iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbroooo…..sugeng enjing selama pagiiii. Persaingan dikelas Motogp memang sangat ketat. Kompetisi yang alot tahun lalu membuat Honda tertantang memperbaiki Aerodinamika RC213V. Dijepret oleh media Jepang Toshihiro Sato, sampeyan akan melihat muka senjata Marc Marquez ini makin serem. Jadi pipih bleber namun runcing cak. Intip beberapa foto dibawah ini…

Honda ternyata meracik cowl baru yang jauh lebih serem untuk RC213V versi 2018. Tercatat per 24 Januari cowl anyar ini dites secara private yang nantinya part baru ini akan dibawa ke Sepang Malaysia pada tes besuk 28-30 Januari 2018. Rombakannya termasuk cadaz cak. Sampeyan akan melihat struktur dirombak dengan tambahan layer mengkotak. Sedang diatasnya dibuat tipis lancip dan depan meruncing. Artinya fokus utama Honda adalah tebeng kiri kanan….

Sepertinya Honda sedang mengembangkan fairing baru untuk mendapatkan tambahan down force. Hal ini berguna ketika motor melibas tikungan pada kecepatan tinggi maka traksi ban akan tetap terjaga. Inner cowl menjadi ngetren setelah winglet dilarang sejak 2017. Dan Ducati sebagai pabrikan yang terus mengembangkan beberapa opsi fairing akhirnya lolos dengan model yang lebar. Mereka mengakali dengan model inner mengkotak sehingga terkesan aman. Mungkin dari sanalah akhirnya Honda bergerak…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Jika melihat foto kita akan menemukan model fairing anyar Honda memang tidak selebar Ducati. Masing-masing part fairing yang nonjol setidaknya memiliki 2 fungsi. Yang pertama dibagian sayap paling atas mengkotak…fungsinya adalah untuk memberikan down force tambahan. Yang kedua hadirnya cekungan disisi kiri kanan…konon shape ini untuk membantu mengurangi hambatan angin (reduce air resistance) ketika rebah. Semua fokusnya adalah sisi aerodinamika..

Last….bentuk tebeng baru Honda ini memang masih sebatas uji part. Artinya belum tentu fix digunakan dimusim ini. Semua juga tergantung komisi safety, apakah part tersebut akan lolos dan boleh digunakan. Namun jika mengacu masa lalu, tentu saja sayap Honda ini jauh lebih kecil dibanding Ducati. So…potensinya besar cak, pasti lolos ki. Kita tunggu saja test official besuk akan seperti apa sosok new RC213V setelah dilabur cat warna orange khas HRC. Horaaa sabarrrrr….(iwb)

Bandingkan dengan RC213V sebelumnya

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!