iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee…sebuah surel dilayangkan cak Juna yang terlihat bingung atas status sabun pencuci piring Sunlight untuk nyuci motor. Karena menurutnya sabun ini mampu membuat lemak-lemak dimotor hilang tanpa perlu susah payah. Dan yang paling membuatnya happy kangbro, motor jadi kinclong bener. Sebuah surel yang membuat IWB mlongo dan berinisiatif untuk membuat artikel agar tidak salah kaprah sebab efek jangka panjang ngeri cak. Mencuci motor dengan Sunlight, lhoo emange nyapooo ??

IWB melihat, biker tanah air memang kreatif. Bahkan kendati sudah ada obat khusus untuk cuci motor, proses test dan trial dengan chemical lain sering dijalani. Hal ini karena efek yang ditimbulkan instan langsung terlihat dimata. Seperti penggunakan sabun pencuci piring Sunlight contohnya. Mendapatkan informasi dari teman-teman, cak Juna jajal Sunlight untuk nyuci R15 kesayangan. Hasilnya? emang kinclong cak. Tapi doi tidak tahu efek yang ditimbulkan dalam jangka panjang. Berikut surel doi ke IWB…

Assalamualaikum mas Iwan? Salam jos gandos. Mau nanya mas Iwan sebenernya kalau nyuci motor pake sunlight boleh gk sih bagus gk sih padahal aturan kan buat piring dsb. Temen q banyak yg kaya gitu . Maklum masih awam mas iwan kan udah lama bgt tau tentang motor pasti lebih tau lah.. Sekalin minta tips ngrawat motor biar awet kinclong .. ? maksih mas iwan . Assalamualaikum..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Juna

Waallaikumsalam wr.wb. Nahhhh…..menarik to pakde. IWB yakin sampeyan juga pasti sering makai trick ini. Nyuci motor dengan Sunlight sebab hasilnya mengkilap. Padahal kalau sampeyan sayang sama tunggangan, harusnya kebiasaan tersebut dihilangkan. Hentikan mulai sekarang karena efek yang ditimbulkan malah akan membuat lapisan coating cepet tipis. Maksude?

Jadi gini cak, cat sebenarnya mengandung beberapa lapisan. Namun yang terancam ketika sampeyan menggunakan obat yang termasuk keras (nanti akan IWB terangkan) maka yang terganggu adalah coating, wax, sealent atau sejenisnya. Semua yang IWB sebutkan adalah lapisan luar…dan inilah yang membuat cat kinclong. Kenapa Sunlight termasuk keras untuk cat? sebab spek sabun pencuci piring beda dengan shampo khusus motor…

Sunlight sendiri kandungan cleanernya termasuk tinggi. Jadi jangan heran pasca dicuci motor bakal langsung kinclong. Namun efek jangka panjang buruk cak. Hal ini juga ditekankan oleh punggawa ahli polish dan detailing Bikersbro yang pernah ngerjain si Carli J IWB yaitu cak Ade.  “ Sunlight kandungan cleaner terlalu tinggi, kotoran memang bersih tapi proteksi cat bawaan pabrik (wax, sealant, coating dan sejenisnya) ikut keangkut juga. Terus kandungan detergent juga tinggi. Efeknya bisa bikin waterspot alias kayak jamur kaca ketika ada air yang kelamaan kelewat nggak kena lap….” serunya. Terus gimana obat yang bener ?

Sebaiknya shampoo khusus kendaraan, bisa menggunakan shampo mobil. Di shampoo mobil biasanya sudah ada semacam pelembab berupa wax carnauba, polimers dan semacamnya. Efeknya melembabkan atau melapisi permukaan yang sudah bersih tadi. Efeknya biar nggak kusam. Nah..ini yang nggak ada di sunlight. Artinya menggunakan sunlight lama-kelamaan akan membuat efek kusam pada cat. Sesekali untuk darurat bolehlah tapi jangan sering...” seru cak Ade yang memiliki Bikersbro Detailing dan maintenance cat….

Nahhh…jadi ngono cak. Intinya, sesuatu yang instan itu tetap kurang baik. Wis hukum alam pakde. Jadi kalau sampeyan pengen hasil instan justru efeknya negatif. Mungkin tidak langsung namun butuh waktu lama…..proses yang pada akhirnya akan membuat kita menyesal diakhir cerita. So…saran IWB tetap gunakan Shampo yang direkomendasikan untuk mencuci motor. Pakai shampo mobil juga bagus kangbro…

Last….untuk menjaga cat tetap terjaga, kuncinya adalah menjaga kebersihan motor. Jangan biarkan motor basah akibat air hujan. So…pasca terguyur hujan sebelum parkir langsung angkat air dengan kanebo. Kalau sampeyan telaten melakukan hal itu pasti cat motor akan awet cak. Jadi lebih kurang ngono yo. Semoga bisa dijadikan bahan pengetahuan buat sampeyan yang sering pakai Sunlight untuk nyuci motor. Okrekkk ! (iwb)

Bikersbro crew, mereka ahli dibidang detailing dan maintenance cat. Tidak menyarankan menggunakan sabun cuci piring untuk nyuci motor cak !

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!