iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…. setiap melakukan lawatan ke luar negeri mata IWB selalu jelalatan melihat situasi lalu lintas di negara tersebut. Tujuannya satu yakni menggali motor yang eksis sebagai bahan pengetahuan. Termasuk di Malaysia Negara terdekat cari tanah air.  dan setelah mengintip motor di Malaysia harus IWB katakan bahwa kita jauh beruntung dibandingkan mereka. Lhoooo emangnya kenapa?

Boleh saja Malaysia unggul soal sirkuit yang memang juoz gandoz. Akan tetapi jika yang kita bahas sedikit lebih dalam khususnya varian motor yang lalu lalang di jalanan Negeri Jiran ternyata tidak sebagus di tanah air. Khususnya modelnya cak…..model ternyata cukup terbatas dan tidak sekaya di tanah air. Apalagi Honda…disana melas tenan…

IWB nggak akan bahas big bike dan akan lebih fokus pada motor kecil. Dan Boon Siew Honda selaku pabrikan sayap mengepak disana hanya memiliki CBR250R (satu silinder) serta CRF 250. Sport lain dibawah itu? Ora ono cak….nggak ada. Rata-rata motor gede. Bahkan PCX 150 pun masih yang model lama..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Lalu untuk bebek…nah ini yang unik. Varian bebek disana ternyata cukup banyak. Namun yang paling legend adalah bebek yang terkenal sebagai Astrea Prima ditanah air. Di Malaysia mengusung nama Honda EX5 FI. Dan model ini adalah best seller cak. Kondisi ini berbeda dengan kita yang modelnya bervariasi. Menurut infonya, skutik kurang laku di Malaysia. Maklum pakde, negeri jiran minim macet. Hal ini IWB buktikan pas turing Honda Asia Journey beberapa waktu lalu. Piye dengan Yamaha ?

Di Malaysia, Yamaha menjadi brand favorit. Hal ini karena Yamaha dinegeri jiran terbilang agresif dan model juga uptodate. Info yang IWB terima, Malaysia sebenarnya mengimpor dari Indonesia. Jadi produk yang hadir disana rata-rata adalah buatan Indonesia. Posisi PT YIMM yang menjadi basis produksi di Asia karena memiliki pabrik besar memberikan berkah tersendiri. Motor Yamaha yang menjadi favorit di Malaysia adalah 135 LC (Jupiter MX 135) dan Y15ZR (MX King). Sedang sport rata-rata FZ15 atau Vixion. Namun beda dengan Indonesia..

FZ15 yang beredar masih model sebelumnya. IWB nggak ngeh kenapa Malaysia masih memasarkan model Advance bukan terbaru yang sudah VVA. Mungkin tahun depan cak. Sedang Kawasaki dan Suzuki IWB cukup jarang motor ini berseliweran di jalanan Malaysia. Geng ijo yang nyolok tetap mogenya, termasuk dinegeri jiran. Yang unik untuk Suzuki malahan IWB sering menemukan Suzuki Crystal mesin 2 tak era 1990an. Edian juga cak. Selebihnya yang cukup dominan adalah Modenas serta beberapa brand Taiwan..

Last…..dengan penjualan motor yang jauh lebih sedikit dari tanah air memang membuat pabrikan roda dua dinegeri Jiran memang kurang bergairah. Gimana nggak cak, penjualan motor di Malaysia setahun hanya sekitar 500 ribuan unit. Sebuah angka yang dilewati penjualan diIndonesia dalam waktu 2 bulan saja. Nah…seperti apa suasana jalanan Malaysia dan motor-motornya? intip beberapa jepretan IWB dibawah ini. Beruntungnya kita cakkk !….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!