iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Selamat pagi, sugeng enjing, assallamualaikum cak…piye kabare, sehat kabeh to. Pakdeee….sebelum baca artikel ini ojo lali sholat Subuh sik. Lek wisss…monggo lanjut bacanya kangbro. Artikel yang akan menyoroti munculnya kode yang membuat IWB garuk-garuk alis. Kenapa? komposisinya cak. Komposisi kode project identik dengan produk yang sudah eksis namun beda huruf belakang. Yup….erendus kode baru Honda K15M, inikah CB150R facelift ? Nahhh…menarik tooo. Yukkkk….kita coba coding kode ini. Gazzzzz…

Seperti yang kita tahu, Honda diawal gebrakannya terjun dikelas sport 150cc menantang Yamaha Vixion menggunakan kode project K15A. Saat itu IWB sebut sebagai motorsport teralis. Sebuah era yang menjadi titik kebangkitan Honda setelah mereka nyerah dengan line up sebelumnya yakni Megapro yang tidak mampu berbuat banyak menghadapi Yamaha Vixion. Project ini pembuka dan nantinya menjadi penantang serius sport garputala…

Sayang….diawal kemunculannya, K15A hanya memiliki daya bogem sementara. Penjualan K15A yang konon pengembangan RND berpatokan dari old Vixion meleset karena Yamaha saat itu sudah melangkah lewat kemunculan New Vixion Lightning (NVL). Ban lebih gede dengan beberapa revisi membuat K15A mentah ditengah jalan. Honda akhirnya sadar cak. Desain merupakan kunci dan disaat kelahiran K15A, mereka hebatnya langsung mengembangkan gen 2. Resources yang besar memungkinkan Honda melakukannya. Mengusung kode project K15G….produk ini sukses….

iklan iwb
iklan iwb

Generasi kedua CB150R jadi jauh lebih ganteng. Dilihat dari sisi manapun nyaris perfect (IMHO bagi IWB pribadi, sebab desain masalah selera). Produk ini seperti bukan milik Honda yang IWB kenal konservatif. Desain yang biasanya membulat tidak tampak. Terbukti buah karya Honda pada K15G ini laris manis dipasaran. Penjualan melejit tak terbendung. Kendati sekarang posisinya masih kalah soal penjualan tahunan dengan beberapa ribu unit dari Vixion…namun penjualan perbulan termasuk sangat konsisten. Namun jaman dan waktu terus berputar. Produk yang lebih seger wajib hukumnya…

Dan selang 2 tahun setelah itu, dari terawangan ilmu lampah lumpuh dan serat jiwa (huiayahhh, kebanyakan mendengarkan sandiwara radio Saur Sepuh ki :mrgreen: ), IWB menemukan sebuah kode misterius. Kode ini cukup membuat IWB terkejut karena komposisinya cak. Yup…komposisi project mirip dengan kode CB150R. Bedanya hanya pada huruf dibelakang. Kode project ini adalah K15M. Hayooo…mumet to. Sama, IWB cuma garuk-garuk alis. Mengusung kode project K15M….ada dua hal yang muncul dibenak IWB…

Pertama…K15M merupakan kode versi facelift CB150R. Dengan huruf berbeda belakang biasanya facelift termasuk major. Jika mengintip life cycle, menurut IWB logis kalau Honda mulai nggarap new CB150R facelift sebab current CB150R yang mengusung kode K15G sudah cukup berumur. 2 Tahun lebih lho cak…dan mau masuk tahun ketiga. Sebagai informasi, CB150R K15G dirilis sekitar Agustus 2015. Jadi emang wis waktunya (ideal per 3tahun maksimal). Yang kedua…K15M adalah varian pelengkap. Versi special edition mungkin? Atau gen lain ? Akan tetapi IMHO prediksi kedua ini agak lemah kangbro… Australian 777 Pokies has a variety of video games available, like EGT, Quickspin, Wazdan, Novomatic, Igrosoft, Merkur, Apollo etc. Let’s see some of them, starting from Quickspin. Another interesting provider of online pokies for money which is not so well known to Australian players is Merkur, and it’s represented by 24 titles in 777 Pokies, including Baker Street, Golden Gate, Railroad etc. Despite being simple and not having many bonuses, the main advantage of these pokies is high payout ratio that can reach 97%.

Last…IWB belum menemukan petunjuk lengkap bakal seperti apa K15M. Apakah Honda merombak besar-besaran current gen atau hanya melakukan sentuhan kecil…IWB belum tahu. Namun potensi K15M ini adalah CB150R facelift memang terbuka lebar. Semoga saja kedepan ada beberapa petunjuk tambahan sehingga kita jadi cukup yakin bahwa K15M ini merupakan versi facelift dari CB150R. Jika iya…..saran IWB kepada Honda, hati-hati jika mereka melakukan facelift. Jangan blunder desain mengingat faktor ini sangat sensitif. Alih-alih facelift takutnya malah membuat tampang makin buruk. Sebab K15G sudah terbukti disukai market tanah air. Syukur-syukur kayak SFA concept, mantep tuh (ngarep). Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. K15M? Panassssss :mrgreen: …..(iwb)

Honda CB150R

  Honda SFA concept

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

210 COMMENTS

  1. Cie2…
    Mongstor yg notabene terkontaminasi gen amuba sehingga bisa punya kemampuan untuk membelah diri?…
    Mau peslip nih…
    Ekekekek???

  2. Kek nya mau di kasih fitur
    #auto self destruction#
    Nih mongstor kemlothok…
    Duaaaaarrrr??????…
    Ngerrriiih ???

  3. Buat ngalahin vixion aje butuh facelift 3x.. itu pun kalo sukses, kalo kagak alamat ky cb gen prtama, suntik mati.. kekekek
    Kasian yg beli, sekelas H*nda kok market bs gagal.. ky.nye dohc mau turun kasta pke mesin mbit

  4. Di peslip biar para kutangers percaya kalo nih mongstor dah gak bisa membelah diri lagi…
    Namun di kasih fitur yg lebih advance,yakni fitur=
    #auto self destruction#
    Duaaaarr ??????
    Ngerrriiih ???

  5. Hmmm jos!

    Facelift kali ini bakal diganti 2 klep karena 2 klep itu lebih gahar dari 4 klep bung …

    Nah …

    • Untuk mengimbangi kegaharan power mesin dituntut sistem rem yg handal.
      Bukan rem yg sekedar menghentikan laju sepeda motor.
      Rem CBS adalah rem yg mutakhir dan jauh lebih advanced daripada rem ABS. Karena sudah dilengkapi dengan Censor. CBS singkatan dari Censor-equipped Braking System. ABS singkatan dari A-graded Braking System, tehnologi rem paling awal dengan kualitas performa masih level A.

    • Betul, sebagai rekan sesama pakar ada baiknya rem cbs digunakan pada tipe tertinggi nanti bung … Secara akan sangat pas dengan kecanggihan 2 klep yg gahar dan image teknologi pada honda …

      Nah …

    • Jangan cuma jas jes jos aja bung, jagan lupa juga bung tanpa radiator, semakin panas semakin kencang.. DOHC NS dengan 2 klep lepas radiator, dilengkapi suara merdu bagai mesin scrammer klotak klotok tanpa update (recall haram) dan rantai merdu gemerincing habiskan gear..

      Itu

      ( isuk2 iso ae cak gawe lelucon)

  6. Shincan sport naked SOHC + DP 0 rupiah + konsumen di sumpel SOHC gratis + FBY ngga ke sampeyan DOHC,,,

    Buuuekekekekekekek,,,??????

    • Hush, jangan keras2 cak, kena semprot tau rasa ntar.. kritik dan kasih saran yg benar dan membangun..jangan cuma bilang bocor, loyo doank, seri mesin ini (k15) sangat bagus, mengadopsi suara scremmer yg gahar (klotok2) dan sasis body yg g kalah canggih (bisa patah tapi g bisa disambung) dan suara merdu rantai yg gemerincing menjadi alternativ mp3 player berjalan (padahal absisin gear lebih cepat)..

      Nah itu baru saran yg baik kawan..

  7. Wah mantab..
    Berharap kembali ke DOHC Overbore cakk..
    Jangan korbanin power dikebiri, yg Nearsquare sebelumnya terlalu irit, mungkin dengan technologi seperti VVA pada yamaha akan efektif, power akan naik diputaran atas dan diputaran bawah bisa irit.. dan VTEC sepertinya butuh.

    Yang saya harapkan semoga CBR keturutan facelift yang mungkin dengan basis engine yang sama dengan CB dan CBR

    • Saya sangat2 setuju dengan anda, kembalikan overbore dan power harus sebanding atau lebih dari overstroke sebelah, masak iya SOHC+Overstroke aja bisa 19hp tapi DOHC+Overboros g bisa power diatas itu..!! Kalo g bisa buat mesin seperti sebelah, mending lepas aja radiatornya, ganti radiator dengan botol aqua.. betul atau tidak..?.

  8. jika mereka melakukan facelift. Jangan blunder desain mengingat faktor ini sangat sensitif. Alih-alih facelift takutnya malah membuat tampang makin buruk. Sebab K15G sudah terbukti disukai market tanah air.

    Jangan kyk vixion. Ud bagus desain NVA malah yg skrg jd aneh

    • Cocoknya pada suruh dasteran nongkrong di tempat eyeg / penjual sayur keliling, bacotnya ngalahin emak2 belanja sambil ngrumpi. . . ???

  9. sakahayangna.com/2018/01/10/aki-yamaha-mio-gt-baru-lemah-setelah-3-tahun-16ribu-kilometer/

    Mungkinkah versi retro 150 CCnya..

  10. wah makin seru nih klas sport naked 150cc.
    Helm kloningan yang lagi viral nih, helm MHR mirip sama helm AGV Pista gpr ?
    youtu.be/hHvlIc6PvjE

  11. SFA concept sangat mungkin lek, mengingat AHM blm punya jagoan buat tandingan Xabre, biarpun pasar kecil, bukan tidak mungkin klo AHM terjun bakal laris manis asal design mengacu SFA concept… Jadi bukan facelif CB150R tapi varian baru penantang Xabre.. kayaknya keren lek Iwan,,, ^_^ biar berdarah darah

  12. facelift terus, bikin motor terus, penjualan per bulan capai ribuan unit terus, abisin sumber daya alam terus, samapai nanti sumber daya alam habis, bahan bakar habis, itu jutaan motor jadi rongsokkan jadi sampah bumi. sing sugih sopo … ??
    para petinggi pabrikan motor, lah kita dapet apa ???
    rongsokkan besi dan plastik ….
    ngontel wae wes lah sehat di badan dan ramah lingkungan.

  13. setuju Kang, setiap pabrikan harus hati2 saat facelift produk nya.. malah mnurut ane kalau segi design msh sangat acceptable sebaik nya ga perlu facelift besar2an dr sisi design.. untuk CB150 ini mnurut ane cukup everlasting bentuk nya, jangan sampe honda salah langkah, jangan smpe kejadian motor SPBU (gag di aku) keulang lg, hahaha.. NVA itu juga wujud nya sudah cakep banget, sama2 everlasting mereka, kayak NinFI jg.. sayang yamaha merombak terlalu total dan klo mnurut saya gag masuk selera saya pribadi, malah lbh terlihat agresif NVA di banding Vixion R lho… coba aja design ambil MT-125 eropa, yakin NCB juga keok…

  14. Dari pembahasan cak Iwan
    Keliatan AHM akan melakukan perombakan besar
    Terlihat dari kode yang keluar
    Tapi tergantung dari R&D honda
    Apakah bisa memberikan apa yang jadi keinginan pasar
    Semoga si “EX” or Concep sfa itu

  15. Setuju lek, secara daur hidup Cbsf 3 tahunan. 2012-2015-2018?
    pernah denger tahun lalu ada selentingan dari komentator Cbsf bakal ada versi ultimate. tapi katanya baru lahir akhir 2019.

    CBR gak ada kabar facelift lek? biasanya 2 tahun tuh (2014-2016-2018?)

    semoga engine ada perbaikan.

  16. CB150R facelift?
    Apakah masih menggunakan kualitas material paling rendah?

    Mosok motor seharga 26jt an rangka bisa patah! Unit baru lagi! Halo AHM? Sadar kah kalian kalo produkmu paling inferior?

    Sampai kapan kalian ngibulin konsumen?

    • Atas ane salez yameki yg penyebar fitnah.
      Kgk ngaca dgn produknya sndiri…
      Triple clamp kaber patah
      Shock usd ringsek14 bocor
      Mesin metic ngebul
      Swing arm kaber protol…
      Cb anda jelaskan…kopok….☝☝☝

  17. Anda penunggang cb 150sf pasti kelihatan ganteng & macho…
    Bagi anda penunggang pigson…
    Anda terlihat seperti dagelan & ky orang india yg palanya geleng”! Accha…accha…nehhii…nehhii….
    ???????????

  18. @fby beruk. Ane bukan sales broo
    Ane bicara spt itu karena prihatin n heran.

    Kok bisa gitu lo motor masih tergolong baru bisa bisanya patah.

  19. Bocah bayi wingi sore.. Pigson cuman 19ps ae cangkem e ora umum.. Syukurlah di garasi terparkir motor 39.5ps.. Honda NSR 150 SP

  20. paling pengembangannya buat nyontek vva dan slipper clutch dealer sebelah yang entah nanti mau d ganti apa namanya dan diakui sebagai inovasi Honda sebagai inovasi baru.

    • Setahu sy sih klo sohc 4 klep yg pertama pake dulu CRF sebelum ada Vixion, mesin unicam bilang para mekanik. Tp klo CRF yg sekarang denger2 udah DOHC
      Inovasi, fitur & teknologi tetep honda sih gw rasa yg maju, bukan AHM loh hehe

  21. comentlah yang bijak….. suka silahkan gak suka silahkan…..kok saling menjatuhkan…kayak lu naik montor paling bagus asja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here