Iwanbanaran.com – Pakdeeeeee….piye kabareeeee reekkkk? semoga kita semua selalu dalam lindungannya, Amin YRA. Cakkkk, kelahiran Honda all new Vario facelift tinggal sak incrittt lagi. Nah…jelang detik-detik kelahirannya, IWB coba intensifkan menerawang perombakan Honda new Vario 150 facelift. Dan ketika mencoba melakukannya, ediannn pakdeeee…IWB sampe dlongop bin domblong. Dengkul koklok bergetar (haiyaahhhh…opoooo to iki? :mrgreen: ). Kenapa ? sebab sensor pada Honda new Vario ini lengkap parah. Bahhhh….bikin penasaran ki? emangnya piyeeee. Berikut hasil lengkap terawangan IWB…..

Demi pembaca warung ini, IWB mengerahkan seluruh kekuatan. Baik ilmu serat jiwa, lampah lumpuh hingga kabut tunggal (judule Saur Sepuh dan Sembara jadi satu ki wkwkwkwk) untuk menerawang secara detil calon matic Honda terbaru. Awalnya terseok-seok cak. Namun pada puncaknya perjuangan IWB membuahkan hasil. Samarrrrrrr tapi kelihatan dengan jelas dipelupuk mata. Dan disinilah IWB terkejut karena Honda new Vario 150 ini disinyalir memang berubah total. Yang pertama soal desain….

Desain new Vario 150 ini samar terlihat memiliki aksen lampu depan yang terkesan modern dan mahal. IMHO memang lebih sporty dibandingkan versi sekarang walau tentu semua soal selera. Kenapa ? karena lampu depan sekilas saat dihidupkan, sampeyan akan terseret pada rona muka Mitsubishi Xpander. Kuwi cak…model alisnya rada-rada begitu. Walau nggak sama plek posisinya tapi shape alisnya mirip kesana. Yang kedua….waaahhhh, lampu belakang koq kayaknya berubah yak. Maksudnya?

Kalau nggak salah menerawang, stoplamp tidak lagi menganut model bohlam biasa tapi sudah LED. Emboh kiii…moga-moga nggak meleset. Yang IWB kaget lagi, Honda disinyalir juga merevisi bagian stang yang terkesan lebih kompak namun justru diarea body sedikit gambot. Dimensinya cak….perasaan dimensi koq lebih kecil namun gemuk. Wiss sampeyan bayangin wae piye maksude. Melirik ke bagian dek…..masih rata cak. Yup, Honda mempertahankan model rata. Dari sekian desain, IWB dibikin mlongo dengan satu hal. Oppoooooo ??

Knalpotnya pakdeeee. Jiannnn plek bener desainnya dengan Honda new CB150R. Perasaan ora slewah aka kembar. So….kesannya jadi tough gagah bener. Termasuk area fender belakang…..weeleehhhh, keren ki. Kuwi rek….kuwi lho, lampu seinnya jebule nyantol di spatbor. Jadi nggak kayak sebelumnya yang terintegrasi dengan stoplamp, dari terawangan IWB winker light ditempel di spatbor. Jadinya sekilas area tersebut juga kayak Honda CB150R. IMHO model sein terpisah membuat IWB teringat dengan Yamaha Aerox 155. Puas menerawang area body, IWB coba alihkan kearea rem belakang. Lhooo…masih tromol. Kurang tertarik kesana….IWB pun membidik ke bagian kunci, yessss sudah menganut smart key alias keyles. Horeeee mantap kiii. Perhatian IWB alihkan ke speedometer. Disinilah IWB kembali mangap. Saat melongok dengan mata batin (haiyaahhh) ke display speedo, ediannn sensornya lengkap paraahhhhhhhh….

Dari terawangan, IWB menemukan shape speedometer sudah menganut full digital. Lupakan analog cak…saiki judule full digital. Bentuknya? wisss ora beda jauh dengan Honda CB150R….mirip-mirip kangbro. Basis desain nyomot sang streetfire. Mata IWB kembali melotot ketika mengerahkan segenap kekuatan guna menggali isi dari speedometer dan…waladalah cicak bin kadal tenan. Iki sih lengkap tenan rekkkk. Ada MID atau average fuel consumption, oil change (jadwal ganti oli), jam digital dan yang membikin IWB dlongop hadirnya volt meter sensor. Iki panganan opooo ??

Jadi cak, fitur ini adalah sensor baterei alias aki. Akan ada indikator yang memberitahukan ke kita terhadap status aki. Jadi kalau akinya sudah udzur bin tuwo…voltase dibawah 12V maka motor bakal memberitahukan kalau aki sampeyan wis bosok waktunya segera ganti. Kira-kira demikian. Proses jelajah IWB lanjutkan kebagian mesin……wihhh klop tenan dengan prediksi IWB masa lalu. Mesin berubah cak…..sekilas basis nyomot dari PCX 150 lokal. Bisa terlihat dari absennya kick starter pada new Vario 150 facelift….

Sayang…saat IWB berusaha keras melanjutkan terawangan mata batin, tiba-tiba badan sebelah kiri terasa sakit bener seperti menghantam sesuatu. Gedubraakkkk !!! Membuka mata…..laaahhh, ceblok ko kasurrr reekkkk. IWB sudah mendapati badan berada dilantai. Asyemmm tadi berarti ngimpi dong. Efek kebanyakan mikirin motor terus kiiii. Wis ah…adus sik rekkkk. Kita buktikan sama-sama apakah “mimpi” IWB akurat. salam juozzz gandozzzz sampe mrongozzzzzzzz :mrgreen:  …(iwb)

Kisi-kisi Honda Vario 150 facelift berdasarkan “mimpi” ceblok soko kasur

– Basis mesin PCX 150 lokal (absen kick starter)
– Lampu full LED (depan belakang) dengan alis DRL ala Mitsubishi Xpander (shapenya)
– Desain spatbor belakang mirip new CB150R
– Lampu sein belakang nempel spatbor
– Sudah Keyless atau smart key dengan alarm (only 150cc, tidak untuk 125cc)
– Dimensi sedikit lebih kecil namun gambot
– Desain muffler mirip CB/R150
– Speedometer full digital bentuk mirip NCB
– Fitur alarm, oil change, volt meter, MID average fuel consumption (pemakaian bensin rata-rata)

Advertisements