iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….komponen fairing kini kembali menjadi polemik setelah para tim menunjukkan prototype winglet mereka saat tes Sepang 2018. Yang paling disoroti adalah desain winglet Yamaha M1 yang dipandang terlalu nongol. Konfirmasi ini dilayangkan oleh MotoGP technical director Danny Aldridge. Bahkan karena menganggap diakali oleh para pabrikan, isunya regulasi tentang winglet bakal kembali dirubah. Weleh…mumet cak koyone…

Seperti dilansir motorsport, kepala technical MotoGP Danny Aldridge menyetujui desain winglet yang digunakan oleh Ducati serta Honda. Namun sepertinya kurang gembira dengan bentuk winglet yang digunakan oleh Yamaha M1. Tentu saja informasi ini cukup mengejutkan mengingat sebelumnya beredar informasi homologasi tentang winglet terbaru gacoan Yamaha ini sudah disetujui. Ternyata dari info yang dirilis oleh beberapa media luar, direktur teknik MotoGP meminta Yamaha untuk melakukan sedikit perbaikan supaya memenuhi syarat dan regulasi yang dipatok mereka…

Mereka (Yamaha) memiliki bentuk (winglet) yang sedikit berbeda dan lebih memanjang dibandingkan dengan yang lain. Aku sedikit kurang senang dengan desain ini dan sudah meminta Yamaha untuk membuat beberapa perubahan. Jadi mereka memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa winglet yang mereka terapkan sesuai dengan peraturan yang sudah kita sepakati…” seru Danny via Motorsport…

iklan iwb

Menurut Danny ada hal dasar yang menjadi fokus utama selain ukuran yakni konstruksi desain. Winglet harus menyatu dalam satu kesatuan desain fairing. “ Seharusnya pabrikan membuat fairing dalam satu bagian yang tidak mudah dilepas. Artinya jika serat karbon terbuat dari satu bagian, sebaiknya tidak memasang sambungan yang dibaut terpisah. Oleh karena itu sebelum balap Qatar kami akan meminta seluruh tim untuk membongkar ke kita mana bagian yang dilepas atau tidak bisa dilepas …

” Sebagai Direktur teknik aku tidak diijinkan untuk mengontrol intake udara ataupun lubang angin bagian fairing. Namun kamu harus memotret masing-masing penyamaran dan kemudian melukis dalam sebuah sketsa dengan spidol hitam yang kemudian akan kami simpulkan setelahnya. Jadi semuanya memang belum final…” seru Danny….

” Danny Aldridge…”

Sebagai informasi di balap 2018 ini tiap Rider mendapatkan dua panel homologasi fairing yang akan digunakan. Biasanya akan dimulai dengan satu versi yang kemudian akan dikembangkan sepanjang musim. Winglet memang selalu menjadi polemik mengingat bentuknya yang tidak standar antara satu dengan lainnya. Persaingan aerodinamika ini juga menuntut kejelian dari direktur teknik ke MotoGP supaya berlaku adil…

Last…dengan segala fakta tersebut, pengaturan tentang winglet di tahun 2019 akan kembali diubah. Khususnya ukuran ataupun diameter winglet yang boleh keluar dari posisi fairing. Sebab sejauh ini regulasi hanya fokus pada satu poin di mana winglet harus menjadi satu kesatuan dengan fairing sehingga tidak berbahaya. Akan tetapi ternyata hal ini bisa diakali dengan beberapa konstruksi yang seolah-olah menjadi satu akan tetapi pada kenyataannya merupakan model knock Down yang bisa dilepas dengan mudah. Kita lihat saja bagaimana perkembangan selanjutnya mengingat seluruh tim belum memutuskan Apakah desain fairing yang di tes di Sepang Malaysia kemarin akan menjadi standar yang bakal digunakan untuk turun balap di sepanjang musim 2018….(iwb)

88 COMMENTS

    • Kalo dilihat kiprahnya yamaha di 2017 dan awal musim 2018 ini, sepertinya ilmu yamaha mentok di motor 2016, sedangkan honda dan ducati masih berjalan terus perkembangannya,, ya semoga yamaha bisa berbenah lah, paling tidak engak malu2 in kayak di tahun 2017 kemarin.

    • Mending yamama sekalian pakein sayap aja tuh, biar yg blakang, gk bisa nyalip, dann kakak rossi bisa jurdun yg 10, yang slalu di rindukan ????

    • Orang Semarang suka Lexi yang
      sexy . Lexi membuat kecintaan masyarakat di Semarang terhadap produk-produk di grup Maxi Yamaha. Tak heran karena Maxi Yamaha adalah dream bike mereka, sesuai dengan survey yang kami lakukan, kalau motor Maxi Yamaha adalah motor yang paling mereka harap untuk dimiliki. Demand di sini juga terus meningkat,? ujar Hendri Kartono, Chief Yamaha DDS Semarang.
      Berangkat dari hal tersebut, Yamaha memanjakan konsumen di Semarang dengan cara mengadakan Maxi Yamaha Day dan
      coaching clinic. Kegiatan lainnya adalah Customaxi yang mendapat antusias besar peserta. Semarang menjadi kota ke-7 tempat penyelenggaraan semifinal CutoMaxi setelah Medan, Tangerang, Banjarmasin, Makassar, Bali dan Surabaya.

    • Muke lele kalah ganteungan sm CB150R THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC

      Nguwahahahahah

    • Cebong spesies amuba sport dagelan ya pak?

      Sasis krupuk kriuk kriuk
      Diguyu matic ntorq tvs pak

      ????

    • Ducating ga kompetitif jadi ga perlu di bikin repot sudah repot sendiri. Yamaha di kasih PR biar repot dikit.

  1. Lek IWB..maaf koreksi sedikit ya..yg bener itu DIUBAH bukan DIRUBAH..krna kata dasarnya itu UBAH bukan RUBAH..
    Jadi yg benar itu DIUBAH dan MENGUBAH..bukan DIRUBAH dan MERUBAH

  2. Gara gara yamabox !!! Dear fby punya sembahan koq gitu2 amat kami kan sebagai tim factory & satelit jd harus riset lg ckckckckckckck….

  3. Terinspirasi siung babi hutan,,,ditakutkan nyruduuk cak podo njungkel kabeh musuhe…yamaha menangan lak’an

    • Pffftttt

      Suruh ganti 2 klep gede gede pak
      Tambah pelatuk pak

      Ngoahahahahah

      ????

  4. Muke lele kalah ganteungan sm CB150R THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC

    Nguwahahahahah

    • Absolute MANGSTAAAABB
      THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC TETEP CB150R
      DOHC
      PALING GANTENG ANTI CULUN
      LENGSERIN SI PINGSON SOHC GIGI GANJIL

  5. CBR250RR KING OF SIRKUIT
    CB150R THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC KING OF STREET

    NGUWAHAHAHAHAH

  6. Ga usah bahas mongtogrepe
    Yg Real real ajahh
    THE NEW KING OF NAKED SPORT 150CC TETEP CB150R

    DOHC PALING GANTENG ANTI CULUN

    LENGSERIN SI PINGSON SOHC GIGI GANJIL

    • Kasih tulang buat orang ini. Kasihan hidupnya penuh tipu daya. Bahkan yg seluruh dunia maupun alam gaib jg tau si CB lebih lemot dr opletnya mandra dia bilang king. Wkwkwkwkwk cekakak

  7. Ditempeli sirip pesawat Boeing pasti lebih Joss…stabil,cepat,wkwkwk…y&h terus pukul pukulan sing juara D (inisial dari Dukun eh Dukati)

  8. Kalau bisa berani tampil tanpa Winglet sama sekali !!! Contek lagi design M1 2008-2009 buntut dilincipin lagi

    • Kalau ga pakai nanti Dukati protes..
      Padahal dulu waktu yang lain ga ada yang pakai winglet tapi Dukati pakai ga ada di permasalahkan.
      Sekarang hohohohoho

  9. Yah yamaha emang gitu kok wan. Di kasih duda beruban mintanya rondho kempling. Ngah ngah ngah

  10. Hadirnya motor Xmax 250 semakin menambah lengkap deretan MAXI Yamaha di Indonesia. Namun Honda baru saja meluncurkan PCX 150 lokal yang sejatinya punya motor Maxi 250cc, yakni Honda Faze 250.
    Seperti dilansir dari Ibike, dengan memakai kode K75, disinyalir motor ini akan menjadi lawan tangguh bagi Yamaha XMAX 250.
    Sebab mau diakui atau tidak, semakin ke sini tren penyuka motor berkubikasi seperempat liter tampaknya mulai bergeser ke skutik-skutik bongsor yang jelas-jelas menawarkan kenyamanan, terutama saat digunakan untuk perjalanan jauh atau touring.
    Dilihat dari sisi dimensi, panjang Honda Faze 250 mencapai 2180 mm, lalu lebar 750 mm dan tingginya 1150 mm. Sementara jarak sumbu roda 1540 mm.
    Pada unit ini disematkan mesin matik berkapasitas 248 cc, OHC dengan 1 silinder, 4 valve, Liquid Cooled. Power maksimal hingga 17 KW (23 PS) /7500 rpm dan torsi maksimal 23 Nm/ 6000 rpm. Selain itu konsumsi bahan bakar kendaraan ini juga irit.

  11. Cb 150 r rangka patah mesin klotok2 dibilang king of naked mulut lo tu dibungkam,
    mendingan ninja 150 r 2 tak

Comments are closed.