iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…alis IWB sampai njengat baca berita detik yang memuat konfirmasi dispenser Pertalite dinyatakan normal ketika dilakukan pengecekan atas viralnya sebuah Nissan Serena diisi bensin 78 liter. Menurut Pertamina ketika dilakukan pengecekan dispenser, ternyata mereka tidak menemukan keanehan. Hhhmm…garuk-garuk bathuk ki pakde….

Kalau sampeyan mantengin sosial media FB pasti tahu kasus Nissan Serena diisi bensin Pertalite hingga 78 liter. Sang empu mobil bernopol B 2224 SEB ini pun terkejut karena Nissan Serena memiliki kapasitas tanki maksimal 60 liter. Pengisian BBM di SPBU 34 13501 yang berada di Jl. Raya Condet Kramatjati, Jakarta Timur pun langsung jadi viral…

Sontak Pertamina menerjunkan timnya dan mengirim tim untuk ngecek akurasi dispenser. Dan menurut mereka, pada saat pengecekan dan pengetesan semua berjalan normal tidak ada masalah. “Setelah kami melakukan uji tera sesuai dengan ketentuan standar Pertamina, didapatkan bahwa nozzle tersebut sudah sesuai standar yaitu dengan batas toleransi dibawah -60 ml / 20 liter….

iklan iwb
iklan iwb

” Kita dapati nozzle tersebut setelah diuji tera masih berada pada batas toleransi yang sesuai yaitu -40 ml / 20 liter,” terang Dian Hapsari Firasati PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III. “Kesimpulan dari kemarin hingga hari ini tidak ditemukan seperti yang diberitakan. Jadi kesalahan yang dimiliki oleh alat ukur masih dalam batas kesalahan yang diperbolehkan, yakni 0,5 persen dari total penyerahan yang dikeluarkan..” seru Kepala Unit Pengelola Metrologi DKI Johan Taruma Jaya…

Jadi cak…case closed. Walau sebagai orang awam kita masih tetap heran, bagaimana bisa Serena diisi bensin hingga 78 liter disaat kapasitas tanki maksimal 60 liter? apakah saat pengisian nozzle belum nol? rasanya nggak mungkin karena standart pengisian Pertamina harus dari nol terlebih dahulu. Atau, apakah ada tindakan reset ulang dari oknum sebelum petugas pemeriksa datang ? soal itu hanya mereka dan Allah SWT yang tahu…

Last…apapun itu, mari kita junjung tinggi kejujuran karena semua akan kembali pada kita. IWB berharap, semoga saja SPBU-SPBU lain juga menjunjung tinggi kejujuran karena IWB merasakan sendiri betapa sulitnya mencari SPBU yang benar-benar “clean”. Pengalaman berkali-kali IWB rasakan ketika mudik, sering kali tunggangan rewel alias brebet ketika balik ke Jakarta. Saat dicek Bengkel Mitsubishi ternyata ditemukan biang masalah pada BBM. Nggak heran mereka mengira IWB ngisi kendaraan dengan solar. Padahal ora blas cak…..kendaraan selalu nenggak DEX, ngak ada yang lain. Kesel cak…tapi piye maneh, lawong sulit cari bukti. Nahh..kalau menurut sampeyan sendiri piye, percaya dengan pemilik mobil Serena atau SPBU pakde? (iwb)

Spesifikasi Nissan Serena

Spesifikasi Nissan Serena

TipeXHighway starAutech
Mesin
Tipe MesinMR20
Kapasitas Silinder1.997cc
Daya Maksimum108 kw (147 PS) / 5600 rpm
Torsi Maksimum21.0 kgm / 4400 rpm
Dimensi
P x L x T4685 x 1695  x 1865 mm4770 x 1735 x 1865 mm
Jarak Sumbu Roda2860mm
Jarak Terendah ke Tanah160mm
Kapasitas Tangki60 L
Suspensi
DepanIndependent MacPherson strut with stabilizer
BelakangTorsion Beam with stabilizer
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDisc
Ukuran Ban195/60 R16
VelgStell Full Cover 14″x5jj
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

108 COMMENTS

    • Yg jualan pertamina
      Yg tentukan standart pertamina
      Yg memeriksa pertamina.

      Klo mo jadi agen gas melon denger2 syarat bayar 600jeti. Klo mo buka spbu berapa ya kira2?

    • pernah punya teman pegawai spbu. alat curangnya itu bisa di on/off.
      jadi waktu ada pemeriksaan alat tersebut di offkan.
      paham kan maksud saya?

    • @no name
      Betul mas/mbak. Saya dulu jualan premium, seminggu 5000 liter ludes. Alat sering rusak, karena bekasnya pertamina. Di jaman peralihan ke digital. Mekanik reparasinya yg nyetel, dia tanya, mau diambil berapa cc tiap satu liter. Apalagi mesin digital pasti lebih canggih.

    • Oh iya, di saat cuaca panas, bensin itu melar banyak loh. Saya dulu pas jual premium untung banyak. Total duit selalu melebihi total angka takaran yg terjual.
      Akhirnya saya ketangkep polisi. Dilaporkan tetangga yg ga setuju. Nozzle disita polisi. Bensin ga disita. Tapi harus apel senin kemis.

    • Kata Pertamina salah mobilnya. Kalau gak bocor, yaaa kmungkinan tangki bensinnya dimodifikasi…. Situ Waras modifikasi tangki?

    • Klo sama-sama modifikasi,,,,,jelas yg punya motif kuat SPBU, dia cari untung lebih gedhe,

      Klo dari pemilik nissan serena, buat apa modif tangki ?

    • Viral Hari Senin ” misalnya ”
      Team Pert**** Turun kelapangan ngecek hari apa ?
      Kalau ada selisih jam saja bisa di reset setting, apalagi nunggu hari yang pasti akan sudah dipersiapkan oleh SPBU yang dicurigai untuk menghilangkan jejak.

    • makanya lebih enak emang pakai si total atau paling gak si kerang, ramahnya betulan, gak kayak yang milik BUMN ini, ramah hanya slogan hahaha

    • Beli dgn nominal yg tdk umum. Misal, 13rebu, 22rebu 27rebu dst. Kalo nominal2 yg pas seperti, 10,20, 15, 50,atau 150rebu dst biasanya konon sdh disetting takaran nya bung. Belum buktiin sendiri juga sih.
      Saya pernah jualan pake mesin jadul elektrik mekanik, ada alat buat mengurangi takaran. Alasan mekanik/pemasangnya, “orang bisnis kok, ya lumrah dong”. Kalo yg digital pasti lebih mudah n canggih. Bahkan secara remote dikendalikan. Pembeli biasanya buru2, itu yg dimanfaatkan.

    • harus mau repot dikit nyiapin uang . kalo mau banyak dapetnya biasanya saya pake nominal 13 . 17 . kadang 19 . disaat saya pake angka 19 . disitulah kadang petugasnya agak berkerut dikit . mungkin dikira nanggung amat

    • Iya repot dikit, siapin dulu dari rumah. Pura-pura nemu recehan di saku atau bikin gestur seperti “buang” recehan seribu/duaribu perak di dompet.

    • Oke, jadi untuk meminimalisir dari kecurangan mulai sekarang kalau beli BBM wajib pakai nominal unik dibelakang & kudu nyiapin uang pas, misal 13700, 15800, 20300
      :v

  1. Mengingatkan statement rpm 8000 ngebul dibilang normal ?

    Akhirnya terbukti ke normal seharusnya yg skrg, normal alias layak ditinggalin alias ga laku ????

    • udah umum begitu, makanya ane ga pernah isi pertamax, pakai pertalite nyatanya sampai sekarang aman2 aja padahal kompresi motor 11 lebih :v

  2. 78/60=130%
    Mungkin tidak dimulai dari 0..
    Atau Dispenser Gila, audit tera n segel mesin bbm oleh badan metrologi kacau.. masih bisa diakalin sama pengusaha…

    Kalau ane sih pernah dikasih tahu, usahain cari spbu kode digit ke duanya itu 1..
    11, 21, 31, 41, 51, 61, 71, 81
    yang diatas itu kodenya 34.xxx.xxx

    • di video si petugas bilang dari NOL (pas sebelum si bapak argumen)
      brarti abis direkam, langsung mereka kalibrasi ulang tuh biar ga ketahuan..

    • Thanks Bro masukannya. Pernah dengar jg tips ini, cari SPBU yg digit keduanya angka 1. Itu artinya punya & operate Pertamina langsung. Selain itu yg operate swasta.

    • kode SPBU digit terdepan adalah wilayah. misal 4 jateng 5 jatim.
      digit kedua. 1 atau 4. 1 milik pertamina (biasanya besar) 4 milik swata

    • Betul kalau mau isi bbm mobil cari pertamina kode digit ke 2 angka 1 karna punya pertamina dan operator pertamina, biasanya didaerah itu ada sekurang kurangnya satu, kalau ga ada ya mending isi eceran botolan di tetangga aja, ga mungkin curang malah dapat pahala bantu tetangga, dri pada duit kita ditilep oknum” spbu curang muehehehe

  3. Entahlah,nunggu berita terbaru aja tentang kelanjutan masalah ini.nunggu kabar dari pemilik serina,koyok e bakalan rame iki lek.

    • Ga mungkin jg serena modifikasi tangki, bodoh amat tu orang mobil kelas premium kok mau aja dimodif jdi mobil buat jualan bbm wkwkwk, ketahuan tu spbu nya permainannya muluss bangett hehehe, andai rumah ku dideketnya ada spbu shell sama total, sayangnya jauh banget harus ke kota dulu skitar 1jam akibat macet, makanya tiap isi ke pertamina deket rumah isi ga pernh genap puluhan atau belasan, biasanya isi 17/19ribuan wkwkwk biar kalau pun ada dispenser setingan ga bakal kena jebakan mereka

    • Bisa saja. Waktu gegeran langka bbm jaman pak sby dulu, rekanan yg nyetor premium ke saya juga modif jok belakang kijang kapsul. Dia dpt barang dari jatah kodim/koramil, klo ga salah. Saya sendiri tutup jadi pengecer. Dan keciduk pak polisi.

    • Sama om
      Saya juga malah fokus k type mobil ny

      Mobil mahal minum bensin murah
      Coba yg d viral kan mobil ny juga
      Ana motor jadul ajak minum Pertamax lho?

    • Kata siapa serena mobil mahal. Serene sekelas luxio nya Daihatsu. Mau minum pertalite atau pertamax terserah yg punya dong. Wong duit punya doi sendiri ngga minta ama ente. Kedua jenis bbm itu jg ngga disubsidi negara. Lebih dari itu standar pabrikan untuk mobil serena ron minimal ron 90. Pertalite ron 90, ya udah..

    • motor jadul minum pertamax? seberapa jadul? kalo terlalu jadul itu namanya kurang pengetahuan, silakan baca artikel oil dillution with fuel

    • Serena mobil mahal? Wkwkw ngaco ente. Jgn sotoy mendingan jadi ketauan kelas ente,ANKI sama ANF aja banyak yg pake pertalite yg notabene lebih mahal

    • @setya dan @sotoy: Sy nggak mempermasalahkan harga ya tuan2. Semua orang jg tau kl serena pake mesin yg harusnya pake bbm oktan tinggi. Kalau yg punya memang sayang mobil dan tau diri, harusnya dia ga ngisi pertalite. Sy memang ga ngasih dia duit buat beli. Cm kl Anda berpendidikan, akan ada yg namanya social value yg akan membuat orang merasa janggal dg hal itu.

      Serena bukan mobil mahal? Anda punya? Paling juga nggak.

      Coba jelaskan, siapa saja orang yg punya serena? Kalangan menengah ke atas kah? Atau menengah ke bawah? Jelaskan definisi MAHAL menurut Anda! Kl menurut saya, Serena termasuk mobil mahal dan mewah karena kalangan menengah ke bawah akan pikir2 kl mau beli itu. Rata2 ownernya orang punya. MAHAL atau MURAH itu relatif. Sy cm berpendapat dg sudut pandang saya mewakili sudut pandang pada umumnya. Mungkin kalian berpendapat seperti itu karena kalian termasuk orang2 kaya yang haus akan subsidi pemerintah. Makanya kalian membela diri dan mencari2 alibi untuk mewajarkan hal itu. Sori, no offense. Kalian yg under estimate krn menilai pendapat sy atas dasar HARGA.

    • Serena mahal cuy, awal thn 2017 kmrn beli serena di harga 378jt
      Yg pastinya jauh lebih nyaman dari honda crv yg hrga nya hmpr mirip
      Selalu minum pertamax plus plg minimal pertamax

    • Serena mahal harga baru skrg 400jtan, itu tipe menengah atas apalagi mobil yg divideo tipe hws/highwaystar tipe paling tinggi pada stiap mobil buatan nissan, kalau yg bawah menengah itu evalia, harga setara sama avanza, rush, xenia

  4. Ini yang ketahuan, yang gak ketahuan?
    Halah, di Surabaya spbu shell pada tutup semua, AKR cuma ada di pantura, sedih bosku ?

  5. Lae.. Minyak (solar/Bensin) pasti akan menguap.. Jika Mobil tanki membawa 8 ribu liter minyak,pasti akan mengalami penyusutan lae.. Sampe di SPBU minyak tsb akan berkurang kalau di literi lagi pasti tdk akan sampai 8 rbu ltr .

    Menurut saya ,pihak pengusaha tdk akan mau rugi, mereka akan melakukan cara curang biar tidak rugi, yah dengan melakukan modifikasi dispenser lah..
    Tapi ini sangat keterlaluan bah

    • Saya pernah jualan premium, waktu seliter 3rebu perak. Jaman SBY. Klo truk tanki bawanya pas cuaca panas, volumenya melar lumayan. Makanya sopir berani “kencing” di jalan. Mereka tahu berapa bnyk bisa “kencing” itu. Saya dulu ngecek cuma pakai tongkat meteran dicelupin ke tanki. Ga tahu sekarang gimana ngukur/ngecek. Tiap malam hitung keuntungan. Total uang selalu lebih banyak drpd total volume premium yg terjual. Dibagi bagi ke pembantu. Bonus istilah nya. 5000 liter ludes dlm seminggu. Mungkin karena jumlah bensin melar, uang juga melar

    • Sekarang utk pedagang eceran kongkalikong sama sopir dari mobil tangki susah harus beli sama sopirnya kalau gak sopir ketauan bakal dipecat sama spbu penerima, dulu sih enak skitar 4tahun lalu bisa maling 2jerigen full premium akal”an sopir habis bongkar di spbu, kalau skrg mau beli di sopir langsung jg paling kurang 5ribu per jerigen 50liter…

  6. Kenapa ga dicoba dengan pembuktian terbalik saat itu juga, kosongin bahan bakar nya yg ada dalam tangki!! Ada ga 78 liter, mungkin ga kepikir kali ya…

  7. Utk pihak spbu: akhiri segala kecurangan,blm terlambat utk tobat..

    Utk pembeli: coba utk ikhlasin anggap sbgai sodakoh,,jgn ulangi beli di spbu tsb,,

    Utk bloger+comentator: nyimak wae..
    ???

    • Kalau semua ikhlas mereka bakal enak bisa masuk surga bareng” kita yg dirugiin sama mereka boss, coba berpikir jernih, dari pada 200gua ilang ditilep oknum mendingan gua masukin ke kotak amal yg tersedia di minimarket/mesjid 😉

  8. Kalo saya agak gemes sama operator yg ga lihat waktu isi d tanki motor. “isi full tank mas/mbak”, eh pas di isi sampe tumpah2 gara2 g dilihat tanki uda penuh.

    • sengaja bro, biar mahalan dikit, terus digit di belakang angkanya cuma 600, 700, 800 an, sisa kembaliannya gk dikasih,

  9. Akhirnya dibuatkan juga artikelnya.. Terima kasih Lek IWB.
    Jaman digital, setting seperti itu mah mudah sekali, Ingat skandal kasus VW?
    Itu bahkan jauh lebih rumit, bayangkan saja ecu bisa langsung ganti map dan semua parameter mesin ketika mobil di colok ke komputer atau OBDnya auditor, sehingga output CO2 bisa sesuai regulasi euro4, konsumsi bbm langsung berubah jadi irit dll dan begitu alat tes dicabut map ecu kembali kesetting awal. Tapi akhirnya ketahuan juga..
    Dan saya yakin mereka para pengusaha punya metode yang mirip untuk mengakali meteran

  10. pertalite itu nguapnya lumayan cepet bisa jadi itu pas ngisi make yg keluarnya paling pelan itu lho jadi banyak yg nguap.

  11. Kalau menurut saya, sebelum menjudge spbu tersebut, alangkah baiknya si empunya mengisi ulang kembali pertalite dg tanky yg sama kosongnya dg yg kemarin viral, dg wktu yg sama juga, tapi dengan spbu yg berbeda, dan hasilnya di bandingkan, apakah perbedaan/selisihnya signifikan atau tidak setelah dibandingkan, itu lebih fair drpd su’udzon terlebih dahulu sebelum di compair dg data yg ada,mudah mudahan orangnya membaca pendapat saya atau ada yg memberitahu, drpd nanti menyesal menyebarkan berita yg yg kurang baik, klau benar curang sih ya gpp, tp klau spbu nya jujur, jatuhnya jd fitnah

    • Pernah kejadian om saya begitu persis kasusnya kaya serena, terus ditantangin gan bongkar tank di saat itu juga, klw benar hasil keluarnya bensin dr tank sesuai dengan tagihan, om saya rela kasih mobilnya buat pihak pom. Akhirnya gak berani gan, dan milih kasih tagihan yg masuk di akal. Gak semua siy pihak pom Pertamina culas, tapi dr kejadian ini efek dominonya luas, konsumen jd gak percaya sama penyedia jasa, yg rugi adalah pom yg bersih, ujung2nya konsumen beralih ke pom swasta. Miris kan klw masyarakat Indonesia gak percaya sama penyedia jasa milik negara sendiri.

  12. Pengalaman ane gan, ane pernah bawa mobil di sebuah pom di tmpat tinggal ane, lompat nggak dr nol tp dr 5000, pernah juga bawa motor vario lama yang notabene tankinya kecil dipatok harga gak masuk akal, lalu ngeyel ke pegawainya lalu diturunin, aneh kan?

  13. Aku percaya sing duwe mobil Serena kang. Iki nembe viral wae karena ke shoot. Pak dheku tau ribut Karo petugas pom, kejadian persis Karo Serena ngene Iki. Ditantangin bongkar isi tank bensinne, saumpomo bener itungan nozle, mobil didadekno taruhan silahkan diambil pihak pom. Pihak pom ora wani terus milih aman menehi tagihan sing masuk akal.

  14. Paling tau mau dilaporkan langsung dibenerin dispensernya.
    Sebenarnya pertamina butuh pesaing yg kuat,biar memperbaiki pelayanan.
    Sayang spbu swasta penyebarannya gak merata di jatim sidoarjo tepatnya spbu swasta udah lama pada tutup.

  15. mungkin perlu dipertimbangkan ulang badan pengawas/metrologi untuk ngecek validitas pom bensin adalah supir angkot dan taksi. soalnya kalau ngisi bbm di pom yang antri banyak angkot, takarannya paling pas dibanding yang angkot gk mau isi,

  16. dah biasa hal seperti itu di pom bensin… kebanyakan yg punya pejabat…warga sekitar dah tau di pom itu banyak pelanggaran dan warga sekitar jarang yg isi di situ…

  17. Sedih disaat konsumen di gembar gemborkan cintailah produk-produk dalam negeri tapi justru sebagian produk dlam negeri yang memonopoli culas kepada konsumen, jadi jangan salahkan konsumen kalau konsumen memilih yang bukan dari dalam negeri.

  18. Itu kan sengaja ngerekam, artinya bukan 1-2 kali ngalami. Dan komen masyarakat sekitar jg sdh tahu ada kecurangan. Petugasnya jg tau klo lg direkam dan kemungkinan berpikir bakal viral dan jd masalah.
    Jd saya rasa benar, reset seketika jg, sehingga gembok & investigasi sdh telat, ato bisa jd trik bukan di dispensernya..

  19. trik dan cara agar BBM yang Anda beli tidak cepat habis dan bisa sesuai dengan takaran.
    Berikut cara pintar mengisi BBM di SPBU agar tidak merugi:
    1. Jangan tunggu tangki kosongAnda sebaiknya tidak menunggu tangki BBM motor/mobil sampai kosong baru mengisi BBM.Lebih baik isi BBM di saat tangki masih terisi setengah penuh. Hal ini mencegah BBM yang Anda beli akan menguap. Pasalnya, BBM mudah menguap ketika tangki BBM motor/mobil memiliki banyak ruang kosong.
    2. Jangan di siang hari Sebaiknya jangan mengisi BBM kendaraan di SPBU saat siang hari di mana terik matahari sangat menyengat. Suhu panas di siang hari hanya akan membuat bahan bakar lebih mudah menguap ketika dimasukkan ke dalam tangki motor/mobil. Lebih baik pilih waktu pagi atau malam hari saja.
    3. Pilih SPBU yang tepat Anda sebaiknya mengisi BBM di SPBU yang sudah terpercaya. Selain itu,sebaiknya Anda menghindari mengisi BBM di SPBU yang sedang atau baru mengisi storage tank mereka dari mobil tangki penyuplai. Hal ini menghindari adanya kotoran pada storage tank yang terangkat masuk ke tangki kendaraan Anda.SPBU
    4. Awasi parameter di mesin SPBU Untuk menghindari kecurangan yang dilakukan petugas SPBU, Anda sebaiknya mengawasi parameter penunjuk jumlah uang dan jumlah BBM yang masuk ke tangki kendaraan. Lihat apakah nominal yang ada di parameter tersebut sesuai dengan yang Anda beli atau tidak.
    5. Isi BBM dengan nominal tak umumCara ini untuk menghindari kecuranganpihak SPBUyang telah memodifikasi mesin parameternya.
    Biasanya, kecurangan itu terjadi pada saat pembelian BBM dengan nominal uang yang sudah umum, misalnya Rp 10 ribu, Rp 15 ribu, Rp 50 ribu, sampai Rp 150 ribu.Nah,untuk itu sebaiknya Anda membeli BBM dengan nominal uang yang tidak umum. Misalnya, Rp 11 ribu, Rp 51 ribu, atau Rp 151 ribu. Dengan demikian petugas SPBU tidak bisa menekan tombol otomatis pada mesin parameter yang kemungkinan sudah dicurangi.
    dengan marak spbu nakal kita sebaik nya lebih waspada sob..

  20. Di reset nih banyak kejadian kaya gitu daerah saya. Btw yg komen kenapa serena dikasih pertalite ya masih wajar orang standar nya pump gas, 88 ko. Non subsidi juga kan, masalahnya dimana?

  21. Kalau pas isi pastikan kita lihat angka mulai dari 0. Pengalaman pernah isi, angka gak dari 0 tapi dari pengisian sebelumnya gak ditutup tapi dilanjut ke motor ane. Untung lihat.

  22. Mudah2an..suatu saat ada teknologi mobil atau motor yang bisa menakar bbm di tangki dengan tepat..jadi SPBU yg pengisian nggak bener bakal ditinggalin pelanggan..

  23. pombensin yg satu itu emang curang,saya pernah jadi korban juga karena kapok sekarang beralih keswasta.
    mahal dikit tapi takaran betul

  24. Sy lupa dl ad artikelnya dimana ya, ini pola lama mas iwan, jd dia mainannya sistem remote dr ruang kendali(dikendalikan menggunakan alat oleh salah satu operator), klo dl sy baca artikelnya, bbrp masyarakat melaporkan ke polisi, lalu di selidiki dan dimata2i, dirasa cukup bukti, polisi melakukan penggerebegkan, lbh 1 orang oknum yg ditangkap waktu itu

  25. Pa jokowi dan mentri perdagangan serta mentri esdm yang budiman, permudahkanlah izin spbu swasta yang telah terpercaya serta jujur dan diakui internasional agar dapat leluasa membuka cabang di seluruh daerah di indonesia, itu lebih baik karna mereka taat pajak dari pada anda membiarkan oknum pengusaha spbu culas mengeruk keuntungan yg merugikan pajak dan pemasukan negara, sekian dan terima kasih

  26. Kalo ane sih misal ke pertamnina pilih yg COCO. Atau paling enggak CODO ngisinya pake nominal ganjil. 53,77,101 dst. Hindari ngisi di SPBU DODO.
    Cara lain yg menurut ane aman sih cari SPBU dimana banyak truk atau angkot yg ngisi disitu. Mereka lebih hafal soal takaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here