iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….. sebelumnya IWB sudah membahas perkara Market Share roda dua tanah air. Akan tetapi pada saat itu bahasan tidak fokus pada keberhasilan Suzuki yang ternyata mampu bergerak cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di saat penjualan roda dua mengalami penurunan dibandingkan dengan 2016, justru Suzuki ternyata mampu memperbaiki penjualan dengan cukup signifikan. Disinyalir berkat GSX 150 market share Suzuki melonjak dibandingkan 2016 !

Dari catatan data AISI bisa dipastikan bahwa terjadi penurunan penjualan motor dibandingkan dengan 2016. Jika pada tahun tersebut roda dua terjual sebanyak 5.931.285 unit maka di tahun 2017 merosot tipis dengan 5.886.103 unit. Penjualan motor memang mengalami kecenderungan turun sejak 2015 yang mampu terjual hingga 6.480.155 unit. Akan tetapi jika menilik target dari yang dicanangkan oleh AISI sebesar 5,7 unit, Penjualan tahun ini tercapai cak….

Dengan angka tersebut seperti yang kita tahu Honda masih menjadi raja dengan porsi 74,51% Market share… baru Yamaha dengan 22,90%…. lalu Kawasaki dengan 1,34 % dan disusul Suzuki yang mencatat Market Share 1,23 % terakhir TVS mendapatkan porsi 0,02 %. Namun jika sampeyan bedah lebih dalam maka kita akan menemukan hanya Suzuki yang menorehkan kenaikan cukup signifikan. Dibandingkan dengan tahun 2016 dimana Suzuki hanya mendapatkan porsi Market Share diangka 0,96 %…ditahun 20167 sudah terkerek menjadi 1,23 %…

iklan iwb

Memang jauh cak persentasenya…namun progress lumayan signifikan. Sebab jika dikalkulasi maka kenaikan mencapai 27,04 %. Sementara Honda naik 0,11% dan lainnya turun. Menurut informasi salah satu service manager dealer Suzuki yang IWB terima, kehadiran GSX 150 series memang membuat Suzuki kembali berdenyut. ” Beda mz…jauh. Dulu sebelum ada GSX 150….paling yang service gratis hanya 50 unit/bulan. Sekarang bisa 100-125 unit/bulan. Itu yang service gratis aja, belum termasuk reguler..” serunya ke IWB…

Dealer juga mengakui, prinsipel pusat Indomobil sekarang lebih agresif dan turun kelapangan langsung. Mereka sering mengumpulkan komunitas dan mendengarkan masukan serta keluhan. Kondisi ini mirip dengan terbukanya Suzuki terhadap masukan Blogger. Bahkan tidak segan bos besarnya yakni Seiji Itayama bertemu dengan IWB langsung mendengarkan masukan. Sebuah kondisi luar biasa dan IWB yakin…jika SMC Jepang serius dan sudi mendengarkan lalu melaksanakan dilapangan, bukan tidak mungkin pabrikan ini terus merangkak naik….

Last….untuk pabrikan yang sedang berusaha untuk bangkit, market share yang meningkat disaat lainnya turun jelas menunjukkan hasil keseriusan mereka. Dan IWB yakin jika konsistensi ini terus dilanjutkan…bukan tidak mungkin dimasa depan Suzuki akan menjadi pabrikan yang patut diperhitungkan. Terlalu prematur memang. Namun ingat, pabrikan S sekarang menjelma menjadi pabrikan berbeda, menampung lalu berusaha diwujudkan. Tinggal perbaiki desain dan line up produk, gerojok pasar dengan desain fresh, gempur dengan marketing cerdas dan yang penting terus sudi mendengarkan. Kita lihat saja sepak terjang mereka ditahun 2018 ini. Selamat buat Suzuki, kita tunggu produk terbarumu yang paling juozz gandozz !….(iwb)

 

Sumber : Kompas

iklan iwb
Previous articleYamaha R15 VVA livery Ducati GP18, asyemm galak cak !!
Next articleHonda new PCX-150 pun sukes ngracunin ibu negara, alamakkkk !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!