iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee……ketika IWB ngetik sekarang, di Jepang sudah mulai menunjukkan mataharinya, sedang tanah air baru jam 4 pagi. Maklum cak, waktu di sini lebih cepat 2 jam. Betul cak, IWB dan rombongan Blogger sudah tiba di Hamamatsu. Dari sebelumnya landing di Haneda Airport, lalu muter-muter di Tokyo seperti Shinjuku dan lokasi lain…kita akhirnya tiba di Hamamatsu dengan kereta super cepat Sinkansen. Yang mengejutkan konon cak….kita di Hamamatsu akan ada Agenda untuk ketemu dengan Presiden Director Suzuki Motor company. Waaaaahhhhhhh asyikkkk….

PT SIS mengajak kita untuk mengunjungi pabriknya tergolong luar biasa karena 6 Blogggers sekaligus yang mereka bawa. Horaaaa umum kuwi pakde. Sejauh ini mereka memang tidak memberikan embel-embel agenda khusus ke Jepang. Namun dari feeling pribadi, mungkin Suzuki memiliki hidden agenda yang tidak diberitahukan ke kami. Ngarepnya sih demikian cak. Sebab kenapa?

Dalam perjalanan kami sempat mengisi form untuk ngetes sirkuit di Hamamatsu Jepang. Yup…betul cak…Suzuki Jepang memiliki sirkuit tes yang cukup besar di Hamamatsu. Dan sekali lagi pabrikan S tidak mengungkapkan gamblang. Selain itu soundingnya jika tidak sibuk, siang ini kami akan bertemu dengan?Presiden Director Suzuki Motor company yakni Toshihiro Suzuki. SUzuki san adalah putra dari Chairman SMC yakni Osamu Suzuki. Waahhh…semoga terkabul ki pakde biar uneg-uneg bisa keluar…benerrr oraaa…

iklan iwb

Btw sebelum di Hamamatsu, kita berenam sempat muter-muter sampai puas di Tokyo. Yang luar biasa kang Kobay…duiteee akehhh tenan. Baru nyampe di Tokyo doi sudah borong tas di Ueno serta sepatu Onitsuka. Mantaappp jiwa rekk. Kalau IWB sih ngerem dulu. Soale paling demen sama bau-bau motor. Biar lebih puasss. Oh ya pakde. Di Tokyo sekarang suhu lumayan dingin yakni 13 derajat. Dinginnya lumayan njedindil, IWB terbantu dengan jaket Inventzo Bomber. Angetttt tenannnn…

Last….eksplorasi Jepang akan kita lakukan selama 4 hari kedepan. Namun agenda hari ini kita akan diajak kepusat pabrik Suzuki di Hamamatsu Jepang. Tenan cak, setiap gelintir momen akan IWB usahakan abadikan biar sampeyan nggak ketinggalan kereta. Tunggu report IWB dan salam dari Hamamatsu Jepang. Haiiiiiikkkkkkk :mrgreen: . Eh…kira-kira kalau IWB bertemu bos Suzuki, ada titipan dan unek-unek dari sampeyan yang perlu IWB sampaikan ? monggo berikan pertanyaannya dikolom komentar dibawah biar nanti IWB baca satu persatu. Salam dari Hamamatsu….okreekkk….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

126 COMMENTS

  1. dadi pingin ne jepang ki.. weroh situasine ….
    takokno lek due cita cita gawe 2 silinder murah gak.. atau 150 2silinder …. mumpung belum ada kelasnya tu hahaha

  2. Suzuki harus bergerak cepat jangan lelet , tahuun kemarean bilang nya mau ada 8 produk yg di jual ke pasar indonesia, nyatanya mana sampe sekarang ga ada bukti…. cuka gsx series plus facelig matic doang ?

  3. Coba lik tanya kapan pabrik sijuki Indonesia mau ditutup, saya pengin beli besi tuanya. Klo masih pengin motornya laku di Indonesia design motornya jangan yang aneh-aneh.

  4. Kapan skymave diterusin? Jadi FI, cakram belakang, charger, lampu led, hazard, intrumen digital, start stop sistem / iss, ban gambot (jangan pake ring 16), dll

    Krn pabrikan lain sudah pada masuk ke matic yg dobel sockbreaker semua

  5. kalau ada info lengkap tentang sejarah pabrikan jepang yang satu itu , mohon diartikelkan lek . joss gandos pasti

  6. Sampaikan ke Suzuki, mengenai desain motor Suzuki itu harus sesuai selera pasar di Indonesia, padahal mesin motor Suzuki sudah jossss…tapi desain nya yang kurang bagus,

  7. Lex iwan, kalau Ada kesempatan, diskusi bareng petinggi Suzuki pusat, coba sambil bercanda ala lex iwan lah , biar kritik nya tersampaikan untuk desgn new produk motorcyle nya kudu sesuai sama keinginan mayoritas rider Indonesia , mudah mudahan Ada moment bisa berbincang dengan petinggi Suzuki pusat di jepang Sana , untuk market Indonesia itu special , kalau Hati rider nya Sudah terbeli, gAK bakal sulit lah . Biar Ms roda duanya bisa Naik.

  8. suzuki nih kan lg bangkit dr keterpurukan penjualan selama beberapa musim haiyaaaaah haha…ada pertanyaan yg sebenernya mgkn kang iwan bisa jawab tp ane emang pengen tw hehehe?
    pertama…soal skutik, kita smw tw klo matic suzuki kurang diminati pasar kemungkinan desain yg kurang bisa diterima, btw kapan nih RnD nya suzuki bisa membawa performa si skutik dengan modal tampang jg…sukur2 bisa pny premium matic di kelas 150 dan sport matic ?
    kedua…pengen motor trabas dr suzuki donk kang yg powerfull dan easy handling…kemungkinan kelas 150cc lah, soalnya budget ane kemungkinan msh mentok di motor berCC kecil hhehe…arigato kang iwan ?

  9. Bikin matic retro lek.. scoopy jalan sendiri tuh. Daripada bikin nex atau address.
    Atau project maxi 180 diterusin

  10. Maaf…semoga saudara semua senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat…saya cuma kepingin suzuki bangkit lagi dengan merubah desain motornya menjadi “keren” dan kapankah suzuki gsx r250 masuk ke indonesia?…semoga selamat sampai ke indonesia dan membawa berita gembira…aamiin ya rabbal’alamin

  11. Nitip satu mas iwan,,bilangin suzuki buat dan jual bandit 250cc 4 silinder diindonesia. Byk fans bandit masih pakai Bandit 400 np.kasihan cuma buat muter dikampung,lagian sparepart ud susah mesin rewel.

  12. Kenapa bebeknya suzuki ndaka ada yang mantap blas? Mumpung bebek retro lagi kosong di Indonesia, ngarepnya sih suzuki yang isi

  13. Titip unek2 cak supaya suzuki belajar bwt desain motor yg cakep…kyk mrk sebelah pake mesin tik aja laku jutaan…klo soal mesin ma yg laennya sih udak ok..tulung ya cak klo perlu bajak designer merk sebelah aja…:))

  14. Titip unek2 cak supaya suzuki belajar bwt desain motor yg cakep…kyk mrk sebelah pake mesin tik aja laku jutaan…klo soal mesin ma yg laennya sih udak ok..tulung ya cak klo perlu bajak designer merk sebelah aja…:))okay cak…suwun..

  15. Nitip lek:
    Untuk motorsport Suzuki, ya bisa dikatakan design yg sekarang memiliki tampang yang aneh dan out of the box, minta tolong agar direvisi dengan mencomot design moge Suzuki yang keren, ramah bagi pengendara, serta fitur-fitur dari moge tsb diturunkan ke motor-motornya. Sebisa mungkin agar Suzuki menjadi *pelopor* di segmen motorsport, dan segala segmen. Menjadi first mover adalah kunci. Untuk matic, kenapa matic Suzuki tidak se laku kompetitor sebelah? Menurut saya Suzuki harus belajar dari Beat, yang bisa menjadi motor sejuta umat. Kalo Suzuki masih kekeuh sama Address dan Nex, mending segera di facelift. Diusahakan agar ada penambahan fitur agar lebih valuable daripada motor kompetitor sebelah. Kalau tidak ada fitur lebih ya percuma kan? Konsumen tidak akan melirik produk tsb dan beralih ke yang lain yang mereknya lebih “tenar”. Sekian saja lek, tolong disampaikan ya lek. Saya ingin agar Suzuki menjadi pabrikan besar lagi yang dapat mengalahkan dominasi pabrikan sebelah. Terimakasih.

  16. Kang kue bos Suzuki dikasih lagu jaran goyang Yen ora Oplosan,men Ra kolot.desain ….desain…..desain…..desain….desain…desain…desain.ora usah kolot motor mesin bosok desain apik pasti laris ga usah mikirin yg lain.

  17. Suzuki trmsuk salah satu merk yang tidak bisa di pandang sblh mata di tanah air.. Hanya kelemahan mereka yang mencolok mnrut saya yaitu desain dan refreshment produk baik produk baru maupun lama..
    Soal mesin wes sopo seh meragukan mesin satria FU dkk..
    Samean kandani lek,Klu suzuki nyadar n move on n srius tenan di segmen cc menengah bawah(under 250cc), siap2 produk e laris manis bersaing mberk merk H dan Y.. Mumpung brand motor Suzuki gurung tenggelam ketutupan pipine lek IWB..ehh..

  18. Comment: tolong smpaikan unek2 ane buat suzuki cak iwan. Klo disain motor sport tu, jgn trlalu cungkring / ramping, soalnya udh bukan jamannya skarang motor2 ramping. Kita udh bukan di era thn 2000an lg (jamannya shogun, smash, etc) yg notabene disain ramping adalah nilai jual di waktu itu.

  19. titip komen lek… usahakan yang brojol matic dulu maxi scooter atau nex gen 2 soale mari ngene kan lebaran… adate indonesia kan ganti motor… kalau bisa bandit juga. sekalian desain motornya jangan terlalu aneh… gpp mainstream tapi mengikuti selera pasar. percuma anti mainstream tapi kurang laku kan sayang biaya rnd nya. wes ngunu wae

  20. Tanyain Lek..

    kok di Indonesia banyak dealer Suzuki gulung tikar

    Contoh : Medan Jaya, Gandekan JOgja,show room nya malah jadi salon mbak-mbak
    Padahal hingga era Shogun kebo dealer ini jadi jujugan utama konsumen suzuki

  21. Mas iwb, kenapa desainnya suzuki tdk sesuai dg selera biker tanah air… Krn kebanyakan kita biker diindonesia selalu melihat produk dr desainnya…contohnya Gsx-s150….klu urusan performa mesin kita tdk meragukan superiornya dg produk sekelas… itu dulu mas iwb matur nuwun… Salam 5 waktu mas

  22. Satar itu pemakai sabu-sabu tah lek, kok badannya sampek kayak gitu, terus kantong matanya juga sampek kayak gitu, amit-amit

  23. Ekekekek

    Lek tolong Takoni (seumpama ketemu)

    Apakah Suzuki akan terus seperti itu (gk bisa move on) dalam mendesign suatu produknya.

    Wis ngono ane lek.

  24. lik sampaiin uneg2 saya
    -apakah suzuki tidak menggunakan opsi “melawan arus” untuk kembali exis d indonesia…sebagai gambaran macam yamaha dan kawasaki yg seringkali buka blue ocean khusus nya yamaha yg sukse dg maxiscoot nya..dan kenapa saya menekankan pada yamaha..karena yamaha meski blue ocean produk nya scara pricing lbh luas bisa diterima..beda dg kawasaki yg segmented

    karena kita tau suzuki susah untuk mengikuti pasar yg scara ga langsung diciptakan oleh honda

    jadi akan lbh baik bila bikin blue ocean dg produk yg bisa dinikmati luas scara pricing…menyasar kalangan segmented kelas midle low dan juga mengedukasi pasar scara masal agar makin open minded tidak latah..hanya berorientasi atau trinfluence honda

    implementasi dr ini antara lain bisa dg
    mengenalkan “small maxiscoot” skuter ban kecil 10″(yg mana ban ukuran ini sudah familier d Ind dr jaman vespa dan banyak vendor yg main juga mudah d dapat). untuk produk yg realible adalah suzuki address 125 V/G(JDM) dan untuk kiblat pengembangan adalah jepang dan taiwan

    terus coba main motor desain2 retro/vintage/o’llschool looks yg makin ke sini makin tren
    produk implementasi bisa dg suzuki bigboy grasstracker, ST250, GS150(pakistan)…GS150 ini tentunya harus dg improve detail agar kekinian..soae yg pakistan market trlalu low
    bisa dengan menghidupkan lagi thunder dg mesin FU150FI…dan menurut saya lbh cocok mnyandang nama bandit…
    bebek sebetule masih ada potensi berkembang tp pabrikan sebelah ga ada yg ngembangin dan nyatanya suzuki masih mertahanin shooter/smash fi. la sesuai dg konsep saya mungkin suzuki mengembangkan bbrp konsep seperti retro atau crossover..dan kenapa pasar bebwk stuck krn konsep desin masih gitu gitu aja..seporty doang…dan pwluang ini harus bisa suzuki optimalkan.
    untuk model ini bisa memakai platform Suzuki Birdie dibikin crossover dan retro seperti honda CC110 dan supercub nya. kenapa saya pilih birdie krn ada kemiripan konsep n platform dr Supercub…tp bila memakai platform shooter akan lbh bagus krn common part shgga efisien

    o iya lek..tolong aampaiin jg kalo mo bikin motor bwbek/metik kalo headlamp ga pake led..bohlampnya pake yg HS1 jangan yg biasa

    kalo dr sisi teknis suzuki dah ok cuman kedodoran d (konsep)desain

    mungkin itu aja dr saya aemoga lek iwan n suzuki ngerti
    sukur sukur disampaiin

    salam dari Kediri cak

    • Setuju, saya mau nambahin juga, tolong sampaikan ke suzuki spy dibangkitkan lagi selain thunder, juga shogun sp, pake aja mesin gsx. Kalo udah rilis, saya jual gsx saya buat beli tuh shogun/thunder 150.

      Salam dari blitar

    • Menurut Gw malah seharusnya Suzuki maen di Red Ocean terlebih dahulu…
      Mati-matian pakai desain terbaik(secara umum bukan menurut Suzuki aja), menerapkan fitur-fitur kekinian, dan pasang harga yg baik….
      Bener-bener all out di pasar paling menggiurkan, yaitu skutik baik entry level maupun mid level. Yang sampe orang awam pun gak nyangka terkaget-kaget Suzuki bisa ngeluarin produk yg bener-bener Epic, ibarat Suzuki menyuguhkan berlian diantara deretan batu akik.
      Nah setelah brand awareness Suzuki naik atau produk Suzuki udah mulai di kenal dan dipertimbangkan, baru main di Blue Ocean. Tapi tetap harus memikirkan desain, fitur dan harga yang baik, nggak yang gampang terlena sama kesuksesan.

  25. Maxi Skutike lek, sido ora?? Ojo kesuen.. Karo nek ketemu Kamen Rider.. Jilih motore lek..nek iso diriview..wkwk..Matur Suwun..

  26. Bilangin ke Suzuki kalo mau bikin kelas naked/streetfighter ambil derivative model desain sari B-king ato GSR 750, jangan nanggung.

    satu lagi…. Suruh Buruan keluarin Ertiga Diesel Matic..!!!

  27. Tanyain brugman 180 kang… Kpan realisasinya.. Dan klau bisa serahin desainer indo yg rancang.. Model x.. Itu aja makasih

  28. Jiaan ki bloggers dho gagah2 yo,,,dho jejer bareng koyok ape tempur karo pasukan predator ? sing arep invasi bumi,,,??

    As tourist dho ngomong nggo boso opo karo civilian rek?

    Btw komposisi blogger sing dho melu pancen sedaapp,,, ?

  29. Comment: Dari mesin suzuki sdh oke banget sdh gk perlu diragukan, tinggal dr desain aja,, kalo mau culik aja desainer org indonesia kyk om joe motoblast ato julak sendie,, ???

  30. Untung kualitas matrial sudah banyak yg mengakui… PR suzuki itu dsain yg msh di bawah kompetitor mohon ssmpaikan ke CO SMC.. Aftersales perlu di benahi.. Ok.. Lek matur nuwun..

  31. Matic lg laris manis di indonesia, sarankan suzuki produksi matic 200cc dengan desain paling tidak seperti forza eropa. pasti laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here