iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Selamat pagiiii sugeng enjingg cakkkkk……apa kabar dimanapun sampeyan berada. Kembali lagi kita berjumpa di warung Iwanbanaran….warung yang akan membongkar sosok desain calon Yamaha all new R25 facelift (cieeee cieee wis koyok radio wae ki cak iklane ekekekek). Tapi bener pakde…seperti janji IWB kemarin, pada artikel ini IWB akan coba jabarkan sosok bocoran desain calon Yamaha new R25 facelift. Seperti apa ancer-ancernya…..akan IWB buka kesampeyan diartikel ini. Nahhhh…monggo lanjutkan bacanya dan jangan lupa pisang goreng plus kopi anget untuk menemani membaca serta meresapi kalimat demi kalimat dengan baik. Haiyahhhh. Okeeee….cekidot pakdeeee….

Pada artikel sebelumnya, IWB sudah beberkan kesampeyan berdasarkan ilmu terawang njengking mlumah murep dlosor gulung koming perihal progress Yamaha all new R25. Berdasarkan terawangan terbaru IWB yang intens mencoba menerawarang aktifitas dari project Yamaha new R25. Disana IWB menemukan bahwa Yamaha sudah mulai memproduksi unit trial. Total ada sekitar 21 unit. Jadi cak…wis versi final yang pasti. Tapi kemarin IWB hanya memberikan ancer-ancer sekilas. So…diartikel ini IWB akan beberkan kesampeyan berdasarkan hasil terawangan. Pertama….

Prediksi Yamaha new R25 facelift dibekali tanki dengan model lubang sirip insang hiu seperti New R15 (kena protes gara-gara bilang lubang sirip :mrgreen: ) sepertinya tidak terbukti sebab semua polos seperti model sekarang. Tapi Yamaha merevisi ukuran jadi sedikit lebih gambot. Lalu ciri kedua adalah  fix 1000 persen sudah menggunakan suspensi depan Up side down yang disuplai Kayaba. Jadi bergembiralah buat sampeyan yang nyidam R25 dengan suspensi USD….

iklan iwb

Yang cukup membuat IWB mengerutkan dahi adalah bagian stang. Jika tidak salah meraba, stang disinyalir sudah menganut model underyoke. Potensinya 80 % alias cukup besar. Sepertinya Yamaha coba menggeser positioning R25 menjadi pure sport fairing dibanding touring. Apakah ini artinya posisi riding lebih racy? seharusnya demikian. Soal ini memang kudu nongkrong diatasnya dulu. Lalu yang ketiga adalah bagian fascia depan….

Rombakan total menyentuh area body depan. Jadi kalau sampeyan nanya gimana rombakan secara umum ? dari tengah kedepan berubah cak. Yang IWB rada mengerutkan dahi adalah shape desain…koq rada kalem ya. Desain memang soal selera, tapi infonya bentuk fairing depan cenderung kalem namun kerennya lebih nunduk nggak seperti sekarang yang cenderung dongak. Malah kalau dilihat sekilas dari depan seperti old R15 tapi dengan headlamp lebih sipit dan ada lubang ditengah sama seperti new R15. IWB nggak tahu apakah hanya variasi atau memang air fin cooler. Belum terdeteksi. So…kalau IWB kompilasi sebagai berikut….

  • Headlamp mirip R-15 lama tapi lebih sipit dan ada lubang di tengah sama seperti R-15 baru
  • Speedometer disinyalir baru (belum fix)
  • Shok depan dipastikan USD Kayaba
  • Stang underyoke
  • Tanki kondom lebih gambot polos tanpa kisi-kisi lubang
  • Untuk body tengah kebelakang nggak banyak perbedaan, tapi dari tengah ke depan berubah total. Kalau dibandingkan dengan versi atas, R25 baru lebih mirip ke R6 di banding ke R1
  • Buritan tidak banyak berubah. Kalau nggak bisa kita bilang belakang sama persis dengan old R-25 yang absen lubang seperti new R-15.
  • Fairing  new R-25 lebih kelihatan kalem di banding old R-25 cuma lebih nunduk di banding old
  • Lain-lain belum tergali
” Yamaha new R25 nggak seagresif ini ? “

Yup…itulah beberapa sekilas bocoran bentuk dan desain Yamaha new R25 facelift yang IWB dapatkan. Kalau meleset nyuwun sewu mohon dimaafkan. Namanya wae ilmu njengking mlumah murep. Kesimpulannya, Yamaha disinyalir tidak menghilangkan total basis desain currrent R25. Sebab jika melihat sekilaspun sampeyan akan tahu bahwa itulah Yamaha R25. Detil lain seperti perangkat rem, swing arm ataupun sistem monoshock belum bisa IWB gali. Tapi jangan kuatir cak, ada segelintir info akan IWB share diwarung ini…

Last…..perihal engine, power memang tidak tergali karena masih bersifat confidential. Bahkan dikalangan pabrik sekalipun. Hanya kepastian bahwa ledakan tenaga new R25 tidak bakalan kalah dengan kompetitor…itu saja. So, prediksi IWB berkisar 38-39PS. Yang menarik, jika diintip sekilas jebule crankcase engine mirip dengan old R25. Analisa pribadi tidak seperti Kawasaki yang mengembangkan mesin baru, IWB yakin Yamaha menggunakan mesin yang telah ada untuk new R25. Mengatrol tenaga dengan cara mengoptimaze current engine….bekerja pada jerohan mesin, perbaikan asupan udara dibagian filter dan elektronic atau kelistrikan. Artinya tetap 2 silinder 8 valve. Monggo ditampung saja seluruh bocoran ini. So…apakah Yamaha new R25 facelift identik dengan renderan Youngmachine? sejauh terangan IWB sih beda cak…semoga saja bukan decoy. Wis ah…ngopi sik, driji capek ki cak udah 688 kata. Salam juozzz gandozzzz sampe mbledozzzz :mrgreen: ….(iwb)

iklan iwb
Previous articleBocoran Yamaha all new R25 facelift, trial 21 unit utuh…ternyata tanki tanpa sirip hiu ??
Next articleTestimoni : Adu Yamaha Mio M3 vs Honda Beat, casing dan mesin jadi fokus utama !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!