iklan iwb
” IWB tiba di Markas besar pusat RND Suzuki di Ryuyo…”

Iwanbanaran.com – Luar biasa cak…..betul-betul luar biasa yang dilakukan Suzuki ditangan Seiji Itayama. Baru mulai merangkak Bangkit tahun kemarin….kelahiran GSX series dilanjutkan dengan gebrakan-gebrakan mencengangkan salah satunya mengundang Bloggers ke Suzuki Motor Corp Japan. Tempat dimana kita mencurahkan isi hati dan….yup, betul cak. Seluruh masukan tentang Suzuki dari sampeyan sudah tersampaikan disana. Dan?Masukan inilah yang IWB sampaikan ke Suzuki Jepang…

Optimisme dan semangat Suzuki terlihat jelas ketika kita bertemu dengan orang nomer satu setelah Osamu di Suzuki Jepang. Yup…Mr. Suzuki yang begitu sadar bahwa Indonesia merupakan market penting sempat menemani IWB dan teman-teman. Ramah orang penting Suzuki tersebut begitu ramah. Tidak terlihat arogansi atau sungkan saat ketemu Bloggers….

Yang paling berkesan bagi IWB ketika melakukan sesi tanya jawab dengan Mr. Watanabe (representatif Suzuki Jepang). Sesi tanya jawab yang dilakukan disirkuit Ryuyo Jepang selama hampir satu jam tersebut begitu intim tanpa tedeng aling-aling. Lawong pedes juga cak. Dikawal langsung Mr. Seiji Itayama serta pak Yohan Yahya (pejabat tinggi PT SIS), seluruh unek-unek sampeyan perihal Suzuki dimasa lalu tersampaikan. Opo wae ? Berikut poin-poin yang IWB sampaikan ke Suzuki Motorcorps Jepang (SMC)….

iklan iwb

1. Desain

Suzuki diharapkan meracik desain mengikuti tren dan selera bikers Indonesia bukan global. Karena selera global belum tentu cocok untuk Indonesia. Poin penting yang berlaku di tanah air, Indonesia menyukai bau yang serba tajam dan agresif. Poin desain ini IWB tekankan berkali-kali sebagai hal krusial dan sangat perlu diperbaiki dari Suzuki

2. Line up

” Diskusi serius disela waktu santai bersama para pejabat Suzuki…”

Suzuki perlu memperbanyak line up atau pilihan motor dimasing-masing segmen. Semakin banyak produk yang ditawarkan maka akan membuka potensi lebih besar ketertarikan bikers. Praktis marketpun akan terdongkrak. Lha piye cak….dulu sebelum ada GSX series saat kedealer kita hanya menemukan Satria FU….selain itu hanya segelintir skutik yang membuat dealer suzuki sulit bergerak. Untunglah datang GSX sehingga penjualan kembali berdenyut….

3. Lifecycle

” Sharing dan discuss perkara roda dua dengan Group Manager ASEAN Marketing Group Motorcycle Operation Suzuki Motor Corporation (Kazumasa Watanabe) perwakilan SMC (Ryuyo Japan)..”

Lifecycle produk Suzuki terlalu lambat. Pergantian atau refreshment produk harus diperbaiki kecepatannya. Pengembangan tiap-tiap produk mungkin bisa dibuat lebih dinamis serta tidak kaku. Contohnya rentang jadwal yang kadang terlalu lama untuk menunggu kelahiran produk baru ataupun penyegaran warna. Selain itu kebiasaan mudah melakukan discontinue produk diminimize untuk menjaga hilangnya kepercayaan para bikers (lost trusted)…

4. Produk-produk baru

” Suzuki Van-Van….”

Suzuki diharapkan ikut terjun dikelas retro atau klasik (saat itu kita sebut Van-van sebagai contoh), maxi skuter, sport trail serta sport fairing 250cc. Soal ini Suzuki mendengarkan dengan sangat seksama dan mencatat serius. Terlihat banyaknya pertanyaan termasuk sport fairing 250cc. Poin-poin apa saja yang diharapkan terhadap Suzuki. Nah…masuk diranah ini biarlah menjadi santapan kita saja cak, ojo diumbar semua. Biarlah menjadi kejutan dimasa depan jika memang gol. Sing penting sampeyan dapat produk juozzz nya, iyo ora. Aminnn…

5. Poin plus

Tetap pertahankan superioritas performa engine suzuki yang sudah sangat baik. Termasuk material dan finishing. Suzuki sudah diatas rata-rata dan biarlah mereka menjadi pembeda dan pilihan bagi bikers yang mencari kualitas material mumpuni…

Yup…itulah beberapa poin sekilas masukan sampeyan yang tersampaikan ke SMC. Pejabat tinggi SMC yang kebetulan dihadiri oleh Mr. Ohta dan Mr. Watanabe…serta Mr. Nishikawa yang menemui rombongan Bloggers. Mr. Watanabe sendiri ditunjuk oleh bos besar Suzuki menjadi representatif Suzuki Motorcorps Japan. Catatan pertemuan akan disampaikan beliau ke presiden Direktur SMC Japan. Btw saran mungkin tidak IWB jabarkan secara menyeluruh, soale ora seru cak kalau dijembreng semua. Yang jelas unek-unek sampeyan tersampaikan….tenang pakde…

” Presdir PT SIS Mr. Seiji Itayama mengawal langsung rombongan saat di Hamamatsu Jepang…”

Informasi ini sepertinya merupakan cross check silang hasil survei Suzuki. Survei dan suara Blogger di combine…demikian kira-kira. Mungkin banyak yang mencibir geliat mereka namun bagi IWB tidak. Keterbukaan mereka adalah awal dari perubahan…dan itu sangat penting. Bahkan dalam recordnya, mungkin hanya Suzuki yang sudi menerima kritik dan terbuka diberi masukan oleh Bloggers secara langsung dalam sebuah forum diskusi tertutup. Tanda keinginan mereka tidak main-main….

Last….Semua memang tidak instan. Butuh waktu bertahun-tahun mengingat riset dan pengembangan produk tidak seperti membalikkan telapak tangan. Masukan kita dan ikhtiar Suzuki ini akan terlihat setidaknya 2 hingga 3 tahun kedepan. Monggo sampeyan tampung saja….apakah beberapa masukan diatas akan ditindak lanjuti Suzuki seperti maxi skuter dan trail? Kita lihat saja tahun depan. Kalau IWB sih optimis pakde….hayooo ada yang berani taruhan ora kiiiiiiee :mrgreen: . Salam juozzz gandozzzz………(iwb)

” Disambut President and Chief Operating Officer Mr.Toshihiro Suzuki di Hamamatsu….”

 

106 COMMENTS

  1. Stop bikin mobek/matic murah 110cc. Minim kelasny MX-king/N-max/Gixxer150. Market 110cc itu marketny orang2 yang gak mau ribet. Market Suzuki sudah terlanjur hancur. Motor Suzuki gak akan jadi opsi utama. Cari market segmented saja (sport underbone, trail, big matic, sportbike, retro, etc). Belajar dari Kawasaki, abaikan Honda..
    .
    Suzuki Satria 150Fi. Oii, cacian macam apa lagi yg harus kami ucapkan agar kalian mendengarkan. Hanya karena desain lampu buritan yg buruk, orang enggan membeli Suzuki Satria 150Fi. Need Urgent Facelift. Ini udah tahun ke berapa..
    .
    Entah kalian punya konflik internal atau apa. Kenapa begitu lama merespon pasar. Entah itu produk baru atau sekedar facelift produk yang sudah ada. Kalau principal Indonesia merasa terlalu lama menunggu keputusan dari principal Jepang, coba ajukan pendirian anak perusahaan. Guna merespon pasar. Limited market for Marketing study. Brand Suzuki gak akan terganggu, karena anak perusahaan bisa menggunakan nama brand yg lain (Mugen, TRD, Spoon, Nismo, etc).

  2. Mantap suzuki.. gwe pemake suzuki roda 4 nya emang mantap. Motor kuli pekerja kras pake yamaha vega dan motor hobi pake NCB. Jadi gwe fbs, fbh atau fby ya????

Comments are closed.