iklan iwb
iklan iwb
” BWM S1000RR di Sepang Malaysia…”

Iwanbanaran.com – Kangbro…..speed memang edian. Kalau sampeyan sudah pernah merasakan laris diatas 275 km/jam nunggang motor, pasti sampeyan akan geleng-geleng dan memberikan acungan jempol buat para pembalap Motogp. Sensasinya cak….feeling yang kita rasakan sulit dijabarkan dengan kata-kata. Beruntung mencicipi sirkuit Sepang Malaysia diatas BMW S1000RR, Seperti inilah rasanya geber motor diatas 275 km/jam nunggang motor !

IWB muda, biyennnn…dahulu kala IWB sudah terkesima dengan kecepatan motor sport fairing 2Tak dieranya. Pertama kali merasakan speed 175 km/jam nunggang Suzuki RGR150 ketika IWB masih SMA kelas 2. Saat itu cak…IWB megap-megap rasane. kerasnya angin sukses memaksa kelopak mata terbuka hingga air mata deras tercabik keluar . Diera tahun 1995, cukup sedikit biker yang sadar akan pentingnya helm. Selain itu diera itu sangat sulit mendapatkan helm berkualitas. Model full face ? jarang banget pakde..

Praktis untuk ngetes motor, kita nggak mungkin mengandalkan helm ala kadar. Helm yang lebih cocok disebut sebagai topi proyek ini bakal terbang kalau sampeyan paksa dikenakan pada kecepatan diatas 90 km/jam. Makanya untuk ngetes top speed…IWB tidak pernah pakai helm alias bertelanjang kepala. Kalau ingat masa itu asli ngilu tenan cak. Alhamdulilah IWB masih diberi keselamatan walau nunggang motor pecicilan bin pekok…

iklan iwb

Beda dulu beda dengan sekarang. Seiring usia yang makin tuwo, IWB bisa nyicipin supersport hingga Superbike. Dijalan raya mungkin nggak akan bisa menikmati. Sampeyan mau geber motor pol-polnya 180 km/jam, itu wae nyawa wis diujung tanduk. IWB jelas nggak sarankan sebab kapanpun bisa saja penyeberang jalan lewat. Kecuali jalan yang memang jauh dari rumah penduduk, dua jalur dan kiri kanan sawah…dan sudah dipelajari betul. Kendati resiko masih tetap ada khususnya hewan liar nyebrang. Intinya….sirkuit adalah pilihan bijak. Dan beruntunglah IWB karena sukses mencicipi sirkuit Sepang…

” Mencicipi Kawasaki Ninja ZX10R…”

Sirkuit yang memiliki kualitas jauh dibanding Sentul ini juga memiliki lintasan lurus cukup panjang. Disanalah IWB berhasil merasakan top speed diatas motor pada kecepatan sekitar 275-280 km/jam. Sebuah rentang speed yang baru pertama kali IWB rasakan ketika umur hampir menginjak 39 tahun. Sensasinya? Ngeri cak. IWB sudah sering merasakan speed rentang 245-an km/jam. Tapi mendobrak tembus diatas 260 km/jam baru pertama kali IWB rasakan yakni di Sepang Malaysia. Impressinya ??

Horaaa umummmmm. Pada rentang speed diatas 260 km/jam…angin yang menghantam tubuh sangat kencang. Badan harus bener-bener nempel streamline dengan bodymotor. Kalau nggak badan seperti dipaksa lepas dari motor saking kuatnya. Ediannnn….ngene to rasane memasuki teritori 275 km/jam. Belum lagi lingkungan sekitar…..entah kenapa pemandangan yang ada didepan mata tidak seperti kamera Gopro…

Kiri kanan terasa ngeblur dan berbayang. Jadi jangan pernah melirik samping…rasane ciut nyali tenan. Bahkan untuk membaca titik jarak pengereman….IWB cukup kesulitan. Parah..asli bener-bener parah ngerinya. Jadi semua hanya menggunakan feeling kangbro. Belum lagi ketika braking untuk memasuki tikungan. Mengurangi kecepatan dari 275 km/jam turun ke 90 km/jam pada T1 (Tikungan ini sangat ketat dan sempit sehingga harus masuk tikungan dengan lambat), gaya dorong gravitasi yang menekan pergelangan tangan sangat kuat….

Pressure ini dilanjutkan saat badan menggelantung keluar tikungan mengendalikan tenaga liar 1000cc 4 silinder BMW S1000RR yang mencapai 199HP, lelah bener pakde. Tidak butuh 10 lap untuk membuat IWB KO. Berputar hanya 5 lap, IWB masuk PIT turun dari motor rasane wis gemetar ora karu-karuan. Dengkul lemes….keringat deras bercucuran ngalah-ngalahin lari sprint 3 km. Capekkkk benerrr, kenthirrrr kiiii. Lha iki cuma motor 199HP dengan ritme amatir. Piye dengan pembalap Motogp yang konon motor memiliki power hingga 260HP, 23-26 lap dipacu maksimal tidak ada jedah ? Jelas mereka bukan manusia cak…..alien semua rekkkk….

Last….syukurlah, seiring waktu berjalan IWB sudah mulai beradaptasi. Badan gemetaran berubah jadi semangat. Dan pada akhir testing total ada sekitar 20 lap IWB lakukan dengan motor berbeda-beda. IWB sengaja nyicipin Superbike biar puas cak. Pulang dari Sepang, tersungging senyuman dan gelengan kepala dengan sensasi yang ditawarkan motor-motor Superbike yang memang diracik untuk speed. Full eksplore masuk kecepatan teritori 275-280 km/jam dengan sirkuit bagus mendapatkan satu kesimpulan, para pembalap Motogp emang kenthirrrrr. Wisss ngono waeeee (iwb)

Beberapa motor saat dijajal bareng-bareng di Sepang

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

106 COMMENTS

    • Terakhir lek iwb bilang “Beberapa motor saat dijajal bareng-bareng di Sepang”
      Tapi ada foto cewe juga, itu motor atau apa lek wkwk
      Ntar nyonya marah ???

    • Haya haya
      Belum ninja H2R waa…. Tembus 400 kph waa…
      Itupun masih lemot waa…
      Belum naik mxking waa…
      Roket pun kalah waa…

      Haya haya haya

    • Semua motor kencang itu biasanya rem nya abs tapi mlh belum cbs
      Pdhal ada tipe rem a-bs , b-bs , c-bs yg mana rem tipe cbs adl generasi ‘c’ drpada yg abs ‘a’

    • Masih lbh kencang Jupiterr Z dan MX lek,
      Komeng aja smpe bolong bolong bajunya,

      Iklan n brosurr NgibuL smua,
      Fby manggut aja,

      Ekekekekek

    • Bicara dunia permotoran, safety itu faktor mutlak. Performa hebat power mesin tanpa sistem pengereman yg mumpuni adalah sebuah bencana/musibah yg pasti tak seorang pun inginkan.
      Di era modern saat ini, ada tiga tingkat sistem pengereman yg diaplikasikan ke sepedamotor yg diproduksi secara massal.
      Tiga sistem tsb dikategorikan menurut performanya. Pun ketiganya sudah terlahir di era disk brake/rem cakram.

      Type/grade pertama adalah rem yg sekedar membuat laju motor berhenti, yg disebut ABS /Braking System type A. Type ini lumayan banyak dicangkokkan pada produk motor yg beredar di Indonesia. Terutama dari pabrikan yamaha.

      Type kedua yaitu BBS. Meski merupakan perkembangan dari jenis /grade ABS tapi jarang digunakan. Karena kompleksitas priduksinya.

      Type ketiga atau level tertinggi adalah sistem pengereman dengan membenamkan tehnologi anti macet, yg secara digital bekerja bersama unit elektrik mesin motor secara keseluruhan. Grade mutakhir ini terkenal dengan nama rem CBS. Sistem pengereman paling canggih dgn tingkat keamanan paling mumpuni. Dan telah lama diterapkan oleb pabrikan HONDA di Indonesia. Misalnya produk vario cbs, vario techno vario 150, honda beat, scoopy.

      Nah, dari pemaparan di atas jelas bisa dipahami produk-produk mana yg memberikan faktor safety/keselamatan yg optimal kepada para konsumennya.
      Ada produk motor yg menawarkan performa tinggi, namun hanya dibekali system pengereman ABS, yg notabene masih level awal/bertype A, padahal harga produk tsb mahal.
      Honda paham betul apa yg menjadi hak konsumen, salah satunya pada sisi keamanan yg handal tsb.

      Semoga sumbangan tulisan di atas bisa jadi pencerahan bagi masyarakat yg akan membeli sepeda motor

    • Joss rem yg tipe abs karena huruf nya ‘a’
      Yg generasi tipe kedua bbs krn tipe ‘b’
      Yg ketiga yaitu rem cbs krn tipe ‘c’

      Itu,,,,,

    • Haya haya

      Hayabusha ninja cbr brackbird H2R semua kalah waaa…
      Sama mxking zaza waa..
      Roket zaza kalah sm mxking wa…

      Haya haya haya

    • Rem nya juga perlu yg tipe ‘a’ yaitu abs
      Karena yg rem kedua yaitu bbs hurufnya ‘b’
      Sedangkan yg ketiga cbs hurufnya ‘c’

  1. sama Rantai honda yg kemrosak kaya pantat japet donk bahas wan. katanya bloger netral tau taunya fbh juga karna dendam sama yamaha gak di kasih pinjeman motor hahahaha

    • Rem memang kadang membuat ngeri dan makanya sudah dibuat beberapa generasi tipe rem nya
      Yaitu tipe rem ada yg tipe ‘a’ , ‘b’ , ‘c’
      Makanya rem itu menjadi rem yg tipe abs , bbs , cbs

  2. Pakai pis er speed 80kph mata terasa berair om.
    Pakai ternoda speed 80kph mata terasa berair om.
    Pakai supri speed 60kph mata terasa ngantuk om.

    • Motor motor tsb belum ada rem abs nya
      Bahkan yg tipe ‘c’ yaitu rem cbs belum ada
      Motor tsb padahal motor cepat tapi belum dilengkapi rem yg tipe ‘a’ ‘b’ ‘c’ yaitu abs , bbs , cbs

  3. Sukses terus cak…

    Lupakan boyben yg culun2 yg masih fanatik terus dengan klep nya ahahaha
    Gasssssspollllll caak, rem sikit…hahahah

    • Itulah masalah rem yg berarti sudah ada perkembangan yg maju karena rem dulu nya juaga masih drum teromol karena perkembangan teknologi maka menjadi rem cakram
      Rem cakram juga dikembangkan teknologinya menjadi beberapa tipe yg ada
      Misalnya ada rem abs , bbs , cbs
      Sedangkan menurut pak heru maka rem tsb menjadi rem dg tipe ‘a’ , ‘b’ , ‘c’ maka rem tsb adalah rem abs , bbs , cbs

  4. CBR250 laku 5 unit ngeri,,,
    CRF150 laku 1 unit ngeri,,,

    MS 19% ??????

    Lebih ngeri,Dealer pada tutup,,,

    Muuuuuuuekekekekekek,,,??????

  5. Haiyyaaa cilaaka luwa welas waaa
    Dulu masih pny panigale 1299 kita ouwlang cm brani ggeber gk lbh 300km/j waaa

    Maklum tu motor kyk bajaj vibrasinya

    • Yg lain goblok! Tapi lu bangsat!! Emg lu kira si rongsokan besi tua (rossi) itu
      Tuhan….bnyakan makan kapur barus ente!

  6. Mantab Kang. Saya di 150km/h sudah ciut rasanya. Kyk mau terbang, mungkin krn pake mocil kali ya. Moga2 ada kesempatan nyobain moge sebelum umur 40thn hehe..

  7. Sering lihat para alay2 marzuki sok geber2 si tongos rangka sauprit di jln raya pake ban cacing mel…gw tantang pake vega force ane pada ngeper.

  8. Buat para fans boy yg sakit hati gara2 produk kebanggaannya gak laku dan ms cuma xx% mbok yo jgn mudah mengkambing kambingkan orang..ada lg yg bilang blogger bodoh,gak netral dsb..inget kalimat yg keluar dari mulutmu menggambarkan derajat moralmu..hati boleh panas tp kepala hrs ttp dingin

  9. Menurut ane lebih kenceng bacotnya fby lek…dan gerombolan salez beruk lainnya! Di iklan tv adja masyarakat sudah dibodoh2hi iklan yameki…
    Contoh: mx jembatan runtuh
    Mx king rocket kalahh,
    Mt sampe naik dinding sambil bilang ini jalan penguasa ini jalan kita!
    Kan edan lek…persis ky fb tololnya..
    Manggut2 diboh2hi yameki! ???????????????????????????????

  10. Beda ama dohc the dna motogp lek… Digeber bukannya ngebut malah ngeden lek, ama sohc sja sujud minta ampun lek ampe mledugh disirkuit lek

    Ngah ngah ngah

  11. berarti pembalap” motor sport itu memang bener” org yg amat sangat berskill dan bener” terlatih, ga ush jauh jauh ngmg 200km/h org lari 90-100 aja di motor harian dh gedek”?… ga gampang memang bawa motor sport ya kang aplg sampai top speed?? aplg klo motogp kadang nikung 100an lebih buset dh nikung aja dia bisa lebih laju dri motor saya yg jalan lurus???.. lebih mudah menonton memang dri pada praktek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here