iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee….perkembangan motor listrik sepertinya terus bergulir kearah serius. Setelah sebelumnya Dorna mengumumkan bakal dibuka kelas Moto-E, kini untuk model lain pun mulai bergerak. Seperti yang dilakukan Yamaha yang memperkenalkan motor listrik kompetisi berlabel TY-E berikut ini…

iklan iwb

Motor listrik berlabel TY-E ini merupakan versi kompetisi yang nantinya akan dilempar kepasar oleh pihak Yamaha. Posisi TY-E sendiri nantinya masuk motor spesial yang rencananya bakal bersaing ke ajang FIM Trial E-Cup…

Jika melihat sosoknya bisa ditebak Yamaha TY-E memiliki desain simpel dan kompak. Yamaha kali ini berhasil membuat motor listrik yang ringan karena sasis menggunakan karbon komposit monocoque (CFRP). Konon bobot hanya 70kg. Ediann enteng tenan….

Sedang penggeraknya, seperti biasa power mengandalkan baterei lithium-ion. Tidak tergali gamblang spek power sang kuda besi. Namun yang pasti Yamaha TY-E ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan motor listrik lainnya. Kenapa?

Sebab Yamaha membekali kopling khusus untuk membantu ledakan power yang dibutuhkan. Maklum cak…posisi Yamaha TY-E memang tidak seperti motor listrik lain. Posisinya sebagai “jumpalitan bike” (haiyaahhh istilah mana ikiiii :mrgreen: ) harus diakomodir dengan baik. Nggak heran Yamaha TY-E menjadi pusat perhatian khalayak…

Yamaha TY-E sudah dijadwalkan akan berlaga dievent pertamanya di Auron Perancis pada tanggal 14-15 Juli. Lalu dilanjutkan ke Belgia tepatnya di Comblain Au Pont (20-21 Juli 2018). Yamaha rencannya akan menggaet rider Jepang yakni Kenichi Kuroyama pada FIM Trial-E Cup tersebut….

Last…Yamaha TY-E masih dalam tahap uji coba. Status sendiri belum dirilis atau dijual secara umum. Menjadi motor listrik kompetisi akan menarik bagi kita untuk menunggu berapa banderol yang akan dipasang oleh Yamaha nanti jikapun resmi dijual. Yamaha TY-E? berikut gambaran teaser sang kuda besi…..(iwb)



https://www.youtube.com/watch?time_continue=93&v=otuI3HI0U2E

TY-E Key Specifications

Overall Length x Width x Height 2,003mm x 830mm x 1,130mm

Wheelbase 1,310mm

Minimum Ground Clearance 350mm

Vehicle Weight Less than 70kg

Engine Type AC synchronous electric motor

Auxiliary Battery Type Lithium-ion battery

Clutch Type Hydraulic, Wet, Multi-plate

Frame Type CFRP Monocoque

iklan iwb
Previous articleHarga bensin kembali naik, kencangkan ikat pinggang cak !
Next articleInterview FIM CEV 2018 : Dimas Ekky dan Gerry Salim targetkan masuk 3 besar !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!