iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com- Kangbro…..kompetisi balap sejagad roda dua yang dibalut dalam ajang Motogp sudah digelar sejak era 1960an. Direntang moment tersebut pasti kita penasaran, siapa saja sih paling jawara dan sanggup mengoleksi juara dunia terbanyak? Apakah pabrikan Eropa atau Jepang? Lalu brand apa dan berapa kali kemenangan yang diraih? Artikel ini akan menjawab…siapa pabrikan terbanyak yang mengoleksi mahkota juara dunia Motogp !!

Dulu balap roda dua lebih dominan dikuasai oleh mesin 2 tak. Beberapa pabrikan sukses menjadi dominator yang pada saat itu tetap dihiasi oleh tiga pabrikan yakni Honda Yamaha dan Suzuki. Lalu aturan pun berubah dimana pada tahun 2002 seluruh pabrikan harus melakukan konversi ke mesin 4 tak yang dianggap lebih ramah lingkungan….

Mesin 4 tak pertama kali MotoGP mematok 990cc yang berakhir hingga tahun 2006. Dan tercatat pada tahun 2007 kubikasi menjadi turun ke 800cc. Era ini hanya bertahan hingga tahun 2011. Karena dianggap lebih berpotensi menimbulkan kecelakaan sebab seluruh pabrikan berlomba-lomba mengeksploitasi cornering speed maka pada tahun 2011 aturan berubah…



Kubikasi mesin kembali diupgrade ke 1000 cc namun dengan beberapa aturan yang mengebiri ledakan Power. Kubikasi dipertahankan hingga saat ini. Pada rentang tersebut ternyata pabrikan yang masih mendominasi gelar juara dunia tetap dipegang oleh Honda dengan gap yang cukup signifikan. Pabrikan Raksasa ini berhasil mengoleksi 67 kemenangan secara total….

Rekor ini diukir sejak partisipasinya tahun 1960. Dengan kemenangan di kelas 500cc dan Motogp lewat Honda NSR 500 serta RCV mencapai 23 kali. Sementara Yamaha membuntuti di posisi runner up dengan 38 kali juara dunia diseluruh kelas. Angka ini diraih 14 kali di kelas Premier lewat Yamaha YZR500 dan M1….

” Mick Doohan mendominasi ajang GP500 era 1990an dengan Honda NSR500…”

Yang menarik di posisi ketiga dan empat ternyata diisi oleh pabrikan Italia yakni MV Agusta serta Aprilia kangbro. Keduanya masing-masing mengoleksi 37 serta 19 kali. Dominasi kedua pabrikan lebih cenderung diera lawas di mana eksistensi pabrikan Jepang belum terlalu mengakar…

Sementara Suzuki berhasil mengoleksi juara dunia sebanyak 15 kali dan mengisi posisi 5 dibelakang empat pabrikan lain. Yang unik mayoritas kemenangan pabrikan S disumbang di kelas Premier era 2 tak.  Suzuki saat itu cemerlang dengan mesin RGV500-nya. Berikut urutan lengkap juara dunia Motogp masing-masing pabrikan sejak kiprahnya di ajang balap dunia paling bergengsi tersebut……..(iwb)

Sumber : Speedweek

Advertisements