iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….sopo yang nggak mengenal ketangguhan Suzuki diajang penggaruk tanah. Sejak era lawas, Suzuki terkenal memiliki TS family yang durable dan kondang sebagai motor trail tangguh. Nggak heran diera 4 tak ini, desakan kuat agar Suzuki menelurkan kembali motor trail. Dan sepertinya harapan sampeyan bukan hanya dalam mimpi cak. Sebab dari terawangan pribadi¬†Project trail Suzuki terus berjalan, berikut opsi mesin yang disandang !!

Suzuki adalah salah satu brand kondang yang memiliki trail tangguh yakni Suzuki TS. Motor tral 2 tak yang diperkenalkan sekitar tahun 1971 ini terus diproduksi hingga 2015. Suspensi yang mantap, mesin yang powerfull serta bobot ringan plus nggak rewel membuat nama TS cukup disegani. Sekarang bayangin wae cak…

Dengan mesin 125ccnya, TS mampu memuntahkan tenaga hingga 13KW atau sekitar 18HP. Semua makin terasa sempurna karena dengan bobot yang hanya 102 kg….top speed trail 125cc bisa menembus 138 km/jam. Mumpuni cak….asli juoz tenan untuk ukuran trail. Sayang karena emisi gas buang, mesin 2Tak terpaksa dibunuh dan kita tidak lagi mendengar perihal trail Suzuki kecuali DR200…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Untunglah tren naiknya Kawasaki KLX150 dan CRF150 juga diperhatikan Suzuki. Bahkan rumornya lagi, Yamaha sudah siap-siap dengan WR150nya. Indikasi tersebut kuat sekali dan IWB juga mencium geliat mereka. Memang sangat rapi dan halus, namun Yamaha sudah sudah dorongin diam-diam. Update mereka perlu kita pantengin semester 2 mengingat segmen ini memang tidak perlu buru-buru. Terus piye dengan Suzuki ?

Dari terawangan ilmu njengking mlumah murep IWB, project trail Suzuki disinyalir tetap jalan. Project yang dikembangkan langsung di Hamamatsu Jepang ini tidak main-main sebab Suzuki sepertinya mengembangkan dari awal ” All new” . Mereka cukup hati-hati untuk memilih spek mesin. Ada dua opsi engine yang akan dipilih mereka yakni SOHC atau DOHC, soal ini belum final cak. Kenapa ?

Dikelas penggaruk tanah, semua pabrikan menggunakan spek mesin SOHC. Intip saja Kawasaki KLX 150, Honda CRF150 dan calon Yamaha WR150….SOHC cak. Mungkin hanya Yamaha WR150 yang lebih maju dengan 4 katup, namun selebihnya identik dengan 2Valve. Sementara Suzuki ? Nahhh ini yang menarik cak…

Mereka tidak mencoret opsi engine DOHC GSX series untuk dijejalkan pada mesin calon trail barunya. Dengan dobel cam Suzuki memang bakal menjadi pabrikan paling superior diantara para kompetitornya dikelas trail. Namun bukannya tanpa kendala, dengan engine Dobel cam 4 katup maka akan sulit bagi mereka memasang banderol….mahal pakde jatuhnya. Jadinya dilema cak. Itulah kenapa opsi DOHC masih 50%….

Last…opsi kedua bisa tentu saja adalah SOHC 2 katup. Nah…untuk mesin SOHC 2 katup juga tidak mudah mengingat Indonesia belum memiliki basis enginenya. Line up masspro saat ini hanya fokus pada mesin DOHC yang saat ini disandang Satria dan GSX series. Kelebihan SOHC 2 katup, Suzuki lebih fleksibel menggempur pasar dari sisi banderol yang terbuka dipasang dibawah kompetitornya. Project trail Suzuki ini kemungkinan selesai tahun depan. Btw..kalau menurut sampeyan piye cak, pilih DOHC tapi rada mahal atau SOHC harga dibawah KLX, CRF dan WR? monggo berikan opininya pakdeeee….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!