iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee budeee…..jika dulu motor listrik lebih cocok untuk berkendara jarak dekat, sekarang jaman sudah bergeser. Motor listrik tidak lagi bisa disebut pelan sebab kecepatan puncak termasuk makin tajam. Hal ini buktikan oleh pembalap Suzuki Sylvain Guintoli yang diberi kesempatan nyicipi motor listrik milik Energica Motor Company dari Modena. Dan ternyata top speed tembus 270 km/jam. Ediann !

Seperti dilansir Speedweek, Superbike listrik sepertinya benar-benar mengalami kemajuan. Indikasi ini terlihat dari ledakan power yang terus berkembang dan mencuri perhatian. Seperti produk yang dimiliki pabrikan Italia Energica Motor yang berada dibawah payung Grup CRP…

Mereka sukses meracik sport listrik berlabel E-Superbike. Motor listrik yang disiapkan untuk berkompetisi diajang balap dunia ini diklaim memiliki ledakan tenaga hingga 130HP. Ediannn….iki batereinya kayak apa kuatnya yo cak. Nah yang menarik kangbro. E-Superbike dibekali sistem oil cooled untuk pendinginan…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sedang power supply mengandalkan baterei yang ditanamkan secara permanen. Dan yang bikin berat batereinya ini dimana bobotnya mencapai 90kg. Untungnya E-Superbike memiliki teknologi fast charging. Untuk mengisi hingga 80% hanya butuh 1,5 jam. Hebattt kayak HP euy. Terus apa kata Sylvain Guintoli pasca jajal E-Superbike ? ” Sebuah pengalaman baru akhir pekan ini. Sangat menyenangkan bisa menguji superbike listrik Energica. Kecepatan tertinggi tembus 270 km/jam..” serunya. Ealahhh…koq nggak ada komen detil lain yo pakde. Cuma membicarakan top speed thok….

Sebagai informasi, Dorna rencananya memang sedang menggodok balapan khusus motor listrik di musim 2018. Bahkan Dorna Sports telah mengumumkan, mantan Direktur Teknis Michelin Racing Nicolas Goubert akan menjabat sebagai Direktur Eksekutif seri anyar nanti…

Goubert akan mengambil posisi barunya sebagai Direktur Eksekutif “FIM Moto-e World Cup”, yang rencananya mulai Februari 2018. Hhhmm, IWB jujur cukup penasaran akan seperti apa konsep balapan ini. Maklum cak, ini kelas baru. Selain itu, racing identik dengan raungan knalpot yang sangar…

Sedang electric bike sampeyan nggak bakal menemukan hal itu. Yang ada cuma ” Wuzzzzzzz” selesai. IWB wae pernah punya pengalaman saat jajal motor listrik prototype salah satu pabrikan yang meminta IWB ngetes harian. Dengan bentuk ala motor matic tapi tanpa suara, ternyata semua mata seperti keheranan. IWB yang saat itu bonceng Ibu negara dilihatin orang banyak….

” Konsol dashboard E-Superbike EGO..”

Sepertinya mereka heran, iki motor bentuk koyo matic tapi koq nggak ada suaranya? mungkin demikian batinnya. Sontak ibu negara langsung nyeletuk..” Isin aku mzzzz, wegah aku tok bonceng. Aneh ora ono suarane koyok nunggang sepeda onthel (malu aku mz, ngak mau dibonceng lagi. Aneh nggak ada suarannya kayak nunggang sepeda onthel) “ serunya membuat IWB terkekeh….

Last…sesuatu yang baru memang bakal sulit diterima dan butuh untuk adaptasi. Seperti kedatangan motor balap seperti E-Superbike. Biasanya mendengar raungan knalpot saat digeber lha iki nggak. Yang pasti hanya suara komentator nanti yang terdengar. Btw…apapun itu, cukup menarik kita pantengin perkembangan motor listrik ini. Torsi besar, sudah tembus 136Hp dan top speed 270 km/jam…edian lho kuwi. Sebagai gambaran intip video drag E-Superbike Ego dengan motor dan mobil terbaik versi bensin. Ditekuk semua cak…kenthirrr ! (iwb)

HP klik disini

HP klik disini

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!