iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..banyak sekali pertanyaan dilemparkan ke IWB perihal keputusan Honda menghilangkan kick starter pada new Vario 150 dan 125. Salah satu hal yang dianggap penting bagi para bikers ini justru malah hilang dan tidak kita temui lagi pada generasi terbaru Vario. Pertanyaannya…..Kenapa Honda menghilangkan kick starter pada new Vario facelift dan gimana jika aki soak ?

Beberapa pertanyaan mampir ke warung dengan pertanyaan cukup mirip…kenapa Honda menghilangkan kick starter pada new Vario kang IWB ? terus piye kalau akinya soak alias pada situasi emergency ? gimana juga ketika kita ingin menasin motor dipagi hari yang biasanya mengandalkan kick starter ? jiannn mantappp ki pertanyaannya. Oke…ketimbang berspekulasi IWB langsung tanyakan perihal ini ke AHM. Jawabannya….

” Bisa dibilang trennya sekarang memang kesana. Tapi nggak usah kuatir karena sensor akan memberitahukan ke kita sebelum itu terjadi. Pada new Vario kita sudah bekali sensor aki yang senantiasi melakukan monitoring aki. Jadi ketika arus mulai melemah (dibawah 12V), display speedometer akan ada warning supaya kita segera melakukan pengecekan aki atau penggantian aki. Warning sejak awal sehingga pengendara masih tetap bisa menggunakan motornya tapi sudah tahu bahwa akinya melemah. Jadi mesin mogok nggak bisa distarter tidak akan pernah terjadi” seru pak Endro selaku tim teknis PT AHM….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Nahh..jadi ngono yo cak. Wis dipikir semuanya. Btw…..perihal memanasi motor dipagi hari memang betul disarankan pakai kick starter untuk mengurangi piston aus. Maklum cak, ketika diam, dinding silinder dan piston cenderung miskin oli. Oleh karena itu sebelum ignition, ada baiknya kita mainkan kick starter supaya oli naik. Tapi kuwi buat karburator yang RPMnya cenderung tidak stabil naik turun. Sedang injeksi, karena lebih presisi…disaat sampeyan mencet starter, disaat itu pula oli langsung ditembakkan kesilinder head sehingga aus bisa diminimize. Kira-kira demikian….

Last….sebenarnya hampir seluruh skutik disegmen tersebut kini sudah tidak dibekali dengan kick starter. Pioner penghilangan engkol ini datang dari Yamaha lewat NMax 155. Setelah itu menyusul turunannya seperti Aerox 155 serta yang terbaru Lexi 125. Dan sejauh ini produk Yamaha tersebut tidak pernah ada keluhan masalah aki ataupun mesin. Sedang Honda, mungkin baru PCX yang menjadi pembuka hilangnya kick starter. Lalu disusullah dengan gen Vario terbaru. Jadi ngono yo cak..semoga nggak membuat sampeyan puyeng. Aki takut soak ? wis ada sensor aki rekkkk, amannnn :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!