Iwanbanaran.com – Horaaa umum cak. Sepertinya persaingan sport fairing kelas 150cc di masa depan bakal makin panas. Setelah sebelumnya konsentrasi kita hanya pada motor Jepang, pada segmen tersebut kini muncul Aprilia yang memperkenalkan sebuah sport fairing terbaru berlabel RS 150 termasuk versi naked Tuono 150. Menggunakan mesin DOHC 150cc, RS 150 juga dibekali sasis model perimeter frame atau deltabox berukuran cukup besar seperti layaknya moge. Mantaappp. Mungkinkah motor ini bakal masuk Indonesia?

Di ajang India auto Expo secara mengejutkan Aprilia memperkenalkan sport fairing 150cc berlabel RS150. Secara desain motor ini bisa dikatakan sangat identik dengan versi superbike mereka yaitu Aprilia RSV4 yang sukses menjadi juara World Superbike ditahun 2010, 2012, 2013 serta 2014. Yang membuat IWB terkejut adalah perangkat yang dibenamkan pada Aprilia RS 150….

Sampeyan akan melihat bahwa sasis atau frame yang digunakan betul-betul serius. Sampeyan perhatikan saja besarnya ukuran perimeter frame atau deltabox yang dibenamkan pada sang fairing. Bahkan pada sisi swing arm atau lengan Ayun Aprilia RS 150 juga sudah menganut model banana aluminium untuk menjamin kestabilan pada high speed. Motor ini juga sudah ABS single channel (front only)…

Sementara untuk suspensi Aprilia mempercayakan model Upside down 40mm di bagian depan serta monoshock di bagian belakang. Semua digarap secara serius dan terlihat begitu matang. Dengan memperhatikan spesifikasi sasis serta kaki-kaki IWB percaya…handlingnya pasti juozz gandozz cak. Btw…piye dari sisi engine? Nahhhh…ini yang menarik pakdee…

Pada segmen level 150 cc ini kompetisi sangat ketat. Para pabrikan sudah berlomba berusaha memberikan ledakan tenaga paling besar. Itulah yang memang membuat level persaingan sudah cukup tinggi. Di sini sepertinya Aprilia RS 150 masih sedikit di bawah dari standar yang sudah dipatok oleh Yamaha serta Suzuki. Jika kedua pabrikan tersebut sudah masuk pada range angka 19HP…. maka Aprilia RS 150 masih direntang angka 18 HP….

Yup….output power RS150 dan Tuono 150 adalah [email protected] dan torsi [email protected] Artinya untuk urusan power motor Aprilia ini memang masih dibawah Yamaha serta Suzuki. Tapi patut diingat, sebuah motor merupakan paket yang tidak dapat dipisahkan. Kita tidak bisa melakukan justifikasi hanya dari power. Tetapi bagaimana kita bisa mengendarai motor ini sesuai dengan keinginan presisi serta lincah. Dan sepertinya Aprilia RS 150 memiliki semuanya….

Last…. Aprilia RS 150 serta Aprilia Tuono 150 diperkenalkan dengan harga perkiraan sekitar laks 1,50. Jika dikonversi ke rupiah maka jatuhnya pada kisaran 31 jutaan. Motor rencananya akan dirilis di India secepat mungkin. Kapan masuk Indonesia? Jika harga masuk bisa saja Aprilia yang di bawah Panji Piaggio akan membawa motor ini ke Indonesia. Semoga saja. Berikut beberapa foto Aprilia RS150 serta Aprilia Tuono 150. Sadizz ki motor…(iwb)

Advertisements