Iwanbanaran.com – Kangbro…..seperti yang sampeyan tahu, Yamaha sudah tampil all out pada produk fairingnya YZF R15. Segala fitur dijejalkan termasuk assist and slipper clutch, hazzard hingga yang paling menggiurkan adalah suspensi USD. Sedang CBR150R, produk Honda ini termasuk adem ayem. Namun tahukah sampeyan bahwa kasak kusuk cukup kencang mengemuka bahwa pabrikan sayap mengepak serius pertimbangkan suspensi USD pada new CBR150R ? 

Analisa ini berdasararkan obrolan IWB dengan beberapa kenalan yang tidak bisa IWB sebutkan diwarung ini. Background muncul karena poin simpel cak…secara kemampuan produksi, Showa sebagai vendor sudah mampu untuk melayani permintaan suspensi USD. Kelahiran Honda new CBR250RR menjadi pembuka penting strategi Honda dimasa depan. Kenapa ?

Dengan masspro besar, maka akan berpengaruh terhadap cost. Produksi besar maka harga yang dipasang makin murah…..makanya pabrikan kecil ngos-ngosan jika mengikuti gaya dari Honda ataupun Yamaha. Sebab ketika sampeyan pesan dengan quantity besar, harga yang diberikan vendor terhadap pabrikan juga akan turun. Kuwi wis hukum dagang cak…

Tidak heran sekelas Kawasaki pun kesulitan mengikuti Honda untuk menjejali new Ninja 250 Fi dengan suspensi USD. Sebab banderol akan terkerek cukup signifikan. Belum lagi konon Showa merupakan anak perusahaan grup Astra (punya saham)…makin abot cak. Artinya opo ? bukan masalah sulit bagi Honda untuk mencangkokkan suspensi USD pada new CBR150R. Secara resources sudah siap banget. Walau jelas secara teknis akan ada yang perlu dirubah….

Honda harus merevisi crown handle ataupun triple clamp current Honda CBR150R. Lawong USD memiliki outer tube cukup besar. Inilah yang membutuhkan proses. Sayang…dari kasak-kusuk Honda sepertinya belum memandang urgent untuk project CBR150R. Hal ini karena status penjualan masih mentereng nggak goyah. So..jangan ngarep Honda CBR150R facelift akan lahir dalam waktu dekat…rada slow cak…

Last….project Honda new CBR150R sebenarnya sudah masuk dalam wacana. Tapi entah kenapa eksistensi project sport fairing 150cc Honda ini cukup lambat. Nggak terlalu muncul kepermukaan tanda Honda memang ogah buru-buru. Tapi bukan berarti mereka tidak bergerak. Blue print next CBR150R prediksi pribadi akan memasukkan suspensi USD sebagai perangkat yang akan dicangkokkan pada sang kuda besi. Pertimbangan serius jika tidak tergerus oleh tren dimasa depan…..semoga saja terkabul cak…(iwb)

Advertisements