iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak…sopo ora cekot-cekot ketika motor kesayangan diserbu tikus. Siapa nggak emosi kalau gara-gara tikus, tunggangan jadi ngambek ogah jalan. Ternyata pengalaman ini bener-bener terjadi dan dialami oleh cak Teguh yang segera mengirim surel ke IWB. Nah…seperti apa detilnya ? intip penuturan doi berikut ini…..

Assalamualaikum mas Iwan,..sugeng siang, salam joss gandoss (bener ora iki jargone :mrgreen: ). Sakderenge perkenalkan nama saya teguh (mas wowo) asal Pekalongan, termasuk silent reader warunge sampeyan cak. Langsung wae saya mau berbagi pengalaman terkait motorku ( yamaha Mio M3 tahun 2015)…

Kemarin jumat tanggal 26 Januari 2018 tiba2 nyonya telpon kalau motor mio mogok gak bisa di stater baik pake elektrik stater maupun pancal stater (kick stater,hehehehe). Menurut info nyonya indikator warna kuning yang gambar pompa injeksi nyala kedip2, Wah tanda tanya iki,ono opo jane iki…..

iklan iwb
iklan iwb

Jumat sore dari kantor (Jakarta) langsung mabur ning pekalongan. Sabtu pagi tak cek bener cak, lampu indikator (gambar pompa injeksi) kedip terus. langsung googling mbah gugel, terkait lampu indikator nyala kedip. (Skip)…….terbaca 3 (kedipan lama) dan 9 (kedipan cepet) jadi kode MIL 39 kalau info dari artikel mbah gugel, kode 39 adalah masalah injektor. Wah ngelu iki cak…

Iseng2 buka jok, ning bagasi ono tel*k (kotoran) tikus. Wah bajindul tenan iki cak, cicak bin kadal, truwelu njengat iki …(tiru2 sampeyan cak, hehehehe). Jangan2 iki ono tikus mlebu iki (jadi teringat pengalaman motor Honda kharisma punya kakak dulu yang kemasukan tikus). Jam 11 setelah nganter nyonya pake si marong (sebutan motor Vegaku) ke Puskesmas langsung mancal ning bengkel servis Yamaha, kebetulan dekett dengan rumah, dituntun mung 5 menit…

Ternyata bener cak kabel yang dari ECU digigit tikus, suweekkk tenan iki. Tikuse yo milih2, sing dicokot kabel sing areng injektor karo kabel ground (jare mase mekanik), berikut tak kasi fotonya cak. Setelah diservis, langsung tuku kapor baros terus diletakan di bagasi motor sama deket tangki, solusi seperti itu aman ora cak?, Alhamdulillah motor sampai saiki aman cak, barangkali ada solusi lain atau info2 lain cak bisa dibagikan, wedi tikuse mlebu meneh cak…

Begitulah berbagi pengalaman sedikit dari saya cak, semoga bermanfaat, salam joss gandoss….hehehehe”

Juozzz gandozzz tenan infone. Iki cak Teguh disinyalir pembaca lama bosone mlipis kayak IWB banget :mrgreen: . Btw…IWB masih heran ada kotoran tikus dibalik jok…kuwi tikus lewat mana ya. Bukannya bagasi biasanya rapet yo cak (garuk-garuk alis). Berarti sepertinya ada rongga disela casing dan jok ki koyone. Fix, tikusnya punya ilmu kabut tunggal…ngeri tenan. Kembali soal tikus…

Tikus adalah hewan pengerat yang suka tempat lembab. Yang paling sulit adalah tikus bersarang ditempat gelap. Walau sampeyan hanya berjarak sejengkal, dijamin tikus akan diam dan cukup tenan ketika mereka nempel ditempat yang sempit. Jadi kalau sampeyan ingin nakut-nakutin tikus…lupakan saja. So..yang paling manjur adalah buat tikus nggak kerasan. Sejauh ini kapur barus memang menjadi opsi sederhana yang bisa membuat tikus nggak betah. Setidaknya itu yang bisa kita lakukan…

Last…tikus menjadi perusak dan memang menjengkelkan. Hal ini karena hewan ini suka nyokotin kabel…apapun kabelnya kangbro. Nah…kalau sampeyan sendiri piye cak. Ada tips khusus untuk memberangus tikus agar nggak demen dengan tunggangan selain kapur barus? Monggo kalau punya tips segera dishare cakkkk…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

77 COMMENTS

  1. ayo kang iwan.. kabaripun PCX pundi?..
    niki sampun februari lo..
    di intip maning lh kang..
    jare 7 feb 18 ono undangan?..

  2. Curut itu binatang kotor kang dan yamahe itu motor nya bau got cubluk kualitas sampah.
    Maka gak heran curut doyan yg kotor2.

    Bruekekekek

  3. Ekekekek

    Itulah mengapa yahaha nggak membuat bagasi di motor2 mereka sebelumnya
    Seperti : miong lawas – miong smile, Jupi 110 – MX 135.untuk menimalisir terjadinya fitur auto ??

    ?☝

    ???

  4. Nih bisa dicoba:
    1. Bener tetep harus kasi kapur barus di dalam/sekitar motor; cuma ga jaminan tikus kabur

    2. Pasang minimum 2 jebakan tikus deket motor : lem tikus ama racun tikus ( terpisah, pasangnya tangan pake kresek or sarung tangan karet biar ga bau manusia

    3. Nyalakan lampu garasi kalo malam; biar irit pake bohlam led yg watt kecil

    4. Semprot baygon tiap malem di kabel2 motor

    Repot? Lah jenenge wae tikus pancen bajindul ???

    • Wkwkwkwkwkwk

      Kini fby beruk berubah menjadi fby tikus curut…

      Kasih dia prom*g dan kapur barus… Plaakk plaakk…

      Wkwkwkwkwkwk

  5. Wkwkwkwkwkwkwk

    Kita beri ke Fby Tikus curutt yang lagi mengalami Stress berat,, Prom*g gratis tangkap plaaakkk duckk kena kepala Fby tikus curut….

    Wkwkwkwkwkwkwk

  6. Tikus2nya pd gentayangan jualan motor merk honbull.. Sekarang lg giat2nya jualan motor honbul ky tikus alias picek, dan sebelumnya mbeot..

    • Wkwkwkwkwkwk

      Huss huss ada Fby tikus curut,,, kasih dia Kapur Barus plaak…

      Wkwkwkwkwkwk

    • Ehhh ada tikus.. Dasar picek muka tikus.. Dasar mbeot muka tikus..

  7. Lah dalah tak kiro mung kap mesin mobil tok sing gone tikus… Paling mujarab kapur barus dan tembakau kretek, disebar area bawah kap mesin dijamin bersih dari tikus.

  8. koyo supra fit ku lek. kelebon tikus, tikus e kecepit rangka nganti wassalam. nyadar2 pas rumongso motor e koyo mambu bathang pas tak cek jero bodi ne enek tikus koit, jan uangel tenan jupuke sisan

  9. Sama lek IWB motor saya vario 125 led pernah 3 kali digigit tikus, anehnya yg digigit kabel itu itu aja, kabel standar samping

    Distarter ndak mau nyala, akhirnya sya lepas standar swich stopnya baru gak was was lagi

  10. coba tebar bubuk kopi atai kapur barus sekitar rumah mas dalam maupun luar, ya minimal dekat naruh motor lah, biasanya binatang kurang suka dengan bau kapur barus ..

    piss ..

  11. Saya juga pernah lek. Beat FI saya. Lampu MIL nyala, mesin brebet dan susah distarter. Tapi masih bisa nyala dengan diselah/engkol. Tapi ya gitu brebet terus. Jumlah kedipan sudah lupa berapa, yang saya ingat masalahnya ada di sensor EOT (engine oil temperature). Tak bawa ke AHAS sebelah rumah akhirnya ketemu masalahnya. Alhamdulillah beres. Gak ada part yang perlu diganti. Katanya kabel digigit tikus.

  12. Tikus bin codot tenan..tikus gak peenah mangan sekolahan..filter AC mobilku petnah dimasukin tìkus..kencing lagi..parfum paling menjijikkan..900 ribu amblas buat biaya ngebersihin.

  13. Ekekekek.. Kan udah dari pabriknya lek…si yahaha ngasih tikus ma curut di motornya! Kgk percaya…coba aja dengerin suaranya si miong…ada suaranya…curut!! Ciittt…ciiittt…ciiittttt….
    Eguexguexguexguexguex.. ?????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here