iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Eittttttt…eitttt, jangan keluar tanduk dulu ki cak khususnya FBY. Tapi monggo dibaca dengan santai dan taruh spirit “samplok sandal swallow”. Sebab tulisan ini tidak berdasarkan ngarang pakde. Melainkan pengalaman IWB secara langsung…setelah beriteraksi dengan para penggede pabrikan berbagai merk. Dan bisa IWB simpulkan, Bagi pabrikan lain ternyata Honda cukup mengerikan soal kompetisi. Ahhh mosokkkk ? 

Harus kita akui Yamaha saat ini menjadi lawan terdekat Honda soal penjualan ataupun inovasi produk. Mereka selalu kreatif serta memiliki keberanian melakukan terobosan yang pada akhirnya menjadi acuan beberapa pabrikan untuk ikut terjun dalam segmen yang telah dibentuk. Akan tetapi dalam perjalanannya tidak mudah dalam mempertahankan Market Share yang telah diraih….

Seperti yang kita tahu walau kini melorot diangka 24-25%, Yamaha sempat merasakan masa keemasan dan mampu menjadi leader market share di atas 40% beberapa tahun lalu. Sebuah kondisi yang ternyata konon tidak pernah mereka duga dan Sepertinya bakal sulit untuk diulang kembali. Hal ini diakui oleh salah satu kenalan IWB di tubuh Yamaha yang mengatakan bahwa kemenangan tersebut hanyalah kebetulan belaka….

iklan iwb
iklan iwb

” Kita sih nggak ada apa-apanya Mas, kita juga tidak pernah menyangka Market Share dulu bisa di atas Honda sebab secara resources kita jauh lebih kecil dibandingkan dengan mereka. Kita melihat saat itu mereka lengah Jadi dengan kondisi sekarang sepertinya cukup sulit untuk mengulangi lagi Market Share 40 %. Sekarang kita hanya pengganggu saja dan tidak ada niat untuk mengalahkan. ..” serunya terkekeh pada saat kita ngobrol santai membicarakan tentang trend market roda dua di tanah air…

Menurut mereka kelebihan Honda adalah sumber daya yang sangat besar. Bahkan secara blak-blakan mereka mengatakan budget yang dimiliki oleh Honda sebagai kompetitor juga di atas mereka berlipat-lipat. Ditopang oleh jaringan yang luas, untuk melawan raksasa tentu saja akan menghabiskan energi. Jadi jangan heran jika Yamaha seringkali membuka segmen baru ketimbang berkutat dengan segmen yang sudah dikuasai kuat oleh Honda. Hhmm…logis juga yak. Terus piye dengan pabrikan lain ?

Sama cak. Ternyata kondisi tersebut juga dirasakan mereka. Pabrikan lain yang jauh lebih kecil juga kuatir jika Honda sudah mulai melirik segmen yang gemuk dan belum mereka masukin. Padahal mereka yang membabat alas sejak awal. Sebab menurutnya jika itu terjadi maka biasanya bakal merepotkan. Apalagi menurut kenalan IWB, kebiasaan Honda adalah “See and follow”. Jadi Honda mengamati kemudian jika potensinya menggiurkan serta menjanjikan Honda akan datang dengan produk tandingan yang jauh lebih Advance serta affordable price. Kuwi sing repot pakdeee…

” Honda mampu menekan harga akibat mass Production yang cukup besar. Kondisi tersebut membuat bergaining position juga sangat kuat dengan para vendor. Produksi besar pasti vendor juga memberikan harga khusus....” serunya membuat IWB mengerutkan dahi. Belum lagi komponen yang nempel pada motor sebagian merupakan produk sister Company dari Astra group yang disinyalir membuat perbedaan. Ibarate cak…..tonggo karo dulur pasti beda harganya. Ilustrasinya nggak mungkin sebagai penjual sampeyan akan memberikan harga yang sama antara saudara dan tetangga. Posisi ini semakin berat karena FIF menjadi leasing besar yang juga mendukung gerak Honda. Makin mumet bathuke cak….

Last…. dengan segala fakta diatas bisa IWB simpulkan, bagi pabrikan lain ternyata Honda cukup mengerikan soal kompetisi. Sebab jika melawan Honda yang dibicarakan tidak melulu hanya soal produk. Akan tetapi power dan kekuatan jaringan, sumber daya serta seluruh penyokong di belakangnya membuat gerak Honda jauh lebih lincah. Tidak ada yang salah sebab kompetisi tetap berlangsung sehat dan bebas karena semua ditentukan oleh pasar. Tapi ototnya cak. Ibaratnya Honda punya 10 otot, Yamaha 5 otot sedang Kawasaki dan Suzuki 1 otot…yo dlosor-dlosor rek kalau gebuk-gebukan head to head. Pasti 10 otot kroso tenan samplukane. Untungnya yang 5 otot ki gerakannya lincah jad kompetisi tetap seru. Nah…kalau menurut sampeyan piye pakde, apakah betul Honda terlalu kuat dan sulit untuk digeser dominasinya ? Ora setuju ngacung hayoooo  (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

289 COMMENTS

    • Tdk bisa kang ,,,,,,,,

      Masa keemasan yamaha akan segera datang!!

      Tunggu produk baru (MXking VVA,WR150,R25,dll)

      *by TIM ELIT FBY

    • Tdk bisa kang ,,,,,,,

      Masa keemasan yamaha akan segera datang!!

      Lhat di balapan jg R3 mulai juara,motogp motor M1 zudah terlihat cepat,R25 baru akan jd king of ARRC

      *by TIM ELIT FBY

    • Jelas lahh.. SDM nya Jauh berkali kali lipat.
      jika ASTRA HONDA MOTOR menguasai pasar, itu wajar. Dan memang seharusnya begitu.
      Tapi jika AHM market share nya di bawah itu yg patut di pertanyakan.

    • dulu honda memang desain nya culuun kyag suzuki tpi skrang memang semakin tajam dan garang desain nya keren selera indo bnget futuristik

    • Yamaha zelalu membuka pasar , misal :

      Ziapa mezin matic dg vvaa pada matic=Nmax
      Ziapa deltabox yg pertama=itu vixsion
      Ziapa matic murah sudah LED=itu mio
      S
      Ziapa matic maxi pertama=itu Nouvo
      Ziapa maxi scoter pertama=Nmax
      Ziapa bebek Matic=itu Lexam
      Ziapa mesin LC4V pertama=itu mx135
      rossi
      Ziapa motor street-figter USD=itu
      Xabre

      *by TIM ELIT FBY

    • Kesimpulan dari artikel diatas. jangan beli motor honda!!!! Untungnya kegedean dan produknya kurang inovatif, sekedar ngikutin market yg gemuk aja. Kualitas kemungkinan juga bisa jadi alakadarnya karena mereka merasa PD produknya bakal diterima masyarakat.

    • Kesimpulan yg bagus Mr ShS
      Berbicara tentang market dn resource honda memang besar tp berbicara produk yg dimana “itu tujuan konsumen” sy pribadi lbh condong ke ym, klopun harus honda entah knp lebih suka produk cbu an bukan lokalan “dr segi kualitas”
      Gitu mas iwan

    • Okelah Honda punya power, semua org tau. Tp yg gak srek di hati, knapa dg power yg berlipat itu mereka hanya bisa jadi follower?

      Ga ada kah RnD yg kreatif dr Honda buat bisa buka segmen sndiri?

    • YAMAHA sllu buka pasar baru.

      KARNA CUMA ITU PILIHAN.. dari pd adu jotoss… secara langsung.

      Emang mampu… YAMAHA scara langsung Melawan MbeAT.. Vario.

      BeAT:tulang..
      Vario:otot.. OTOT KAWAT TULANG BESI..

      Sanpe FBY jas jess josss Belinya BeAT haaaaaazzuuuuu tenan rek.

    • mayoritas calon konsumen itu kalo mw beli motor itu bakal kredit drpd cash. Tp saat membandingkan harga motor+ total yg harus dibayar+bunga selama tenor yaang sama maka kelihatan motor yamaha jauh lbh mahal (bunga ny gede) mungkin ini salah satu yang menghambat penjualan yamaha.. harus kerja sama leasing yg bisa ngasih harga lebih kompetitif.

    • Yg namanya menang kompetisi itu ya ada lawannya. Lha ini di lawan malah mewek seperti tingkah fby. Lalu alasan klasik karena semua merk sepeda motor disebut Honda. Ini alasan fby paling guoblok sepanjang masa. Nggak baca artikel di atas? Matamu picek?? Yamaho pernah jadi leader penjualan!! Kalau mau menang dalam kompetisi bikin sepeda yg NYAMAN!! tahu kata nyaman gak ? Kalau nggak tahu selamanya kamu akan kalah kompetisi!!

    • @wirananta

      Karena Yamaha dan juga pabrikan ga mampu utk head to head, makanya selalu buka pasar baru yg Honda belum main.
      Klo Honda yg memulai duluan, terus pabrikan lain mau jualan apa?
      Sumber daya kalah, langkah juga kalah, udah pasti jadilnya juga akan kalah.
      Pertanyaan ente ini udah dijawab lewat artikel yg panjang lebar ini lho bro
      Apa lupa baca artikelnya?
      Hahahahaa..

    • Wajah2 sales yamaha kelihatan lebih tua dari umur yg sebenarnya karena kebanyakan sebar brosur dipinggir jalan terkena debu & kurang perawatan. Beda dengan sales honda, salesnya lebih kinclong & wangi.

    • Honda imho in syaa Allah tetap bisa diperkecil ms nya oleh yimm, krn toh di dasar market tetap saja konsumen tidak bisa dipaksa utk beli honda, mrk tetap menimbang2 sebelum memutuskan, nah tugas team marketing yimm utk berupaya berhasil memenangkan pertimbangan konsumen, caranya sederhana, I bikin produk yg istimewa (fitur palugada dgn harga mencengangkan) contohnya lexi 125 vva. Klo yimm bisa membuat produk yg istimewa, akan sulit dikalahkan, contohnya mx king market leader, sonic + geter ga bisa menyamai ms mx king.. Dan topnya lg.. Mxking masih diatas angin sdh akan hadir new nx king 155 vva tambah istimewa. Priduk istimewa lainnya adalah xmax 250 yg laris & sukes bikin galau fbh berbondong2 shifting demand mengakibatkan cbr250rr numpuk di gudang …ini bukti2 bhw sebenarnya nama yamaha punya potensi mengimbangi lg brand honda asal yimm mampu menelorkan lg produk yg istimewa

    • Produk istimewa yimm lainnya : R15 155vva, sayangnya stangnya cuma 1 opsi undoryoke yg bikin ngilu boyok, harusnya ada opsi lg stang yg sama tinggi dgn stang cbr150r

    • Vixion R jg produk istimewa yimm , 2 th new cb150r gagal kudeta , padahal merk honda iki loh cb150r, gagal, bukti bahwa nama honda bukan segalanya,.. dihadapi dgn produk istimewa ae, terbukti produk honda bisa dikalahkan/ diimbangi yamaha

    • Nah, soal nmax, ini tugas team marketing utk bisa menancapkan produk knowledge di benak konsumen bhw nmax sebenarnya worth to buy, krn versi 2018 sdh spedo digital, jok empuk elegan look, shok subtank yg berpadu dgn jok empuk makin woles sambil slonjoran , material plastik yg tebal pas ngak kegedean yg bikin susah selap selip dan menghambat aksekerasi di area windy (ber angin) apalagi angin kencang dari sudut 45 derajat, oleng rek pcx apalagi ban lebih cungkring bodi depan lebih lebar, limbung kabeh ketiup angin kencang, sementara nmax lebih mumpuni melibas windy area.
      Belum lagi soal mesin 4 klep 155 vva.. lebih superior dari mesin 2 klep pcx yg harus membawa bobot motor lebih berat dgn tebeng depan lebar banget gitu.. Kebayang banget kedodorannya pcx, nah produk knowledge ini SWOT nya hrs bisa ditransfer ke benak calon konsumen spy mrk tdk hanya terbuai dgn desain semata namun pertimbangan overall thd SWOT motor terbaik yg hendak mrk miliki

    • Memang yamaha jd no.2 skarang

      Tp itu akan bisa jd no.1 lg stlh produk baru ada dan motogp memenangi sircuit yg yamaha zuara nya

      *by TIM ELIT FBY

    • Skrng udah pada tau kan kalo material Honda didukung vendor bermerek….sblh vendor cina GA ada merk…pantes ngebul shock bocor velg geol mesin kasar

    • Kesimpulan dari artikel diatas. jangan beli motor honda!!!! Untungnya kegedean dan produknya kurang inovatif, sekedar ngikutin market yg gemuk aja. Kualitas kemungkinan juga bisa jadi alakadarnya karena mereka merasa PD produknya bakal diterima masyarakat.

    • NMAX kan laris manis baik export maupun impor. harunsya bisa jual lebih murah kan lek? tapi kenapa cuma selisih dikit ama PCX?

    • Mungkinkah efek kipas kipas Dollar Yamaha buat menutup biaya sponsor motogp dan trans7, mangkanya semua di pusatkan di indo.

    • Iwhebe : Eittttttt…eitttt, jangan keluar tanduk dulu ki cak khususnya FBY
      Kz : Fby nggak ada tanduknya kang. Masak tikus Curug ada tanduknya?? Mereka punya nya ekor tanpa biji. Huahahahahahahahaha

    • Semalem pas MU vs Chelsea.. beuh kayaknya dh di order sama HONDA.. bakal milyar2 tuh buat iklan doang..

      Yang H modal DUIT & NAMA BESAR yang Y modal kreativitas INOVASI & KUALITAS..

    • Vixion R jg produk istimewa yimm , 2 th new cb150r gagal kudeta , padahal merk honda iki loh cb150r, bukti bahwa nama honda bukan segalanya, dihadapi dgn produk istimewa ae, terbukti produk honda bisa dikalahkan/ diimbangi yamaha

    • Yamaha zelalu terdepan itoe betoel adantja

      Zelalu ploduk terbaru ada di yamaha saza

      Ziapa yg ada mezin ppa pada matic=itu yamaha
      Ziapa deltabox yg pertama=itu vixsion
      Ziapa matic murah sudah LED=itu mio S
      Ziapa matic maxi pertama=itu Nouvo
      Ziapa maxi scoter pertama=Nmax
      Ziapa bebek Matic=itu Lexam
      Ziapa mesin LC4V pertama=itu mx135 rossi
      Ziapa motor street-figter USD=itu Xabre

      *by TIM ELIT FBY

    • Gk sekalian di tulis
      Rekalan terbanyak siapa……???
      4tak pertama siaa…..??
      Injeksi pertama siapa…????
      Juara motogp terbanyak siapa…???
      Ms tiap bulannya tertinggi siapa….???
      MuUuuehehehehe……..
      MuuUUUuuuehehehehe……..

    • YAMAHA BAGUS berinovasi.. Membuka pasar baru..

      TAPI FBY Kui KAYA A*U… JES JOS JES JOS.. DOANG..

      BOSAN ABIDIN DENGERNYA..

      JAS JOS JAS JOSS cuangkem mu kui luhhh BUOSOK Tenan Rek.

    • Selalu didepan kompeteror itulah ,,,,,,,,

      Ziapa mezin matic dg vvaa pada matic=Nmax
      Ziapa deltabox yg pertama=itu vixsion
      Ziapa matic murah sudah LED=itu mioS
      Ziapa matic maxi pertama=itu Nouvo
      Ziapa maxi scoter pertama=Nmax
      Ziapa bebek Matic=itu Lexam
      Ziapa mesin LC4V pertama=itu mx135rossi
      Ziapa motor street-figter USD=itu Xabre

      *by TIM ELIT FBY

    • Sayange ENTE belinya Beat.

      GAGAL MOVEON YAA… KASIHAN.

      HUKUM ALAM FOLOWER SELALU LEBIH SUKSES DARI PIONER..

      DENGAN MODAL GEDE. SERTA STRATEGI MATANG..

      SILAHKAN SEBUTIN SEMUA PASAR YG DICIPTAKAN YAMAHA..

      DAN SILAHKAN SAKIT HATI PASAR2 ITU UDAH DIAMBIL ALIH HONDA..

      SEMAKIN BANYAK YG ENTE SEBUTIN..

      SEMAKIN SAKIT PERASAAN ENTE..

      KASIHANNNN….

    • Blom terlambat buat ngimbangin ms honda, caranya buat produk istimewa , maka akan terbukti susah dikalahkan spt mx king, vixion R, xmax bikin cbr250rr layu sebelum berkembang. Klo blom memungkinkan membuat produk istimewa utk menghambat beat, caranya gampang, ganti stoplamp soul gt dgn model yg lebih kecil spt stoplamp force 155 , kemudian turunkan harga soul gt 125 setara harga beat, Imho ane yakin banyak konsumen galau ga jadi ambil beat

  1. Aq FBH tp doyan mborongi produk Yahmama… Eh FBY mlh jas jes jas jes thok.
    Pentolane FBY mlh nyemplak Mbit… Hahaha…..

  2. emang dia modalny gede bnget….liat aja miara tuyul diberbagai blog untuk counter dan penggiringan opini….fbh contohnya ….ngah ah ah ahhhh

  3. artinya sangat wajar MS honda segitu gede, ga ada yg oerlu di banggakan.
    kalo sampe kalah MS atau kalah produk itu yang memalukan.

    bojo jowone “kalah salah, menang ora kondang”

  4. dulu honda anteng jalan sendiri di motor 4 langkah paling ya kawasaki dengan motor bebeknya dan binter, sementara yamaha dan suzuki main di 2 langkah. saat itu mungkin persaingan belum ketat, sampai tahun pertengahan tahun 90an Yamaha dan suzuki main di motor 4 langkah. Honda tampaknya tidak siap dengan persaingan ini alias lengah dan sepuluh tahun kemudian Yamaha meraja!

    merasa kecolongan sangat besar, makanya sekarang honda sangat hati hati dan lebih baik mencuri dari pada dicuri seperti pengalaman saat itu! wakakakakak dongeng sebelum eek…

  5. Material yg nempel di Honda didukung vendor bermerk kalo Yamaha vendor cina makanya mesin kasar,velg geol,shock bocor,komstir oblak spedo ngembun….fakta

    • Pertanyaannya
      Knalpot merk apakah bro yg tertempel di pcx kemarin ?(jangan koar2 cina ke yg lain bro nanti malu sendiri)

      Yakin 100% yakin, bahkan fbh tulen sekalipun kagak bisa jawab

    • Fby akut berharap kepalsuan knalpot mslhnya honhon pdhl sdh ada klarifikasi klo itu problemnya si modifikator dan ga berkait ke honhon haha..

      Tp syndrome mentalitas kismin akut berbusa busa harapin itu problemnya honhon (biar ada ksamaan kepalsuan dgn yamaho), tp itu tdk bisaa.. Haha ?

      Kepalsuan hanyalah milik yamaho semata, bukan lainnya

    • Lalu kenapa bro pabrikan ikut2an kasih klarifikasi bahwa itu snalpot yoshi (taunya yoshi g ngaku)

      Mikir pake otak, otak dipake mikir
      Garus bawahi bro, bukan soal snalpotnya tp sikap pabrikan besar yg menyikapinnya
      Gitu bro
      Salam otak dengkul

    • Ya jelas honhon ikut klarifikasi donk karena itu event-nya mereka dan ga mau dirugikan akibat kasus itu karena mereka dlm posisi sebagai korban jg alias kecolongan gara2 keserampangan si modifikator main pakai knalpot palsu, informasi yg di release knp itu bisa terjadi (main tempel stiker atau lainnya) pasti jg berdasar dari pertanggung jwban klarifikasi si modfikator yg diminta honhon, klo ai dlm posisi gitu jg pasti bgitu sikapnya

      Tp klo fby mau somplak akut yg komplit ya anggapnya tu mslh honhon ?

      Ada yg tau merk apa yg nempel di otak fby? Itupun klo ada otaknya haha ?

    • Hahah sotoy lu boy.. anak kemaren sore kyknya.. gak liat tuh tangki bocor rembez. Kop mesin rembez, plastik ember, mesin klothokan, rante kemrosak.. dll produk paling banyak cacat ya sayap loakan.. beda sama sayap cbu.. ngahahahh.. pinter dikit boy..

    • Maunya FBS honda bangkrut! dah gitu aja repot. Sampe keluar semua kebencian, kedengkianmu, klw merasa dirugikan gak usah beli, kalau perlu laporkan ke YLKI! Kurang puas bawa ke MK! Wkwkwkwk

    • Perusahaan dengan biaya besar gk bisa bedain senalpot asli atau palsu…percaya aja sama modifikator.
      .
      .
      .
      Pake nalar boy klo nyalahin modifikator perusahaan sekelas ahaem masak gk ada standard khusus buat showcase…sebelum showcase pasti ada crew yg ngecek….klo salah modificator kenapa petinggi ahaem panik langsung minta maaf trus yakin kenalpotnya yoshimura (karena cuman patokan invoice,bukan cek langsung) kelihatan pekoknya kan bisa2 produksi masal kendaraan ahaem palsu semua…ngah…ngah…ngah

  6. Honda memang kuat..dan susah buat dilawan.sering juga meniru model dari pabrikan laen.namun kehebatan dan kebesaran honda tercederai karena ulah fansboynya yang suka BC dan ngejelekin produk pabrikan laen.padahal kwalitas honda jg gak lebih baek dari pabrikan laen.itu yang buat aku gak suka sama produk honda.

    • Nah gitu bro
      Maklum lah bro, bs hidup dr ladang apalg klo bukan kaya gitu tp idealnya sih…ah sudahlah mas bro biarkan saja mereka2 seperti itu

  7. …masalah snalpot palsu dlm penyelesaianya ….ibarat mau ngilangin bau Jengkol dengan cara makan Pete….bener gak bau jengkol lagi tapi ganti bau Pete…seperti itulah jujungan….fbh….maka jgn kaget kalu fbh kmn mana bau Pete….abis minum jus melon aja bau mulutnya tetep bau Pete….ngah ah ah ahhhh….

    • Cie…cie….cie…..yg sedang ngobrol sendiri
      Sambil tebar berita HOAX untuk jatuhin honda
      MuuuUUUuuuuuehehehe……
      MuuUUUuuuehehehehe……

    • Yang BAHAS KNALPOT ujung2nya SAKIT HATI.

      BRO SAYA AJARIN YAH… TUTOR MENAIKAN MS YAMAHA..

      BAWA KTP ANDA KUNJUNGI DEALER2 YAMAHA TERDEKAT.. INGAT YAMAHA BUKAN HONDA OK.

    • Serius loh mas bro diatas
      1 misteri yg benere masih misteri

      kalo bukan akra dan yoshi, SNALPOT APAKAH ITU ?plisss klo ada yg tau jwb biar g jd misteri dr masa ke masa

    • Perusahaan dengan biaya besar gk bisa bedain senalpot asli atau palsu…percaya aja sama modifikator.
      .
      .
      .
      Pake nalar boy klo nyalahin modifikator perusahaan sekelas ahaem masak gk ada standard khusus buat showcase…sebelum showcase pasti ada crew yg ngecek….klo salah modificator kenapa petinggi ahaem panik langsung minta maaf trus yakin kenalpotnya yoshimura (karena cuman patokan invoice,bukan cek langsung) kelihatan pekoknya kan bisa2 produksi masal kendaraan ahaem palsu semua…ngah…ngah…ngah

  8. ngebayangin perbandingan besarnya seperti apa?

    yamaha
    -produk roda dua yamaha adalah 66 persen dari seluruh kekuatan yamaha induk, roda dua adalah jantungnya yamaha
    -tahun 2016 yamaha “hanya” menjual 5 jutaan unit motor di seluruh dunia

    honda
    -produk roda dua honda hanya 7 persen dari seluruh kekuatan honda induk, roda dua hanyalah mainan honda
    -tahun 2016 honda menjual 17,6 jutaan unit motor di seluruh dunia.

    • Gk ngilani gimana
      Yg sebar brosur pakean luzuh dekil keringatan
      Yg di daeler bedaknya tebal tapi aslinya cowok
      Yg tebar berita HOAX kurang meyakinkan pembaca
      MuuuUUUuuuuuehehehe…….

  9. kebiasaan Honda adalah “See and follow”….

    It is the fact… Memang, honda adalah pengikut, otang lain yg cape membentuk pasar, dia yg ngacak2, tp biarlah, sudah menjadi karakter kuat Honda, yg ngomong yamah ngekor itu kudu baca secara teliti, kalau gak ada Yamaha, Honda gak akan mau dengerin sampean… Lek iwb jg berpendapat demikian…

    Ahh… Para sales nya aja yg rada2… Memuji brand sendiri tp brandnya gak bayar lo lebih… It reality, no hoax…

    Gw sehari2 bawa vario, juga bawa yamaha vixion, tp soal perilaku marketing, gw lebih suka Yamaha, dan kualitas produknya pun jauh lebih baik, bahkan sampai ke finishingnya pun misalnya cat, itu diperhatikan, tidak dgn Honda, yg terkesan asal jadi, gw FB satu merk? No, .. Cm mau share aja pendapat gw sendiri…

    • klo ngasih fakta fbh nerima sbg bc. fby pun sama harusnya diterima sbg kritik membangun. realita setiap saat berubah. jgn pernah berfikir produknya yg terbaik hanya karena ms bagus. ms yg tinggi bukan hanya karena produk saja. tapi jga ada peran sales, ada peran fansboy, ada peran vendor, ada peran dealer motkas. ada jga peran bengkel sparepart.

    • Truss WAAW GITU..

      PANTES MS YAMAHO ANJLOG.

      CUMA SEGITU ILMU BeCe LOE.

      1KLOTOK2.
      2KNALPOT.
      3TANGKIBOCOR.
      4CAT BUNGLON.

      Udah ga mempan BROOO Cari BeCe an yg lain coba.

  10. Itu betul kang, jaringan dealer dan bengkel honda (ahss) memang kuat sampai ke pelosok desa sekarang, orang beli motor cari yang mudah cari bengkelnya kang! Kalau yang lain bengkelnya cuma sampai kecamatan itupun ga banyak!

  11. Bener juga lek, jaringan hulu sampe hilir, mulai dari spareparts sampe penjualan dan layanan leasing Honda dibawah Astra punya grup masing2, gak salah kalo Honda mampu bikin Mass Production lebih besar dengan biaya lebih rendah dari pabrikan lain,

  12. Ngeri sama Honda? Kayaknya engga deh. Sama AHM iya. Tuh yang mobil, persaingannya gitu – gitu aja, Juara MS? ngga juga, malah toyota, astra lagi astra lagi 🙂

  13. Market share Honda 70% di Indonesia itu ya sulit dilawan, apalagi kalau Honda mau serius garap segmen motor tertentu ya ketir ketir, contoh gampangnya matiknya honda pcx sama nmax, kl yg bisa ngerasain motor, pcx lebih mulus cvt nya. nyaman lagi… Artinya kualitas Honda memang gak bs diremehkan. Cmn tetap msh ada kelemahan di sektor harga yg biasa overprice dan proses di manufakturnya.
    celah lawan Honda itu ya kasih Spek motor yg lbh tinggi dgn harga yg lbh murah plus Ahli IT yg ngerti evolusi iklan digital karena semuanya pegang HP.

  14. Pabrikan gede NGONTROL produk sebiji aja kayak hasil modif PCX gak becus. (Sampe pamer kejadian yg memalukan seperti kemaren) Gimana ngontrol kualitas ratusan ribu motor…!!! Jawab aja sendiri ….

    • Nah
      Itu dia kesimpulannya mas bro tp sayang para sales dn bapak sales bukannya memberikan klarifikasi dn mengakui malah membohongi dn bela mati2
      ?

    • Yahaha…udah paling banyak rekalan sedunia tapi masih aj timbul masalah lain
      Sebenarnya bisa gk sih bikin motor…????
      MuUuuehehehehe……..
      MuuUUUuuuehehehehe…..

  15. Hmmm sebagai pakar otomotif dan ilmuwan honda saya sungguh prihatin terhadap fby …

    Yg dibahas selalu 2 klep dan knalpot palsu …
    Masalah knalpot, kalau mau honda bisa bikin knalpot gahar bertingkat-tingkat, knalpot cbr250rr contohnya … Apalagi 8 tingkat, masih eces bung …

    Terus untuk masalah klep, honda bisa saja bung bikin mesin 20 klep sekalian 20 busi persilinder … Sensasi ledakan maut bung …

    Nah semoga rekan-rekan fby semua legowo …

    Salam smart!

  16. Mnarik jg kalimat “Honda mampu menekan harga akibat mass Production yang cukup besar”…tapi buat sy yg awam,kok rasanya harga motor honda agak diatas kompetitor,itu knp ya?

    • mksdnya sebenarnya harga unit dri pabrik murah, karena kualitas asal jadi. tpi yg bikin mahal kn karena inden pake ktp. dan dongonya yg beli mknya bisa mahal. sekian…. saya punya 3 motor dirumah. 2 honda satu suzuki. ketika saya masih sering rawat semuanya on top condition giliran dipake adik yang 2 protol yg suzuki tetep awet padahal oli mesin terakhir ngecek cuma 100 ml. itupun uda 8 bulan gk ganti. bukti bhwa. kualitas honda memang……patut dimaklumi

  17. Aku rasa kita lagi gak ngomongin honda cak. Kita lagi ngomongin astra lebih tepatnya. Agresif. Lihat HPM…?! Dan disaat light suv/mpv digrogotin (wuling sama expander) secara ndak logika rush dg berbagai fitur kok hisa turun harga? Ini terjadi di motornya…

    • Iki GUOBLOK kok kebangeran..

      Ngomongin HONDA scara g langsung ya ngomongin ASTRA.

      MOSOK ADA YAMAHA RESSOL.

      NGOMONGIN AVANZA GA LANGSUNG NGOMONGIN TOYOTA & ASTRA INTERNATIONAL.

      INGET ASTRA GRUP INGET: GO-JEK. GRABIKE. TOYOTA. INGET ITU…

    • @jas jes jos… Makanya ane ada bilang HPM bro. Ente kira HPM bukan honda? Ente kira honda prospek motor punya astra? Ente kira toyoda ada hubungannya ma honda motor? Cuman Gara2 astra doang itu bro…

    • Atas sy sedang tebar berita HOAX
      Mesin rembes oli cbr250rr karena kesalahan konsumen ganti kenalpot
      Dg kebijakan honda sekarang dh diganti dengan yang baru tapi untuk 1X ini
      -Apakabar USD R15,5 yg bocorrrr…
      -Apa kabar speedometer NMAX yg ngembun
      -Apa kabar gigi pomp oli R25 yg macet material dari plastik
      -Apa kabar apakah anda sehat
      MuuuUUUuuuuuehehehe……
      MuuUUUuuuehehehehe……

    • ENAKAN NGIKUTIN BOSS. NGAPAIN CAPE2..

      Klo dah terbentuk tinggal INJEK2 YG BUKA PASAR.. DAN BIKIN SAKIT HATI FANBOYNYA CONTOH ENTE… HEKEKEKE

    • Honda buka segmen baru yg lain gulung tikar bero…..
      Hanya satu jalan buat yamaha untuk bertahan
      Harus buka segmen baru
      Paham……..

    • Honda buka segmen baru yg lain gulung tikar bero…..
      Hanya satu jalan buat yamaha untuk bertahan
      Harus buka segmen baru
      Paham……..????

    • Mampukah yamaha menambah jaringannya?
      Mampukah yamaha menambah bengkel resminya?
      Mampukah yamaha menghilangkan upping price?
      Mampukah yamaha memiliki leasing yg bagus?
      Mampukah yamaha meningkatkan kecepatan produksinya?
      Mampukah yamaha meningkatkan harga jual kembali produknya?
      Silahkan tambah sendiri

    • Emang kenyataannya sayap loakan kualitas paling buncit.. kok ngeles.. wekekekek.. dah berapa banyak ane ngalamin tuh produk bossok sayap loakan.. ampe kapokk.. wekekekk.. dan fakta bukan hoax..

  18. Ayo kribo….
    Keluarin semua unek2mu biar gk stres kerasnya jd sales yahaha
    MuuUUUuuuahahahaha…..
    MuuUUUuuuehehehehe…..

    • MENTOK GROMBOLAN FBY… BeCe KNALPOT.. ILMUNYA CUMA SEGITU..

      PANTESAN LEXI LAYU SEBELUM BERKEMBANG.
      AETOX125 LAYU SEBELUM BERKEMBANG.
      XABRE155 KERDIL.

      APA KABAR MIO S.. SUDAH LAYUKAN/MAKAN SASAR SODARANYA SENDIRI.

  19. semua blog sudah dikunci..bisa apa selian Hons…
    itu aja
    liat aja berita knalvot palsu…sevi
    cieref banyak masalah seviii
    rangka cibi pego ambrol seviii
    giliran r25 recall bahkan R1 recall..rame banged kaya tiap hari tahun baru…ruame

  20. ASTRA pecundang.. bikin produk aja follower.. apalagi bikin merek sendiri kaya TVS dan BAJAJ.. halahh. fix Astra JUALAN DOANK gak mikir ALIH TEKNOLOGI

  21. resources besar….see and follow, minimalin biaya RnD , biaya survey dikit keluarnya, padahal ini komponen yg cukup besar makan variable cost, huahahahah..isitilahnya juara kelas karena nyontex…

  22. ASTRA. tunjukin klo lo punya nyali.. gue minta lu cerai sma Honda.. klo lo ngaku perusahaan otomotif yg punya taji, bikin merek sendiri

  23. kartel kok d bilang sehat,….

    produksi hnda besar sehingga vendor berni ngasih harga spesial aplgi kebanyakan vendorny adlh gruop sastra, tpi kok harga produkny pling mhal ya?? kualitas ny 1tingkat d atas minierva doang

  24. Ketika honda merangkul sebagian besar blogger….
    Yamaha dg putus asa merangkul agency….menebar panasbung k blog2 motor…..
    Parah….

  25. Hallahh.. mo bagus kayak apapun design sayap loakan kalo kualitas material masih paling buncit.. sorry to say.. gak tertarik dan sangat kapok.. yg ada was2.. new beat baru 5000 km aja komstir dah masalah direm narik2 kanan kiri.. di geber tutup gas mlah mati gak bisa nyala harus nunggu dingin.. itu baru beat.. belom yg cb series kemrosak rembez plastik icikiwir ember.. wekekekekk.. be a smart buyer !!

    • Yg heran yg pada beli mengamini kualitasnya memang inferior.. tapi kata mereka apa ? Wong tetangga aja pada beli honda.. gpp rusak ya bengkel banyak meskipun tidak digaransi.. kalo lampu stop banyak yg mati mah biarin aja.. bnyk temennya.. wkwkwk.. parahh sangatt..

    • Saya dah nyobain beat punya babe…ternyata enak tenan. Akselerasi ringan dan suspensi nyaman. Sampai saat ini fine2 aja. Kakak ipar saya waktu mo ganti motor lamanya juga nyobain beat, akhirnya ikutan beli beat….
      Anda keliatan banget…kalo ngarang cerita…

    • Heheh.. ngarang darimana bos.. yuk maen ke tempat ane kita ngopi.. keliatannya ente yg gak paham kualitas motor.. bedanya pemotor sama rider sejati ya gini ini.. gak terima kan ? Terserah ente.. ini opini gue.. gitu aje situ repot.. kualitas paling bagus ya menurut ane kawasaki suzuki yamaha.. hondut sayap loakan paling buncit.. paham ente ?? Gak usah nyolot coy..

    • @yudi
      Sorry ane bukan sales.. hanya penikmat merk suzuki yg dari dulu gak pernah ada masalah.. gak masalah aja ada perbaikan recall.. bentuk tanggung jawab pabrikan.. lah sayap loakan mana ? Cacat koq jadi fitur.. bayar sendiri pula.. hahahahahh.. kapok asli beli sayap loakan..

  26. mas bloger… tolong bilang sama ASTRA.. lo ditantang bikin merek sendiri.. nanti klo jawabannya ngeles mulu.. smpluk swalow congore..

  27. Mungkin yg harus diwaspadai peralihan dari mesin2 BBM ke listrik. Seperti halnya Tesla yang berhasil membuka celah dan jadi pionir di sana. Kita lihat peraturan2 pemerintah apakah memang kuat ke penguasa skrg atau ke buatan dalam negeri. Juga mass transportation ke depannya semoga lebih baik.

  28. Satu hal yang fbh gagal paham, harusnya mereka mendukung yamaha untuk selalu ngeluarin produk2 baru dan berkualitas.
    Kenapa? Karena kalau tidak ada kompetisi dan saingan dari yamaha, honda cuma bakal ngasih produk ala kadarnya.

    Kalo sales busuk si jangan dengerin, paling habis ini komen market share lagi.

  29. Harus diakui dr dulu nama honda melegenda.bicara motor ya honda,klo ortu beliin motor pingin honda. akan sangat sulit untuk ngalahin market share honda. Tapi salut buat yamaha dgn loyal teknology sehingga honda jg ngeh dan ikuti dimulai dr vixion yg paling ngena trus karang maxiscooter macam nmax dan xmax250.trus rangsangan kawasaki dgn ninja 250cc 2silinder.klo gak gtu..mgkn aja pasar motor cuma mentok di 150cc 1 silinder saja. Kini era bakal naik lagi…250cc 3,4 silinder. siapakah yg brani jd pelopor? atau maxi scooter 2 silinder? .ujungnya konsumen yg diutungkan biar semua pabrikan loyal teknology dan mengikuti perkembangan zaman pada tiap produknya.

  30. tapi kog makin kemari motor2 honda makin mahal tapi gag diringi dengan meningkat nya kualitas produk, apalagi di sektor finishingdna juga di aftersales, khusus nya di ketersediaan suku cadang yang sering kalidi jumpai saat butuh suku cadang tertentu harus inden sangat lama, sedangkan kasian org2 yang sehari2 transportasi nya hanya mengandalkan 1 motor, jadi terhambat sangat2 lama kegiatannya karena mgkn motor nya ga bisa di pake karena kelamaan nggu suku cadang…

  31. Honda akan datang dengan produk tandingan yang jauh lebih Advance serta affordable price. Pernyataan macam apa ini pul, uang membutakanmu tak sesuai fakta

  32. Honda mampu menekan harga akibat mass Production yang cukup besar. Faktanya selalu paling mahal dari yamaha dan suzuki, kualitas honda paling inferior

  33. Wan.. lo kan dkt sma petinggi2 ATPM.. apalagi sama ASTRA. . bilangin.. mereka ditantang bikin merek sendiri. .
    gue tunggu artikel lo dg jawaban dari Astra. . salam sawat sandal

  34. Hahahh fbh pada gak terima sesembahannya faktanya cacat jadi fitur.. mikir yg sehat makanya cung.. liat teknologi jangan liat merk.. pake produk kualitas minim pada bangga.. menurut ane yg malang melintang didunia permotoran emang cacat sayap loakan.. gak terima ?? Terserah.. wkwkwkwkk.. ampe ente berbusa juga bagus2in gak ngefek.. kecuali honda cbu thai or jepun.. baru ane yakin kualitasnya..

    • Ngomong ma fbh itu susah bro , berita byk ttg motor penyakit sesembahan mrk dibilang hoax , di omongin bener di bilang hoax lg , emang hidup fbh penuh dgn hoax ?????

  35. Honda kalau ngamuk ngeri, pernah terjadi juga kan di jepang? honda langsung nggelontorin motor apapun. cari motor apapun, pasti ada yg merk honda. yamaha dipukul mundur, bergitu juga era 2011an di Indonesia. hal yg sma pernah terjadi

  36. Udah bener jalannya apa yang terjadi saat ini, karena honda punya power mereka sah aja jadi follower di segmen yang hot, dan yamaha dengan kreatifitasnya selalu menelurkan segmen-segmen baru, kawasaki dengan idealisnya, suzuki dengan image kencang dan durable nya terus berusaha mengganggu pabrikan lain

  37. Ya memang seperti itu namanya kompetisi pemasaran. Folower ya ga haram kok. Ngejiplak asal gak 100% ya gada yg komplin. Mesin bebek bentuknya kaya gitu, rebahan semua, siapa yg pertama bikin, trus semua jg bikin, ga ada yg komplin. Trus penjualan, permudah beli cash, gk semua konsumen pengen kridit. Trus pikirkan harga jual kembali produk punya nilai yg tinggi. Sapa bilang itu gak penting. Banyak konsumen masih berpikir spt itu. Ktika mw nukar kendaraan ke yg baru, pasti ingin kendaraan lawasnya punya nilai yg tinggi, jadi nambahny gak kebanyakan. Boong kalo ini dibilang gak penting. Dan mash bnyak lagi.. Ada yg mau nambah??

  38. Berkompetisi itu mampu menunjukkan kualitas produk yang bagus, bukan masalah produksi massal…
    Pengalaman punya supra x 125r dulu plastik bodynya kewer2 padahal nggak pernah jatoh..

  39. Inget Yahaha Inget motor kualitas alakadarnya contoh : boros oli/bbm, suara mesin makin kassar/rewel, plastik tipis icikiwir, sering kuras uang kantong atau jajan spare part mulu dan kualitas lokal alakadarnya fakta no hoax cuy

    Nyuwahahahahahah hohah hohah hoheh hoheh
    Ngiah ngiah ngiah ngiah

    • Hahahahh.. fakta produk sesembahan ente koq diumbar dimuka umum.. tapi gpp lah biar makin jelas.. kalo ente maling teriak maling.. qwkwkwkwkk

  40. Yang masih berdarah2 persaingannya:
    maxi scooter 150 (mulai dijajal PCX)
    Trail (masih belum ada yang dominan)
    supermoto (kayaknya cuma kawasaki)
    sport full fairing 250cc (udah mulai berbagi kue antara Kawasaki, Honda sama sedikit di Yamaha)
    Yang belum dilirik sama honda:
    retro (mungkin baru penjajakan lewat verza baru)
    semua yang kubikasi mesinnya diatas 150cc s.d 200cc (rentang harga 30-40jt sepertinya cuma ada 150cc – mesin kecil – dengan fitur yang mubazir yang mana pikirku mendingan fitur pas dengan cc lebih besar – power lebih besar)
    yang kayanya ga dilirik sama honda:
    motor dengan pasar yg niche. keluarga honda monkey ga bakal resmi rilis di indo, grom/msx, zoomer, kubikasi kecil (dibawah 100cc).
    big-bike?? mending CBU aja dari thailand atau jepang sekalian.

  41. Emang susah ko…astra group..
    Yg g di suka sama hinda see n follow nya itu..g asik..dr bebek super,maxi sccoter,trail,sport 250…nunggu n nunggu..ibaratnya nyali ciut..

  42. Hanya segmen Bebek Super, MX King yang tak bisa dikalahkan AHM lek,,, biarpun harga lebih murah g jaminan di segmen ini. karena yg diliat pertama Design.. dan ternyata Supra GTR blm mampu menandingi design MX King…. biarpun udah dikasih diskon sana sini.

    • Yakin ente tong ? Detail datanya mana ? Pengalaman user ? Opini ? Ngarang ? Enak bener bacot ente.. coba serius gw tanya kualitas mananya yg lebih baik dari yamaha ? Hehehehhh cocotmu leeekk

  43. Mana ngepbeha panasbung antek sayap loakan.. bece lagi donk.. biar makin keliatan vekoknya jelek2in produk tetangga.. padahal aslinya produk sesembahannya paling cacat.. wkwkwk..

  44. Satu satunya alasan saya jadi FBY adalah waktu saya sering nonton latian balap di stadion th. 2006, waktu itu JupiterZ 110 dengan gagahnya nabokin Karisma 125. Teringat sampai sekarang, karakter Yamaha ya disitu. :))

  45. Situasi seperti terbalik, zaman yg lain jual 2tak honda jual 4tak.

    Dan setelah era 2tak berakhir, dan era matic lahir. Honda cuma jadi follower.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here