iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….IWB cukup tertegun ketika melihat share data dari pembaca perihal hasil pengetesan terbaru top speed dan performa Honda new PCX 150 yang dilakukan teman-teman media dari tim Otomotif. Testing dijalan raya dengan pengukuran menggunakan race logic memberikan gambaran yang cukup mencengangkan. Nggak pakai rasa doang cak, namun kini sudah melangkah pada pengukuran akurat racelogic. Dan ketika pembaca melakukan komparasi dengan hasil tes Yamaha NMax 155…ini yang membuat pembaca pada garuk-garuk alis. Lho nyapooo ??

Dari artikel terbaru yang dishare oleh Otomotif, mereka melakukan pengetesan akselerasi tiap rentang jarak termasuk top speed. Artikel berjudul “Gemesin, Hasil Tes Dan Akselerasi All New PCX 150, Menurut Kalian Gimana?” ini dirilis sekitar dua hari lalu. IWB tahu testing top speed dilakukan Mr. Testo bro Aant. Lawong diYoutube channelnya ada cak. Nah..dari testing mereka diperoleh data sebagai berikut….

Data Honda new PCX 150

iklan iwb

Data Tes:
0-60 km/jam:? 5,2 detik
0-80 km/jam:? 9,4 detik
0-100 km/jam:? 17,2 detik
0-100 m:? 7,8 detik (@73,9 km/jam)
0-201 m:? 12,3 detik (@88,9 km/jam)
0-402 m:? 19,7 detik (@103,9 km/jam)
Top speed di spidometer:? 118 km/jam
Top speed di Racelogic:? 111,2 km/jam

Top speed mencapai 118 km/jam on speedo atau setara dengan 111,2 km/jam dari alat pengukur GPS racelogic. Dilalah hasil ini oleh beberapa pembaca coba dikomparasikan dengan hasil testing Yamaha NMax 155 masa lalu lewat metoda yang sama yakni uji jalanan. Testing juga dilakukan Mr. Testo Otomotif. Untuk melihat pengetesan mereka sampeyan bisa merujuk data artikel berjudul “Data Lengkap Test Ride Yamaha NMAX 150, Akselerasi dan Konsumsi BBM”. Hasilnya? sebagai berikut….

Data Yamaha NMax 155

Data akselerasi :
0-60 km/jam : 6,2 dtk
0-80 km/jam : 11,1 dtk
0-100 km/jam : 21,1 dtk
0-100 m : 8,6 dtk
0-201 m : 13 dtk
Top Speed (Spidometer) : 112 km/jam
Top Speed (Racelogic) 109,5 kpj
Konsumsi 48 km/liter

Nahhh…bikin garuk-garuk alis to. Tak ayal beberapa pertanyaan mampir kewarung…apakah benar Honda PCX150 mampu jabanin performa Yamaha NMax155 ? Jika mengacu dari data diatas kita harus akui…ya, kira-kira demikian. Bahkan hampir seluruh sektor maxi skuter Honda ini nyaris unggul baik akselerasi ataupun top speed. Tapi cak…kalau menurut IWB pribadi agak sulit menyimpulkan pasti…

Bukannya bermaksud membela cak, komparasi diatas tentu tidak fair karena kita tidak tahu apakah tester adalah orang yang sama. Jika berbeda berapa bobot rider atau tester juga kudu dihitung. Lalu rute jalanan juga tidak disebutkan gamblang. Sebab dengan lokasi dan tempat berbeda tentu saja hasil terbuka tidak sama. Bagaimana kondisi angin, permukaan jalanan plus bobot rider pastinya. So….mending kalau ingin komparasikan langsung….lebih baik dijajal drag dengan rider yang sama ditempat yang sama pula. Btw…penyimpangan speedometer vs GPS NMax kecil bener yak, mantaappp….

Last….komparasi performa dari dulu memang selalu menjadi hot topik. Padahal harus kita akui, disegmen skutik kenyamananan adalah utama. Kuwi buat IWB cak. Nggak tahu kalau sampeyan. Mau kenceng? monggo beli sport 2 atau 4 silinder. Apapun itu, berdasarkan artikel dari Otomotif diatas bisa memberikan gambaran top speed asli maxi skuter Honda ini. Dan hasil uji mereka mencapai 118 km/jam on speedo atau setara 111,2 km/jam on GPS. Yahhh…mirip-miriplah sama NMax. Kurang kenceng? jangan nunggang matic cak….mending nunggang jaran wae. Iyo oraaaa :mrgreen: …..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!