki sasis yang kuat. Pilihannya adalah aluminium alloy…cadazz. nggak heran motor trail listrik Viar ini hanya berbobot 50 kg. Jadi sampeyan bisa bayangin PWRnya cak….

Jika kita mengintip spesifikasi akan kita ketahui bahwa dimensi panjang mencapai 1870 mm lebar 780 mm dengan tinggi 1040mm dengan ukuran jarak sumbu roda 1260 mm serta ground clearance yang cukup tinggi yakni 270mm. Sementara untuk ukuran roda ternyata Viar E-Cross dibekali ukuran pelk 19 inchi 70/100 sama depan belakang. Wehhh….unik juga cak…

Last….Viar E-Cross masih dalam tahap perkenalan sehingga harga resminya belum dirilis oleh pihak Viar. So mending kita tunggu cak. Btw….selain E-Cross konon Viar juga akan terus memperkenalkan konsep konsep baru varian motor listrik dalam jangka waktu 4 hingga 6 bulan kedepan. Kita tunggu saja gebrakan Viar lainnya. Pabrikan lokal paling agresif iki cak….(iwb)

Advertisements