iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…. akhirnya secara resmi dorna memperkenalkan motor listrik yang akan digunakan di ajang MotoGP di kelas MotoE. Motor yang menggunakan energi dari listrik ini mampu melaju hingga kecepatan Puncak 160 mph atau jika dikonversi maka berkisar 250 km per jam. Kedatangan MotoE menjadi cikal bakal lahirnya era baru di ajang balap dunia sejagat. Seperti apa sosoknya? intip wae dibawah ini…

Diperkenalkan dengan menggandeng pembalap Veteran Loris capirossi, secara fisik sampeyan akan melihat sebuah desain yang cukup unik karena posisi suspensi monoshock berada di samping sebelah kanan. Untuk spek sih lumayan cak. Intip wae perangkat rem yang sudah menggunakan Brembo. Indikator speedometer menunjukkan posisi aki sementara sasis memeluk baterai yang nanti menghantarkan tenaga ke dinamo. Enel sebagai sponsor resmi sepertinya cukup Pede membuat motor ini bakal mampu menarik minat penonton di kelas motoE. Terus gimana soal power sang kuda besi ?

Soal tenaga tentu saja mengandalkan baterei cak. Dari presentasi bisa kita ketahui bahwa untuk sekali charging maka membutuhkan sekitar setengah jam untuk membuat baterei terisi penuh. Menurut informasinya maksimal charging capacity adalah 65 KW. Sementara motor disarankan untuk di-charge ulang ketika sudah masuk 15 KW. Pada kondisi maksimal, tenaga yang dihasilkan oleh motor ini mencapai 110 KW atau setara dengan 147 horsepower…lumayan pakdeeee…

iklan iwb

Dengan tenaga tersebut motor mampu di geber hingga 250 km per jam. Yang cukup istimewa adalah torsinya Kangbro. Torsi tembus 200 Nm@5000 RPM dengan kecepatan akselerasi mencapai 3 detik untuk menempuh 100 km per jam. Cepet banget. Balapan nantinya dilabeli nama ” FIM Enel MotoE World Cup” diikuti oleh 18 Rider yang menggunakan motor racikan Energica. Menjadi pembalap yang terlibat dalam pengembangan Energica MotoE, berikut komentar dari Loris capirossi…

Sangat berbeda. Aku sudah mencicipi berbagai tipe motor mulai dari 2 Tak kemudian ke 4 Tak dan sekarang motor listrik. Motor ini memiliki torsi yang luar biasa. Kamu bisa memainkan gas dengan sensasi yang tidak bisa dikatakan. Ledakan tenaga selalu ada pada segala tentang RPM dan suaranya juga berbeda sebab terasa senyap….

” Pertama kali aku menggeber di atas sirkuit kemudian merebahkan motor melakukan knee down…. aku hanya mendengar suara gesekan didengkulku. Ini berbeda. Ini adalah sebuah masa depan dan Percayalah bahwa sangat menyenangkan mengendarainya. Aku sangat menikmati dan menemukan sebuah sensasi yang berbeda. Ini hanya awal dari pengembangan untuk menuju pada level yang kita inginkan...” tutup Lossi….

Last….. Rencananya akan ada tujuh privat MotoGP tim dengan prediksi 18 starter bergabung dalam MotoE bikes 2019. Kabarnya motor ini akan melahap sekitar 10 hingga 12 putaran dikarenakan konsumsi baterai pada saat melibas jalanan lurus sangat menguras energi. Untuk saat ini motor disupply oleh energica. Namun menurut Dorna, seiring perkembangan, di masa depan kemungkinan kelas ini akan dibuka untuk seluruh pabrikan merk berbeda seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia. Berikut beberapa cuplikan video teaser MotoE….unik juga cak…(iwb)


60 COMMENTS

    • Ibarat HP tahan air macem samseng S8 nya lek IWB, InshaaAllah ini sdh dipikirkan pabrikan utk tahan thdp air dan aman digunakan oleh pembalap.

      Btw mudah2an komentar tiap artikel kedepannya adem lg gak cakar2an FB biar enak dibaca dan nambah wawasan pengunjung warung

  1. Tenaga sebesar itu kenapa top speed lebih rendah ya drpda motor minyak. Moto3 dg tenaga kisaran 50 hp sanggup lari 240an km/jam, moto2 dg tenaga kisaran 140an hp sanggup 290an km/jam

    • bobotnya mungkin, apalagi penempatan shock belakang di tepi. itu pasti bodynya penuh sama baterai dan motor listrik. menurut saya belum efisien dilihat dari pemakaian tenaga dan baterai. la kalo kereta itu sangat efisien karena gk pake baterai tapi pantograf,

    • Sepertinya power tdk selamanya berkaitan dengan top speed mas. Tp kaitannya utamanya dengan akselerasi, banyak faktor yg berpengaruh untuk di konversi menjadi topspeed. Tp sederhananya begini, motor dengan power 200 hp topspeed di 240 kpj dlm waktu 20 detik dg jarak hanya 700 meter, sedangkan motor dg power 40 hp topspeed bisa saja 240 kpj, tp dlm waktu 60 detik dg jarak 3 km. Kira2 mana yg kencang?

    • masalahnya jarak straightnya sama, sama2 di sirkuit, jadi 140an hp dengan 200 hp logikanya di trek lurus yang sama panjang jelas unggul topspeed yang 200 hp. kalau kalah topspeed, berarti foktor selain hp, yang meungkin ya bobot. bobot lebih berat, handling lebih susah, dan stressing ban lebih besar. cornering speed rendah, brake point lebih awal, hasilnya topspeed lebih rendah meski akselerasi lebih nggilani,

    • menurut perhitungan, jika bobot sama, gaya gesek/kerugian drag/aerodinamis sama, maka power adalah faktor utama yang mempengaruhi topspeed. tidak ada power yang tidak berpengaruh ke topspeed jika faktor2 yang lain sama. jika topspeed kalah padahal power lebih besar berarti faktor2 lain itu yang menyebabkan power kesulitan meraih topspeed lebih tinggi.

  2. Itu udah diatur power deliverynya? Kok torsi max nya di 5000 rpm, biasanya kan kendaraan listrik udah ada torsinya sejak 0 rpm

  3. Haiyyaaa kira? tu motor brp cylinder?
    Klo topspeed cm 250 cocok kelasnya diatas moto3 n dibawah moto2…

    Kelas para raja tetap motogPREDATOR waaa

  4. kengerian bagi produsen knalpot, produsen bbm dan produsen yg berbau motor bakar.

    KENGERIAN ITU SEGERA DATANG

  5. We were born to read artikelz not buy motorbikez
    Yeeaaaahhhhhhh……

  6. cuma takut aja ngebayangin gimana seandainya pembalap jatoh terutama pada saat highside? apa g amburadul ya batrene itu nanti? serem aja bayangin?

  7. Motor Listrik sulit dikembangkan terutama untuk kebutuhan transportasi lintas kota karena sumber tenaganya yang tidak mandiri, sangat bergantung pada SPBL (Sumber Listrik Statik), dan jika hendak menyetok listrik dengan jumlah besar tentu kesulitannya adalah besar dan beban Baterai yang berat.
    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bahan bakar minyak dan gas adalah fenomenal alam yang sulit di hindarkan.
    Dimasa akan datang mungkin 1 liter bensin/solar bisa menempu jarak 50 km untuk ukuran mobil 1.500 cc jelas ini lebih efisien baik dari segi kemudahan maupun dari segi Cost. Lalu bagaimana dengan POLUSI, semua bahan kimia pasti menimbulkan polusi, Bateraipun limbahnya juga menimbulkan polusi, dan bahan utama baterai ketersediaannya untuk masa yang panjang juga masalah tersendiri.
    Jadi dalam jangka waktu yang belum bisa dipastikan kapan kendaraan bensin/solar ada penggantinya yang lebih ramah lingkungan dan lebih hemat.

    • Ini pencerahan yg luar biasa benar. Motor / mobil listrik dengan baterainya bukan benar2 green energy, karena baterai juga merupakan limbah logam berat yg berbahaya bagi lingkungan. Bahan bakar minyak masih akan terus berlanjut. Energi listrik memang dihasilkan dari sulap???! Pembangkitnya juga masih lebih banyak dari batu bara yang notabene masih jd sumber energi untuk sebagian besar pembangkit, dan ada polusinya. Satu kekurangan energi listrik adalah tidak bisa disimpan. Harus selalu digunakan. Media simpan hanya ada baterai dan accu dengan segala keterbatasannya.

    • sepertinya hampir tidak mungkin mobil bensin/solar dikembangkan seirit mungkin, karena teknologi pun sudah kearah listrik. Tesla udah bisa bikin truk yg mampu jalan 1000KM sekali charge dengan muatan penuh. tapi permasalahan dari listrik masih ada 3 yaitu 1. teknologi ini masih mahal karena masih baru. 2. stasiun pengisian yang masih terbatas (terutama di negara kita) 3. lama pengisian baterai. nah masalah nomer 2 dan 3 itu bisa diselesaikan dengan berjalannya waktu. tapi masalah nomer 1 itu semakin menghantui

  8. Produsen knalpot, ecu, dan oli bangkrut nek ngene..
    Vote tetep motogp dg mesin berbahan bakar fosil

    Emotogp, balapan kok ga ada suarane motor??

  9. Sudah ku duga suatu saat bakalan ada balapan motor listrik, mau gak mau harus diterima krn perkembangan teknologi, tapi rada aneh juga telinga yg uda terbiasa dengan merdunya lengkingan sendalpot mesin motogp, ceritanya kyk F1 dulu dg F1 skrg beda jauh wkwkwk

  10. Cak, ini keikutsertaan apa sistem tender gitu ya? Scr kapasitas bukannya pabrikan motor BBM yg skrg terjun di GP tdk perlu diragukan lg, dan saya yakin mereka sdh mengembangkan motor listrik jg krn tdk mungkin mereka tutup mata/telinga dlm perkembangan zaman & teknologi.

  11. penemuan Mesin/Motor listrik bukan hal baru, pengembangan Motor/Mobil listrikpun bukan barang baru tapi sudah ratusan tahun yang lalu, tapi mengapa Mobil dan Motor masih menggunakan Mesin bahan bakar minyak/gas bumi?
    Ya karena sudah ditakdirkan begitu….
    Mesin Minyak/gas untuk transportasi mobile sedangkan listrik untuk transportasi statik dan berjaring.
    Misal motor listrik untuk industri, peralatan, mesin robot dan koneksi dengan elektronik komputer, atau untuk transportasi berjaring seperti kereta listrik dengan infastruktur jaringan listriknya.
    Namun untuk transportasi yang berbasis mobile tentunya sulit karena mesinnya membutuhkan pembangkit yang mandiri, tidak terikat jaringan dan lokasi. jika semua bumi ini akan dirakit instalasi jaringan listrik secara menyeluruh akan jadi apa bumi ini. oleh karena itu mesin listrik dan mesin bensin/solar ini seperti sudah kodrat dan karunia Ilahi….
    Lalu mana yang lebih ramah lingkungan, jawabannya tentu semua bisa ramah lingkungan jika polusi yang dikeluarkan sebanding lurus dengan oksigen yang dihasilan oleh penghijauan, maka sayangilah hutan.
    Sumber listrik apakah sepenuhnya ramah lingkungan, tentu tidak karena listrik meski tak mengeluarkan gas karbon dioksida tapi listrik memamcarkan radiasi dan juga gelombang elektromagnetik yang juga tak baik bagi kesehatan makhluk hidup.
    Bijaknya ya, KESEIMBANGAN antara polusi yang dihasilkan oleh teknologi dengan PENETRAL ALAMI dari Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.
    Semoga bermanfaat

Comments are closed.