iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….setelah melakukan cross check silang dan menunggu konfirmasi dari pihak PT SIS, akhirnya IWB mendapatkan kepastikan bahwa Suzuki sedang mengadakan campaign penggantian starter idle GSX-R150 gratis. Penggantian ini menjamah pada Suzuki GSX R150 generasi pertama yang nantinya akan mendapatkan penggantian pada komponen secara cuma-cuma. Wahhh…emang opo masalahnya ?

Asli cak…hingga detik ini IWB masih lumayan heran atas tindakan campaign penggantian yang mungkin boso umumnya kita sebut recall. Soalnya IWB tidak menemukan adanya keluhan perkara starter idle yang dimaksud. Baik via email ataupun kasak kusuk pembaca, bener-bener nyaris nihil. Tapi dilalah…PT SIS ternyata membuat pengumuman mengejutkan…

Mereka secara terbuka mengumumkan via website resmi  di Suzuki adanya update part dibagian idle gear starter. Komponen ini akan diganti gratis oleh mereka baik tipe GSX-R ataupun S. Tindakan ini sebagai upaya pencegahan karena mereka menemukan bagian komponen tersebut pada jangka panjang berpotensi tidak bekerja sebagaimana mestinya. Konon menyangkut durability atau umur part yang tidak memenuhi standart kualitas yang dipatok Suzuki. Maklum cak…part ini yang meracik adalah vendor atau pihak ketiga. Dan setelah melalui penelitian dari engineering pabrikan S, dikuatirkan starter bakal sulit dihidupkan di masa depan…

iklan iwb
iklan iwb

Sebuah tindakan luar biasa mencengangkan mengingat tidak ada kasus mencuat masalah starter. Lawong GSXR 150 dirumah juga aman-aman wae. Sejauh ini sekali start langsung greng nyala cak. Umur wis hampir setahun lho. Artinya pencegahan yang dilakukan Suzuki termasuk sikap dan cekatan. Mereka ogah masalah terjadi baru bergerak. Dengan kata lain sebelum masalah terjadi, mereka sudah berinisitif duluan melangkah. Kuwi jenenge mantap jiwa melegenda. Untuk pabrikan gurem, biaya yang dibutuhkan pasti besar. Tapi mereka tidak perduli yang penting kenyamanan dan keamanan konsumen Suzuki menjadi prioritas. Ediannn angkat topi rekkk. Pertanyaannya…bagaimana kita tahu tunggangan kesayangan masuk recall atau nggak ?

Gampang kangbro sebab Suzuki sudah menyediakan tool via micrositenya. Sampeyan bisa klik di web resmi Suzuki via Suzuki.co.id. Disana sampeyan tinggal klik enter motor, masuk menu sebelah kiri dan pilih Suzuki Quality Update. Akan terpampang layar seperti berikut..

Setelah itu, masukkan nomor rangka, nama, dan nomor telpon… Lalu klik “Cari”. Kalau tunggangan masuk kualifikasi harus recall, sampeyan bisa pilih menu sebagai berikut….

Nah…setelah itu monggo ikuti saja menu-menu sistem recall yang sampeyan inginkan. Dari informasi yang IWB baca, total ada 7 komponen yang kemungkinan akan diganti Suzuki. Gambarannya dibawah ini….

112611-12K10-00012611-12K10-000GEAR, STARTER IDLE (NT:15/53)1Rp 34.000
212614-26H00-00012614-26H00-000CLUTCH,STARTER ONE WAY1Rp 300.000
312622-12K01-00012622-12K01-000GEAR,STARTER CLUTCH1Rp 125.000
409180B13012N00009180B13012N000SPACER (13X19X6)1Rp 5.000
509206B13007N00009206B13007N000PIN (74X13X40)1Rp 29.900
609263-22075-00009263-22075-000BEARING1Rp 26.500
707130B0616AN00007130B0616AN000BOLT3Rp 2.400

” Blue Simin saat IWB cek termasuk kena recall juga…”

Yup…jadi gitu ya. Total komponen yang diganti senilai sekitar 500 ribuan…lumayan cak. Oleh karena itu IWB sarankan cek tunggangan apakah termasuk daftar recall atau nggak. Dan kalau sampeyan masih penasaran bisa kontak Layanan Halo Suzuki, Bebas Pulsa 24 jam di nomor 08001100800. Dari informasi yang masuk, sejauh ini pelayanan recall termasuk memuaskan. Tidak bertele-tele dan dipermudah oleh Suzuki. Pelayanan sekarang memang jauh lebih baik cak….saluttt !

Last….campaign penggantian part atau biasa kita sebut recall merupakan tanggung jawab pabrikan. Ketimbang diam dan tidak melakukan apapun lalu masalah timbul dimasa depan…justru itu yang berbahaya. Disini IWB melihat Suzuki berani dan terbuka melakukan recall tanpa canggung. Acungin jempol dah. Yang IWB salut lagi, recall dilakukan justru ketika tidak ada kasus apapun yang menimpa para penunggang GSX 150…hebat kuwi. So…GSX 150 series? Monggo cek wae tunggangan sampeyan untuk memastikan statusnya kangbro. IWB juga mau melipir kedealer ah kalau sempet. Btw…sudah ada yang mengganti part idle starter GSX 150 ?. Share pengalamannya dong kangbro...(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

176 COMMENTS

  1. seharusnya honda merasa malu dengan suzuki. bagaimana tu kualitas rangka cb 150 r. sudah banyak kejadian patah. kok gak ada tindakan. tanggung jawab honda dimana.

  2. KEREN.. GENTLE.. saya bukan jadi GA percaya tp malah menjadi merasa AMAN.. keren SUZUKI..

    Kalo rante BERISIK gimana ya?? UPS…. Wkwkwkkw

    • SEBELUM TERJADINYA RECALL KONSUMEN YG PALING UTAMA TELAH TERLANJUR JADI KELINCI PERCOBAAN! 😎

      WkWkWkWkWkWk…….!!!

      👿 👿 👿 😛 😛 😛 😛 😈 😈 😈

    • Iya, konsumen udah jadi kelinci percobaan duluan.. dicoba pake rangka patah, dicoba pake tensioner berisik, dicoba pake mesin ala gilingan padi.. daaaan,yang jadi kelinci diem aje… FBH logic..

    • Aslinya bukan recall.. tapi update quality.. part yg berpotensi terjadi masalah di kemudian hari.. padahal belum tentu juga bermasalah.. lawong baik2 aja sampai sekarang.. tanya saja yg punya warung.. yo ora lek webe.. ?? Juozz..

  3. Oke juga nih sijuki.. masalah/keluhan belom ada, udah diantisipasi duluan.. padahal di sebelah yang masalah udah jelas jelas didepan mata aja kucing kucingan nggak mau tanggung jawab… pabrikan sok suci ! Good Job Suzi ! Lanjutkan !

  4. Ora gumun klo Suzuki, pernah pelihara Shogun 125, sdh setahun gak masalah, motor disamperin dirumah ganti T- shock depan, infonya miring depan 5 derajat..itu free.
    Ordo meter digital saat 100 ribu km gak mbalik, juga diganti free satu glondong padahal motor sdh 6 tahun

  5. pabrikan sak crit saja
    klo ada masalah berani
    terang terangan

    berbanding terbalik
    pabrikan yg ngaku ms 70%

    malah sibuk
    nutupin AIB motornya

    ????

  6. fby dan fbs produk nya
    ada masalah
    cuma duduk manis saja
    ada benerin

    FBH?

    harus mandi oli dan bawa pampers
    untuk jaga” mesinnya BOCOR

    NGENES coyy

    ????

  7. Buat para tukang provokasi, yang suka sekali menyebarkan kebencian, ane cuma mengingatkan bahwa ada yang namanya karma. Cepat atau lambat PASTI kalian kena. Maaf bukannya mendoakan jelek tapi hanya MENGINGATKAN. Kalo sudah punya keluarga, kasihan keluarganya dikasih makan dari penghasilan yang kurang berkah.

    Ane bukan mau sok suci tapi sesama manusia itu saling mengingatkan. Maunya diingatkan sama manusia yang benar2 suci? Yakin masih ada sekarang? Karena itu ane mengingatkan saja, kalo ngga ane ingatkan, nanti ane juga yang kena dosa. Jadi ane berharap, kalian bisa mendapatkan hidayah agar menjadi lebih baik lagi ke arah yang baik dan benar, aamiin.

  8. ia mungkin ini masukan buat pabrikan yg berlogo sayap nangkring.
    kasus2 kecil spt diatas kelihatannya sepele tp sangat berarti buat konsumen.. masalahnya ketika pabrikan sdh diberi kepercayaan kpn konsumen dan konsumen dikecewakan dgn yg namanya KUALITAS, maka sdh pasti tu.. besok2 pasti bakal berpaling ke MEREK/Pabrikan yg lain

  9. Waktu itu th.2008 Sodara servis vario gen 1, di BeRes, tiba2 pihak dealer menawarkan penggantian tali gas secara gratis, tanpa pengumuman apa2 yg bawa vario langsung ditawari penggantian tali gas gratis, itu termasuk recall bukan ya?

  10. Pas banget kemarin ganti dan btw satria fufi juga kena tapi lain lagi yg kenanya, padahal gak kerasa ada yg salah tapi suzuki inisiatif buat recall sebelum kejadian.
    Joss suzuki, untung gratis wkwkwwk??

  11. Biangnya aja njeblos di sepang
    Apalagi yg kasta kuli(si tongos)
    Jangan heran bnyak tuyul alay yg laper dibela2in jadi
    Tuyul alay nyamar jadi kambing
    Tuyul alay nyamar jadi tapir
    Tuyul alay nyamar jadi Fb motor yg gak mampu ikut motogp.

  12. Walaahh Gsx R ku juga kena Update quality… Bulan 6 2017, ini jg lagi di proses, tapi heran kata beres’a paling cepat 2 minggu baru bs ganti, masih status tunggu skrg ? Lokasi Beres Suzuki Hasibuan (Bekasi)

  13. Fbh cuma bisa nyinyir pak

    Produk busuk gak pernah rikol pak

    Biaya sendiri pak

    ????

  14. disini banyak provokatornya…. tapi buat suzuki maju terus jangan pernah menyerah menyajikan pruduct yang terbaik… bravo ..bravo.. bravo.. semoga makin baik kedepannya.

  15. Mio Jrotku oblak kabe stang ama roda belakangnya Dibetulin sekali betulin 500 ribuan bablas eee balik lagi penyakitnya, bingung dijual ajor di ingoni jajan mulu.yowes buat tranportasi ke tambak-rumah PP saja sampe modar.

  16. Sebelumnya di Inazuma jg ada recall utk penggantian switch rem belakang. Baru terindikasi aja udah ada tindakan pencegahan, ngga perlu nunggu sampai kasusnya muncul ke permukaan. Salut buat Suzuki. ?

    Di pihak lain, ada kasus yg ngga cuma 1 ato 2 tp udah banyak kejadian dari kelemahan part yg sangat vital dari segi keselamatan apalagi sampai ada yg nyungsep segala tp seolah-olah tutup mata.
    Dari sini bisa kita nilai, mana pabrikan yg care sama konsumennya dan mana yang masa bodoh.

  17. Joss suzuki…coba aq pnya gsx udah aq bw ke bengkel di recall…pnyaku revo rusak trs mmng rusak krn mmng rusak…dah itu aja

  18. Ingatt.. padahal belum ada kasus mencuat loh.. gsx series.. dan satria fufi ane juga ada update untuk base switch ignition.. padahal gak ada kendala sama sekali saat ini sdh jalan 8 bulan..sangat puas rasanya pada pabrikan satu ini.. betul2 care dengan konsumennya.. saya sangat bangga.. terbukti yg punya warung juga bangga dengan gsxr150 nya.. dan terbukti pula bacot akang alias alay itu sangat busuk dan menyampah di kolom komen ini.. terima kasih untuk suzuki.. semoga semakin bangkit.. juoozz

    • Gak laku aja bikin product bosok, apalagi laris……hiiii serem.
      Baru bangkit aja ngasihnya rangka sak criit
      Apalagi laris….Hiiii serem
      Mangkanya tuyul2 alaynya kelaperan baper ngarep perhatian fb lain…

      Hiiiii alay gak punya jati diri
      Wkwkwkwkwk

  19. Kemarin baru ganti handle grip original Honda Tiger Revo, saya pikir karena handle gripnya sudah lama jadi kena matahari meleleh dan lengket di tangan.
    Ternyata kualitas handle gripnya memang begitu, lembek dan berbau karet, wajar saja terbakar matahari jadi meleleh..

  20. well, kalo suzuki bukan pabrik tp orang, dia orang nomor 1 yg ane percaya. mau orang lain bilang apa dia jujur, gak pengecut, berani menolong dan terbuka. temenan sama dia bikin ati jadi ngerasa aman. good job suzuki !

  21. wiss salut banget sama suzuki, ane rasa in pabrik paling gentle saat ini… di saat pabrikan lain cuek dengan produk2 nya yg busuk masal, dan saat di klaim bengkel nya ngaku2nya klo itu rusak karena pemakaian (cuih, padahal emang penyakit produk nya (pengalaman pribadi, bukan hoax bukan BC)), ini suzuki malah selalu berinisiatif untuk recall duluan produk2 nya yang potensial rusak di masa depan ketimbang nunggu complain dari customer.. semangat terus lah Suzuki!!

  22. Puas pake new shogun 02 sampe sekarang, lancar meski tuwir. Tinggal nunggu banditnya keluar ato trailnya brojol buat mensiunin si tuwir. Bismilah… Berkah.

  23. suzuki & yamaha kalo ada gejala yg ga beres langsung tanggap & bergerak cepat (recall) sebelum terjadi korban.
    sedang si sayap ahaem membiarkan (ngga mau rugi).. dan dlm wkt dekat segera membuat gen berikutnya (all new)

    • KALO YAHAHA TUNGGU DAH ROMPAL BARU DI REKAL!

      WkWkWkWkWkWk…….!!! 😛 😛 😛

      👿 👿 👿 👿 😛 😛 😛 😛 😈 😈 😈 😈

  24. Ane kira motor ane rusak loh kang iwb, soalnya gsxr ane uda susah nyala kadang2 dari beberapa bulan lalu, dan waktu itu belum ada berita recall sama sekali. Eh ternyta sekarang recall, cepet juga tangkepnya sujuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here