iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Banyakkk cak….akeh tenan pertanyaan yang rata-rata mirip perkara knalpot racing. Pertanyaan yang ditujukan ke IWB ini mayoritas konsultasi ke IWB, apakah dengan knalpot racing dengan DB killer akan aman dari tilang?. Ada yang memiliki pengalaman…kenapa knalpot racing bersuara lembutpun tetap disikat pak polisi? Apa dasarnya ketika tidak ada alat pengukur desibel suara petugas melakukan penindakan? Nah…..karena tema dan pertanyaan cukup masif, IWB akan coba jawab via artikel ini. Kenapa knalpot racing dengan DB killer masih kena tilang juga ? cekidot cak…

Polemik perihal knalpot racing hingga saat sekarang memang terus terjadi. Hal ini karena sosialisasi tentang berapa ambang batas kebisingan memang cukup minim baik dari  petugas sendiri ataupun kita sebagai biker yang belum paham dengan undang-undang yang digunakan untuk menjerat knalpot racing. Bahkan walau kita tahu angka desibel yang dipatokpun tidak menjadi jaminan aman. Tidak heran rata-rata biker protes karena berpikiran dengan menggunakan DB Killer maka tingkat kebisingan seharusnya tidak menjadi soal. Diperparah petugas di lapangan kadangkala enggan mensosialisasikan kesalahan yang kita perbuat Kenapa walaupun menggunakan suara yang sudah sangat adem tetap kena tilang…

Akeh cak…banyak pembaca yang bertanya ke IWB perihal status knalpot racing ketika terjadi operasi. Seperti surel yang dikirimkan oleh Muhammad Hidayat yang tertarik untuk memasang knalpot racing pada tunggangan. Knalpot ini menurut produsen sudah dibekali dengan DB Killer sehingga aman ketika digunakan di jalanan. Jadi judulnya tidak berisik cak. Berikut surel lengkap dari Jak Muhammad Hidayat….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Assalamualaikum lek iwan, perkenalkan saya Hidayat silent reader blog’e lek iwan, lekk mau tanya utk pemasangan knalpot racing dengan db killer apakah bisa lolos dari tilang lek? Soalnya aku rencana mau pasang racing lek tapi yg pake db killer biar aman tilang, bener gak lek bisa lolos tilang? Mohon pencerahannya lek, salam sampluk swallow hahahha” serunya. Jebule seneng nyampluk juga :mrgreen: ….

Nah pertanyaannya, Apakah dengan knalpot racing berbekal DB Killer bakal aman dari operasi polisi? Jawabannya jelas tidak. Ambang batas suara bukan satu-satunya undang-undang yang akan digunakan polisi untuk menjerat knalpot racing. Namun yang paling mudah adalah menggunakan pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU Lalu Lintas”). Isi undang-undang tersebut adalah…

” Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”

Pasal tersebut menjelaskan bahwa pengendara motor yang membawa kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan (di antaranya knalpot) akan ditindak. Jadi kata kuncinya adalah ” Tidak memenuhi persyaratan teknis”. Nahhh…kuwi sing sulit cak. Sebab pasal ini akan menganggap knalpot yang sampeyan pakai tidak laik jalan. Lawong tidak standart pabrikan. Part standart disebut sudah laik jalan karena memang sebelum rilis kepasar pabrikan selalu melalui uji tipe produk. Kira-kira ngono cak….

Last….Dari penjabaran IWB diatas bisa disimpulkan, mau sampeyan ngeyel sampai berbusa pasti akan tetap kalah. Mau knalpot sampeyan suara seadem suara gadis desa juga mental cak kalau yang digunakan adalah pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Jadi buat cak Hidayat, knalpot sampeyan akan lolos kalau ketemu petugas yang baik hati. Namun sekalinya ketemu petugas yang saklek…pasti ditilang. UU ini memang bakal mematikan perangkat aksesories jika masif diterapkan sebab spion model tomok pun bisa kena berangus karena dianggap tidak laik jalan. Jadi ngono cak. Intine mending standart kalau mau aman dari razia….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

140 COMMENTS

    • Kalau jokowi yang modiff, kenapa ga di tilang, katanya supaya anak bangsa berkreasii, pencitraan doang beli motor modi saja sampai ke inggris….!!!

      Ga konsisten policemen endonesah tembelek

  1. Sebenernya ada video di youtube polisi jateng atau mana
    Dia menggunakan knalpot tidak standart tidak jadi masalah karena dibuktikan dg alat pengukur desibel
    La terus kenapa kalau masyarakan awam masih kena ini yg jadi masalah

  2. lewih parah neng jawa lik…moso jupiter Z ku pasang kopling manual arep di tilang polisi…jerene kon di copot hendel koplinge di tempat aq d tilang….aq wis wedi pisan likk motor ku mbokan ngandang….suwun lik

  3. Di malang kena tilang 2x razia resmi lolos terus orang pke db killer, prospeed blue yg agak panjang jadi suara adem, lagipula klau kita adem ayem yg lain lengkap mah gabakal ditilang sih.
    Kecuali short muffler gapakai db emang biasanya ribut sekali.

  4. Ditambah power 2silinder makin naik dgn kompresi yg wow. maka dgn dtambah knalpot racing bakal makin intimidatif dijalan. solusinya….pakai mesin croosplane atau 4 silinder 250cc aj. suaranya meski dgn knalpot apapun masih merdu dijalan.

  5. Fbh ganti knalpot cuman buat nguatin bunyi kentut pak

    Power tetap mini
    Namanya juga mesin bikini

    Tuklik tuklik tuklik

    ????

    • Kalo aku empati aja ama FBeha yg pake CBR, la bentuk knalpot standarnya aneh bin Nggilani gitu pasti mereka beli knalpot racing meskipun dibikin dari bekas kaleng susu..

  6. Rasain kamu biker alay ataupun biker tua tapi pake knalpot non standard , rasain rasain rasain kamu semua !!!! Maka nya gak usah sok pasang knalpot racing untuk jalan raya !!! Bravo polisi !!! Tangkap saja semuanya itu biker Alay !!!! Terakhir , Mampus lu ….!!!!

  7. PESAN SAYA UNTUK POLISI SELURUH INDONESIA DI WILAYAH HUKUM INDONESIA , Silahkan TILANG untuk pemakai knalpot racing apapun merk nya !!!! SITA MOTOR nya , BERLAKUKAN TILANG dan motor bisa diambil jika sudah mengganti dengan knalpot STANDARD , sekian terima kasih

    • Ada anak alay ketangkep karena knalpot berisik. Disuruh jongkok dekat knalpot trus dibleyer itu motornya.
      Harusnya dicatet identitas orangnya. Klo diulangi, digebug saja pake knalpot. Atau pipi ditempel ke knalpot panas sampai gosong. Buat penanda aza. Joss kan lek?

  8. Berbicara laik jalan, sebenarnya pihak pabrikan sudah membuat part2 accesories resmi, misal yamaha dengan knalpot daytona fan sakura, suzuki dengan SARP nya, nahh… Dengan menggandeng pihak ketiga dan dijadikan accessoriea resmi, itu sebenarnya sudah laik jalan lek, karena dgn knalpot tersebut, garansi mesin tidak gugur, berbeda dgn part yg bukan resmi… Skrg mah tinggal kita nya aja yg kudu belajar undang undangnys… Dan sebenarnya jg, polisi pasti banyak salahnya pas razia, krn blm tentu mereka punya surat resmi, itu yg kadang orang tidak berani nanya balik… Cmiiw

    • Semakin ngerti hukum polisi semakin galak. Begitu tanya kerja apa jawab lawyer langsung keringetan. Ngah ngah ngah

      Amankan dulu duit korupsi tilang

    • Kalo for race only kenapa di jual bebas bung? Mikirnya maju dikit lah. Ngah ngah ngah. Banyak kok parts for race only yg gak di jual bebas. Bahkan di buat khusus. Namanya juga rahasia juara. Gak mungkin lah di jual

      Knalpot itu di ganti buat naikin performa karena biasanya lebih enteng. Plus lebih plong gas buangnya. Lah sekarang lu sebutin knalpot standart pabrikan. Baik honda, yamaha, suzuki, kawasaki, dll apakah sudab terstandarisasi? Ngah ngah ngah

      Terus kalo laik jalan di tentukan dari emisi suara kenapa motor gak ada aturan untuk test emisi suara? Selama gak ada artinya tidak ada aturan yg menstandarisasi

      Karena mau knalpot pabrikan yg terstandart menurutmu sekalipun. Jika dihitung angka untuk sebuah aturan. Maka kudu ada pengecekan berkala

      Lalu kasus kedua. Misalkan knalpot berisik tersebut ngukurnya dari mana? Depan pengamat? Belakang pengamat. Tengah pengamat? Rpm berapa? Speed berapa? Metode pengukuranya gimana? Aturan kan kudu di buat step stepnya.

      Masalah knalpot diganti di bilang bermasalah? Kalo menilik aturan polisi diatas artinya lu ganti lampu headlamp beda merek juga bermasalah (misalkan osram diganti philips) terus kelengkapan rem di ganti kampasnya beda juga salah, terus masalah modiv lampu pake led juga salah, bahkan ganti spionpun bisa salah. Aturan yg iwb tulis kan jelas tong. Di lengkapi. Kalo sesuai standart ya kudu ada standsrisasi yg jelas
      Ngah ngaj ngah

  9. Jokowi pede pamer di media dan foto dijalan raya pake motor custom tanpa plat nomor dan tidak sesuai undang-undang yang berlaku.

    • Jangan bawa bawa bang joko oei. Nanti buzzer cabang gun romli. Cabang tsamara, cabang natali grace, cabang kang dede. Ngamuk ngamuk sampe kalap

      Lawan rocky gerung aja udah kalap tuh mahluk hina. Moso ditambah mau bahas motor sarungan. Kaos oblong sa.a sandal jepit plus listrik naik 240 lebih proyek infrastruktur mangkrak. Ngah ngah ngah

    • Listrik naik BBM naik..

      Ko Si ONENG Kaga DEMO sampe AKSI JAIT MULUT diZAMAN SBY.

      ..MAHASISWA MLEMPEM..

      OH IA pemerintah skarang ga boleh dikritik..

      KRITIK DIKIT BAPER.. Langsung dituduh MAKAR..

      Jokowow bukan PRESIDEN.. CUMA KACUNGNYA NYAI GEDE..

    • @koplak jasmev
      Kalo pake argumen lu kenapa fby kebanyakan jasmev syampah yg sedang cari makan? Ngah ngah ngah

  10. seumur hidup ane gapernah dibantu sama yang namanya P*lisi..
    giliran bermasalah sering,
    terlebih masalah motjor,, karna baru baru ini bianka ketilang masalah snalpot.

    hheee pisss

  11. harusnya polisi membawa db meter..
    sdh saatnya negara kita mnerapkn aturan yg tdk abu abu !?
    db meter pun ada aturan pmkaian dg jrk pngetesn brp cm dr bibir knlpot!!

    jd kita pmkai mtr tdk merasa bnar sndri.polisipun tdk d slhkn..
    gmpng kaan?????

    • Dungu. Kenapa barus di lengkapi dbmeter? Nambah obyekan korupsi aja tong. Kaya alat bikin sim yg mahalnya minta ampun. Padahal aslinya IYKWIM

      Yg bener polisi sleksi masuknya harus di perbaiki. Jangan orang orang bego yg nyogok bisa masuk. Kalo perlu yg nyogok nyogok itu di pecat pecatin aja. Karena pada dasarnya gak ada aturan knalpot kudu standart. Kalo ada pasti knalpot udaj dilengkapi SNI sama seperti helm? Paham gak buzzer pdip cabang kangdede?

    • @abu duda : ni org dungu kgk ngerti apa itu fungsi kegunaan db meter??
      Mslh korusdi itu urusan kpk politik kgk ngurus, yg sy pdulikkn nilang ya hrus ada dasar cung..ni negara hukum bkn make perasaan..wkwk

  12. Entar bisa -bisa polisinya ngeyel: “Para insinyur dari pabrikan udah susah-susah ngebangun motor sampe ga tidur-tidur jadi hargai kerja keras dan jerih payah kalian dengan tidak memodifikasi motor kalian!” :v

  13. dr pasal gk da lek yg blg knlpot bising di larang!!
    yg ada tdk layak jln?

    jd yg d tilng bkn knlpot bising yaitu knlpot yg tdk layak jln!!
    misl knlpot yg mau putus karatan, ato knlpot bengkok yg tdk aman..

    bs ngeyel ke polisi bgtu sesuai pasal kan??

    • Knalpot bising n brisik yg kasih sanksi masyarakat. Krn masyarakat yg terganggu. Polisi lindungi masyarakat yg kasih sanksi nggebugi biker knalpot bising saja. Dipayungi UU pula. People power punishes biker bising. Gebugin biker bising smpai babak belur itu sah kudunya. Klo polisi bertindak, malah jadi sumber penghasilan ntar. Ga akan berhenti. Mosok sumber pendapatan distop.
      Apa polisinya digebugi sekalian yak?

  14. Kita dulu pernah diskusi langsung sama kasatlantas ketika ada acara ultah salah satu grup motor..
    Nah disitu ada pertanyaan tentang ambang batas suara utk tidak ditilang dan alat ukur yg digunakan petugas dsb..

    Disitu dijelaskan pak kasatlantas nya bhw memang dari polantas belum semuanya diberikan alat ukur db..
    Tapi kita yg pakai knalpot racing bisa dikenakan pasal modifikasi yg tdk sesuai standart..
    Sy lupa pasal brp itu..

    Nah.. Kd mau debat gimana pun tetap gk bisa.. Hehe

    • Gak ada tong. Pasal modivikasi itu nambah dimensi lebih dari 10mm jarak terpanjang dan terlebar. Terus modiv nomor rangka sama modov nomor mesin. Semua bersofat administratif. Sementara knalpot gak masuk kesitu

      Jangan mau di bodohi sama wereng coklat yg aus rupiah buay setor keatasanya

  15. Untuk menjembatani agar legal, ya minta saja si Produsen melakukan uji tipe agar laik secara teknis dijalan umum baik dari segi emisi suara maupun gas buang lalu diknalpot diberi embos lulus uji dan cap kepolisian, lalu bagi pemilik registrasi ke polantas terdekat lalu diberi stempel di STNK, keterangan bahwa knalpot sudah diubah.
    Dengan begini polisi ga usah ragu memberi tilang pada knalpot tanpa registrasi disisi laim konsumen lebih terjamin karena dapat produk yang terdaftar dan berstandar dikepolisian.

    • Belajar hukim tong. Uji tipe knalpot itu gak ada aturanya. Mau uji dimana? Mau sertifikasi dimana? Terus yg mengakui siapa? Apakah di terima di undang undang? Ngah ngah ngah

    • Kalau ga ada ya dibuat aturannya, toh itu aturan juga buatan manusia, kalau payung hukum jelas maka tindakan yang diambil punya dasar yang lebih kuat. Jaman dulu ga ada aturan presiden dipilih langsung oleh rakyat nyatanya bisa dibuat payung hukum yang mengakomodasi keperluan tersebut. Apalagi ini masalah teknis, parameternya jelas dan eksak, aturan selama untuk menjadikan lebih baik maka bisa disesuaikan dengan tuntutan jaman. soal uji bisa badan pemerintah atau suatu independen yang terakreditasi, nyatanya sekarang uji KIR juga bisa diselenggarakan pihak swasta to? Parameter gas buang itu apa seh? Kan ya hanya seputar desibel kebisingan, kandungan O2, CO, CO2, NOx, SOx tinggal mau mengacu ke standar parameter mana? EURO3, Euro4 atau 5? Kalau serius difasilitasi, cepat atau lambat juga berjalan. Jadu kalau mikir yang komplit ya bos..

    • Puguman jasmev

      1. Yg nyusun undnag undng dpr. Bukan polisit. Jadi polisit gak bisa nindak kalo pake logika dan nalar manusia waras
      2.uji teknis desibel itu gak segampang pikiranmu. Kalo cuma modal sekian db. Dijamin motor masal di indo kagak ada yg lolos karena gak ada standsrt baku
      3. Merumuskan uji suara itu harus ada dasar ilmiyah dan kaidah kaidah ilmiyah yg gak boleh di langgar. Sehingga standarisasinya jelas
      4. Bikin aturan baru tentu nambah biaya. Lah utang cina aja belom lunas. Infrastruktur mangkrak. Ngah ngah ngah. Mau sediain pake apa? Duit siapa? Duit tante puan? Apa duit ektp pak ganjar? Ngah ngah ngah

    • 1. Ente Pinter banget Bos tahunya cuma undang2 yang disusun DPR, saya bilang aturan/payung hukum bukan undang2, aturan yang resmi bisa macam2 bisa Undang2 oleh DPR bisa dikeluarkan pemerintah (PP), bisa menteri (Permen), Peraturan menteri juga bisa mengikat toh nyatanya mereka juga punya wewenang cabut ijin operasi suatu badan usaha, CONTOHNYA, menteri KLH berhak stop operasi pabrik yang langgar batas emisi.
      2. Ini tahun 2018, ente hidup dimana? Dengan bangga saya bilang, engineer2 yang kerja dengan saya biasa ngurusi X-Ray, Radio Aktif dan Instrumen Industri yang jauh lebih kompleks dari sekadar pengukur desibel dan semua orang Indonesia. Sampeyan baru urusan desibel aja udah kayak orang kalap.
      3. Dasar Ilmiah ga harus dibuat dari Nol, bisa adaptasi aturan yang sudah ada kemudian disesuaikan dengan kondisi demografis dan geografis, saya sudah bilang sebelumnya, bisa ambil dasar aturan Euro 3,4/5, atau mau pakai ISO 14000 lingkungan, atau ISO 17025 dengan ketertelusuran OIML, yang saya sebutkan itu dasa ilmiahnya jelas.
      4. Setiap menteri udah dikasih anggaran, biar tuh departemen Ristek dan Deperindag ada kerjanya, buat apa 2 departemen itu dibuat kalau masalah teknis gini aja ga bisa.difasilitasi, kemahalan bayar menteri, termasuk menteri yang ente sebut itu, jadi hasil riset anak bangsa bisa masuk dalam standard Industri yang inline sama kebutuhan sebagian masyarakat, ga usah muluk2 bikin mobil yang cuma rebadge mobcin, bikin aja dulu komponen berbagai part dan merek mobil yang punya standar dan bisa diterima.

  16. Masalahnya bukan hanya suara yg ditimbulkan tapi juga polusi yang dihasilkan dari penggunaan knalpot aftermarket yg tidak sesuai dengan standart dan regulasi yg sudah di tentukan…. Kurang lebih seperti itu ….harley davidson cabut dari indonesia salah satunya karena ga lolos uji emisi gas buang…..

  17. Desibel? Memangnya parameter laik jalan cuma kebisingan? Banyak sekali parameter bahkan panjang hingga tidak mengeluarkan api pada batas tertentu, juga kadar polutan gas buang. Knalpot yang memakai cc saja ditambah dobel ccnya untuk memenuhi euro 3 saja. Knalpot racing mikirin polusi? Bahkan tutup pentil hilang/tidak standar pun bisa ditilang. Ban cacing/habis bisa ditilang. Klo mau taat aturan ya gitu. Kalau gk mau diatur ya mayoritas ky gitu, merasa benar sendiri,

    • Weit.
      Weit.
      Weit.
      Di uu tentang lalu lintas bahkan tidak ada peraturan tntang desibel… yg ada peraturan itu di permen lingkuhan hidup…. hahhaa

      Sepertinya erlu baca lagi nih ente.

      Dan yg disinggung dimensi cuma kerangka, mesin, ketebelan ban.

      Tidak ada yg lain

    • Di uu lalin gak ada standarisasi desibel om. Adanya peraturan lingkungan hidup.

      Dan gak ada ujistandarnya

      Kalo ditilang lu tanya polishit aja. Uji standarisasi dimana? Pasti bingung? Sekolah aja nyogok. Apa.lahi jdup? Nyusahin rakyat.

      Indonesia perlu tni. Gak perlu wereng.

  18. Gt aja ga tau…
    Nih gw kasih tipsnya

    Pake knalpot full system
    Silencer bikin serupa dengan yg pabrikan pake
    Tentunya dengan obahan di dalam
    Tutupin pake bentuk standart
    Pake db killer

    Nanti klu ada tilangan
    Langsung bukakan website resmi pabrikan
    Tunjukin gambar dr websitenya

    Nah pasti sama bentuknya walapun dimensi bisa aja beda

    Klu pak pulisi nanya
    Soaranya kq beda

    Jawab polos aja
    Mana saya tau pak… waktu ganti oli mungkin

    Cobain
    Wkwkkw

    Nb: ga berlaku untuk alayer yg beli knalpot palsu cmn untuk gaya gayaan

  19. pasal hantu ya . .
    gak ada yg berniat gugat ke MK ?
    gerakan blogger motor, biar diskusi laik itu maksudnya bagaimana, masa pake akrapovic asli juga tidak laik jalan misalnya ?

    Standard SNI apa gak ada juga untuk acuan laik jalan ?

  20. Banyak diantara orang2 yang mengutuk koruptor, tetapi mereka sendiri bermental korup. Contoh, ganti knalpot racing buat jalan umum. Mereka menambah kerugian (bising dan polusi), tapi selalu berkilah lebih safety, yang lain juga ky gitu, itu yang 2tak jadul lebih parah, dll….. Itu polisinya juga…. Aturannya tebang pilih…. Dst
    Jika orang macam ini mendidik anak, hasilnya lebih parah dari ortunya, jika jadi pemimpin, jadilah koruptor, jika jadi pemuka agama menyalahgunakan ayat, jikalau jadi guru, rusaklah bangsa ini, jika Banyak pemimpin korup, sebenarnya krn masyarakat byk yg korup, krn pemimpin asalnya dr masyarakat juga,

  21. Karena polish dikita pada STRESSSS lek. Pengetahuan ttg UU masih belum benar2 paham masih terpaut bahasa buku dan wawasan motor masih minim ( opini ) coba klo polish2 punya wawasan kya bloger2 taw media mungkin modifikasi2 aksesoris masih bisa ditolerir. Contohnya kya videonya DMTV ( ini hnya opini )

  22. Aman cak saya dah buktikan, pasang knalpot branded tanpa lepas db killer, tampilan tambah keren suara adem dijalan aman…. Kena razia belum pernah ketilang

  23. Share pengalaman mas.. Saya waktu itu pernah terkena razia dan polisi memermasalahkan knalpot saya yang memang aftermarket tapi dari pabrikan knalpot ternama.. Saya berargumen kenapa knalpot saya akan ditilang lalu pak polisi menunjukan peraturan yng ada di artikel ini.. Lalu saya berargumen lagi bahwa apa persyaratan teknisnya ke polisi tersebut.. Dia tidak bisa menjelaskan dan beralasan knalpot saya bukan bawaan dari keluaran pabrikan dan berisik.. Lalu saya berargumen balik bahwa ada tidak peraturan bahwa knalpot bukan keluaran standar pabrikan dan berisik tidak boleh, kalau tidak ada saya tidak bisa ditilang.. Dan akhirnya pun polisi trrsebut menyerahkan masalah sya ke komandan dia dan terjadilah argumen yang kurang lebih sama.

    Di kejadian ini memang tidak menyinggung soal desibel.. Kalaupun ada, saya akan meminta prosedur pengujian desibel.. Karena kalaupun mau knalpot standar pun bisa melebihi batas desibel.

    Peraturan tersebut memiliki celah bagi pengendara dan zona abu abu bagi produsen knalpot. Oleh karena itu lebih baik peraturan tersebut direvisi ataupun dibuatkan standarisasi knalpot street legal dan race use only seperti di kebanyakan negara maju.

  24. Hola mas iwan.
    Undang2 itu ambigue.
    Sepertnya lebih teliti dilengkapi “part2 itu semua” sprti kelaykan jalan kendaraan… tidak harus “sama” dgn pabrik 😀
    Kalau dihajar semua harus sama dari pabrik, bagaimana dgn cat/stiker/dll… mobil2 polisi, ambulan, dll.

    Terjemahannya mngkin lbih tepat, part2 tersebut harus ada seperti wktu keluar dari pabrik yg berkaitan dgn kelayakan jalan… bukan harus sama.

    Dan kalau gk salah pasal2 penjelasan sama sekali tidak menyinggung masalah knalpot.
    Tapi kalau gk salah cuma dimensi kerangka, mesin, ban.

  25. Gak setuju knalpot racing ditilang. Lebih setuju kalo langsung dikandangin. Berisiknya mengganggu. Intimidatif dan mengesalkan.

  26. Wah masih rancu yah mas. Klo blng knalpot standar pabrikan itu seperti apa mas? Standar asli bawa an motor pas di buat apa standar asli knalpot yg di buat oleh pabrikan? Contoh klo suzuki kan ada SARP,KTM sendiri ada knalpot powerpart nya.

  27. Pake knalpot racing buat apa?
    Biar tambah kenceng?
    Beli motor yg lebih gede aja lah.

    Kok jd nyerempet ke Jokowi?
    Emang motornya dipake di jalan raya?
    Paling cuma buat muter di halaman.

    Kalo mau aman ya bikin sertifikasi aja kayak helm.

  28. URUSAN SAMA PULISI MAH GA ADA BERESNYA, INI MAH MASALAH TANPA JALAN KELUAR. MAU AMAN YA MOTORNYA STANDAR TING2 AJA, KALO MAU BLAYER2 AMAN PAKAI HARLEY FULL PAPER STANDAR, NGGA BAKALAN DITILANG LHA WONG STANDARNYA GUBRAK2 SUARANYA

  29. Undang-undangnya bias.., intinya cuman jadi senjata bagi petugas nakal untuk cari duit. Semestinya hukum dibuat untuk menegakkan keadilan.., tapi yg terjadi akhirnya menciptakan ketidak adilan. Hayo jawab dengan jujur kita merasa di zholimin gak oleh peraturan-peraturan aneh yg dibuat oleh pemangku kekuasaan di negri ini…, dan kita hanya bisa terdiam seperti kambing congek yg siap di sembelih kapanpun, menunggu giliran yg pasti datang menghampiri kita tanpa bisa berbuat apa-apa. Aneh tapi nyata…

  30. Negeri kita negeri lucu bung, knalpot after market yng merknya sudah besar biasanyakan sudah BUT di indonesia a.ka sudah ada pabrik dimari biasanya sudah dikenakan pajak (biasanya PPN) artinya ada pemasukan buat negara, toh seandainya impor pun itu udah dikenakan pajak juga, logikanya itu bukan barang ilegal, tapi KENYATAAN DI JALAN KENAPA ITU MASIH SAJA DILARANG DAN JADI BARANG ILEGAL???

  31. Intinya harus standar pabrik ya biar kaga kena tilang.

    Bisa-bisa Ganti ban dengan ukuran yang lebih besar, atau ganti merek juga bisa kena tilang, kan udah bukan standar pabrik juga.

    Hanya kendaraan aparat yang boleh dimodif dinegri ini.

  32. memang harusnya pas penilangan ada alatnya pengukuran db knalpot… soal nya dikasus lalu ada pak polisi dengan yamah r15 pakai knalpot racing dipergoki masyrakat.. tp setelah viral pak polisi melakukan pengetesan tingkat kebisingan knalpot dan komandannya beranggapan bahwa knalpot tersebut masih layak karena tidak terlalu bising.. jadi kalau biar aman pakai knalpot racing jadi polisi dulu saja. hehehe
    dark joke

    • enggak juga, disini produsen knalpot malah makin banyak,
      yang jelas, knalpot racing barang legal dipake racing, knalpot standar legal di jalan raya. pake swimsuit sholat masuk masjid bakalan digebukin orang, kalau pake gamis ikut kejuaraan renang juga bakalan dilempar dari kolam,

  33. apa susahnya sih pake knalpot standar, malah lebih susah pake knalpot racing, harus stel lagi untuk memaksimalkan performa. durability juga gk setangguh standar (ketebalan plat, klem, dll) krn racing rata2 butuh enteng.
    susah lagi kalo masuk gang, berisik, harus pasang db killer. pake db killer aja masih berisik. knalpot standar aja sudah berisik, apalagi racing, mbok ya pada dipake otaknya,

  34. wak, tolong mediasikan ke bapak presiden RI, perihal modifikasi vs aturan uu yg berlaku.. intinya minta supaya ada uu yg melindungi modifiaksi wak.
    kalo ga ada modifikasi dunia permotoran terasa hambar wak, suwun

  35. Peraturannya masih ambigu

    bikermendowan.id/2018/02/04/curhat-seorang-lelaki-kenapa-ga-jadi-milih-honda-vario-125/

  36. sebenernya semua udah ada peraturan perundangannya klo mau baca (UU no.22 th 2009, PP no.55 th 2012, PP no.80 th 2012, Permen LH no.7 th 2009), soal modifikasi, layak jalan aturan udah jelas tertulis, polisi nilang mah by visual dan kewenangan dia buat nilang (moody), klo ngikutin prosedur tes db knalpot gak bakalan kelar terutama soal alat ukurnya yg gak ada, soal pencahayaan jg jelas aturan teknis ada semua soal warna, sudut, jarak dll tinggal baca cmn pak polisi gak mau ribet acuannya y keluaran pabrik ATPM namanya aj tilang (tipiring)

    • HD standar keluaran baru Euro 3 ke atas suara knalpot sesuai standar road legal. masuk Indonesia harus ada uji tipe dan sesuai aturan sini. kalau suaranya menggelegar itu sama saja beli motor 150 lokal terus dibelikan knalpot racing yang dijual pabrikan.
      HD yang suaranya menggelegar pasti gk lolos euro 3 apalagi 4, kalo soal ditilang ato enggak tergantung aparat, kalo mau adil, jadilah penegak aturan, kita dan anak2 kit ataat aturan, kelak ketika jadi aparat semuanya taat aturan, jangan ikut2an edan,

  37. setuju sama polisi…

    namanya juga kenalpot ‘resing’.. tuing tuing tuing… itu buat di SIRKUIT.. eh malah dipake sehari hari di gang lagi helm dibuka, biar gaya katanya…

    kalo buat jalan umum setuju razia semua knalpot ‘resing’ … harus knalpot STANDAR…

    jangan sesuatu itu dibikin heran, lah emang salah peruntukannya…

  38. tiap kali ndelok ono high visibility jacket’e polisi neng dalan mending puter balik pak.. lha wong montorku jan gak standart pabrik blass..

  39. Yah begitulah mereka klo buat peraturan, bias. “tidak memenuhi persyaratan teknis” Teknis siapa & bgmn? Ini pengertiannya luas lho. Dan tdk semua personel di lapangan benar” menerapkan juknis (klo ada) dari UU tsb. Masak mau tau mereka utk motor yg sdh tdk dpt dukungan spare part original. Kecuali mungkin yg Chopper kmrn itu kali ya..??

  40. masyarakat selalu mencari celah..
    padahal dah jelas.
    knalpot racing itu ngeganggu banget.
    kalau yang pakai db killer dibolehkan, nanti malah semakin banyak penggunanya, dan pasti banyak juga yg akan lepas db killer.

    saya mungkin kadang2 pengen pakai, tapi sadar betul kalau ini bisa jadi melanggar, makanya harus terima konsekuensi, gak akan cengeng cari pembelaan di internet dan nyalah2in undang2 serta aparat berwajib.

  41. Mungkin para produsen kanlpot sperti R9 dan yoshimura, leovince harus mengajukan test uji kelayakan pada kepolisian, agar dapat jelas terukur ambang batas desible yg ditentukan UU, agar mendapat setifikasi lolos uji kelayakan, dan ini jg dapat sekaligus mengikis knalpot tiruan yg aspal dan yg asli,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here