iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee….entah apa yang salah dengan Yamaha. Kendati mereka memiliki produk-produk ciamik, namun tidak menjadi jaminan daya gedornya tajam. Terbukti pertahanan PT YIMM terancam bobol. Kendati belum genap tahun 2017 dengan menyisakan 1 bulan (Desember 2017), Yamaha terindikasi kehilangan tahta sport naked 150cc. Ahhh mosokkkk. Nahhh…menarik ki cakkk…

Dari data penjualan sport 150cc sejak Januari-November 2017, segmen paling panas ini ternyata cukup mengejutkan. IWB pribadi tidak menyangka bahwa Yamaha terancam kehilangan gelar sebagai raja sport dengan gap yang cukup jauh. Hal ini terlihat dari raport sejak Januari – November 2017 yang dishare oleh Kompas dimana Honda berhasil menjual All new Honda CB150R hingga 100.986 unit. Angka mungkin cukup jauh dibandingkan dengan tahun sebelumnya…

Sebab ditahun 2016, Honda sukses menutup raport CB150R diangka 152,263 unit...kuwi dari Januari-Desember 2016 cak. Analisa IWB, Honda akan menutup raport 2017 tetap dibawah tahun lalu. Kalau rerata mereka menjual CB150R diangka kisaran 8000 unit…bisa jadi penutup tahun penjualan CB150R mencapai 108 ribuan unit. Prediksinya demikian. Terus piye dengan Yamaha Vixion?

iklan iwb

Tim garputala hanya mampu menjual all new Vixy diangka 78,421 unit dari Januari – November 2017. Angka ini bisa saja merangkak dibulan Desember 2017. Padahal tahun kemarin (2016) Yamaha Vixion masih menjadi raja dengan penjualan 153,128 unit. Yamaha Vixion unggul 2,58 % dari Honda CB150R ditahun lalu. Sekarang? sebaliknya….

Data wholesales Januari-November 2017 menunjukkan Honda CB150R terjual sebanyak?100.986 unit. Sedang Vixion terpaksa masuk runner up dan menggantung diposisi dua dengan gap cukup jauh yaitu?78.421 unit. Bahkan Vixion dikuntit sport fairing Honda CBR150R yang terjual?68.557 unit. Angka ini cukup mengejutkan mengingat hanya terpaut 10 ribuan dari Vixy. Sedang posisi empat diisi Honda Verza 150 dengan?48.123 unit dan kelima Yamaha new R15 dengan?36.054 unit. Berikut posisi detilnya…

  1. Honda All New CB150R Street Fire :100.986 unit.
  2. Yamaha All New V-Ixion : 78.421 unit (grand total plus NVA 96,416 unit)
  3. Honda CBR 150R : 68.557 unit.
  4. Honda Verza : 48.123 unit.
  5. Yamaha All New R15 : 36.054 unit

Hayoooo…ada yang menarik nggak ki data diatas. Bener cak….data diatas hanyalah angka untuk all new Vixion dan belum akumulatif dengan versi NVA. So…kalau digabungin antara all new vs NVA maka Yamaha berhasil menjual sebanyak?78.421 unit + 17,995 unit = 96,416 unit.?Yup….tahta Vixion terancam di 2017 kangbro. Btw data ini memang masih belum bisa dikatakan akurat karena masih menyisakan satu bulan lagi. Bisa saja posisi berbalik dimana Yamaha masih menjadi raja jika dibulan Desember mereka bisa menggenjot Vixy. Raja sport naked 150cc ? Kita lihat dibulan Desember nanti sebagai pungkasan….(iwb)

262 COMMENTS

  1. Vixion sekarang jelek desain, jelek juga bahan nya… liat pake mata juga kelihatan,,,

    kecuali liat pake hati,, bagus Mulu keliatan nya

    • Kalo zuragan mazapahit bikin data pasti yamaho paling apik ms ne n desaine sing apik,bahane apik iku yg buate zuragan netral di mata fby rekk!!!!

    • justru memang begitulah seharusnya memang harus apa adanya..
      jelek ya jelek ..baik ya baik..
      bukan jadi orang munafik…

      Ekekkk

  2. benar benar tahun yang sangat berat buat fby/fbr:
    ? moto gp, awal awal musim mvk tampil menjanjikan, kandidat jurdun, dihembuskan angin surga, fby udah jingkrak2 kegirangan, masuk paruh kedua kek kerupuk kena siram kuah sayur?..
    ? ms, makin mengkeret, tahun kemaren masih main di 25 persenan, bulan kemaren malah udah main di 19,xx persen
    ? marc ogah pindah, padahal itulah satu satunya jurus saat ini buat angkat derajat m1cin one, benci tapi rindu setengah mati?.. karena opa seringej@kulasidini zaza?..
    ? king of arrc (padahal sudah pinjem ktp thailand) dan king or irs250, dizuruh zungkem zaza zama raja baru, nguk
    ? semua varian sport yimm memble, padahal lagi spike dengan all new nya lho?muka tonggos bosenin, sekali liat pengin muntah gitu, masih aja dibilang bagus ama fby? udah offside 5cc tapi bengek?
    ? mio a to z, ganti kemben, ganti stripping tiap lage ?dapet?, tapi dapetnya apa coba?
    ? mx king dan nmax jadi andalan terakhir, tapi lu kan tau sendiri, tiap kali major model change, yimm mah selalu, seperti yang sudah sudah, model baru lebih ancur dari model sebelumnya.
    ? nah

    • pada intinya teknologi yamprol ambrol brodol protol memang teknologi tipu2 gatot blucurut vva. kualitas ala kadar.
      pantas sangat bila yamprol diberikan gelar yamprol pembuat engine dan produk tersampah sepanjang masa.

      Itu

  3. Wazar kang klo nyungzep.. Penzboi zebelagh nunggu harga dizkon jd 10jt dengan DP modal harga diri kang..

    Itoe betoel adanja…

    Ekekekekekekek
    Dagh gtu saza…

  4. daya gedor yimm sudah bagus..cuma yg bikin jelek itu fby… ngomong nggak realistis… nggak pake data … ini akibatnya!!!!

  5. Yamaha masih menjadi raja jika dibulan Desember mereka bisa menggenjot Vixy. Raja sport naked 150cc ? Kita lihat dibulan Desember nanti sebagai pungkasan?.(iwb)

    kalo mau plintir kata kata kok malah kelihatan ….
    namanya di grojok itu pasti ada permintakan dari dealer..
    klo ini kan cuma berasumi grojok untuk mengejar Ms…

    Ekekkk

    • klo emang Yamaha bagus udah kuasai 75-80% MS….fakta data nya anjlok jadi 19% …

      belajar lagi sana dek..!!!!

    • ane tantang klo buka itu kelemahannya masak cuma berita baiknya dibuka ..
      hidup itu kejam coy..
      demi sesuap nasi..

      Ekekkk

    • Yamaha udah biasa seperti itu soalnya
      Tahun lalu juga begitu kan?
      Sepenjang tahun kalah terus, giliran Desember disaat pabrikan lain ngerem, Yamaha malah grojok produk banyak.
      Biar dibilang menang..
      Jadi semua juga udah tau akal2an Yamaha
      Udah jadi rahasia umum

  6. sakahayangna.com/2017/12/26/test-ride-singkat-yamaha-mio-s-2018-apa-saja-plus-minusnya/

    Ngeri ngeri ngeri…

  7. kenapa mesin Yamaha sekarang pada vampir semua yaa, gak cuma vixion looo, matic maticnya juga ketularan vampir.

  8. Sudah bisa diduga. Kelahiran vixion yg baru sangat jelek designnya.. Wajar kl yamaha vixion turun penjualan

  9. Kenyataan MS 250cc sport fairing menurun tajam sejak X MAX250 hadirr. temen-temen saya yang tua pada dijualin sportfairng250cc alasan pegel akhirnya ganti X max 250 pridenya dapat dan masih bisa parkir di mall untuk parkiran 250cc. Diajak touring bareng motor gede lainya ngak malu-maluin.

    Kelas 150cc un demikian yamaha punya 2 Maxi skutik yaitu N max dan Aerox Sport dan ABS yang rentan harga sama dengan Vixion jelas terjadi shifting demand dan FBY galau antara ambil vixion atau maxi skutik. Akhirnya karena pertimbangan Macet dan Kenyamanan banyak yang murtad ke Maxi skutik. Lihat saja dijalan N max dan Aerox udah kaya pasaran.

    Nah ini juga kudu diantisipasi buat AHM kedepannya karena market CB150SF juga pelan tapi pasti akan mengkerut degan hadirnya PCX yang juga punya harga sama dengan CB150. FBH akan sama galaunya dengan apa yang dialami FBY untuk meminang produk harga serupa walau beda genre. Dan akhirnya kedepannya FBH pun akan lebih banyak memilih PCX dibanding CB150.

    Kesimpulan akhir market Naked 150 akan terus menurun MS ditahun-tahun mendatang. seperti yang terjadi di sport 250cc. Ini memang eranya matic dan yamaha lebih jeli melihat pasar dibanding yang follower.

    Silahkan dikunyah dikunyah

  10. Vixion jelek design nya. Terus mau beli cash nmax dipersusah. Suruh kredit. Ga kek honda or kawasaki. Liat aja nmax jg akan kek mio.

  11. Ibarat cb150 itu langit…
    Dan pikson itu bumi…
    Lu tanya adja ma orang usia lanjut!! Yg matanya katarak sekalian!!
    Mereka pasti jawab! Klu motor pikson itu terjelek dan terbozok sealam semesta! Ekekekek…
    Fby goblok cm jazjezjoz…dlm hati nangis tersedu-sedu…belinya miong jrreeetttt…modal ktp. Wekekekekwekekekekek….??????

    • ingat pigson juga yg mengubur hidup hidup mega protol + tigor si macan ompong.
      akhirya ngahemmm bikin jiplakann namanya old cb …tp koit…
      Dasar pabrikan follower cuma munggutin Ampaz..

      Ekekkk

    • Lol lu hidup di masa lalu? Namanya bisnis ya harus dinamis ngikutin perkembangan apa yg dimau konsumen. Toh akhirnya konsumen jg yg diuntungkan dikasih pilihan yg lebih banyak dan lebih baik. Mau follower apa bukan uda bukan urusan konsumen

    • @kribo : yg penting tuh kesejahteraan karyawan bro …..klo MS anjlok terus, mo minta THR berapa? mo ngarep bonus akhir thn berapa ? 😀

  12. jeli sekali yamama disaat pengguna motor sport sudah berali ke maxi ..
    dibuatkan lah maxi skutik yg pasarnya lebih menjanjikan..
    dan ngahemmm baru sibuk rebutan ampaz..
    Fakta..

    Ekekkk

  13. Jika menurut saya cak.
    Disini Yamaha kurang bagus saat membungkus desain motor sport nya (New Vixion)

    Saya penunggang Old Vixion 2010, bahkan hingga saat ini saya masih melihat desain yamaha old vixion masih enak dipandang mata, semuanya menyatu, elegan.

    Yamaha sudah melakukan yang terbaik di Vixion Advance, desainnya sangat apik. Bahkan menurut saya sebagai salah satu desain terbaik dari Vixion sejauh ini. Dan bisa di adu head to head ke ganteng an nya dengan CB150R, Bahkan jika ada rejeki mungkin saya akan meminang salah satu motor diatas cak.

    Tetapi Yamaha mengacaukan desain yg sudah apik ini dengan Vixion baru, yg menurut saya diawal spyshoot kemunculannya juga tidak terlalu diminati.
    Hingga saat ini, penjualannya tidak signifikan, (saya tidak tahu pastinya cak saya cuma mengamati saja dari banyak / tidaknya motor ini dipakai di jalanan)

    Dari sini saya berharap pihak Yamaha mau mendengar konsumen lebih baik lagi, khususnya untuk desain.
    Seperti cak iwan pernah sampaikan.
    Indonesia ini pasar yg lebih melihat pada desain terlebih dahulu.
    Semoga berikutnya Pihak Yamaha bisa mendesain motor yg memiliki desain yg lebih yahud dan bisa diterima konsumen.

    • betul bosss….
      semoga yimm mau denger suara konsumennya
      kemarin sudah nunggu vixion baru ternyata…….

      ya sudahlah…
      aq tunggu generasi ke 4 vixy

  14. Yang bilang pasar sport shifting demand ke matic boleh dong share data penelitiannya disini.. Tapi bukan pake data distribusi saja loh ya soalnya shifting demand bukan sesimple itu.. Jadi mohon pencerahan dari para ahli disini..

  15. Dulu pengen ambil mio tapi jadinya malah mtr beat fi, skarang dh nikah mau ambil mt25 istri protes katanya lampu depan mirip ky yg punya tetangga sebelah (verza) akhirnya ambil Z250. Tolong buat yamaha desainya masa kalah sm honda sh.. mudah”an untuk all new R25 ga bikin blunder lg karna tahun depan sy mau ganti tunggangan dengan,cbr250rr atau all new R25.

  16. Dah gw komen dikit aja
    Siapa tau ada petinggi yamaha baca

    Vixion itu seharusnya

    1. Murah
    2. Desain keren
    3. Modifable… alias gampang di modif

    Mesin mah yg ngributin tukang bc
    Di kenyataanya orang ga liat mesinya kenceng atau kenceng banget

  17. Ini akibat klo jualan pake jurus kibul2

    Jaman Now masih dikasih mesin SOHC jama Firaun masih ingusan

    Hahaha…

    Spek ngaku2 19 DK, eh cuma dikepretin sama yg 17 DK

    Ketauan skrg klo 19 DK itu cuma DAYA KIBUL..

    • Lucu ya sohc 4 klep di bilang zaman fira’un , lah yg 2 klep zaman jurasic gitu masih dipake , seharusnya da jadi fosil ataupun batu bara ?????????????????????????????????????????????????????

    • @nthasmu?

      Mau 4 klep mau 8 klep tetep aja SOHC lemot
      Gampang dikepretin sama DOHC yg 17 HP tanpa kibul2

    • Wkwkwkwkwk secara logika aja ya , dohc itu kuat di torsi atas karna double cam , sedangkan sohc kuat di rpm rendah , lo mau ajak balapan ya jelas kalah bro , lo mau ngibulin gw ga bakalan bisa lah , mending sebarin brosur sana biar dpet bonus akhir tahun ??????????????????

  18. menurut saya sih desainnya yg nyeleneh..kalo versi naked dr all new r15 pasti laris..dan kompetitor bkal all new lgi.
    dngan bgini cb150 lama faceliftnya

  19. Abidin san yang terhormat ato kalok doi ga baca, tolong staffnya ato OBnya tolong sampein yak,ayo lah bangkit dong jangan sampai tergerus terus MS nya, ato mentang2 masih di kasih kepercayaan buat bikin global model di indonesia, jadi MS domestik ga di gubris,waduh ciloko tenan itu pak,jangan sampek YIMM berubah singkatan,YIMM:Yamaha Indonesia motor manufacturing berubah jadi Yamaha Indonesia makin membleh,,,,

  20. Kapan tobatnya ini Yamaha..ckckck..

    isalblogger.com/2017/12/29/honda-beat-ini-menjadi-korban-dari-tindakan-pengecut-sang-pelaku-apa-sebab/

  21. jangan langsung percaya sama artikel lik iwb….
    dilihat dulu di blog majapahit….siapa tahu di sana vixion lebih laku….kekekeke…

    jualan motor …. kok ga peduli ms…..dagelan….kekekeke

    tp jgn kuatir….setelah terpuruk…akan terjadi pergantian top manajemen….setelah itu baru yamaha bangkit…

    • Ga juga bro
      Lihat dulu siapa yg MS lebih tinggi
      Klo MS produk Honda yg lebih tinggi harus bilang klo MS itu ga penting, ga ngaruh buat konsumen.

      Tapi klo kebetulan ada produk Yamaha yg MS lebih tinggi baru bilang MS itu sangat penting, konsumen udah cerdas, BLA BLA BLA…

      Jadi intinya penting ga penting itu harus dilihat siapa yg unggul, klo yg unggul sembahan baru penting.
      Klo yg unggul kompetitor itu ga penting.

      Jadi begitu bro

      Semoga paham

      Ngah Ngah Ngah…

  22. fix fby dimari cm gd bacotnya doang,tp suruh beli produk yimmimi pd mikir 1000x…….
    pertanyaannya fby gak mampu beli apa kapok beli motor yahomo????

  23. Iya lah nyungsep, soalnya desain new Vixion LED kaya gitu. Bagusan nva sumpah, kesannya garang kalo nva, lah yg LED???? Culun abis gitu mana buritan aneh gitu. Daripada beli Vixion LED mending ambil xabre aja sekalian, xabre lebih garang lebih ganteng pula.
    Salam rider ncb150r

  24. Pekerjaan rumah buat yamaha indonesia.. Buat R15 fersi murah. Rombak total desain new vixion dengan basis nva..desain nva diperuncing bagus itu.. /buat motor sport lg..na itu

  25. Improvement New Vixion sisi mesin sudah OK namun dari sisi desain semestinya Team RD harus berkaca pada kegagalan transisi produk Jupiter Z Burhan ke hingga jupi z salip dan Jupi Z Fi. Desain NVA sebetulnya sudah OK (lampu depan dan belakang) dari pada yg skrng.
    Next u Nmax perubahannya harus mengikuti pasar (saran dan masukkan club Nmax di Indonesia).
    Urusan kualitas sudah OK pakai vendor produksi anak negeri jangan pakai vendor luar (china) seperti velg matic retro sebelah made in china.
    Kasih kesempatan anak negeri u memajukan industri otomotif nasional.

  26. Kebanyakan pedot atau putus kreditnya lalu di jalan2 bnyk yg d jual leasing stnk an doang.. Engahaha.. Percaya deh kalo populasinya banyak banget,

  27. mirip kejadian di akhir tahun 2016 yg lalu mas iwan, kalau gak keliru per november 2016 cb udah melampaui vixion untuk total distribusi periode januari-november. e… di akhir tahun periode januari-desember vixion secara total terdistribusi sedikit lebih banyak dari cb. ini ada sedikit anomali mas iwan, masa distribusi bulan desember lebih banyak dari november untuk vixion. analisis saya, ini murni kepentingan marketing gimana yamaha wajib memenangkan distribusi vixion sebagai salah satu produk unggulannya (apalagi ini tipe sport, yg senantiasa diklaim identik dengan yamaha). ada kemungkinan di akhir tahun nanti pola ini terulang, kita lihat saja mas iwan.
    #kasihandealeryamaha

  28. Waduh masbrooooo.. ngetibutin opooo sehhh ..ibarat meroko aja mahal belum tentu buat kita nikmat …walau pun murah klo nikmat kan luar biasa ya ngga ??
    Kalo ada yang pake ANVA walau pun desaian nya jelek separti yang agan agan sampaikan ya mungkin itu selera mereka buat makai ANVA …

Comments are closed.